Oleh-Oleh Khas Bali Murah Paling Terkenal & Hits

Oleh-Oleh Khas Bali

Jika anda berlibur ke Bali rasanya harus dan wajib untuk membeli oleh-oleh khas Bali. Karena dengan membeli oleh-oleh bali yang terkenal sobat sudah turut membantu perekonomian masyarakatnya. Memang sudah bukan rahasia publik bahwa kerajinan tangan dan olahan makanan untuk oleh-oleh khas Bali murah ini berkualitas prima. Dibuat dan dijual oleh masyarakat Bali asli dengan resep-resep yang mereka miliki.

Oleh-Oleh Khas Bali

Untuk itu sobat dapat turut melestarikan budaya Indonesia salah satunya dari Bali dengan mengapresiasi kerajinan tangan dan makanan oleh-oleh khas Bali. Jika sobat masih bingung untuk menentukan pilihan buah tangan yang akan diberikan pada orang terkasih, simak rekomendasi oleh-oleh Bali yang hits dengan harga terjangkau berikut ini.

Kacang Disko

Kacang Disco

Bukan berarti kacangnya sedang berjoget ya. Kacang ini menjadi ciri khas oleh-oleh Bali yang dibalut oleh tepung bercampur bumbu khas Bali. Kacang yang digunakan adalah kacang tanah dengan varian rasa yakni manis, udang, ekstra pedas dan masih banyak pilihan rasa lainnya. Sobat bisa dengan mudah mendapatkan kacang disko ini sebagai oleh-oleh khas Bali dengan harga sekitar Rp. 25.000,- saja di pusat oleh-oleh atau di pasar.

Pie Susu Khas Bali

Pie Susu Khas Bali

Makanan yang satu ini adalah oleh-oleh yang terlaris yang sering kali menjadi titipan jika anda pergi berlibur ke Bali. Pie susu khas Bali ini memiliki bentuk yang tipis dengan pinggiran keras namun rasanya manis legit ditengah yang berasal dari fla susu yang creamy sebagai isian.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Jogja

Teksturnya sendiri lembut dan lumer saat dimakan. Terasa langsung menyatu dengan lidah saat di makan. Pie susu ini memiliki varian original dengan toping keju, almond, choco chips dan kismis.

Ada banyak sekali produsen pie susu yang ada di Bali. Sobat bisa memilih dari sekian banyak merk pie susu yang paling sesuai di lidah. Namun semuaya sama-sama enak hingga tidak bisa membedakan mana yang paling enak.

Pia Legong

Pia Legong

Satu lagi oleh-oleh khas Bali yang terkenal sejak dahulu. Yakni pia legong. Pia ini adalah makanan ringan yang dibuat tanpa menggunakan mesin sehingga jumlah rasanya terbatas pada rasa keju, kacang hijau dan cokelat saja.

Rasa pia nya sendiri enak dan renyah sehingga banyak diburu oleh para wisatawan yang datang mengunjungi Pulau Bali. Harganya sendiri berkisar Rp. 90.000,- dengan bentuk yang bulat besar dan padat sehingga cukup mengenyangkan.

Kaos Joger

Kaos Joger Bali

Selain makanan, sobat juga bisa memberikan oleh-oleh dari Bali kepada orang terdekat dengan baju. Ada jenis kaos ynag cukup terkenal dan digemari oleh wisatawan yakni Kaos Joger. Kaos ini terkenal dengan ciri khasnya yang memiliki beragam tulisan yang ada pada kaos dan juga tahan lama karena bukan makanan. Rasanya belum ke Bali kalau belum memiliki Kaos Joger ini.

Tidak hanya kaos saja. Tetapi ada juga aksesoris yang bisa dibelikan untuk oleh-oleh khas Bali yakni sandal, gantungan kunci dan souvenir khas Bali yang lengkap di toko yang sama.  Harganya sendiri mulai dari Rp. 100.000,-. Jika sobat ingin membelinya bisa datang ke toko Kaos Joger yang asli karena penjualnya tidak menerima pemesanan secara online.

Kain dan Baju Khas Bali

Kain dan Baju Khas Bali

Tidak hanya Kaos Joger saja yang terkenal. Ada pula jenis baju dan kain lainnya yang terkenal karena bahan pembuat baju dan kain ini nyaman dan adem dipakai. Bahan dasar baju ini adalah katun dengan cork dan warna beragam. Namun satu yang pasti, ada motif barong di depan dan belakangnya sehingga disebut juga dengan baju barong.

Selain baju barong ini ada pula kain yang bisa dipakai untuk ke pantai dengan cara dililitkan pada pinggang atau sebagai syal dan juga selimut. Sobat bisa mendapatkannya di toko-toko yang menyediakan barang ini atau di pasar terkenal di Bali dengan harga yang realtif terjangkau. Cocok dijadikan oleh-oleh khas Bali untuk keluarga.

Batik Bali

Batik Bali

Indonesia merupakan daerah yang memiliki keanekaragaman budaya salah satunya batik. Bali juga memiliki batik khasnya seperti batik dari Cirebon, Pekalongan, Jogja, Solo dan daerah lainnya. Yang cukup terkenal adalah Batik Khrisna dan Batik Galuh Bali yang berada di daerah Sukawati. Daerah ini cukup strategis untuk dijangkau. Bisa juga mencarinya di pasar yang menjual baju-baju khas Bali.

Kerajinan Manik-Manik

Kerajinan Manik-Manik

Ada salah satu kerajinan tangan yang dibuat khas Bali yakni manik-manik. Kerajinan tangan yang satu ini bisa dibuat untuk pajangan di kamar, ruang tamu atau digunakan pada tangan cantik sobat. Aksesoris berupa manik-manik ini laris oleh wisatawan karena kekhasannya.

Selain itu ada pula tas kecil cantik hasil dari kerajinan tangan masyarakat Bali dengan corak yang beragam. Sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh Bali untuk teman-teman terkasih.

Mukena Bali

Mukena Bali

Meskipun Bali terkenal kental dengan sentuhan agama Hindu dan Buddha, namun mereka juga ramah pada agama lain termasuk Islam. Salah satunya dibuktikan dengan adanya alat ibadah bagi muslim yakni mukena. Mukena yang dikenal dengan sebutan mukena Bali ini sangat laris karena terbuat dari bahan kain rayon yang halus dan adem saat dipakai.

Tersedia pula dengan beragam corak dan warna yang cantik sehingga anda tidak hanya dapat beribadah dengan nyaman tetapi juga terlihat eye catching. Mukena ini paling laris saat mendekati lebaran.

Tas Rotan

Tas Rotan Bali

Tas yang memiliki desain vintage namun cocok dipakai oleh segala usia ini nampak stylish. Bentuknya yang bulat ini membuat wisatawan dari mancanegara dan dalam negeri sendiri sering berburu mendapatkannya. Tas rotan yang dianyam ini merupakan kerajinan tangan khas Bali yang bisa sobat dapatkan di pasar tradisional seperti Sukawati atau Ubud.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Papua

Tidak cuma tas saja, rotan yang di anyam ini sekarang juga bisa dimodif menjadi pernak-pernik yang cantik sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Bali.

Dodol Buleleng Bali

Dodol Buleleng Bali

Jika anda menyukai makanan manis, tentu oleh-oleh yang satu ini cocok untuk dibeli. Kekhasan dari dodol buleleng ini terletak dari bungkusnya yang terbuat dari daun jagung sehingga dapat menambah aroma lezat pada dodolnya.

Sandal Khas Bali

Sandal Khas Bali

Ada pula oleh-oleh berupa barang lainnya yakni sandal khas Bali yang awet dipakai. Sandal ini memiliki ciri khas dengan hiasan etnik berupa payet atau manic-manik di bagian atasnya sehingga akan nampak cantik ketika dipakai.

Meskipun namanya sandal, tetapi oleh-oleh Bali yang satu ini memiliki dua jenis yakni flat dan juga wedges atau sedikit hal rata. Anda bisa memilih beragam sandal khas Bali ini mulai dari harga sekitar Rp 25.000,-

Produk Kecantikan

Salah satu ciri khas Bali adalah anda dapat merilekskan diri dengan layanan spa yang menyenangkan. Selain itu aromaterapi yang digunakan dapat membantu menenangkan pikiran dan jiwa anda.

Nah, sobat dapat memberikan produk kecantikan khas Bali kepada orang terkasih. Misalnya body bitter dan scrub, shampoo hingga body mist. Adapula aromaterapi yang dijual sesuai wangi yang bisa dipilih. Tentu saja produk ini dibuat menggunakan bahan-bahan yang alami ya.

Ikat Kepala Khas Bali

Ikat Kepala Khas Bali

Bali juga memiliki busana tradisionalnya sendiri. Busana tradisional ini juga memiliki kekhasan yang bisa dilihat dari ikat kepala yang digunakan masyarakat Bali. Ikat kepala atau Udeng ini bisa anda beli secara bebas di toko atau pasar yang menyediakannya sebagai oleh-oleh khas Bali.

Udeng ini terbuat dari kain berukuran sekitar setengah meter. Pembuatannya sendiri memerlukan keahlian khusus dan hanya diproduksi di daerah tertentu saja.

Anda bisa mendapatkan Udeng di daerah pengrajinnya di Karangasem dan Desa Sidemen.

Kacang Matahari dan Kacang Rahayu

Kacang Matahari dan Kacang Rahayu

Jika tadi sudah disebutkan kacang disko dengan tambahan tepung dan bumbu khasnya, ini ada oleh-oleh yang cocok untuk anda yang lebih menyukai cemilan kacang yang diolah tanpa tepung. Yakni kacang matahari dan kacang rahayu.

Kacang matahari dan kacang rahayu memiliki rasa gurih dan renyah dengan adanya rasa yang khas dari kacang ini. Sehingga kacang ini juga merupakan cemilan incaran para wisatawan.

Kopi Kintamani

Kopi Kintamani

Bali juga memiliki jenis kopi yang khas yakni Kopi Kintamani. Jika anda pecinta kopi rasanya ini adalah oleh-oleh Bali wajib yang harus dibeli. Kopinya dibudidayakan di daerah Kintamani dan sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Jenis kopi Arabica ini memiliki rasa yang terkandung di dalamnya. Anda bisa merasakan tambahan jeruk ketika menikmati kopi kintamani ini. Karena perkebunan kopi di Kintamani berdekatan dengan kebun jeruk yang terkenal di Bali.

Heavenly Chocolate Bali

Heavenly Chocolate Bali

Bali ternyata memiliki produk oleh-oleh cokelat yang sengaja dibuat ala-ala Nama Chocolate milik Royce. Produk oleh-oleh tersebut adalah Heavenly Chocolate Bali. Hadir dengan resep seperti Nama Chocolate, Heavenly Chocolate memang menawarkan rasa cokelat yang beda dengan cokelat biasa. Bahan-bahan yang digunakan untuk proses pembuatan cokelat ini bukanlah cokelat biasa.

Cokelat yang digunakan adalah cokelat yang secara khusus didatangkan dari Belgia. Sebagai tambahan, pihak Heavenly Chocolate sengaja menambahkan unsur Bali pada produk oleh-oleh kekiniannya. Cokelat ini dipatok dengan harga mulai dari Rp115 ribu sampai Rp140 ribu. tergantung jenisnya.

Songket Sidemen

Songket Sidemen

Kain Songket Sidemen Bali dapat dikatakan sebagai kain mewah yang memiliki motif dan dibuat dengan bentuk variasi anyaman, menggunakan benang katun warna-warni atau benang dari emas dan benang perak di atur sedemikian rupa, sehingga berbentuk motif yang diinginkan. Tentu ini diburu oleh para konsumen sebagai oleh-oleh khas Bali jika datang ke Bali khususnya ke Sidemen.

Secara umum, kain Songket Sidemen bisa dibedakan menjadi empat jenis berdasarkan jenis benang penyusun motifnya, yakni kain songket benang emas, kain songket benang perak, kain songket senang katun, dan kain songket benang kombinasi (campuran).

Nilai harga jual kain songket Sidemen tergantung dengan benang yang digunakan dan tentunya banyak sedikitnya motif yang terdapat pada kain songket juga menentukan nilai jual kain songket itu sendiri.

Keripik Ceker Ayam Bali

Keripik Ceker Ayam Bali

Kerupuk ceker ayam atau nama lainnya keripik kaki ayam ini makanan khas bali yang biasa sering jadi pilihan wisatawan domestik untuk oleh-oleh sebelum meninggalkan pulau Bali. Kerupuk ceker ayam ini terbuat dari kaki ayam pilihan yang diolah dengan bumbu-bumbu rempah-rempah tradisional menjadikan makanan khas Bali ini benar-benar halal dan tanpa bahan pengawet.

Baca Juga: Oleh oleh Khas Surabaya

Rasa gurih, renyah, dan lezat sangat melekat ada di keripik ceker ayam Bali. Selain untuk oleh-oleh dari Bali, kerupuk Ceker Ayam ini juga kaya manfaat bagi tulang. Sobat bisa mendapatkan keripik ceker ayam Bali ini hampir di setiap toko oleh-oleh dan jajanan khas Bali.

Tempat untuk mendapatkan oleh-oleh Bali diatas sangatlah mudah. Karena sobat bisa menemukannya di sekitaran tempat wisata atau pasar yang terkenal di Bali. Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Bali murah paling terkenal dan hits yang bisa sobat bawa pulang untuk di berikan kepada orang-orang terkasih.

Tanggapan

0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Pos terkait