Oleh-oleh Khas Surabaya

26 Oleh-oleh Khas Surabaya Yang Terkenal & Terfavorit

Posted on

Jika sedang berkunjung ke Kota Pahlawan, maka Anda jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas Surabaya yang terkenal terjangkau dan beragam. Di sana tersedia cukup banyak jenis buah tangan bagi para pengunjung serta wisatawan lokal maupun mancanegara.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Surabaya

Kota Surabaya memang selalu menjadi primadona sendiri bagi orang Indonesia khususnya masyarakat Jawa Timur. Sebagai salah satu tujuan destinasi wisata, ia memiliki beragam jenis oleh-oleh khas, mulai dari pakaian, makanan hingga kesenian. Berikut ulasannya:

Bandeng Asap

Oleh-oleh Khas Surabaya Bandeng Asap

Surabaya merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal akan makanannya. Ketika berkunjung ke sana, maka Anda jangan lupa untuk mencicipi nikmatnya bandeng asap. Dijamin bisa tahan lama hingga beberapa hari sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Makassar

Cita rasa dari bandeng asap khas Surabaya ini sangat nikmat dan berbeda dari daerah lainnya. Daging ikannya lembut dan dibumbui menggunakan rempah-rempah asli Jawa Timur. Jika Anda berminat, maka bisa membelinya di sepanjang jalan penjualan oleh-oleh Kota Pahlawan tersebut.

Suoklat

Oleh-oleh Khas Surabaya Suoklat

Suoklat menjadi salah satu buah tangan khas Surabaya yang sangat diminati oleh para wisatawan. Sebenarnya, namanya tersebut merupakan singkatan dari “Suroboyo Cokelat”. Rasanya manis dan pahit serta memiliki beragam varian.

Cokelat khas Surabaya ini dijual dalam bentuk bubuk, batangan, maupun olahan-olahan modern kekinian dengan penampakan lucu-lucu. Harganya terjangkau saja yakni sekitar Rp. 35.000,00 hingga Rp. 50.000,- per bungkusnya.

Inul Cake and Pastry

Oleh-oleh Khas Surabaya Inul Cake and Pastry

Berkunjung ke Surabaya rasanya belum lengkap jika tidak mencoba olahan kue artis kekinian Inul Cake and Pastry. Makanan besutan penyanyi dangdut Inul Daratista tersebut kini telah dibuka di kota Pahlawan. Harganya yakni sekitar Rp. 69.000,- hingga Rp. 92.000,- saja.

Rasa dari cake ini sangat unik dan berbeda dengan lainnya karena variannya misalnya telur asin serta abon daging. Penampakan kuenya dua lapis dan disiram oleh toping-toping nikmat. Produk tersebut juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena tidak basi jika disimpan sampai 3 – 4 hari.

Snow Cake

Oleh-oleh Khas Surabaya Snow Cake

Snow Cake juga merupakan kue kekinian artis yang sedang hits di Surabaya. Makanan satu ini adalah milik public figur kenamaan ibu kota yakni Zaskia Sungkar. Harga jualnya cukup terjangkau yakni senilai Rp. 69.000,- per kardusnya.

Kue dasar dari Snow Cake tersebut merupakan roti spiku yang telah dibuat dengan resep khusus sehingga menghasilkan tekstur sangat lembut dan berlapis-lapis. Varian rasanya cukup beragam seperti halnya cokelat, oreo, keju serta masih banyak lagi.

Belinjo Udang

Oleh-oleh Khas Surabaya Belinjo Udang

Jika Anda ingin merasakan oleh-oleh khas Surabaya yang memiliki cita rasa Nusantara dan sedikit unik, maka belinjo udang lah pilihan tepatnya. Ia merupakan makan asli daerah sana dengan bahan dasar campuran melinjo serta udang.

Belinjo ini memiliki perpaduan rasa pahit, gurih serta asin dan cocok dijadikan sebagai lauk maupun camilan biasa ketika sedang bersantai. Anda bisa membelinya di banyak toko oleh-oleh Surabaya dengan harga mulai dari Rp. 20.000,- saja untuk kemasan sedang.

Patata

Oleh-oleh Khas Surabaya Patata

Tak mau kalah dengan artis-artis lain yang mempunyai usaha kue kekinian, maka kakak beradik Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis pun juga berkolaborasi membuat Surabaya Pattata. Kuenya sedikit berbeda dari lainnya karena terbuat dari bahan dasar kentang.

Anda harus mencoba Surabaya Pattata ini untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Harganya cukup terjangkau yakni mulai dari Rp. 65.000,- saja. Varian rasanya pun tersedia sangat beragam yaitu seperti keju, nutella, kacang, cokelat, matcha serta lain-lain sebagainya.

Lapis Kukus Surabaya

Oleh-oleh Khas Lapis Kukus Surabaya

Lapis Kukus Surabaya merupakan oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang ketika sedang berkunjung ke Kota Pahlawan tersebut. Teksturnya sangat lembut dan harganya pun terjangkau yakni Rp. 35.000,- hingga Rp. 40.000,- saja per boxnya.

Lapis kukus ini juga bisa disebut sebagai oleh-oleh khas Surabaya di Semarang karena Anda juga dapat membelinya di ibukota Provinsi Jawa Tengah tersebut. Outletnya telah tersedia di beberapa tempat pusat keramaian di sana.

Kue Mente

Oleh-oleh Khas Surabaya Kue Mente

Kue mente merupakan salah satu oleh-oleh wajib yang harus dibawa pulang setelah berkunjung dari Kota Surabaya Jawa Timur. Teksturnya sangat renyah dan dapat bertahan hingga beberapa minggu karena disimpan rapat di dalam toples.

Kue ini terbuat dari campuran tepung, kacang mente dan juga gula sehingga menimbulkan perpaduan rasa manis serta gurih. Jika Anda ingin membelinya, maka langsung saja datang ke beberapa toko Wisata kota Surabaya. Ia dijual mulai harga Rp. 30.000,- hingga Rp. 60.000,-.

Udang Lobster

Oleh-oleh Khas Surabaya Udang Lobster

Makanan kriuk bercita rasa gurih satu ini rasanya sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai oleh-oleh bagi kerabat di rumah. Kerupuk udang lobster merupakan camilan khas Kota Surabaya yang terbuat dari hasil laut alami.

Kerupuk ini juga sangat sehat serta higienis saat dimakan. Ia dibuat dengan tanpa campuran MSG sedikit pun. Anda bisa membelinya di berbagai macam toko pusat oleh-oleh Kota Surabaya dengan harga sekitar Rp. 25.000,- saja per kemasan plastik 250 gram.

Batik Khas Surabaya

Oleh-oleh Khas Batik Khas Surabaya

Berkunjung ke Surabaya belum lengkap rasanya jika tidak membelikan oleh-oleh batik dari sana untuk keluarga. Kualitasnya lumayan bagus dan warnanya tidak luntur ketika dicuci. Motifnya juga beragam serta cocok dipakai oleh semua kalangan.

Jenis batik Surabaya ini beragam seperti halnya batik cap, tulis serta printing. Harganya lumayan murah yaitu mulai dari Rp. 50.000,- per lembar kain ukuran 2 meter. Anda dapat membelinya langsung di pabrik atau pusat toko tekstil Kota Pahlawan.

Bandrek Kopi

Oleh-oleh Khas Surabaya Bandrek Kopi

Kopi merupakan oleh-oleh yang sudah biasa dan tidak dianggap istimewa lagi. Namun, bubuk minuman khas Surabaya ini berbeda dari lainnya, karena rasa dan proses pembuatannya sungguh spesial. Sebab sudah diolah sedemikian rupa hingga bisa menghasilkan minuman lezat.

Bandrek kopi terbuat dari campuran bahan kopi murni, gula, palm sugar serta cream. Ia dijual dalam bentuk bubuk sehingga praktis jika digunakan sebagai oleh-oleh ke luar kota. Harganya pun terjangkau, yaitu Rp. 15.000,- saja per bungkus untuk ukuran kecil.

Ikan Tuna Asap

Oleh-oleh Khas Surabaya Ikan Tuna Asap

Selain Bandeng, Surabaya juga memiliki oleh-oleh khas perikanan lain yakni ikan tuna asap. Ini cocok digunakan sebagai buah tangan karena daya tahannya lama bisa mencapai satu minggu. Rasanya gurih dan dagingnya pun lembut.

Ikan tuna asap ini dijual dengan harga Rp. 55.000,- saja per ekornya. Anda dapat membelinya di berbagai restoran khas Surabaya, baik itu dalam bentuk utuhan original maupun yang sudah diolah menjadi berbagai macam menu masakan.

Vallens Cake

Oleh-oleh Khas Surabaya Vallens Cake

Vallens Cake merupakan salah satu oleh-oleh khas Surabaya online kota SBY, Jawa Timur. Penampakan luarnya sangat cantik dengan warna-warni menarik, seperti halnya ungu dan kuning pada setiap lapisannya.

Produk ini tersedia dalam dua varian rasa yakni tiramisu dan cokelat keju. Jika Anda ingin membelinya sebagai oleh-oleh, maka langsung saja datang ke tokonya di Jalan Dharmahusadar No. 172 Surabaya. Harganya relatif murah yakni sekitar Rp. 50.000,- saja.

Pohong Tata

Oleh-oleh Khas Surabaya Pohong Tata

Jika Anda sangat menyukai berbagai macam olahan singkong, maka jangan sedikit pun melewatkan kelezatan pohong tata khas Surabaya. Teksturnya sangat lembut dan rasanya pun lezat dengan perpaduan antara gurih, manis serta asin.

Pohong tata juga tidak akan cepat basi sehingga cocok dijadikan oleh-oleh bagi kerabat dan keluarga. Harganya relatif murah yakni hanya senilai Rp. 20.000,- saja per kotak. Anda dapat membelinya di berbagai macam penjual makanan sekitar daerah Mulyorejo Surabaya.

Abon Sapi Padmosusastro

Oleh-oleh Khas Surabaya Abon Sapi Padmosusastro

Abon Sapi Padmosusastro merupakan oleh-oleh khas Surabaya di Stasiun Gubeng. Rasanya sangat lezat dan legendaris karena telah ada sejak belasan tahun lalu. Harganya pun relatif terjangkau yaitu sekitar Rp. 20.000,- hingga Rp. 30.000,- saja per bungkus.

Abon ini tersedia dalam dua varian rasa yang berbeda yakni manis serta pedas. Ia akan nikmat ketika dinikmati bersama nasi hangat. Bawakan saja buah tangan satu ini karena pasti disenangi oleh anak-anak Anda sebagai lauk makan keseharian mereka.

Sambal Cuk Surabaya

Oleh-oleh Khas Sambal Cuk Surabaya

Bagi para pecinta pedas wajib hukumnya untuk menikmati Sambal Cuk khas Surabaya ketika Anda sedang jalan-jalan di Kota Pahlawan. Pedasnya sudah dijamin mantab di lidah karena ia terbuat dari cabe murni serta fresh langsung petikan baru.

Sambal ini dijual dalam kemasan toples sehingga praktis jika dibawa ke luar kota sebagai buah tangan keluarga. Harganya lumayan murah yakni sekitar Rp. 30.000,- hingga Rp. 35.000,- saja dengan isi melimpah cukup untuk satu keluarga.

Kue Spiku Tradisional

Oleh-oleh Khas Surabaya Kue Spiku Tradisional

Mengunjungi Surabaya rasanya tidak afdhol jika Anda belum mencicipi kue khas legendaris kota tersebut yakni spiku. Roti tiga lapis berawarna kuning, putih dan cokelat ini dibuat dengan menggunakan resep khusus turun temurun dari nenek moyang.

Cara pembuatan tradisionalnya pun juga masih dipertahankan hingga sekarang. Ia bisa awet hingga 3 hari sehingga pas jika dijadikan oleh-oleh bagi sanak family. Harganya murah saja yakni sekitar Rp. 45.000,- per kotak. Anda dapat membelinya di berbagai penjual makanan pinggir jalan.

Kaos Distro Cak Cuk

Oleh-oleh Khas Surabaya Kaos Distro Cak Cuk

Kaos menjadi salah satu oleh-oleh wajib yang harus dibawa setelah pulang dari luar kota. Begitupun ketika Anda sedang berkunjung ke Surabaya. Di sana terdapat industri pakaian distro berbahan kaos bernama Cak Cuk.

Desain dari kaos ini sangat kreatif dan menarik. Semua gambar dan kata-katanya mencerminkan dialek serta ikon khas Kota Surabaya. Bahannya nyaman serta lumayan tebal. Anda dapat membelinya di berbagai toko busana pusat oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp. 45.000,- per item.

Bunarendang

Oleh-oleh Khas Surabaya Bunarendang

Banurendang merupakan makanan oleh-oleh khas Surabaya di Sidoarjo. Ini adalah singkatan dari burger nasi rendang. Awalnya buah tangan tersebut merupakan gagasan dari sekelompok mahasiswa kreatif asal Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Produk ini merupakan makanan cepat saji yang bisa bertahan lama hingga 2 harian. Rasanya nikmat dan praktis digunakan untuk sarapan. Harganya murah saja yakni sekitar Rp. 15.000,-. Isinya banyak sehingga dijamin perut Anda menjadi kenyang setelah memakannya.

Sirup Mangrove

Oleh-oleh Khas Surabaya Sirup Mangrove

Anda pasti akan terpesona dengan kelezatan sirup mangrove khas Surabaya ini. Sirup tersebut sudah sangat legendaris karena telah ada sejak puluhan tahun lalu dan sekarang masih dipertahankan resep asli beserta cara pembuatan tradisionalnya.

Minuman yang satu ini dibuat dari bahan baku utama daun mangrove. Rasanya cenderung manis bercampur asam dan akan lebih nikmat ketika dinikmati dalam keadaan dingin. Ia dijual dalam wadah botol sehingga praktis dibawa, untuk harganya yakni sekitar Rp. 15.000,- saja.

Guna-guna Snack

Oleh-oleh Khas Surabaya Guna-guna Snack

Jika Anda melihat namanya,maka jangan menganggap bahwa oleh-oleh khas Surabaya di Jakarta ini merupakan camilan yang berbahaya. Anggapan tersebut salah besar, sebab guna-guna snack merupakan aneka jenis makan ringan buah tangan asli Kota Pahlawan.

Ini adalah makanan berbentuk keripik renyah dengan bahan utama singkong pohon. Varian rasanya bermacam-macam yaitu seperti gurih, asin, manis, pedas, balado dan juga jangung. Jika Anda berminat membelinya, harganya mulai dari Rp. 20.000,- saja per kemasan plastik.

Siropen Telasih Khas Surabaya

Oleh-oleh Siropen Telasih Khas Surabaya

Oleh-oleh khas Surabaya selanjutnya yang juga direkomendasikan bagi Anda yakni Siropen telasih. Minuman ini telah terkenal akan kekhasannya yaitu sensasi segar tak terkira ketika diteguk di dalam tenggorokan. Di samping itu produknya juga legendaris karena telah ada sejak tahun 1923.

Sirup yang satu ini tidak akan menimbulkan batuk atau masalah tenggorokan, karena bahannya murni gula biasa dan bukan pemanis buatan. Produktersebut juga dikenal sebagai minuman bangsawan dengan harga jual per botolnya yakni Rp. 20.000,- dan cocok dibawa untuk buah tangan.

Kerupuk Seafood

Oleh-oleh Khas Surabaya Kerupuk Seafood

Kerupuk Seafood adalah salah satu oleh-oleh khas Surabaya di Bandung. Ini terbuat dari hasil ikan laut dan hewan lain seperti halnya kepiting, cumi-cumi dan lain-lain semacamnya. Teksturnya renyah serta cocok dipakai sebagai lauk makan.

Keripik seafood tersebut dijual baik dalam bentuk siap santap maupun mentah. Harganya yaitu berkisar antara Rp. 25.000,- hingga Rp. 35.000,- per kemasan ukuran sedang. Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh khas Surabaya maupun para pedagang pinggir jalan.

Sambal Udang Bu Rudy

Oleh-oleh Khas Surabaya Sambal Udang Bu Rudy

Salah satu cara menikmati kelezatan udang adalah dengan menyantap nikmatnya sambal khas Surabaya buatan Bu Rudy. Rasanya sangat nikmat dan teksturnya pun masih bergerindil sehingga menimbulkan sensasi mengunyah ketika Anda memakannya.

Olahan ini cocok dan praktis dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah dan akan lebih nikmat disantap bersama nasi hangat. Harganya yakni Rp. 35.000,- per toples serta bisa Anda beli secara langsung di kedai miliki Bu Rudy.

Almond Crispy Khas Surabaya

Oleh-oleh Almond Crispy Khas Surabaya

Jangan ngaku pernah berkunjung ke Surabaya jikalau belum menikmati almond krispi khasnya. Lidah Anda dijamin bergoyang menikmati renyah dan gurihnya kue yang satu ini.

Anda sangat direkomendasikan untuk membelinya sebagai oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Harganya dibanderol Rp. 40.000,- saja per kotak. Tokonya rata-rata berada di Jalan Raya Jemursari Surabaya.

Kerajinan Wedoro

Oleh-oleh Khas Surabaya Kerajinan Wedoro

Jika Anda ingin membeli kerajinan tangan khas Surabaya, maka kunjungilah pusatnya yang bernama Wedoro. Di sini tersedia banyak barang seperti halnya tas dan sepatu asli buatan tangan manusia.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan tersebut pun lumayan beragam seperti halnya kulit, kanvas dan lain-lain semacamnya. Harganya juga sangat bersahabat di kantong semua kalangan yakni mulai dari Rp. 50.000,-saja.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Bandung

Demikianlah bahasan gamblang tentang oleh-oleh khas Surabaya yang bisa disampaikan dalam artikel ini. Semoga hal tersebut bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *