Oleh-oleh Khas Makassar

7 min read

Oleh-oleh Khas Makassar

Main ke kota Metropolitan terbesar di Indonesia Timur? Jangan lupa membawa pulang oleh-oleh khas Makassar. Bukan hanya barang, namun terdapat pula beragam camilan menarik untuk semua keluarga di rumah.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Makassar

Kuliner di kota Makassar ini tak kalah menarik dengan daerah-daerah lainnya. Beragam makanan dengan cita rasa serta rempah yang khas membuat wisata di sini pasti pengunjung. Beberapa dari mereka juga sudah terkenal di berbagai penjuru Nusantara. Penasaran?

Bannang-bannang

Oleh-oleh Khas Makassar Bannang-bannang

Bannang-bannang, dinamai demikian karena bentuknya mirip dengan benang kusut yang digulung-gulung. Rasa manis dan legit sangat cocok bagi Anda sebagai penyuka jajanan seperti ini sehingga tak boleh terlewat untuk di jadikan oleh-oleh.

Umumnya jajanan tradisional ini sering dibuat saat ada acara khusus seperti hajatan pernikahan. Selain itu, makanan tersebut bisa tahan sampai beberapa hari karena sifatnya yang kering, jadi tak perlu khawatir akan busuk di tengah perjalanan.

Kue Dange

Oleh-oleh Khas Makassar Kue Dange

Pernahkan Anda mencoba kue dari fermentasi susu kerbau? Jika belum, maka di kota Makassar inilah tempatnya. Pusat utama pembuatan jajanan tradisional ini terletak di Enrekang yang terkenal sebagai daerah penghasil susu kerbau.

Rasanya yang gurih membuat jajanan tersebut lebih sering dijadikan lauk pauk atau teman makan nasi hangat. Dengan cocolan sambal khas Makassar sehingga bisa dikatakan tidak murni camilan.

Kue Baruasa

Oleh-oleh Khas Makassar Kue Baruasa

Jajanan tradisional selanjutnya ini mudah sekali ditemukan di pusat perbelanjaan maupun oleh-oleh Makassar online adalah kue Baruasa. Menggunakan bahan dasar tepung beras, telur dan kelapa parut membuatnya memiliki tekstur kasar dengan rasa gurih yang nagih.

Harganya pun juga relatif murah serta bisa bertahan sampai beberapa hari. Jadi, apabila Anda berasal dari luar kota maupun luar pulau tak perlu khawatir kalau berminat membawa oleh-oleh satu ini. Namun jika masih ragu bisa meminta yang baru matang kepada penjualnya.

Kue Kurma

Oleh-oleh Khas Makassar Kue Kurma

Kue kurma khas Makassar berbeda karena tidak seperti yang Anda bayangkan akan terbuat dari buah aslinya. Hanya saja ia memiliki ciri menyerupai kurma sehingga dinamakan demikian dengan rasa cenderung manis dan legit.

Kue ini sengaja dibentuk seperti kurma dengan bahan pembuatnya dari mentega, tepung terigu dan telur. Kemudian bagian atasnya dibalut karamel meleleh dengan taburan kacang tanah atau kenari cincang sehingga memberikan perpaduan rasa gurih dan manis.

Kerupuk Jintan

Oleh-oleh Khas Makassar Kerupuk Jintan

Uniknya dari kerupuk jintan ini adalah tidak semua orang bisa membuatnya. Jika belum terbiasa rasa yang dimiliki akan aneh dan sangat keras. Bahkan warga Makassar sendiri belum tentu bisa. Namun, Jika sudah ahli cita rasanya akan sangat khas, gurih dan lezat.

Makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan telur sera soda kue ini sangat nikmat jika dijadikan teman camilan saat santai. Meskipun nampak keras, tetapi ketika digigit akan terasa renyah dan menggugah selera.

Kue Deppa Toraja

Oleh-oleh Khas Makassar Kue Deppa Toraja

Oleh-oleh khas Makassar berupa kue Deppa memiliki bentuk memanjang sebesar jari tangan. Hanya saja sering kali orang kurang tertarik karena bentuk dan waranya coklat gelap. Namun, jangan salah karena jika sudah mencoba bisa dipastikan Anda akan ketagihan.

Bahan dasar terbuat dari tepung beras memberikan tekstur kasar dan garing. Tetapi, justru di sini kenikmatannya dengan sedikit crunchy di luar dan lembut di dalam sangat cocok untuk teman ngemil bertemankan secangkir kopi atau teh.

