Oleh-oleh Khas Lombok yang Wajib Anda Bawa Pulang

Ketika sedang berkunjung ke Nusa Tenggara Barat, maka jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Lombok yang sangat terkenal akan keunikannya. Ia mempunyai banyak sekali ragam mulai dari makanan tradisional bercita rasa nusantara, aksesoris, hingga pakaian.

Oleh-oleh Khas Lombok

Karena Lombok merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sangat terkenal hingga mancanegara, maka tak heran jikadi Pulau tersebut memproduksi berbagai macam cindera mata khas bagi para wisatawan pengunjung. Berikut beberapa Oleh-oleh khas Lombok yang bisa sobat bawa pulang.

Bacaan Lainnya

Susu Kuda Liar

Susu Kuda Liar Lombok

Mungkin Anda pernah mendengar tentang sejuta manfaat dari susu kuda liar, bukan? Hal tersebut memang memiliki beragam khasiat dalam menyembuhkan penyakit kronis seperti halnya kanker darah, tumor dan lain-lain sebagainya.

Susu yang satu ini tidak banyak dijumpai di berbagai daerah di indonesia. Ia dijual terbatas dan salah satunya dapat dibeli di Nusa Tenggara Barat. Khususnya Pulau Lombok, tepatnya di Desa Saneo Kecamatan Woja Kabupaten Dompu.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Ternate

Rasa dari susu kuda liar ini dijamin gurih dan tidak amis. Ia tidak membuat enek dan mudah bosan. Harga dari satu botol susunya bisa Anda bawa pulang dengan kisaran Rp. 75.000,- hingga Rp. 100.000,- per botolnya.

Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut Lombok

Jika biasanya Anda mendengar dodol merupakan jajanan khas jawa yang terbuat dari tepung ketan, santan, dan gula merah, maka kali ini sedikit berbeda. Panganan dari Pulai Lombok tersebut dibuat dengan bahan utama rumput laut. Dodol rumput laut bisa dibeli di berbagai toko pusat oleh-oleh Lombok.

Dodol atau jenang khas Lombok ini merupakan campuran antara rumput laut, buah-buahan segar, dan juga tepung. Rasanya legit dan manis dengan sensasi tekstur rumput laut yang cukup kasar sehingga menimbulkan kesan asyik saat memakannya.

Ia berwarna cokelat dengan kombinasi pewarnaan tertentu sesuai dengan perpaduan rasa buahnya. Dodol lombok biasanya dikemas menggunakan keranjang bambu, kertas makanan dan mika. Harganya berkisar antara Rp. 75.000,- hingga Rp. 100.000,- per kilogramnya.

Kain Tenun

Kain Tenun Lombok

Kain tenun merupakan salah satu hal yang wajib Anda beli ketika berkunjung ke Lombok. Kualitasnya sudah tidak perlu diragukan karena dibuat secara manual dan dengan sangat hati-hati.

Kain yang satu ini terbuat dari benang kapas yang selanjutnya dipintal secara tradisional oleh wanita-wanita asli Lombok. Coraknya lumayan banyak dan setiap satu desain hanya untuk per potong kain saja sehingga bisa dibilang limited edition.

Harga dari kain tenun saat ini masih relatif mahal, yakni mulai dari Rp. 200.000,- hingga jutaan bergantung pada kualitas benang, ukuran, serta kerumitan corak.

Kain Songket

Kain Songket Lombok

Berbeda dengan kain tenun, songket asli Lombok ini terbuat dari bahan benang lungsin atau pakaian. Tekstur permukaanya lebih terasa dan kasar jika disentuh.

Kain songket khas Lombok saat ini banyak diperjualbelikan di pusat kerajinan ataupun destinasi-dstinasi wisata terkemuka di sana. Coraknya memiliki motif etnik dan berwarna cerah sehingga akan menimbulkan kesan ceria ketika dipakai.

Untuk harganya sendiri, kain yang memang menjadi keunggulan masyarakat Lombok ini bisa Anda bawa pulang dengan kisaran sebesar Rp. 300.000,- hingga puluhan juta.

Madu Lombok

Madu Lombok

Kota Mataraman di sekitar Pulau Lombok khususnya pada daerah Sumbawa terkenal akan hasil madunya yang berlimpah serta memiliki kualitas tinggi. Jadi, ketika Anda berkunjung ke sana, maka akan ditemui banyak penjual di tempat-tempat wisata maupun pusat oleh-oleh.

Oleh-oleh khas Lombok yang satu ini tidak seperti kebanyakan madu yang ditemukan di Indonesia yakni berwarna cokelat menyerupai emas. Ia memiliki warna putih bening karena telah diproses dan dimasak sedemikian rupa.

Rasa dari madu Lombok khas Sumbawa ini cenderung manis karena diambil langsung dari sumbernya di hutan. Harganya relatif sedikit lebih mahal yakni antara Rp. 75.000,00 hingga Rp. 85.000,00 per botol ukuran 500 ml.

Tuak Manis Lombok

Tuak Manis Lombok

Jika Anda ingin mencari oleh-oleh khas Lombok Mataram yang unik dan belum pernah dijumpai sebelumnya yakni silakan mencoba membeli minuman tuak. Ia berbentuk minuman segar dan terbuat dari bahan beluluk atau nira.

Sebagian besar masyarakat menganggap bahwasannya tuak merupakan minuman yang memabukkan. Akan tetapi, anggapan tersebut salah besar karena justru ia sangat menyegarkan ketika diminum pada kondisi dingin.

Tuak dibuat dengan cara mengambil sari air buah nira dan kemudian dimasak hingga layak konsumsi. Ia tidak cepat basi dan dapat bertahan hingga seminggu. Anda bisa membelinya di banyak penjual pinggir jalan dengan harga mulai dari Rp. 5.000,- saja.

Kopi Prabe Lombok

Kopi Prabe Lombok

Kopi Prabe merupakan salah satu oleh-oleh khas lombok yang sangat cocok untuk keluarga di Rumah. Penampakannya hampir sama dengan kebanyakan kopi hitam pada umunya di Indonesia, tetapi ia aroma harum, kuat, dan rasa pahit manisnya pun pas di lidah.

Kopi yang satu ini berasal dari salah satu desa di Lombok yakni Prabe. Ampas dari kopinya tidak begitu banyak sehingga cocok digunakan untuk suguhan tamu. Harganya pun murah meriah saja yaitu berkisar antara Rp. 50.000,- hingga Rp. 75.000,- per kilogram.

Anda bisa membeli Kopi Prabe khas Lombok ini baik dalam bentuk butiran yang sudah digoreng maupun bubuknya. Ia banyak dijual di coffee shop, warung-warung, ataupun beragam pusat oleh-oleh di seantero Mataram.

Terasi Lombok

Terasi Lombok

Jika Anda sedang berkunjung ke Lombok dan ingin membawakan ibu atau istri oleh-oleh, maka belikan saja terasi. Bumbu yang satu ini sudah sangat melegenda dan memiliki rasa khas serta lezat kalau dioleh menjadi sambal.

Lombok sebagai pulau yang didominasi dengan laut juga menghasilkan banyak terasi di sana. Konon katanya rasanya lebih enak serta sangat harum ketika telah matang. Ia banyak dijual di sekitaran pantai atau berbagai pusat oleh-oleh.

Trasi khas dari Pulau Lombok tersebut memiliki aroma udang yang khas serta tidak mudah busuk. Harganya murah meriah yakni hanya sekitar Rp. 25.000,00 per bungkusnya. Jenisnya bermacam-macam, yaitu jerawu, beroq dan juga lengkare.

Kripik Ceker

Kripik Ceker Lombok

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh khas Lombok murah, maka kripik ceker adalah pilihan terbaiknya. Selain harganya terjangkau, jajanan yang satu ini memiliki rasa gurih dan bertekstur crunchy.

Kripik ini terbuat dari ceker ayam asli yang telah dikelupas kulitnya dan selanjuntya digoreng hingga garing di minyak panas. Ini tentunya sangat cocok digunakan sebagai cemilan saat kumpul keluarga maupun lauk ketika makan.

Untuk membeli kripik ceker, Anda hanya perlu mengelurakan uang sebesar Rp. 25.000,- saja. Berat per kemasannya sekitar 200 gram, namun ajaibnya bisa bertahan lama hingga hitungan bulan.

Sambal Encim

Sambal Encim Lombok

Belum lengkap rasanya berkunjung ke Lombok jika rasa pedas dari sambal encim. Olahan satu ini juga cocok digunakan sebagai oleh-oleh karena tidak mudah basi dan telah dikemas rapat di dalam toples.

Sambal encim dibuat menggunakan resep turun-temurun khas nenek moyang masyarakat Lombok. Variannya lumayan banyak yakni cabai hijau, ebi, ikan apa, rumput laut, serta rendang.

Harga dari kemasan sambal 70 gram yakni sebesar Rp. 25.000,- dan hal itu dapat dibeli di pusat oleh-oleh serta berbagai warung makan di Lombok, Sumbawa dan Mataram.

Keripik Rumput Laut

Keripik Rumput Laut Lombok

Mungkin nama keripik rumput laut memang masih asing di telinga Anda. Hal itu wajar memang karena oleh-oleh Lombok satu ini sedikit unik serta nyentrik jika disebut sebagai jajanan.

Keripik ini terbuat dari ekstrak rumput laut Lombok yang dicampur dengan bahan tepung dan ditaburi berbagai macam rasa di atasnya seperti keju, sapi panggang, jangung bakar, balado, barbeque dan masih banyak lagi lainnya.

Keripik rumput laut bisa Anda beli di pusat oleh-oleh khas Lombok dengan harga Rp. 20.000 untuk setiap kemasannya.

Stik Bawang Rumput laut

Stik Bawang Rumput laut Lombok

Stik bawang rumput laut ini tidak boleh Anda lewatkan untuk dicicipi ketika sedang berkunjung ke Pulau Lombok. Rasanya yang gurih, manis, serta asin sangat cocok di lidah orang Indonesia. Teksturnya pun empuk dan tidak keras sama sekali saat digigit.

Jajanan satu ini terbuat dari campuran adonan tepung terigu, bawang dan ekstrak rumput laut. Hal tersebut selanjutnya dipipihkan dan dibentuk memanjang menyerupai stik.

Harganya lumayan murah, yaitu berkisar antara Rp. 40.000,- hingga Rp. 50.000,- saja per kilogramnya. Ia bisa didapatkan di pinggir jalan maupun tempat penjualan oleh-oleh modern Lombok.

Manisan Rumput Laut

Manisan Rumput Laut Lombok

Ketika membayangkan tentang rasa dari manisan rumput laut, mungkin hal itu masih sedikit aneh bagi sebagian orang.

Nah, saat Anda sudah memakan manisan rumput laut ini, maka rasanya sangatlah lezat dan manisnya pun pas di lidah. Proses pembuatannya dengan cara tradisional sehingga bebas dari campuran bahan-bahan pengawet.

Harga dari manisan ini lumayan terjangkau yaitu sebesar Rp. 30.000,- per bungkus ukuran sedang. Ia dapat dibeli di berbagai tempat oleh-oleh.

Kacang Mete Lombok

Kacang Mete Lombok

Siapa yang tidak suka dengan kacang mete? Makanan yang satu ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya gurih dan sangat enak. Ia terdapat di berbagai belahan wilayah Indonesia salah satunya yakni Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat.

Kacang mete ini diproduksi secara langsung oleh masyarakat Lombok dengan cara manual sehingga cita rasanya pun tetap tejaga keasliannya. Ia bisa Anda dapatkan di perkampungan wisata seperti halnya pantai-pantai terkenal maupun pusat oleh-oleh di Kota Mataram.

Jika Anda langsung datang ke rumah produksi pembuatannya, maka akan bisa melihat bagaimana proses pengolahan dari kacang mete tersebut. Oleh-oleh satu ini dapat dibeli dengan harga lumayan mahal, yaitu senilai Rp. 100.000,- hingga Rp. 125.000,- per kemasan plastik ukuran 1 kilogram.

Kerajinan Gerabah Lombok

Kerajinan Gerabah Lombok

Siapa bilang pergi ke Pulau Lombok tidak bisa membawa pulang oleh-oleh peralatan rumah tangga? Jika Anda memiliki anggapan seperti itu, maka berpikirlah lagi terlebih dahulu. Sekarang ini banyak dijual berbagai macam jenis gerabah yang dijajakan di tempat-tempat wisata di sana.

Kerajinan gerabah khas Lombok tersebut banyak di produksi di Desa Banyumelek. Ragam bahan serta jenisnya sangat banyak. Jika Anda berkunjung ke sana secara langsung,maka akan diberi tahu juga bagaimana proses pembuatannnya.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Tarakan

Kebanyakan gerabah yang diproduksi di desa tesebut terbuat dari tanah liat yang dibuat dengan cara tradisional. Harganya bermacam-macam dan bergantung pada jenis serta ukuran barang, yaitu sekitar Rp. 100.000,- hingga jutaan rupiah karena memang berkualitas dan unik.

