Goa Pindul Jogja: Harga Tiket, Lokasi & Aktifitas Wisata

Goa Pindul Jogja

Yogyakarta memiliki potensi besar untuk wisata alam yang menawarkan petualangan. Salah satunya adalah Goa Pindul Jogja. Sebuah goa purba yang akan membawa pengunjung menyeberangi sungai melalui jalur goa.

Berbagai kegiatan wisata dapat dilakukan di goa yang berlokasi di Gunung Kidul ini. Aktivitas yang paling utama adalah cave tubing. Namun, jangan lupa bahwa kegiatan lain di sekitar goa juga layak dicoba.

Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogja

Harga tiket masuk Goa Pindul Jogja relatif terjangkau. Pengunjung harus merogoh kocek hanya dengan belasan ribuan rupiah saja dan tarif bervariasi tergantung pada pilihan aktivitas.

Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogjakarta
Goa Pindul Rp40.000
River Tubing Oyo Rp60.000
Goa Cristal Rp30.000
Goa Gelatik Rp35.000
Goa Tanding Rp150.000
Susur Goa Sriti Rp35.000
Wisata Off Road Rp450.000
Outbound Rp50.000

Jam Buka Goa Pindul Jogjakarta

Wisatawan dapat mengunjungi Goa Pindul Jogja dari pagi hingga sore hari dan menikmati berbagai aktivitas. Jam buka Goa Pindul Jogja dibuka mulai pukul 07:00 WIB.

Jam Buka
Setiap Hari 07.00 – 16.30 WIB

Ragam Aktivitas Wisata Goa Pindul

Wisatawan yang berkunjung ke goa Pindul akan bisa melakukan berbagai aktivitas wisata. Mulai dari penjelajahan goa, cave tubing hingga melihat stalaktit dan stalagmit serta menemukan keindahan goa. Ada beberapa kegiatan wisata yang bisa dilakukan selama berada di Goa Pindul Wonosari, dan berikut diantaranya.

Cave Tubing Di Goa Pindul

Cave Tubing Di Goa Pindul

Terdapat 3 zona di dalam Goa Pindul yaitu zona terang, remang serta gelap.  Saat berada di area yang terang pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti berenang hingga lompat indah. Anda juga bisa melihat ikan-ikan besar di kawasan ini.

Baca: Bukit Bintang Jogja Malam Hari: Alamat Dan Harga Tiket

Kegiatan eksplorasi di Goa Pindul menjelajahi hampir seluruh 3 area tersebut. Waktu perjalanan cave tubing kurang lebih 45 menit. Cave tubing hampir sama dengan arung jeram atau rafting.

Keduanya sama-sama menjelajahi sungai. Jika perahu di gunakan untuk rafting sedangkan untuk cave tubing menggunakan ban dalam. Karena memiliki air yang tenang, aktivitas cave tubing di Goa Pindul ini bisa dilakukan siapa saja bahkan pemula sekalipun.

River Tubing Di Kali Oyo

River Tubing Di Kali Oyo

Jika belum puas cave tubing, pengunjung bisa lanjut menelusuri Kali Oyo. Sungai yang masih berada di sekitar kawasan goa memiliki panjang 1.500 meter. Seperti cave tubing, kegiatan ini juga menelusuri sungai menggunakan ban dalam.

Pesona keindahan sungai ini terdapat pada tebing-tebing yang terdapat di sepanjang aliran sungai. Meski kedalaman sungai ini antara 7-11 meter, namun pengunjung tak perlu khawatir. Karena pengunjung akan dilengkapi peralatan rompi pelampung dan seorang pemandu.

Stalaktit Dan Stalagmit Yang Unik

Stalaktit Dan Stalagmit Yang Unik

Stalagtit dan stalagmit memang selalu ada di tempat wisata alam khususnya goa. Bebatuan yang terbentuk dari proses alami memilki keunikan tersendiri. Jika pada umumnya stalagtit dan stalagmit saling terpisah, maka tidak dengan goa ini.

Stalagtit dan stalagmit di sini bukannya terpisah, tapi malah menyatu. Gabungan bebatuan tersebut tampak seperti sebuah pilar besar. Saking besarnya, ukurannya kira-kira selebar lima rentangan tangan orang dewasa.

Ukurannya yang tak biasa itu, stalagmit dan stalagtit ini menjadi yang terbesar sedunia. Terletak di tengah-tengah goa, stalagmit dan stalagtit ini juga disebut tiang gua. Celah dari stalagtit dan stalagmit ini hanya cukup dilewati 1 orang saja.

Keindahan area wisata ini semakin lengkap dengan adanya ornamen di sepanjang dinding goa. Ornamen tersebut bagaikan sebuah mahakarya lukisan abstrak yang tak ternilai. Hiasan tersebut semakin lengkap dengan adanya mata kristal kelelawar yang bergelantungan menghiasi lorong.

Sungai Goa Pindul

Sungai Goa Pindul

Sungai di dalam Goa Pindul merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan berkunjung ke sini. Goa ini mempunyai panjang sekitar 350 meter, sementara lebarnya 5 meter. Jarak permukaan air dengan atap goa 4 meter, kedalaman airnya 5-12 meter.

Untuk bisa menelusuri sungai ini, pengunjung tak boleh asal menceburkan diri. Pengunjung harus memakai peralatan lengkap dan dipandu oleh petugas. Kegiatan menelusuri sungai di dalam goa ini disebut dengan cave tubing.

Keindahan Sumur Terbalik

Keindahan Sumur Terbalik

Ketika menelusuri goa, tepat di tengah-tengahnya terdapat ruangan yang agak besar. Ruangan ini begitu menarik karena terdapat lubang di atasnya. Warga setempat menyebut ruangan ini sebagai sumur terbalik.

Bukan tanpa sebab ruangan ini disebut sumur terbalik. Penyebutan ini terkait dengan keindahan sinar matahari melalui lubang yang membawa keindahan. Selain itu, lubang ini juga dipakai untuk masuk tim SAR atau latihan.

Menikmati Kuliner Khas Di Goa Pindul

Setiap tempat wisata selalu menawarkan kuliner khas yang menjadi ciri khusus. Tak terkecuali di sini, beberapa kuliner khas tersedia di sini. Setelah lelah bermain air di Goa Pindul, pengunjung bisa mulai menikmati wedang jahe.

Setelah itu bisa mulai menyantap hidangan utamanya, yaitu nasi trancam. Nasi trancam merupakan nasi yang berisi sayuran seperti kecambah, lamtoro dan kemangi. Sayuran tersebut semakin nikmat karena diberi sambal kelapa parut.

Bisa dibilang ini merupakan hidangan vegetarian khas dari Indonesia. Pedasnya sambal dipadu dengan nasi yang masih hangat benar-benar pas di lidah. Selain menyehatkan, hidangan ini juga sangat terjangkau harganya.

Lokasi Goa Pindul

Goa Pindul berada di Kabupaten Gunung Kidul tepatnya di Gelaran2, RT.03/RW.16, Seropan, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891.

Tanggapan

5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Pos terkait