Oleh-oleh Khas Probolinggo Terbaru yang Paling Diminati

Oleh-oleh Khas Probolinggo

Membeli sebuah buah tangan di tempat wisata telah menjadi tren kekinian akhir-akhir ini, salah satunya di Probolinggo. Karena produk yang dijual bisa awet dan tahan hingga dua minggu lamanya. Terdapat beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Probolinggo untuk Anda dengan beragam jenis serta keunikannya masing-masing.

Oleh-oleh Khas Probolinggo yang Paling Diminati Wisatawan

Berbagai macam produk makanan dan minuman olahan ini bisa Anda temukan pada seluruh pusat perbelanjaan yang ada di kota Probolinggo. Namun sebaiknya membeli dalam jumlah banyak karena biasanya akan mendapatkan potongan harga tertentu. Berikut daftar Oleh-oleh Khas Probolinggo Jawa Timur yang paling diminati wisatawan:

Kue Prol Tape

Kue Prol Tape

Makanan olahan yang satu ini merupakan hidangan ciri khas Probolinggo. Karena produknya terbuat dari bahan dasar tape singkong pilihan sehingga rasanya manis dan tidak perlu menambahkan gula atau pemanis buatan.

Selain itu juga dicampur dengan material lainnya seperti tepung terigu, susu, telur, margari dan masih banyak lagi. Topping dari kue prol tape biasanya bermacam-macam, mulai dari penambahan taburan keju, kismis, kacang, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkannya, Anda dapat membelinya di toko oleh-oleh khas Probolinggo dengan harga sekitar Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000 per kotaknya.

Keripik Kentang Khas Probolinggo

Keripik Kentang Khas Probolinggo

Kemudian produk selanjutnya yang dapat dijadikan sebagai buah tangan adalah berupa cemilan ringan. Produknya bertekstur renyah, berwarna putih dan ukurannya cukup besar. Tak hanya itu saja, keripik ini juga menjadi oleh-oleh khas Bromo sehingga membuat para wisatawan ingin sekali mencicipinya.

Salah satu oleh-oleh khas Probolinggo ini memiliki kualitas terbaik di pasaran. Karena produk diolah dengan memakai kentang yang berukuran besar. Oleh karena itu, rasanya tidak perlu diragukan lagi sebab sudah pasti lezat, gurih dan rendah kolesterol, sehingga aman untuk dikonsumsi dari segala usia.

Untuk mendapatkannya pun tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu pergi ke beberapa tempat wisata. Sebab hampir tiap lokasi menyediakannya.

Sirup Pokak Khas Probolinggo

Sirup Pokak Khas Probolinggo

Merupakan jenis minuman yang beraroma rempah dan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Bahan dasar pembuatannya adalah cengkeh, serai, jahe, gulam jeruk purut dan kayu manis. Produk olahan ini dikenal sangat ampuh untuk menghangatkan tubuh meredakan sakit batuk dan masuk angin.

Selain menjadi produk oleh-oleh khas Probolinggo, sirup pokak juga banyak ditemukan di toko yang menjual buah tangan di daerah pasuruan. Anda dapat membelinya untuk dijadikan sebagai minuman wedang atau dapat dicampur dengan air hangat, teh dan masih banyak lagi macamnya.

Mungkin saat pertama kali Anda meminumnya akan terasa aneh, namun lambat laun pastinya akan terbiasa dan pasti minta lagi.

Lapis Kukus

Lapis Kukus Probolinggo

Salah satu makanan olahan oleh-oleh khas Probolinggo ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Karena roti dibalut dengan berbagai macam toping pilihan seperti keju, whipped cream, coklat, green tea dan lain-lain. Ketika dimakan, lapis kukus akan terasa sangat lembut di mulut hanya dalam gigitan pertama.

Tidak hanya itu saja, Lapis kukus ini juga menjadi produk oleh-oleh khas Surabaya yang dijual di kota Probolinggo. Karena banyak wisatawan suka membeli dalam jumlah banyak atau borongan untuk dibagikan ke keluarga dan sanak famili. Untuk membelinya, Anda sebaiknya berkunjung ke toko terdekat.

Namun, pastikan oleholeh jenis ini cepat dihabiskan dalam waktu dekat. Sebab bahan yang alami membuatnya tidak terlalu lama untuk bertahan.

Abon Khas Probolinggo

Abon Khas Probolinggo

Kemudian makanan olahan selanjutnya adalah suatu produk yang terbuat dari campuran beberapa jenis daging. Seperti ayam, sapi, kambing, ikan dan lain-lain. Dalam proses pembuatan, biasanya dicampur dengan bahan lain, yakni bawang putih, garam, ketumbar, santan, serta masih banyak lagi.

Abon merupakan salah satu oleh-oleh khas Probolinggo yang memiliki banyak peminat. Karena rasanya sungguh lezat, nikmat dan bergizi tinggi. Produk ini menjadi unggulan karena dapat bertahan lama walaupun tidak ada campuran pengawet di dalamya sehingga cocok dijadikan menjadi buah tangan.

Keripik Jahe

Keripik Jahe Probolinggo

Produk cemilan oleh-oleh khas Probolinggo ini memiliki rasa yang cukup unik, yakni terasa gurih dan pedas secara bersamaan ketika gigitan pertama. Bentuknya sendiri seperti kerupuk pada umumnya, namun terdapat sedikit perbedaan pada tampilan yang berupa tambahan wijen sebagai topping utama.

Selain di Probolinggo, keripik jahe juga menjadi oleh-oleh khas Pasuruan. Sebab di sana udaranya cukup dingin sehingga cocok dijadikan sebagai makanan ringan untuk menghangatkan tubuh. Jika ingin membelinya sebaiknya mengunjungi toko atau pusat perbelenjaan khusus yang sudah tersebar pada seluruh kota.

Petis Udang Khas Probolinggo

Merupakan salah satu makanan olahan yang paling banyak diminati para wisatawan. Karena memiliki cita rasa unik, namun nikmat dan lezat. Tak hanya itu saja, produk ini biasa dijadikan sebagai bahan campuran dalam berbagai macam jenis masakan. Seperti tahu campur, tek-tek, rujak cingur dan lainnya.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Ambon

Petis udang oleh-oleh khas Probolinggo ini biasanya dijual dalam bentuk wadah plastik berukuran kecil, sedang, besar hingga kiloan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di pasar tradisional atau pada pusat perbelanjaan yang sering menjual aneka produk olahan.

Kue Spiku Khas Probolinggo

Kue Spiku Khas Probolinggo

Lalu oleh-oleh unggulan selanjutnya adalah memiliki bentuk yang hampir sama dengan lapis kukus, yakni berbentuk kotak atau persegi panjang. Dalam proses pembuatannya biasanya menggunakan beberapa bahan pilihan seperti tepung terigu, pengembang, telur, margarin, susu, gula dan lain-lain.

Kue spiku merupakan produk oleh-oleh khas Probolinggo yang mempunyai rasa manis. Tak hanya itu saja, dari segi bentuk roti akan disusun menjadi 2 tumpukan dengan berbagai warna seperti kuning dan coklat. Kemudian biasanya ditambahkan selai strawberry atau nanas pada bagian tengahnya.

Minuman Bakau Khas Probolinggo

Minuman Bakau Khas Probolinggo

Selain sirup pokak, juga terdapat produk unggulan lainnya. Yakni sejenis minuman yang dibuat dari olahan mangrove dan bahan-bahan campuran lainnya. Tanaman asli pesisir pantai ini dikembangakan oleh sebagian masyarakat untuk dijadikan menjadi larutan penghangat tubuh.

Tak hanya itu saja, juga dibuat dalam bentuk lain seperti menjadi jenang dan minuman kola. Dari segi kualitas tentu tidak perlu diragukan lagi, karena produk bakau ini memiliki banyak kandungan anti oksidan, vitamin C, A hingga terdapat yodium dan rasanya pun manis serta dapat menyegarkan tubuh.

Sambal Udang Khas Probolinggo

Sambal Udang Khas Probolinggo

Makanan olahan ini dapat dijadikan sebagai campuran masakan lainnya. Misalnya bisa di campur ke dalam soto yang juga menjadi oleh-oleh khas Kraksaan, nasi goreng, mie rebus, dan masih banyak lagi lainnya.

Produk tersebut sering dicari oleh para wisatawan karena rasa pedasnya nendang hingga ke tenggorokan. Sambal udang ini dikemas dengan praktis sehingga tidak akan mengalami kebocoran saat dibawa pulang ke rumah.

Biasanya tersedia dalam berbagai rasa seperti sambal terasi, ikan peda, bawang hijau dan lain sebagainya. Untuk membelinya, Anda dapat mengunjungi tempat atau toko oleh-oleh di kota Probolinggo terdekat.

Almond Crispy

Almond Crispy Probolinggo

Produk oleh-oleh khas Probolinggo selanjutnya adalah bertekstur renyah, memiliki bentuk bulat tipis dan rasanya gurih, manis serta asin. Keripik unik ini terbuat dari campuran tepung terigu, susu, telur, gula, keju, hingga beberapa bahan pilihan lainnya. Selain itu tampilannya mempunyai warna yang beragam.

Misalnya yakni warna putih, coklat, red velvet, hijau dan lain-lain. Almond crispy ini menjadi salah satu camilan ringan favorit para wisatawan. Karena memiliki packaging atau kemasan yang lucu dan modern. Biasanya terdapat topping tambahan di atasnya seperti taburan keju hingga beberapa potongan almond.

Sirup Mangga

Sirup Mangga Probolinggo

Salah satu jenis minuman favorit ini, diolah dengan cara memanfaatkan banyaknya buah khas Probolinggo yang tersedia di pasaran. Kemudian setelah itu dicampur bahan-bahan lain seperti air, gula, dan lain sebagainya. Produk tersebut dikemas dalam bentuk botol kaca atau plastik ukuran sedang.

Untuk mendapatkan sirup mangga yang rasanya manis ini, Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Probolinggo. Karena menyediakan produk dalam jumlah banyak serta melayani pembelian partai besar. Selain itu, minuman tersebut tidak mudah basi sehingga sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan.

Keripik Rengginang Khas Probolinggo

Keripik Rengginang Khas Probolinggo

Kemudian produk selanjutnya ialah merupakan camilan yang memiliki bentuk seperti kerupuk pada umumnya. Namun ukurannya bisa satu sampai dua kali lebih besar dari size normal. Biasanya dikemas dengan ukuran mulai dari 250 hingga 750 gram per kemasan.

Keripik rengginang ini banyak tersedia atau dijual di toko atau pusat oleh-oleh khas Probolinggo. Karena produknya memiliki rasa yang gurih dan manis secara bersamaan. Tak hanya itu saja, biasanya juga terdapat topping tambahan berupa cairan gula manis atau aren pada bagian atas.

Keripik Tempe Khas Probolinggo

Keripik Tempe Khas Probolinggo

Lalu camilan olahan yang terakhir adalah berbentuk lapisan atau lembaran tipis namun bertekstur super renyah. Anda akan dapat merasakkanya hanya dalam gigitan pertama. Dalam proses pembuatannya, menggunakan bahan dasar tempe pilihan. Kemudian dicampur dengan bahan-bahan pendukung lain.

Seperti tepung terigu, telur, daun bawang, gula, garam dan lain-lain. Biasanya tersedia dalam banyak pilihan rasa misalnya balado, original hingga pedas. Untuk membeli produk unggulan favorit para wisatawan ini, Anda dapat berkunjung langsung ke pusat atau toko buah tangan khas Probolinggo.

Berbagai Macam Makanan Olahan Khas Probolinggo yang Bisa Dimakan Langsung

Selain cemilan dan minuman, terdapat banyak sekali panganan atau jajanan unik yang hanya bisa di temui saat Anda berkunjung ke suatu daerah wisata. Karena setiap wilayah mempunyai bumbu tersendiri dalam proses memasaknya dan di antaranya sebagai berikut:

Ketan Kratok Khas Probolinggo

Ketan Kratok Khas Probolinggo

Bahan pembuatan dari jajanan ini adalah terbuat dari beras ketan dan campuran kacang koro. Kemudian dalam cara penyajiannya, panganan tersebut ditaburi parutan kelapa di bagian atas. Kemudian ditambahi dengan cairan atau larutan gula merah sampai menutupi seluruh permukaannya.

Ketan kratok dapat Anda temukan di pasar tradisional atau tempat khusus menjual makanan olahan ataupun produk oleh-oleh dari kota Probolinggo. Jajanan ini menjadi salah satu favorit para wisatawan karena rasanya manis sekaligus gurih secara bersamaan.

Soto Kraksaan

Soto Kraksaan Khas Probolinggo

Kemudian makanan olahan yang kedua ini memiliki kuah dengan aroma khas. Panganan tersebut biasanya disajikan dengan campuran lontong, suwiran ayam jantan, bawang goreng, parutan kerupuk udang atau poyah, potongan telur rebus hingga taburan bawang goreng di bagian atasnya.

Soto kraksaan ini menjadi salah satu makanan yang sering dibeli oleh wisatwan karena rasanya khas, nikmat dan lezat. Suwiran daging ayamnya pun tidak pelit dan dipotong dengan ukuran sedang. Selain itu kuah akan ituangkan ke mangkok hingga penuh. Sebaiknya Anda mencicipinya dalam keadaan hangat

Nasi Jagung Khas Probolinggo

Nasi Jagung Khas Probolinggo

Kemudian jenis panganan favorit para pelancong selanjutnya adalah berupa masakan yang terbuat dari bahan dasar jagung pilihan. Kemudian disajikan dengan tambahan lauk seperti ayam goreng, ikan bakar, tempe, tahu, sambal dan lain-lain. Selain itu juga dicampur dengan kuah bayam hingga tumis kangkung.

Untuk bisa menyicipi makanan olahan dengan rasa lezat ini, Anda dapat mengunjungi tempat wisata di Probolinggo. Karena selain menyediakan panganan berat, juga ada produk cemilan ringan seperti kerupuk tempe, kentang atau kue lapis khusus yang bisa Anda beli untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Rawon Nguling Khas Probolinggo

Rawon Nguling Khas Probolinggo

Lalu makanan olahan yang terakhir adalah banyak sekali dijumpai di tempat-tempat dijualnya produk oleh-oleh atau pasar tradisonal. Cara penyajiannya ini sama seperti soto kraksaan, yakni nasinya dicampur dengan kuah. Namun terjadi sedikit perbedaan pada warna kuah yang berwarna hitam pekat.

Rawon nguling ini terbuat dari bahan dasar kluwek hitam, berbagai macam bumbu rempah pilihan dan lain sebagainya. Selain dikunjungi oleh para wisatawan, juga seringkali menjadi makanan favorit dari banyak pejabat dan artis. Karena rasanya bercita rasa tinggi, nikmat dan daginya sangat empuk.

Produk Aksesoris Pilihan Khas Probolinggo

Selain dalam bentuk makanan dan minuman olahan, juga tersedia produk ungulan lainnya. Yakni berupa kaos dengan berbagai macam desain dan pilihan warna seperti hitam, putih, biru, merah dan masih banyak lagi lainnya. Tak hanya itu saja, Anda dapat custom tulisan atau gambar tertentu pada bagian depan baju.

Kaos Wisata Probolinggo ini terbuat dari bahan yang dingin dan dapat menyerap keringat dengan baik sehingga pemakaiannya cocok sekali saat cuaca panas di pagi hari. Selain itu, juga tersedia berbagai ukuran, yakni mulai dari size S, M, L, XL hingga double XL.

Kaos khas Probolinggo yang satu ini dapat dipakai unisex. Artinya adalah bisa digunakan pada laki-laki dan perempuan. Dalam perkembangannya, biasanya produk banyak tersedia di pusat oleh-oleh, distro khusus penjualan baju hingga pada pasar tradisional. Dari segi harga, sebetulnya cukup terjangkau dari daerah lainnya.

Pakaian Khas Probolinggo yang Wajib Anda Ketahui

Terdapat aksesoris lain yang menjadi keunggulan dan dapat dijadikan menjadi buah tangan untuk keluarga di rumah. Yakni berwujud lembaran kain batik dengan berbagai macam desain pilihan. Biasanya tersedia dalam motif tulis dan mempunyai banyak bentuk seperti kelopak bunga, daun, akar, hingga abstrak.

Berbicara soal pakaian, sebetulnya masyarakat Probolinggo belum memiliki baju adat khusus. Namun dalam perkembangannya, biasanya sebagian orang memakai alternatif lain berupa kain batik untuk dipakai pada kegiatan upacara besar atau acara hari jadi kota.

Kain batik biasanya dipakai oleh penari dalam Tarian khas Probolinggo dan dijadikan menjadi bentuk selempang di bagian depan. Pemilihan warnanya sendiri memakai warna merah cerah. Lalu tari yang dilakukan ini menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat ketika masa penjajahan dahulu kala.

Terdapat berbagai macam produk oleh-oleh khas Probolinggo, banyaknya pilihan pasti akan membuat Anda binggung untuk memilihnya.

Tanggapan

4.5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *