Alun-Alun Kidul Jogja Tiket & Aktivitas Wisata Terbaru

Alun-alun Kidul Jogja

Alun-alun Kidul Jogja adalah salah satu wisata yang memberikan keindahan Jogja di malam hari. Alun-alun Kidul atau lebih dikenal Alkid letaknya di belakang Keraton Jogja. Tempat ini digunakan sebagai area pementasan. Tempat yang dipercaya sebagai tempat bersemayam para dewa ini kini semakin populer di kalangan wisatawan.

Selain gratis, ada banyak hiburan di Alkid. Para pengunjung yang berkunjung berasal dari berbagai daerah, mulai dari pelajar hingga penduduk lokal. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai makanan khas Jogja, menyewa kereta hias dan berburu foto.

Baca: Museum Sonobudoyo, Sejarah, Fasilitas & Jam Buka

Alun-alun Kidul Jogja Tiket Gratis Buka 24 JAM

Alun-alun Kidul Jogja Tiket Gratis Buka 24 JAM

Untuk menuju lokasi Alkid, kalian hanya perlu mengikuti nol kilometer ke arah selatan melalui jalan Wijilan. Alun-alun ini digunakan sebagai panggung untuk menguji keberanian para prajurit istana. Namun kini telah berubah menjadi ruang publik bagi masyarakat umum.

Sedangkan untuk tiket masuk dan jam buka tidak ada patokan. Siapapun bisa datang ke sini secara gratis dan kapan saja. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada sore hari. Karena ada suasana yang berbeda di Alkid pada sore hari. Para pedagang akan terlihat ramai menata dagangannya.

Tak salah jika taman ini menjadi salah satu tempat wisata favorit para wisatawan di Jogja. Meski gratis, berbagai aktivitas wisata bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Baca: Tugu Jogja, Landmark Kota Jogja dengan Berbagai Keunikannya

Aktivitas Wisata di Alun-alun Kidul Jogja

Semakin banyaknya pengunjung Alkid membuat para pedagang semakin kreatif dalam menawarkan berbagai jajanan. Pengunjung akan dibuat betah selama berada di Alkid. Lampion-lampion yang semarak dan berbagai bentuk hiburan membuat mata terjaga setiap saat. Berikut adalah beberapa aktifitas wisata di Alun-alun Kidul Jogja yang menyenangkan dan seru untuk kalian coba:

1. Masangin

Masangin

Masangin merupakan salah satu legenda terkenal di Alkid Jogja. Dua beringin besar di tengah alun-alun kidul Jogja akan menjadi tempat upacara Masangin. Masangin sendiri adalah ritual berjalan di antara dua beringin dengan mata tertutup. Konon bahwa hanya yang berhati bersihlah bisa melewati beringin kembar Alun-alun kidul.

Mitos ini menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin membuktikan kebenarannya. Terlepas dari legendanya, kegiatan ini membawa berkah bagi para pedagang di sekitar Alkid. Jika tidak membawa penutup mata, pengunjung bisa menyewa dengan biaya Rp 5.000.

2. Naik Kereta Hias

Naik Kereta Hias

Untuk berkeliling Alkid, pengunjung tidak perlu kesulitan berjalan kaki. Di sini kalian bisa menyewa sepeda tandem, becak mini hingga andong mini. Semua kendaraan memiliki nuansa lampu hias yang berbeda. Kelap-kelip lampu hias Alkid Jogja menambah semaraknya malam.

Pengunjung sering mengabadikan momen ini saat berkeliling di sekitar alun-alun. Tentunya di sini ada jasa fotografer yang siap membidik hasil jepretan terbaik. Untuk merasakan keceriaan kawasan Alkid di atas kereta hias, siapkan tarif mulai dari 20 ribu rupiah sampai dengan 60 ribu rupiah.

Baca: Wisata Taman Sari Jogja: Sejarah, Lokasi & Harga Tiket

3. Wisata Kuliner Malam Hari

Wisata Kuliner Malam Hari

Pengunjung yang lelah berkeliling alun-alun dapat beristirahat sejenak untuk mencoba kuliner di warung angkringan atau lesehan. Mulai dari makanan ringan hingga berat tersedia. Aneka jajanan lezat dan makanan khas Jogja ditawarkan di warung-warung di sekitar Alkid. Salah satu resep yang sering diincar adalah wedang ronde dan bajigur.

4. Pertunjukan Spesial

Pertunjukan Spesial

Pada hari Sabtu minggu kedua, pengunjung akan menikmati pertunjukan wayang. Pertunjukan di Sasono Hinggil Dwi Abad berlangsung sepanjang malam. Di beberapa titik sebelum festival Grebeg pengunjung dapat menyaksikan geladi bersih upacara Grebeg. Menyaksikan prajurit istana di alun-alun Kidul secara langsung.

5. Kandang Gajah dan Cilok Gajahan

Cilok Gajahan Alun-alun Kidul Yogyakarta

Gajah keraton yang tinggal di kandang ini telah dipindahkan ke Kebun Binatang Gembira Loka. Gajah-gajah ini dulu dijadikan sebagai hiburan bagi anak-anak yang berkunjung ke Alkid. Gajah ini juga merupakan simbol kebijaksanaan Keraton Jogja.

Sangkar Gajah kini menyisakan kenangan bagi pengunjung untuk bermain dengan gajah keraton. Sekarang kandang gajah ini dikenal dengan nama kawasan Gajahan. Di sini pengunjung akan menemukan cilok Gajahan yang viral. Untuk menikmati cilok Gajahan, pengunjung harus bersabar untuk mengantri.

Terkenal dengan tarifnya yang murah dan enak, cilok Gajahan menjadi daya tarik tersendiri. Banyak orang datang dari berbagai daerah untuk mengantri sejak pagi. Jangan heran jika terdapat antrean panjang sebelum penjualnya tiba di kawasan Gajahan.

Baca: Museum Di Jogja Terbaik Untuk Wisata Edukasi

Fasilitas di sekitar Alkid Jogja

Alun-Alun Kidul sudah menawarkan fasilitas yang lengkap. Misalnya toilet umum, halte, parkir dan fasilitas umum lainnya. Lalu ada akomodasi di kawasan Alkid, dari harga kelas ekonomi hingga bisnis.

Lokasi Alun-Alun Kidul Jogja

Lokasi taman wisata ini berada di Jl. Alun-alun Kidul, Patehan, Kraton, Kota Jogja, Daerah Istimewa Jogja 55133.

Tanggapan

5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Pos terkait