Mutiara Khas Lombok

Mutiara Khas Lombok

Sebagai daerah pantai, tentunya Lombok juga memiliki hasil mutiara asli dari kerang yang lumayan berlimpah.

Mutiara tersebut dijual dengan harga yang lumayan mahal dan hanya bisa Anda dapatkan di toko-toko khusus perhiasan sekitar Lombok maupun daerah Mataram. Jenis dan ukurannya sangat beragam sehingga harganya pun berbeda-beda pula.

Mutiara ini ada yang dijual dalam bentuk butiran maupun sudah dikreasikan dengan perhiasan seperti halnya gelang, kalung dan anting. Kebanyakan warnanya tetap dibiarkan alami putih bersih tanpa diberi sentuhan pewarnaan sistetis.

Minyak Lombok

Minyak Lombok

Oleh oleh khas Lombok selanjutnya yang paling banyak diminati oleh para wisatawan lokal, luar daerah, maupun mancanegara adalah minyak.

Minyak khas Lombok ini selain sangat biak digunakan untuk menggoreng, ia juga dipercaya mampu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit sepert halnya luka bakar, patah tulang, keseleo, serta kulit lecet-lecet.

Pembuatan minyak ini sangat dijaga kehigienisannya dalam berbagai tahap prosesnya. Ia banyak dijual di pusat oleh-oleh khusus khas Lombok dan dapat Anda bawa pulang dengan harga senilai Rp. 100.000,- hingga Rp. 150.000,- per botolnya.

Kaos Unik dan Aksesoris Lombok

Kaos Unik dan Aksesoris Lombok

Kaos dan aksesoris merupakan salah satu oleh-oleh wajib yang harus dibeli ketika berkunjung ke berbagai daerah. Anggapan tersebut juga berlaku di Pulau Lombok. Hal ini banyak terdapat di pinggir-pinggir jalan serta pusat perbelanjaan.

Di sana terdapat berbagai macam jenis kaos santai bertuliskan kata-kata khas lombok dan nusantara seperti halnya:

  • I Love Lombok
  • Wonderful Lombok
  • Pantai Lombok
  • Aku Cinta Lombok

Selain itu juga terdapat berbagai macam aksesoris khas seperti gantungan kunci, jepit rambut, mainan anak-anak, serta buku-buku sejarah Lombok. Semua hal tersebut bisa Anda beli dengan harga mulai dari Rp. 20.000,- hingga Rp. 100.000,- bergantung pada jenis dan kualitas barang.

Abon Ikan Asin

Abon Ikan Asin Lombok

Karena sebagian besar daerah Lombok dipenuhi dengan kawasan pantai, maka penghasilan perikanan di sana pun juga sangat berlimpah. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi masyarakat untuk mengawetkan ikan dengan cara diasinkan.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Blitar

Agar ikan asin yang diawetkan tersebut mempunyai nilai jual tinggi, maka masyarakat pun mengolahnya menjadi abon sebagai oleh2 khas Lombok bagi para wisatawan. Rasanya sangat unik dengan perpaduan antara asin, manis dan sedikit unsur pedas.

Abon itu bisa Anda temui di berbagai warung-warung atau penjual oleh-oleh sekitar destinasi pantai. Ia dikemas dalam bentuk plastik flip tebal sehingga tahan lama dan tidak mudah tumpah. Harga jualnya yaitu Rp. 25.000,- per kemasan ukuran 250 gram.

Kurma Ala Lombok

Kurma Ala Lombok

Seyogyanya, kurma memang berasal dari Makkah atau negara-negara Timur Tengah. Namun, kini di Pulau Lombok Indonesia pun hal tersebut telah ada. Akan tetapi, ia berasal dari buah tomat yang diolah menjadi manisan.

Nah, manisan buah tomat tersebut memiliki rasa manis dan bertekstur lumayan alot seperti halnya kurma sehingga kemudian banyak orang menjulukinya sebagai kurmanya Pulau Lombok. Ia memang unik dan jarang sekali ditemui di daerah lain.

Kurma yang berasal dari manisan tomat tersebut dapat bertahan hingga berbulan-bulan karena telah melalui banyak proses pengolahan. Harganya lumayan terjangkau yaitu hanya Rp. 25.000,- saja permikanya.

Kiranya, informasi tentang oleh-oleh khas Lombok tersebut dapat memberikan wawasan baru bagi Anda mengenai keragaman warna-warni nusantara khususnya Indonesia bagian timur.

Pos terkait