Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo: Jam Operasional, Lokasi & Fasilitas

Posted on

Yogyakarta menjadi salah satu kota yang diistimewakan di Indonesia. Perjalanan kota Jogja dalam sejarah begitu melekat apalagi pada masa sebelum dan sesudah kemerdekaan. Banyak tempat wisata di Jogja yang sarat akan nilai sejarah dan budayanya, termasuk Pasar Beringharjo. Sebuah pusat perbelanjaan tradisional tertua di Jogja yang sudah ada sejak tahun 1758.

Sekilas & Daya Tarik Pasar Beringharjo

Daya Tarik Pasar Beringharjo

Bukan hanya pasar malioboro Yogyakarta yang direkomendasikan untuk wisata belanja. Berjalan sedikit sejauh 150 meter kamu akan menemukan Pasar Beringharjo yang juga menawarkan berbagai macam barang mulai dari batik, barang antic, kuliner, dan lain-lain. Harganya pun terbilang murah, wisatawan bisa tawar menawar sesuai kesepakatan.

Beringharjo begitu istimewa karena sudah menjadi pusat kegiatan ekonomi selama ratusan tahun. Pas yang sudah berkali-kali dipugar ini ternyata bukan sekedar tempat jual beli, namun memiliki makna filosofis tersendiri yaitu melambangkan satu tahapan kehidupan manusia yang berkaitan pada kegiatan ekonomi. Pasar bersejarah ini juga adalah bagian dari salah satu pilar Catur Tunggal yang terdiri dari Kraton Kasultanan, Alun-Alun Keraton dan Beringharjo.

Sebelum seperti sekarang, mulanya Kawasan pasar Beringharjo adalah hutan beringin. Namun selepas Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat berdiri atau lebih tepatnya di tahun 1758, area tersebut dijadikan sebagai tempat bertransaksi jual beli. Ratusan tahun setelahnya, di tahun 1925 barulah sebuah bangunan permanen didirikan. Kini, Beringharjo bukan hanya dikunjungi oleh masyarakat lokal saja. Namun hampir setiap hari selalu dipenuhi oleh wisatawan yang ingin berbelanja atau wisata kuliner.

Jam Operasional

Kapan jam buka pasar beringharjo? Beringharjo buka pada pukul 08.30 setiap hari hari senin sampai minggu.

Lalu, pasar beringharjo tutup jam berapa? Untuk waktu tutupnya adalah pukul 21.00 malam. Berbeda dengan Pasar Malioboro yang dibuka 24 Jam, Beringharjo memiliki waktu buka dan tutup yang teratur.

Spot Menarik Pasar Beringharjo

Traveler, saat berkunjung ke Beringharjo kamu harus tahu spot-spot pentingnya ya. Dengan begitu, kamu bisa menjelajahi pantai sesuai kebutuhan yang sedang kamu cari. Nah, berikut ini republic wisata informasi spot menari di Pasar Beringharjo.

Wisata Kuliner

Ingin wisata kuliner di Beringharjo? Bisa banget dong. Di bagian depan dan belakang bangunan pasar tepatnya sebelah barat adalah spot favorit untuk wisata kuliner. Di sini kamu bisa memanjakan lidah dengan jajanan pasar bercita rasa lokal yang khas. Harganya pun dijamin sangat ramah dikantong! Ada pula makanan daerah seperti brem dan bakpia yang bisa dijadikan oleh-oleh saat kamu pulang ke tempat asal.

Berbelanja Batik

Bila kamu ingin membeli batik khas Jogja, kamu juga bisa membelinya di Beringharjo. Koleksi batik di pasar ini sangatlah lengkap, mulai dari yang berbentuk kain hingga yang sudah diproduksi menjadi pakaian. Harganya pun beragam dari puluhan ribu sampai jutaan. Nah untuk area batik, kamu bisa menjumpainya di los pasar sebelah barat. Selain batik di sana juga ada pedagang yang menjual blangkon, baju surjan, sarung tenun, sandal, hingga tas yang dijual dengan harga murah.

Pusat Bahan Dasar Jamu

Saat kamu berjalan ke lantai 2 bagian timur maka hidungmu akan disambut dengan aroma jejamuan. Area tersebut memang pusat penjualan bahan dasar pembuatan jamu jawa serta berbagai macam rempah seperti kunyit, temulawak, jahe, dan lain-lain.

Membeli Barang-Barang Antik

Bagi para pemburu barang antic sebaiknya jangan melewatkan untuk berkunjung ke lantai 3 pasar Beringharjo. Sebab di area tersebut kamu akan dimanjakan dengan koleksi barang antic yang dijual para pedagang local. Kamu bisa membeli mesin ketik tua, helm yang dibuat tahun 60-an, dan banyak lagi.

Fasilitas

Apabila membandingkan dengan pasar lain yang ada di Jogja, Beringharjo terbilang lebih lengkap. Ini tentu sangat wajar karena sebelumnya sudah disampaikan bahwa pasar Beringharjo adalah pasar paling tua di Jogja. Oleh sebab itulah kamu akan dibuat nyaman dengan berbagai fasilitas berikut:

  • Sentra Pasar bahan & pakaian batik
  • Sentra pasar pakaian tradisional
  • Sentra pasar fashion kekinian
  • Sentra pasar bahan makanan primer
  • Sentra pasar bahan dasar pembuatan jamu
  • Sentra pasar barang antic dan bekas
  • Sentra pasar wisata kuliner
  • Petugas dan papan informasi di beberapa titik
  • Tempat sampah
  • Parki kendaraan yang luas
  • Toilet

Lokasi & Rute

Lokasi Pasar Beringharjo Jogja sangatlah strategis dibandingkan pasar yang lain. Letaknya berada di sebelah selatan Jalan Malioboro. Jadi kalau sudah puas menikmati Malioboro kamu bisa berjalan kaki ke Beringharjo. Letaknya juga berada tidak jauh dari Benteng Vredeburg, bangunan bersejarah yang dibangun saat masa kolonial Belanda.

Alamat Lengkap Beringharjo: Jalan Malioboro, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondoman, Kota Jogja.

Tiket Masuk

Siapapun bisa masuk ke Pasar Beringharjo tanpa dikenakan tiket masuk alias gratis. Namun bagi yang membawa kendaraan tentu harus membayar biaya tiket kisaran 2.000 – 5.000 rupiah.

Wisata di Sekitar

Selain mengunjungi pasar tertua di Jogja, kamu juga bisa menyempatkan diri untuk menjelajahi wisata di sekitarnya karena memiliki nilai sejarah serta keistimewaan tersendiri, berikut adalah beberapa tempat tersebut.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Sebuah bangunan bersejarah yang banguna pada tahun 1760 saat masa pemerintahan Belanda. Pembangunan dilakukan dengan tujuan untuk memudahkan Belanda melakukan pengawasan pada aktivitas yang dilakukan di dalam Keraton Yogyakarta. Sekarang banteng ini dijadikan sebagai museum yang dibuka untuk umum. Uniknya bangunan banteng yang sudah cukup tua ini masih terjaga keasliannya dan masih berdiri kokoh.

Pasar Tradisional Malioboro

Pasar Tradisional Malioboro

Sebelum ke Pasar Beringharjo kamu akan melewati Kawasan wisata Jalan Malioboro terlebih dahulu. Spot yang memang sering dipenuhi oleh banyak wisatawan karena bisa mempresentasikan wajah Jogja secara tradisional dan lebih modern. Di samping menikmati suasana Jogja, saat berada di Malioboro kamu bisa berkunjung ke Pasar Tradisional yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas Jogja dengan harga murah. Biarpun tak selengkap di Beringharjo, namun untuk menghilangkan rasa penasaran, kamu bisa banget singgah ke sini.

Keraton Jogja

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta atau Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi kesultanan yang lokasinya berada di pusat kota Jogja dan masih dijadikan tempat tinggal oleh keluarga istana. Di samping itu, di dalam area keraton juga telah dibuat sebuah museum yang menyimpan banyak barang-barang antic serta bersejarah milik Keraton Ngayogyakarta. Lokasinya berada di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton. Bila dari Beringharjo, kamu bisa berjalan kaki atau menyewa becak.

Monumen Serangan Umum 1 Maret

Monumen Serangan Umum 1 Maret

Monumen Serangan Umum 1 Maret terletak di depan Kantor Pos Jogja dan tak jauh dari benteng Vredeburg. Monumen dibuat dalam rangka memperingati pernah terjadinya serangan 1 Maret oleh tentara Indonesia pada Belanda, tepatnya di tahun 1949 pasca kemerdekaan. Banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke sini untuk mengenang jejak sejarah para pahlawan serta berfoto untuk mengabadikan momen.

Taman Pintar

Taman Pintar

Taman Pintar merupakan wahana rekreasi dan edukasi yang sangat cocok dikunjungi oleh wisata keluarga. Tujuan didirikan Taman Pintar memang untuk sarana pembelajaran sains yang lebih menyenangkan dan atraktif. Berbagai macam alat peraga sains sangat menarik perhatian para pengunjung, nampak seperti permainan biasa namun kaya akan ilmu pengetahuan.

Beberapa Gedung utama di Taman Pintar antara lain;  Gedung Memorabilia, Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium dan Gedung PAUD. Masing-masing Gedung dibuat dengan tujuan fungsi yang berbeda.

Bila tertarik untuk datang ke sini, kamu bisa datang antara hari Selasa sampai Minggu pada pukul 08.30 sampai 16.30. Jangan lupa siapkan biaya untuk tiket masuknya juga, Dewasa 20 ribu, anak-anak 12 ribu.

Tips Berkunjung ke Pasar Beringharjo

Tips Berkunjung ke Pasar Beringharjo

Apakah kamu tertarik untuk ke wisata belanja di Jogja yang sangat hits ini? Bila iya, berikut adalah beberapa tips berkunjung ke Beringharjo yang sebaiknya diperhatikan.

Mempelajari Sedikit Kata Sapaan dalam Bahasa Jawa

Akan lebih baik bila kamu mengetahui sedikit tentang kata sapaan dalam Bahasa jawa. Selain akan sedikit memudahkan dalam berkomunikasi, kamu bisa lebih akrab dengan pedagang local. Bukan tidak mungkin juga proses tawar menawar jadi lebih cepat. Beberapa jawa yang bisa kamu gunakan seperti:

  • Kulo Nuwun, artinya Permisi
  • Niki Pinten, artinya Ini berapa harganya?
  • Mboten saget kirang?, Artinya tidak bisa kurang?
  • Matur Nuwun, Artinya Terimakasih

Cukup yang singkat-singkat saja, mudah kan? Coba ingat-ingat yuk!

Membawa uang cash

Kamu juga sangat disarankan untuk membawa cash yang sudah dipecah dalam bilangan kecil. Misal 50 ribuan, 20 ribuan dan 10 ribuan. Ini akan memudahkan saat hendak membeli barang belanjaan agar tidak overspending.

Datang lebih pagi yuk!

Hampir tiap hari Beringharjo selalu ramai oleh wisatawan dan masyarakat local. Semakin siang, pengunjungnya pun akan semakin padat. Oleh sebab itulah, agar bisa nyaman berbelanja sangat disarankan sih datang di pagi hari.

Tidak cocok dengan harga barang yang diinginkan? Jangan sungkan menawar

Jangan sungkan menawar, apalagi bila kamu berbelanja di pasar tradisional Jogja seperti Beringharjo. Proses tawar menawar di pasar sudah menjadi hal biasa kok. Namun kamu juga harus tau diri ya saat menawar, jangan sampai menjatuhkan harga karena kemurahan. Lakukan penawaran dengan sikap yang sopan dan sesuai dengan kualitas.

Kenakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Konsep pasar ini bisa dibilang semi outdoor. Nah, agar kamu bisa tetap nyaman saat berkeliling pasar, dianjurkan jangan menggunakan pakaian tebal ya! Itu malah akan bikin kamu gerah. Pilih pakaian yang memang nyaman dan mudah menyerap keringat.

Patuhi Protokol Kesehatan

Tips terakhir yang jangan kamu lewatkan adalah mematuhi protocol kesehatan. Bagaimana pandemic covid-19 yang melanda seluruh dunia menuntut masyarakat harus selalu waspada apalagi bila berkunjung ke tempat umum seperti pasar. So, gunakanlah masker dan bawa hand sanitizer ya!

Itulah informasi lengkap mengenai pasar beringharjo Jogja mulai dari sejarah, daya tarik, jam buka, wisata di sekitar hingga tips yang harus dilakukan saat akan berkunjung.

Bagaimana, apakah informasi ini bermanfaat? Bila iya, yuk share juga ke teman-temanmu agar saat berkunjung ke Beringharjo mereka tak kebingungan. Selamat berbelanja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *