Oleh-oleh Khas Bandung

7 min read

Oleh-oleh Khas Bandung

Bagi Anda yang sedang melakukan kunjungan kerja atau mampir berwisata di Jawa Barat, maka jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Bandung untuk kerabat di rumah. Buah tangan khas bumi Parahyangan ini dijamin tahan lama ketika sampai di daerah lain.

Macam-macam Oleh-oleh Khas Bandung

Sebagai kota wisata yang sering dikunjungi ribuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara, maka Bandung mempunyai berbagai macam oleh-oleh khas. Hal tersebut terdiri dari camilan ringan, kue, pakaian dan juga aksesoris. Berikut ulasannya:

Oleh-oleh Khas Bandung Picnic Roll

Oleh-oleh Khas Bandung Picnic Roll

Rekomendasi oleh-oleh khas Bandung yang pertama untuk Anda yakni Picnic Roll. Ia merupakan makanan olahan daging cincang dengan rasa sangat lezat karena telah dibumbui menggunakan rempah-rempah tradisional turun-temurun dari nenek moyang.

Daging yang ada di dalam olahan ini dibungkus menggunakan adonan pastry dan telur. Ketika digigit, maka akan menimbulkan kesan crunchy serta lembut. Makanan lezat ini dapat Anda beli di outlet Prima Rasa Jalan Kemuning Bandung.

Oleh-oleh Surabi Khas Bandung

Oleh-oleh Surabi Khas Bandung

Siapa yang tak kenal dengan surabi. Makanan tradisional satu ini sangat terkenal dan telah menjadi kesukaan masyarakat di beberapa daerah Indonesia khususnya Bandung. Rasannya gurih dan manis karena terbuat dari perpaduan santan, tepung serta sedikit gula.

Oleh-oleh ini berharga murah-meriah yakni sekitar Rp. 3.000,- sampai dengan Rp. 5.000,- saja. Di Bandung, makanan tersebut dapat Anda peroleh di penjual pinggir jalan raya. Ketahanannya bisa mencapai 2 hingga 3 hari.

Oleh-oleh Khas Bandung Pisang Bollen Kartika Sari

Oleh-oleh Khas Bandung Pisang Bollen Kartika Sari

Jika mampir di Bandung, maka Anda wajib mencoba kue kekinian pisang bolen. Ia merupakan oleh-oleh khas Kartika Sari. Tokonya terletak di Jalan H. Akbar Kebon Kawung dan telah ada sejak tahun 1970-an.

Rasa pisang boleh ini khas yakni manis dan legit. Seiring perkemabangan zaman, kini juga tersedia berbagai varian rasa dari kue tersebut yakni seperti cokelat, keju, strawberry, kacang, matcha, kopi dan masih banyak lagi. Harganya terjangkau yaitu sekitar Rp. 35.000,- per box.

Oleh-oleh Khas Bandung Gepuk Nyonya Ong Bandung

Oleh-oleh Khas Bandung Gepuk Nyonya Ong Bandung

Gepuk merupakan olahan daging yang telah dihancurkan dan mempunyai rasa mirip seperti halnya abon. Makanan ini juga menjadi salah satu oleh-oleh dari Kota Kembang Bandung. Anda bisa mendapatkannya dengan datang ke tokonya di Jalan Dr. Junjunan.

Di outlet Nyonya Oang ini, gepuk yang dioleh tak hanya terbuat dari daging sapi saja, tetapi ada pula olahan daging ayamnya. Ia tahan lama dan dibungkus di dalam toples sehingga sangat praktis jika dijadikan buah tangan dari luar kota.

Oleh-oleh Khas Bandung Peuyeum

Oleh-oleh Khas Bandung Peuyeum

Peutem merupakan oleh-oleh khas Ciwidey Bandung yang terbuat dari singkong fermentasi. Jika di Jawa Timur, ia bisa juga disebut dengan tape. Anda bisa membelinya di warung makanan pinggir jalan sepanjang daerah wisata tersebut.

Peuyeum ini ketika dijual mentah dan belum lezat ketika dimakan. Rasanya akan berubah menjadi lebih manis dan enak yakni setelah 2-3 hari disimpan sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Harganya terjangkau yakni sekitar Rp. 15.000,- saja per bungkusnya.

Oleh-oleh Khas Bandung Rujak Cireng

Oleh-oleh Khas Bandung Rujak Cireng

Bandung memang terkenal akan salah satu makanannya yakni rujak cireng. Hal tersebut telah menjadi favorit masyarakat hingga luar Jawa sekalipun. Rasanya gurih dan teksturnya alot karena terbuat dari tepung aci. Saat memakannya, maka ia akan disiram sambel sehingga menimbulkan sensasi pedas.
Rujak cireng ini tidak akan basi dan dapat bertahan lama hingga 3 hari sehingga cocok dibawa pulang untuk oleh-oleh. Harga per porsinya yakni murah meriah saja sekitar Rp. 10.000,-. Ia dapat

Anda beli di banyak penjual pinggir jalan sekitaran pusat Kota Bandung.

Oleh-oleh Khas Bandung Makuta Bandung

Oleh-oleh Khas Bandung Makuta Bandung

Sekarang ini siapa yang tidak mengenal Makuta Bandung. Cake kekinian besutan artis terkenal Laudya Chintya Bella itu seolah-olah telah menjadi sesuatu makanan wajib untuk dicicipi ketika berkunjung ke kota dengan ikon Gedung Sate tersebut.

Ia merupakan sebuah cake lembut yang dibungkus dengan pastry renyah di atasnya. Harganya tidak terlalu mahal yakni sekitar Rp 60.000,- saja per box. Toko resminya buka mulai pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.

Oleh-oleh Khas Bandung Brownies Amanda

Brownies Kukus Amanda, Sajuta Edisi14 2012

Brownis Amanda Bandung ini merupakan cake yang sangat lembut dan enak. Ketika berkunjung ke sana, Anda wajib untuk membelinya di outlet resminya. Jam bukanya yakni mulai pukul 07.00 hingga 08.00 WIB setiap hatinya.

Brownies ini juga merupakan oleh-oleh khas Bandung di Surabaya. Di ibukota provinsi Jawa Timur tersebut, telah tersebar beberapa outlet resmi yang selalu padat antrian setiap hari karena memang pembelinya membludak.

Oleh-oleh Khas Bandung Tahu Susu

Oleh-oleh Khas Bandung Tahu Susu

Tahu susu ternyata tidak hanya berkaitan erat dengan Padeglang saja. Di bandung, makanan enak dan lumer satu ini juga menjadi suatu ciri khas tersendiri. Rasanya sangat gurih dan empuk ketika sudah digoreng.

Ia tersedia dalam bentuk matang siap makan dan juga frozen food yang bisa bertahan hingga satu minggu sehingga cocok dibuat buah tangan. Harganya pun murah yakni senilai Rp. 4.000,- saja per bungkus tahu isi 10.

Oleh-oleh Khas Bandung Tempe Gila

Oleh-oleh Khas Bandung Tempe Gila

Jangan pernah ngaku pergi ke Bandung jika memang Anda belum mencicipi panganan satu ini. Tempe Gila merupakan salah satu makanan khas di kota tersebut. Ia menjadi berbeda karena rasanya sangat pedas dan menimbulkan sensasi tersendiri ketika di lidah.

Tempe ini dijual dalam bentuk frozen food sehingga dapat bertahan lama hingga beberapa hari. Bungkusnya pun terbuat dari plastik sehingga mudah ketika dibawa. Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh maupun penjual makanan di sekitar kawasan wisata Bandung.

Oleh-oleh Khas Bandung Pevo Cake

Oleh-oleh Khas Bandung Pevo Cake

Selain Makuta, kue kekinian yang harus Anda cicipi ketika berkunjung ke Bandung adalah Pevo Cake. Ia mempunyai tekstur lembut di dalam dan dilapisi dengan lima varian rasa yakni red velvet, mint velvet, banana cheese, double chocho cheese dan juga banana choco.

Dalam sepotong kuenya, maka Anda akan menemui beberapa lapisan dengan rasa berbeda-beda. Kue ini hanya bisa didapatkan di beberapa outlet resminya saja yang buka mulai pukul 07.00 WiB sampai 22.00 WIB.

Oleh-oleh Khas Bandung Angklung

Oleh-oleh Khas Bandung Angklung

Angklung merupakan salah satu oleh-oleh alternatif khas Bandung yang bisa dipilih. Alat musik ini juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi bagi buah hati dan orang-orang terdekat Anda nantinya. Barangnya pun sudah pasti berkualitas dan awet.

Angklung ini juga merupakan oleh-oleh khas Bandung Kiaracondong. Ukurannya bermacam-macam dan harganya pun juga tidak terlalu mahal sehingga tidak akan menghabiskan anggaran pembelian buah tangan Anda untuk keluarga.

Oleh-oleh Khas Bandung Kunafe

Oleh-oleh Khas Bandung Kunafe

Bandung Kunafe juga merupakan salah satu produk cake kekinian artis yang sangat hits dan laris.Ia memiliki 6 varian rasa yaitu antara lain cheese, greentea, durian, nutella, tiramisu dan cokelat. Tekstur dari dalam rotinya lembut lumer dan bisa bertahan lama.

Harga dari cake jaman now Kunafe tersebut yakni murah saja antara Rp. 68.000,- sampai dengan Rp. 75.000,- per box. Setiap hari outlet kue besutan Irfan Hakim dan Ananda Omesh ini tidak pernah sepi pembeli sehingga Anda harus sabar ketika membelinya.

Oleh-oleh Khas Bandung Kanaya

Oleh-oleh Khas Bandung Kanaya

Kue hits kekinian artis yang direkomendasikan sebagai oleh-oleh asli Bandung selanjutnya yaitu Kanaya. Ia adalah milik Ami Qanita Ibunda artis ternama Raffi Farid Ahmad. Cake ini tersedia dalam berbagai varian seperti kacang, greentea, cokelat, vanilla dan susu putih.

Nah, salah satu yang membedakan kue ini dengan yang lainnya yakni ketika memakannya, maka Anda harus mencocolnya terlebih dahulu ke bumbu sambal. Rasanya unik dengan perpaduan tekstur lembut serta sensasi manis pedas dari toping.

Oleh-oleh Khas Bandung Kopi Aroma

Oleh-oleh Khas Bandung Kopi Aroma

Kopi merupakan oleh-oleh mudah dan praktis yang pastinya disukai oleh semua orang. Ternyata, di bandung juga terdapat hal itu. Malahan setiap rasa kopinya diberi bubuk aroma tersendiri seperti halnya pisang, durian serta masih banyak lagi.

Kopi aroma ini juga bisa Anda jumpai di toko oleh-oleh khas Bandung di Tangerang. Kualitas rasanya pun sama dan tetap berkualitas.Harganya relatif murah yakni sekitar Rp. 30.000,- untuk kemasan sedang 250 gram.

Oleh-oleh Khas Bandung Wayang Golek

Oleh-oleh Khas Bandung Wayang Golek

Jika Anda ingin mengenalkan anak-anak tentang kesenian tradisional yang ada di Bandung, maka belikanlah mereka oleh-oleh wayang golek. Ia dapat dibeli di seluruh pusat buah tangan di sana. Bentuknya lucu-lucu dan juga unik.

Harga dari wayang golek ini pun tidak terlalu mahal dan masih nyaman di kantong semua kalangan. Bentuknya ada yang kecil serta besar. Sebagian jenisnya juga bisa dilipat sehingga praktis dibawa pulang ke luar kota.

Oleh-oleh Khas Bandung Kaos dan Pakaian Factory Outlet

Oleh-oleh Khas Bandung Kaos dan Pakaian Factory Outlet

Kaos dan pakaian merupakan oleh-oleh wajib yang harus dibawakan kepada sanak saudara. Selain mudah dicari, barangnya pun juga akan bermanfaat. Nah, ketika Anda sedang berada di Bandung, maka sempatkanlah untuk membeli hal tersebut di Factory Outlet.

Factory outlet merupakan pusat oleh-oleh terbesar di Bandung yang menyediakan kaos dan beragam pakaian. Pilihan barangnya sangat banyak mulai dari kualitas distro hingga standar. Harganya pun lumayan terjangkau dan masih cocok di kantong semua kalangan.

Oleh-oleh Khas Bandung Tas dan Sepatu Cibaduyut

Oleh-oleh Khas Bandung Tas dan Sepatu Cibaduyut

Selain makanan dan pakaian, maka sepatu serta tas khas Cibaduyut ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif oleh-oleh. Ia merupakan produk lokal dan mempunyai desain unik sehingga akan terlihat cantik ketika dipakai.

Jika Anda sedang berkunjung di kawasan wisata Cibaduyut, maka di sana terdapat deretan penjual tas serta sepatu ini. Harganya relatif terjangkau yakni mulai dari Rp. 50.000,- hingga Rp. 200.000,-. Kualitasnya sudah dijamin awet dan terbaik.

Oleh-oleh Khas Bandung Kerajinan Tangan Lembang

Oleh-oleh Khas Bandung Kerajinan Tangan Lembang

Ketika pergi berwisata ke daerah Lembang Bandung, maka sempatkanlah untuk berburu berbagai macam oleh-oleh kerajinan tangan di sana.Jenisnya sangat beragam yakni seperti tas keramik, tas lukis, berbagai macam anyaman dan lain-lain sebagainya.

Bentuk kerajinan tangan yang ada di Lemmbang ini sangat unik dan tidak bisa ditemui di daerah lain. Ia mempunyai ciri khas tersendiri pada hiasannya. Bahan-bahannya pun berkualitas sehingga menjadi awet ketika telah digunakan selama bertahun-tahun.

Oleh-oleh Khas Bandung Kafetaria Pia 170

Oleh-oleh Khas Bandung Kafetaria Pia 170

Ternyata, selain Jogja, Bakpia juga menjadi salah satu oleh-oleh khas dari bandung dengan nama kafetaria pia 170. Harganya sangat murah yakni hanya Rp. 30.000,- per box dan rasanya pun pasti dijamin jempolan.

Pia ini mempunyai rasa unggulan tradisional yang tentunya berbeda dari lainnya. Teksturnya basah semi kering sehingga dapat bertahan hingga satu minggu. Ia hanya bisa Anda dapatkan di toko resminya yakni di Jalan HOS Cokroaminoto daerah Pasirkaliki.

Oleh-oleh Khas Bandung Keripik Maicih

Oleh-oleh Khas Bandung Keripik Maicih

Bagi Anda para penggemar makanan pedas, maka jangan sampai melupakan jajanan yang satu ini yakni Keripik Maicih. Variannya sangat beragam yaitu meliputi:

  • Kripik singkong pedas
  • Kripik seblak pedas
  • Kripik gurilem
  • Bakso Goreng pedas dan original rasa bawang

Oleh-oleh khas Bandung (mayasari) kota Bandung ini level kepedasannya tersedia mulai dari 1 sampai 10. Dijamin ketika sedang memakannya, maka lidah Anda akan menari-nari karena merasakan perpaduan tekstur kriuk dan pedas gila.

Oleh-oleh Khas Bandung Princess Cake

Oleh-oleh Khas Bandung Princess Cake

Bandung Princess Cake merupakan salah satu kue kekinian milki artis terkenal sekaligus sensasional Syahrini. Toko resminya berada di Jalan Cihampelas No.120 Tamansari Bandung Wetan Kota Bandung. Bentuknya unik dan berbeda dari lainnya yaitu segitiga.

Kue yang sempat fenomenal di awal kemunculannya ini tersedia dalam 6 varian rasa yakni mocca, cokelat, strawberry, greentea, double cheese dan mangga. Teksturnya sangat lembut dipadukan dengan kulit krispi dan toping segar manis.

Oleh-oleh Khas Bandung Roti Bumbu Bali

Oleh-oleh Khas Bandung Roti Bumbu Bali

Belum lengkap rasanya pergi ke Bandung jika belum mencicipi roti bumbu Bali. Rasanya sangatlah khas dan unik karena menggabungkan kombinasi gurih manis serta pedas dalam satu makanan. Harganya pun juga lumayan terjangkau yakni sekitar Rp. 30.000,- per box.

Roti bumbu bali ini juga merupakan oleh-oleh khas Bandung di Jakarta. Di Ibu Kota, Anda juga dapat membelinya di beberapa penjual tertentu yang memang mereka asli berasal dari tanah parahyangan tersebut.

Oleh-oleh Khas Bandung Donat Madu

Oleh-oleh Khas Bandung Donat Madu

Anda ingin mencicipi kue donat dengan rasa berbeda? Nah, cobalah makanan yang satu ini. Ia merupakan oleh-oleh khas Bandung dengan cita rasa khusus dari madu murni sehingga rasanya manis dan unik.

Di atas donat madu tersebut nantinya juga disertai berbagai macam varian rasa dari glaze. Ia tersedia dalam bentuk frozen food sehingg bisa digoreng sendiri di rumah dan lebih tahan lama. Harganya relatif murah yakni Rp. 5.000,- per biji.

Oleh-oleh Khas Bandung Tahu Tauhid

Oleh-oleh Khas Bandung Tahu Tauhid

Selain tahu susu, di Bandung juga terdapat makanan tahu tauhid. Namanya memang cukup unik dan membuat penasaran seseorang. Rasanya sangat gurih dan teksturnya pun lembut ketika sudah digoreng. Ia cocok dimakan sebagai lauk maupun camilan peneman teh hangat.

Makanan ini dapat Anda beli di outlet resminya yang berlokasi di Jalan Cijeruk No. 133 Lembang. Harganya murah saja yakni Rp 5.000,- per bungkus tahu berisi 10 biji, Ketahanannya bisa mencapai satu minggu sehingga pas digunakan sebagai oleh-oleh.

Oleh-oleh Khas Bandung Batagor Frozen

Oleh-oleh Khas Bandung Batagor Frozen

Anda pasti selalu terkagu-kagum dengan rasa batagor asli khas Bandung yang gurih, asin, pedas dan juga bercitarasa ikan. Nah, jika begitu, maka jangan lupa untuk mencicipinya setiap kali singgah di ota kembang ini. Jangan lewatkan momen makan bakso tahu goreng sedikit pun.

Selain disajikan matang di beberapa penjual, batagor ini juga dijual dalam bentuk makanan beku di berbagai pusat oleh-oleh terkemuka sehingga Anda bisa membawanya pulang dan selanjutnya menggorengnya sendiri di rumah.

Demikianlah pembahasan mengenai oleh-oleh khas Bandung yang dapat disampaikan dalam ulasan kali ini. Semoga hal tersebut mampu menghadirkan manfaat bagi semua pembaca.

Oleh-oleh Khas Surabaya

admin
7 min read

Oleh-oleh Khas Makassar

admin
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *