Oleh-Oleh Khas Semarang yang Unik dan Menggoda

Oleh-Oleh Khas Semarang

Berkunjung ke kota lumpia ini, kurang rasanya bila belum membawa pulang oleh-oleh khas Semarang. Berbagai jajanan, makanan dan souvenir disajikan dengan keunikan rasa juga bentuk sangat memikat hati para wisatawan.

Berbagai Macam Oleh-oleh Khas Semarang

Selain dikenal sebagai kota lumpia, Semarang juga dianggap sebagai daerah tempat tercetusnya pembuatan Jamu di Jawa Tengah. Ciri khas yang disajikan dalam berbagai varian oleh-oleh mampu menciptakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Berikut ulasanberbagai macam oleh-oleh khas Semarang.

Bacaan Lainnya

Lumpia Semarang

Lumpia Semarang

Jenis jajanan ini merupakan oleh-oleh khas Semarang kekinian yang memiliki cita rasa khas. Hal ini membuat para wisatawan sangat menyayangkan jika tak menikmatinya selagi berada di sana dan juga membawanya pulang sebagai buah tangan untuk teman dan kerabat.

Bentuk lumpia sangat mirip risoles, namun perbedaannya kulitnya lebih crispy dan tidak di balut oleh tepung roti. Selain itu, pada umumnya berisi daging ayam, rebung, wortel, tauge dan telur orak-arik. Penyajiannya dilengkapi dengan daun bawang dan saus tauco.

Roti Brilian

Roti Brilian Semarang

Apabila berkunjung ke kota Semarang, jangan sampai melewatkan jajanan satu ini. Roti Brilian memiliki cita rasa yang sangat lezat. Banyak wisatawan membawanya pulang sebagai oleh-oleh karena mampu bertahan hingga dua bulan ke depan.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Lombok

Roti Brilian tersedia dalam beberapa varian rasa yaitu almond, keju, cokelat, browneo dan kismis. Untuk memperolehnya, Anda dapat langsung datang ke Istana Brillian di Jalan Simpang Lima, Semarang. Toko ini buka mulai 07.30 sampai dengan 21.00.

Gantungan Kunci

Gantungan Kunci Semarang

Souvenir gantungan kunci adalah souvenir yang selalu jadi buruan para wisatawan. Karena bentuknya kecil dan ringan membuatnya cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Biasanya buah tangan ini didesain sedemikan rupa hingga menampilkan kekhasan wilayah Semarang.

Selain itu, harganya juga relatif sangat murah maka tak heran jika gantungan kunci merupakan kerajinan yang selalu laku di pasaran. Untuk menemukannya, Anda hanya cukup datang ke pusat oleh-oleh atau pasar di kota Semarang.

Handuk Bordir

Handuk Bordir Semarang

Oleh-oleh khas Semarang kekinian satu ini memiliki keunikan yang membuat wisatawan menyimpannya sebagai kenang-kenangan. Karakteristik kainnya halus dan sangat mudah menyerap air mengakibatkan banyak pelancong dari daerah manapun menggemarinya.

Bentuk bordirnya yang indah sangat menyejukkan mata. Handuk ini tersedia dalam berbagai ukuran, jadi dapat disesuaikan dengan pengguna. Selain itu, pemilihan motif juga disajikan secara custom sehingga Anda bisa bebas memilih.

Batik Adysti

Batik Adisty Semarang

Batik khas kabupaten Semarang ini, menyajikan motif khas hutan Panggaron. Coraknya cukup beranekaragam diantaranya adalah ayam alas, akar menjuntai, lompong, flora fauna, candi gedong songo, bunga kopi, baruklinting dan campuran (lumintu).

Variasi motif batik adysti membuat banyak turis dan wisatawan dalam negeri berlomba-lomba mendapatkannya. Harga perlembarnya juga sangat bermacam-macam sesuai dengan kualitas dan kerumitan pengerjaannya.

Bandeng Presto

Bandeng Presto Semarang

Kota Semarang juga populer dengan kuliner bandeng prestonya. Ini merupakan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang karena tidak cepat basi atau rusak. Cita rasa khasnya cukup digemari oleh para pengunjung dari luar kota.

Maka dari itu, banyak wisatawan yang selalu menyempatkan diri membeli produk olahan ikan satu ini untuk dibawa pulang. Tak cukup itu saja, bandeng presto juga cukup mudah ditemukan di seluruh toko oleh-oleh khas Semarang terdekat.

Kerajinan Relief Kuningan

Kerajinan relief ini bisa berasal dari bahan kuningan atau tembaga, disesuaikan dengan keinginan customer. Motif tersedia dalam berbagai varian, Anda dapat melihat beberapa contohnya disana. Sangat cocok untuk hiasan dinding di rumah.

Di samping itu, kerajinan relief ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Namun pengrajin tetap menjaga kualitasnya secara baik bahkan berani memberi garansi hingga 20 tahun kedepan. Jadi tak perlu kawatir, ketahanannya sudah sangat terjamin.

Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel Semarang

Nama jajanan khas Semarang ini memang cukup unik, hal ini dilatarbelakangi oleh tekstur roti yang keras dan bantat juga warnanya cokelat kehitaman mirip sekali dengan kayu pengganjal rel kereta api. Namun terlihat cantik karena adanya taburan wijen di bagian atasnya.

Jajanan kota Semarang ini, juga cukup populer. Karena selain namanya unik, cita rasa yang disajikan juga enak. Terlebih lagi roti ginjel rel mengeluarkan aroma khas kayu manis. Cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Tahu Bakso

Tahu Bakso Semarang

Menikmati liburan tak lengkap rasanya jika belum merasakan jajanan satu ini. Tahu dengan isian adonan bakso dijual dalam dua bentuk yaitu digoreng dan direbus. Kelezatannya tak perlu diragukan lagi karena memang menyajikan cita rasa yang tak ada duanya.

Cara penyajiannya dapat dicolek dengan saos sambal atau cukup ditambahkan cabai rawit saja, semua tergantung selera saja. untuk menemukannya juga sangat mudah, karena tahu bakso tersedia di seluruh pusat oleh-oleh khas Semarang kekinian, kota Semarang.

Kopi Banaran

Kopi Banaran Semarang

Kopi Banaran merupakan robusta yang berasal dari Kebun Getas Afdeling Assinan, Bawen, Kabupaten Semarang, dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero). Sebagian wilayahnya dibuat berkonsep agrowisata.

Jadi setiap wisatawan dapat berkeliling kebun menggunakan kereta yang telah disediakan. Di dalamnya juga tersedia outbond, kafe dan resort. Kopi dapat Anda nikmati langsung di sana atau dibawa pulang berupa bungkusan

Mochi atau Moaci Gemini

Moaci Gemini

Oleh-oleh khas Semarang di Jakarta memang cukup banyak, salah satunya mochi gemini sehingga tak perlu jauh-jauh ke daerah asalnya. Jajanan ini dibuat dari tepung ketan yang diberi isian berupa kacang dan pada bagian luarnya ditaburi wijen.

Cita rasa yang khas dan lezat membuat kue mochi Gemini ini selalu dicari-cari. Beruntungnya sekarang penjualan sudah mampu mencapai seluruh wilayah Indonesia sehingga tak perlu susah payah untuk datang langsung ke Semarang.

Tumpi

Tumpi Semarang

Jika Anda penggemar camilan kering, tumpi sepertinya bisa menjadi pilihan. Apabila dirasakan sangat mirip dengan peyek, hanya saja toppinya menggunakan kacang hijau. Ke khasannya inilah yang membuat banyak wisatawan membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Apabila Anda ingin dapat melihat sendiri proses pembuatannya, dapat langsung berkunjung ke daerah Karangbolo, Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang. Harga yang ditawarkan juga tidak mahal hanya kisaran belasan rupiah saja sudah dapat membawa pulang sebungkus tumpi.

Pouch Kanvas

Pouch Kanvas

Oleh-oleh khas Semarang ini, sangat disukai oleh kalangan anak muda. Karena bentuknya yang simple dan dilengkapi rajutan indah. Maka dari itu banyak orang menjadikannya sebagai souvenir pernikahan, disamping itu harganya juga cukup murah.

Tak menutup kemungkinan, wisatawan di Semarang membeli pouch secara grosir dan dibawa pulang untuk dijual kembali. Karena peminatnya cukup besar di seluruh Indonesia. Jadi tak heran jika buah tangan khas kota lumpia ini telah menyebar di daerah-daerah.

Kue Sarang Madu

Kue Sarang Madu Semarang

Belum lengkap rasanya jika berlibur ke kota Semarang tidak membeli kue sarang madu. Jajanan ini merupakan makanan kuno khas dari daerah Welahan, Jepara. Dengan berbahan dasar tepung beras dan santan saja, kemudian disertai olesan gula merah cemilan sudah siap dinikmati.

Cita rasanya sangat lezat karena adanya perpaduan dari gurihnya santan dan manisnya gula merah. Untuk mendapatkan jajanan ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar 20 ribuan saja per dusnya. Jadi sangat cocok membelinya sebagai oleh-oleh karena harganya cukup terjangkau.

Totebag Kanvas

Totebag kanvas merupakan oleh-oleh Semarang kekinian yang sangat cocok untuk dibawa pulang. Jika dilihat dari segi penampilan, bentuknya sama saja dengan tas pada umumnya namun desain gambarnya dibuat sedemikian rupa hingga dapat menggambarkan suasana kota lumpia ini.

Biasanya totebag sangat populer di kalangan generasi muda tapi tak menutup kemungkinan ibu-ibu pun juga menggemarinya. Karena bentuknya yang simpel dan tekstur kain tebal nan kuat membuatnya tampak lebih tahan lama.

Tomat Rasa Kurma

Tomat Rasa Kurma Semarang

Tomat rasa kurma merupakan cemilan unik berasal dari daerah Bandungan, kota Semarang. Biasanya orang mengenalnya dengan sebutan torakur. Makanan ini awalnya dibuat oleh Sri Ngestiwati, kemudian banyak yang menyukainya karena dapat menciptakan rasa manis dan legit.

Tekstur dan rasanya sangat mirip dengan buah kurma. Proses pembuatannya yang melalui proses panjang membuatnya dapat bertahan hingga waktu 6 bulan sehingga sangat cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk teman dan kerabat.

Miniatur Tugu Muda

Miniatur Tugu Muda Semarang

Souvenir satu ini memang menggambarkan ikon kebanggaan dari Semarang. Tugu muda merupakan monumen yang dibuat untuk mengapresiasi perjuangan warganya. Para pengrajin membuatnya sedemikian rupa sehingga bentuknya sangat mirip dengan aslinya.

Maka untuk mengenang keindahan kota Semarang, Anda bisa membelinya sebagai cinderamata yang dapat disimpan sebagai hiasan di rumah. Atau bisa juga diberikan ke teman atau kerabat sebagai buah tangan.

Lontong Spekkoek Waiki

Lontong Spekkoek Waiki Semarang

Lontong spekkoek waiki merupakan kue lapis yang manis nan legit. Teksturnya sangat lembut. Bentuknya memanjang sehingga dapat dipotong-potong menjadi beberapa slice. Jadi jajanan ini bisa dimakan bersama-sama.

Tampilan kue ini memang terbilang mirip lontong, memanjang dan berpenampang bulat. Untuk memilikinya Anda dapat langsung mengunjungi Jalan Senjoyo 2 no 1, Semarang. Kemudian harganya juga cukup terjangkau, satu lonjornya hanya 18 ribuan saja.

Kerajinan Enceng Gondok

Kerajinan Enceng Gondok Semarang

Souvenir khas Semarang yang satu ini sangatlah unik, dibuat sedemikian rupa sehingga menciptakan bermacam bentuk. Meningkatnya daya kreatifitas warga membuat kerajinan enceng gondok mampu menembus pasar internasional.

Kerajinan enceng gondok ini ada yang berupa tas, sepatu, sandal, hiasan dinding, tempat tisu dan lain-lain. Semua produk terlihat sangat klasik dan berseni tinggi. Tak heran jika banyak orang berminat memilikinya.

Batik Asam Tugu

Batik Asam Tugu Semarang

Batik ini memiliki ciri khas indah dan elegan. Inspirasi motif ini berasal dari banyaknya tanaman pohon asem yang tumbuh di sekitaran kota pada saat itu. Desain dibuat sangat indah dan berseni tinggi sehingga mampu memikat hati pembeli.

Motif batik ini menggambarkan detail pohon asam, mulai dari batang, daun, bunga hingga buahnya. Ciri khas warna terangnya juga tidak membuat tampilan menjadi norak, justru coraknya sangat memanjakan mata yang memandangnya.

Brownies Opium

Brownies Opium Semarang

Brownies opium ini merupakan oleh-oleh yang wajib Anda beli karena rasanya sangat lezat dan tak dapat ditemui di tempat lain kecuali di Jalan Jati Raya No. F-12 C Banyumanik atau Jalan Erlangga Barat 7 No. 6 Semarang.

Terlebih lagi harganya sangat murah sehingga membuat pembeli tak perlu merogoh kocek terlalu dalam yaitu 20 ribuan saja. Jadi jangan sampai lupa jika berkunjung ke kota Semarang, brownies Opium harus jadi jajanan wajib Anda.

Enting-Enting

Enting-Enting Semarang

Pasti Anda pernah mendengar jajanan satu ini. Enting-enting memang kue berbahan dasar kacang tanah, dengan campuran gula Jawa dan jahe yang dibuat sedemikian rupa sehingga membuat rasanya semakin lezat dan nikmat

Jajanan ini tersedia di seluruh toko oleh-oleh di kota Semarang, jadi tak perlu susah payah mencari cari. Harga yang ditawarkan juga relatif murah hanya kisaran 30 ribuan. Jadi tak perlu keluar biaya banyak jika ingin membawakannya untuk kerabat atau teman sekantor.

Kaos khas Semarang

Kaos khas Semarang

Layaknya daerah lain, Semarang juga memiliki kaos khas yang desainnya menggambarkan ikon-ikon kota lumpia ini. Cinderamata ini cocok Anda beli sebagai oleh-oleh untuk kerabat atau teman. Penawaran warnanya juga bervariasi, jadi dapat memilih sesuai keinginan.

Kaos ini tersedia dalam beberapa ukuran, jadi anak-anak hingga dewasa dapat memakainya. Bahan kain yang digunakan adalah katun combed sehingga mudah menyerap keringat, halus dan nyaman digunakan kemanapun.

Batik Lawang Sewu

Batik Lawang Sewu

Selain Adysti, Semarang memiliki batik dengan desain gambar detail Lawang Sewu yang merupakan gedung kantor perusahaan kereta penginggalan Belanda dengan jumlah pintunya sangat banyak tak seperti rumah pada umumnya.

Motif Batik Lawang Sewu ini wujud dari pelestarian warisan budaya dan historis bangsa akan adanya bangunan tua yang dibangun oleh Belanda. Selain itu, ingin memberitahukan seluruh generasi bangsa tentang ikon bersejarah itu.

Wingko Babat

Wingko Babat Sewu Semarang

Jajanan ini sudah cukup populer dan dikenal oleh kebanyakan orang. Rasa khas kelapa yang gurih dengan campuran manis gula membuat penikmatnya semakin ketagihan. Maka dari itu, tak heran jika selalu dicari-cari apabila berkunjung ke Semarang.

Jika ingin membeli wingko babat, bisa langsung pergi ke pusat oleh-oleh khas Semarang kekinian madua 52 kota Semarang. Disana akan Anda ditemukan berbagai macam jajanan yang dapat dibeli untuk buah tangan keluarga di rumah.

Batik Gemawang

Batik Gemawang Semarang

Batik Gemawang berasal dari Desa Gemawang, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Motif yang ditampilkan sangat elegan dan berseni tinggi hingga mampu menembus pasar dunia. Berbeda dengan lainnya, Gemawang memiliki desain khas yaitu menggambarkan unsur kopi.

Varian motif Gemawang adalah biji kopi, bambu, klinting, trenggono, lintang dan gedong songo. Proses pewarnaannya menggunakan indigofera yang terkenal sangat mahal. Jadi hasilnya pun terjamin lebih cantik dibanding lainnya.

Kaos Costa Brava Van Java

Kaos Costa Brava Van Java Semarang

Costa Brava Van Java merupakan cinderamata khas dari Semarang yang dibuat oleh anak bangsa. Konsepnya hampir mirip dengan kaos khas yaitu mengangkat ikon di kota lumpia ini. Bertujuan untuk melestarikan warisan budaya.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Surabaya

Desainnya yang sangat menarik mampu memikat perhatian anak-anak muda. Motif indah dari Simpang Lima dan Lawang Sewu menjadi favorit dan populer. Harga kaos Costa Brava Van Java cukup terjangkau berkisar antara 90 ribuan hingga 100 ribuan saja.

Teng-Tengan

Teng-Tengan Semarang

Teng-tengan merupakan suatu kerajinan khas dari Semarang berupa alat penerangan mirip dengan lampion. Namun didalamnya terdapat gambar hewan berputar yang bisa terlihat jelas pada saat lilin dihidupkan. Keunikan teg-tengan ini memiliki daya tarik tersendiri.

Jaman dulu sebelum adanya listrik, warga menggunakannya sebagai alat penerangan untuk pergi ke masjid. Hingga sekarang, warisan budaya ini masih tetap dilestarikan dengan cara diperjualbelikan agar dapat dikenal oleh generasi-generasi millenial.

Itulah macam varian oleh-oleh khas Semarang dengan berbagai keunikan dan kekhasan. Jika Anda memiliki rencana berlibur kesana, mungkin bisa mulai membuat list buah tangan apa saja yang akan dibeli.

Pos terkait