Coto Makassar Instan

Oleh-oleh Khas Makassar Coto Makassar Instan

Siapa yang tidak kenal dengan coto Makassar? Makanan satu ini memang mirip dengan soto dan telah terkenal di setiap penjuru nusantara. Kuliner yang tak mungkin di bawa pulang karena hanya tahan beberapa jam saja, kini sudah bisa dijadikan oleh-oleh.

Anda akan menemukan coto versi paket instan dengan ketahan hingga bermingggu-minggu sehingga tak perlu khawatir lagi. Harganya pun juga terjangkau yaitu kisaran Rp. 10.000,- hingga Rp. 15.000,-. Namun, ada pula yang menjual seharga Rp. 135.000,- hanya saja lengkap dengan dagingnya.

Kacang Sembunyi

Oleh-oleh Khas Makassar Kacang Sembunyi

Siapa yang tidak tahu dengan jajanan tradisional satu ini? Meskipun terkenal di berbagai daerah, namun siapa yang sangka jika asalnya dari Makassar. Makanan yang terbuat dari kulit tepung dengan isian kacang di dalamnya sehingga sering disebut kacang sembunyi.

Jajanan seperti ini akan banyak ditemui di pusat oleh-oleh khas Makassar Sulawesi Selatan. Rasa gurih dari kacang dan kulit serta manisnya baluran karamel sangat pas untuk camilan di waktu santai.

Mantao pare

Oleh-oleh Khas Makassar Mantao pare

Mantao pare bisa dibilang sebagai bakpaonya orang Makassar. Bentuknya memang mirip berupa bulatan putih yang bisa dimakan langsung, digoreng ataupun dikukus terlebih dahulu. Kue ini juga memiliki banyak pilihan rasa.

Varian isi tersebut bisa berupa coklat, daging giling hingga rasa padang sekalipun. Selain itu, saat penyajiannya juga bisa dikreasikan dengan berbagai jenis toping sesuai selera. Anda pun bisa membawa pulang karena akan tahan hingga beberapa hari.

Bagea

Oleh-oleh Khas Makassar Bagea

Bagea merupakan salah satu kue tradisional khas Makassar yang terbuat dari tepung sagu. Teksturnya memang sedikit keras sangat pas jika dihidangkan dengan teh hangat. Sayangnya jika ingin membeli oleh-oleh untuk orang tua atau lansia lebih baik pilih jajanan lain.

Meskipun begitu tekstur keras yang khas membuat kue ini memilki rasa gurih dan legit. Bahkan makanan tersebut populer di kalangan anak muda. Bentuknya memang mirip cookies pada umumnya hanya bahan dasar pembuatnya yang berbeda.

Otak-otak Makassar

Oleh-oleh Khas Makassar Otak-otak Makassar

Mungkin Anda sudah sering menemui jajanan ini di daerah lain atau bahkan kerap kali memakannya. Namun, jangan salah camilan dari kota Makassar satu ini terbuat dari ikan tenggiri asli. Cara memasaknya pun berbeda, yaitu dengan dibungkus daun pisang kemudian dibakar

Rasa otentik yang khas dan lembut akan memberikan kelezatan tersendiri. Meskipun termasuk kue basah, tetapi makanan tersebut bisa bertahan hingga beberapa hari dan sangat cocok sebagai makanan pembuka khas Makassar.

Barongko

Oleh-oleh Khas Makassar Barongko

Selain otak-otak, makanan basah lain yang aman untuk dibawa perjalanan jauh adalah barongko. Jajanan ini terbuat dari pisang yang dihaluskan kemudian dicampur dengan berbagai bahan seperti santan dan bumbu-bumbu lainnya sehingga memberikan rasa manis legit yang khas.

Teksturnya yang lembut bisa dipastikan semua kalangan akan suka. Jajanan ini juga dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus cukup lama sehingga bisa tahan beberapa hari di berbagai macam suhu ruang.

Kue Baje

Oleh-oleh Khas Makassar Kue Baje

Nama kue khas Makassar lainnya yang sangat unik adalah Baje. Jika di Jawa terdapat wajik klethik atau wajik ketan, maka di Makassar ada makanan ini. Bahan dasarnya memang sama yaitu terbuat dari ketan dicampur dengan kelapa parut dan gula kemudian dimasak cukup lama.

Hanya saja untuk Baje ini nantinya akan dibungkus menggunakan kulit jagung maupun daun pisang yang sudah kering. Kue khas masyarakat Todakka ini juga kerap dijadikan jajananm khusus di acara-acara seperti hajatan dan pernikahan.

Abon Raos

Oleh-oleh Khas Makassar Abon Raos

Abon raos bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang enak dan praktis, apalagi sangat pas jika dijadikan teman makan nasi hangat. Rasanya yang gurih serta terbuat dari olahan daging sapi dengan rempah-rempah khas membuatnya terkenal di pasaran Makassar sehingga wajib dicoba.

Meskipun Raos sebenarnya bahasa Sunda yang artinya enak, namun pada faktanya abon ini asli dari Makassar. Bisa dipastikan disetiap sudut kota pasti menjual makanan ini. Anda pun juga bisa mendapatkan oleh-oleh khas Makassar tersebut di Surabaya jika tidak sempat pergi ke sana.

Selain terkenal dengan kulinernya, kota ini juga memiliki beragam minuman khas yang tak boleh terlewatkan untuk dibawa pulang. Kalaupun tidak sempat ke sana namun ingin membelinya bisa juga Anda pergi ke oleh-oleh Makassar di Jakarta. Berikut beberapa di antaranya:

Sirup DHT

Oleh-oleh Khas Makassar Sirup DHT

Menariknya sirup DHT ini memiliki rasa dan aroma unik, yaitu khas pisang ambon. Akan tetapi berbanding terbalik dengani warnanya, yaitu merah merona dengan kemasan botol plastik warna hijau dan putih.

Sirup ini juga sering kali dihidangkan sebagai pendamping minuman es pisang ijo khas Makassar. Rasa unik yang dimiliki tentu akan memberikan kelezatan tersendiri daripada jenis lainnya. Bisa dipastikan Anda tidak akan menyesal jika mencobanya.

Kopi Toraja

Oleh-oleh Khas Makassar Kopi Toraja

Berkunjung ke Makasaar belum lengkap jika pulang tidak membawa oleh-oleh kopi yang satu ini. Pasalnya rasa yang dimiliki unik dan khas bahkan tidak akan ditemukan di daerah lain. Terdapat 3 variasi untuk minuman ini, yaitu Arabica, Robusta dan special blend.

Kopi jenis ini akan banyak ditemui di pusat oleh-oleh Makassar. Meskipun Anda tipe orang yang kurang suka kopi akan tetapi tidak ada salahnya pulang membawa buah tangan tersebut untuk keluarga, kerabat maupun teman.

Sirup Markisa

Oleh-oleh Khas Makassar Sirup Markisa

Minuman khas selanjutnya terbuat dari buah markisa asli dengan cita rasa asam, manis yang menyegarkan dan siap untuk melepas dahaga. Anda bisa menemui sirup ini di berbagai toko oleh-oleh maupun swalayan di sana.

Meskipun kota Medan juga sama terkenalnya akan sirup markisa, namun Makassar memiliki cita rasa khas tersendiri yang wajib Anda coba. Penasaran mau mencoba? Silakan datang saja ke toko oleh-oleh Makassar 24 jam.

Selain kuliner, oleh-oleh yang tak boleh terlewatkan dari kota ini berupa kerajian tangan. Baik itu hiasan, mainan, hingga pakaian. Ada terdapat banyak sekali buah tangan yang mencirikan kota ini, di antaranya:

Kain Tenun

Oleh-oleh Khas Makassar Kain Tenun

Belum ke Makassar rasanya jika tidak membawa oleh-oleh satu ini. Kain yang mencirikan kekhasan kota tersebut memiliki corak unik dengan warna-warna dark maupun terang serta kombinasinya sangat cocok.

Kain atau sarung seperti ini akan mudah Anda temui di pasar-pasar tradisional kota Makassar. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, tergantung jenis seperti apa yang akan dipilih. Dimulai dari Rp. 20.000,- hingga ratusan ribu rupiah.

Sutra Sengkang

Oleh-oleh Khas Makassar Sutra Sengkang

Bukan hanya tenun saja, ternyata Makassar juga memiliki kain sutra sengkang sebagai salah satu oleh-oleh dan solusi jika sudah bosan dengan kuliner. Menariknya lagi terdapat beragam motif unik yang mencirikan kota tersebut.

Memang untuk harga cukup merogoh kocek ya, pasalnya kain sutra ini bisa dibandrol hingga jutaan rupiah. Namun, apabila Anda sangat menginginkannya bisa mencoba yang lebih murah dengan bahan semi-sutra dan tarif mulai dari ratusan ribu rupiah saja.

Handicraft Toraja

Oleh-oleh Khas Makassar Handicraft Toraja

Kota Makassar juga terkenal akan handicraftnya. Nah, jika Anda ingin membawa oleh-oleh untuk kerabat atau teman untuk dijadikan kenangan dan bisa bertahan lama maka inilah jawabannya. Ada banyak tersedia varian kerajinan yang bisa di bawa pulang.

Di antaranya adalah gantungan kunci, ukiran kayu, lukisan dan masih banyak lagi berbagai souvenir lainnya yang terbuat dari bahan-bahan alam. Harganya pun juga terbilang murah sehingga cocok sekali jika ingin membawa banyak oleh-oleh low budget.

Sarung Tenun

Oleh-oleh Khas Makassar Sarung Tenun

Salah satu oleh-oleh khas Makassar yang bisa dijadikan cinderamata maupun untuk diri sendiri adalah sarung tenun. Memiliki corak khas dengan perpaduan warna unik, nyaman dipakai serta tidak gerah menjadikannya favorit di kalangan wisatawan.

Apalagi bagi Anda yang begitu menyukai kain etnik, pilihan ini bisa menjadi salah satu andalan. Selain makanan ringan sarung tenun ini juga salah satu ciri khas Losari.

Karya Seni Toraja

Karya Seni Toraja

Selain terkenal dengan kuliner, Toraja juga dikenal akan kerajinan tangannya. Salah satunya adalah replika rumah Tongkonan dan kapal pinisi. Banyak wisatawan pasti membeli ini ketika berkunjung sebagai hadiah maupun kenangan.

Kerajinan tangan bisa menjadi pilihan terbaik untuk dijadikan oleh-oleh serta kenangan khas kota tersebut. Harganya juga bervariasi dan umumnya tergantung dari jenis karya, bahan pembuatnya serta tingkat kesulitan.

Kaos Khas Makassar

Oleh-oleh Khas Makassar Kaos Khas Makassar

Salah satu yang tak pernah ketinggalan ketika berkunjung ke suatu kota adalah mencari oleh-oleh ikonic. Misalnya saja kaos yang bertemakan keunikan atau logo-logo khas Makassar seperti Tongkonan, kapal pinisi dan masih banyak lagi.

Kaos seperti ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang terkasih dengan harga rata-rata sangat terjangkau. Umumnya orang-orang membeli sebagai tanda jika ia sudah pernah berkunjung ke tempat tersebut.

Tas Etnik

Oleh-oleh Khas Makassar Tas Etnik

Tas etnik ini terdapat berbagai macam bentuk yang terbuat dari kain tenun ataupun bahan lain. Memiliki corak khusus seperti anyaman rotan dan lain-lain bisa dipastikan akan membuat Anda “ngiler”.

Pasalnya oleh-oleh satu ini sering dipajang berjajar dan senada dengan kerajinan-kerajinan lain. Saat dikenakan pun nampak fashionable jika dipadupadankan dengan pakaian kasual. Jadi, oleh-oleh ini sangat direkomendasikan.

Songkok

Oleh-oleh Khas Makassar Songkok

Cinderamata lainnya sebagai salah satu ciri khas kota ini adalah songkok dan cocok digunakan untuk pelengkap sarung. Berbeda dengan kopiah dari daerah-daerah lainnya karena yang satu ini terbuat dari anyaman rotan kuning.

Songkok khas Makassar yang unik ini terbilang cukup mahal memang, karena cara membuatnya lumayan sulit. Biasanya untuk tarif per satuan akan dibandrol seharga Rp. 200.000,- an. Meskipun begitu kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Kupu-kupu Bantimurung

Oleh-oleh Khas Makassar Kupu-kupu Bantimurung

Bagi pecinta kupu-kupu ataupun kecantikan sejenisnya, maka oleh-oleh ini sangat pas. Selain itu, ia juga cocok jika dijadikan cinderamata maupun hadiah untuk orang-orang terdekat. Hiasan dinding seperti ini bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai penjual.

Menariknya lagi, hiasan dinding ini terbuat dari kupu-kupu asli yang telah diawetkan. Kemudian dikumpulkan dalam sebuah pigura sesuai dengan coraknya. Harganya pun juga terbilang murah, yaitu mulai dari Rp. 25.000,- hingga ratusan ribu tergantung dari bentuk dan ukuran.

Itulah beberapa pilihan oleh-oleh khas Makassar yang paling rekomended dengan harga terjangkau. Dengan cita rasa khasnya sehingga tak perlu bingung lagi harus memilih buah tangan seperti apa ketika akan pulang.

Oleh-oleh Khas Surabaya

admin
7 min read

Oleh-oleh Khas Bandung

admin
7 min read

One Reply to “Oleh-oleh Khas Makassar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *