Taman Pintar Jogja: Spot Menarik, Lokasi & Harga Tiket Masuk

Posted on

Saat berkunjung ke Jogja dalam rangka liburan, kita sebagai wisatawan pasti akan dibuat bingung karena ada banyak sekali tempat wisata di Jogja yang menarik. Namun bila kamu datang bersama keluarga, Taman Pintar bisa menjadi list tujuan wisata.

Sekilas & Daya Tarik Taman Pintar

Wisata edukasi dan rekreasi itulah gambaran dari Taman Pintar Yogyakarta. Berbagai sarana pembelajaran sains disulap menjadi alat peraga yang mengasyikkan. Membuat para pengunjung khususnya anak-anak tidak akan bosan memainkannya.

Wisata satu ini memang dibuat sebagai sarana pembelajaran untuk para pengunjung guna mendukung kurikulum Pendidikan di Indonesia. Oleh sebab itulah dengan datang ke Taman Pintar, diharapkan siswa bisa mendapatkan edukasi lebih mengenai sains dengan cara yang berbeda. Sebab ada cukup banyak anak yang sulit menangkap pembelajaran sains di dalam kelas.

Lokasi wisata yang berada di Jogja ini pertama kali diresmikan dan dibuka untuk umum yaitu pada tanggal 16 Desember 2008, oleh mantan presiden RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Jam Operasional

Taman Pintar di Yogyakarta buka dari hari Selasa – Minggu dan Senin Tutup. Berikut adalah jam buka operasionalnya:

  • Selasa – Jum’at : Pukul 08.30 – 15.30 WIB
  • Sabtu – Minggu : Pukul 08.30 – 16.00 WIB

Spot Menarik Taman Pintar Jogja

Berikut adalah beberapa spot menarik di wisata Taman Pintar Jogja yang bisa kamu kunjungi:

Gedung Memorabilia

Gedung Memorabilia

Di dalam Gedung ini kamu akan menjumpai 3 wahana utama yaitu Sejarah mengenai Kesultanan Keraton, Pengenalan Tokoh-Tokoh Pendidikan, dan Kepustakaan Presiden. Para pengunjung dapat menelusuri jejak sejarah Indonesia melalui beberapa benda yang dipamerkan di Gedung Memorabilia.

Gedung Oval

Gedung Oval

Selanjutnya ada Gedung oval yang mempunyai 10 wahana menyenangkan diantaranya Aquarium Air Tawar, Zona Kehidupan Prasejarah, Dome Area, Zona Cuaca Iklim dan Gempa, Zona Tata Surya, Zona Teknologi, Terowongan Ilusi, Generator Van De Graaff, Generator Pedal dan Zona Nuklir. Berbagai alat peraga yang mudah digunakan oleh para pengunjung mampu mengedukasi dengan baik.

Gedung Kotak

Gedung Kotak

Gedung Kotak: Gedung ini terdiri dari 16 zona yaitu Zona Microsoft, Zona Standar Nasional Indonesia, Zona Dino Adventure dan Teater 4D, Zona Telekomunikasi, Zona Sumber Daya Air, Hand on Science, Zona Melek Gizi, Zona Sains, Zona Tepi TV, Zona, Olahraga, Zona Sahabat pemberani, Zona Indonesiaku, Zona Galeri Pusaka, dan Perpustakaan.

Gedung Planetarium

Gedung Planetarium

Planetarium merupakan salah satu spot yang menjadi favorit pengunjung anak-anak. Sebab selama memasuki planetarium anak-anak akan diajak melihat simulasi suasana langit pada saat malam hari menggunakan proyektor digital. Biarpun begitu, penampakannya terasa sangat nyata sekali.

Gedung PAUD

Gedung PAUD

Gedung PAUD merupakan spot yang khusus untuk pengunjung anak usia 2 tahun sampai 7 tahun. Anak-anak dapat belajar mengenai sains dan teknologi dengan cara yang menyenangkan. Terdapat 2 bagian Gedung yang bisa dikunjungi yaitu PAUD Timur dan PAUD Barat.

Fasilitas

Di samping ada berbagai spot yang menarik untuk dikunjungi, fasilitas di Taman Pintar juga akan semakin membuat nyaman para pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitasnya:

  • ATM
  • Toilet Umum
  • Wahana Permainan
  • Alat Peraga
  • Tempat Makan

Lokasi dan Rute

Lokasi Taman Pintar Jogja sangatlah strategis, berada tak jauh dari pusat kota sehingga akses jalannya bisa dari arah mana saja. Alamat lengkap wisata Taman Pintar adalah di Jalan Panembahan Senopati Nomor 1 sampai 3, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kamu akan mudah mengenali gedungnya karena begitu masuk gerbang masuk, kamu akan disambut oleh gapura bertuliskan ‘’Taman Pintar’’ dan ukurannya cukup besar.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Taman Pintar dibagi berdasarkan usia.

  • Dewasa : Rp 20.000
  • Anak-anak : Rp 12.000

Wisata di Sekitar

Bila kamu memiliki cukup banyak waktu, sebaiknya kamu menyempatkan untuk mengunjungi wisata di sekitar Taman Pintar Daerah Istimewa Yogyakarta.

Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg

Jogja menjadi salah satu kota yang mendapatkan perhatian lebih dari wisatawan karena menyimpan banyak keunikan mulai dari adat kebudayaan, kuliner hingga tempat-tempat bersejarah seperti salah satunya Museum Benteng Vredeburg. Sebuah bangunan yang dibangun pada masa Sultan Hamengku Buwono I. Tujuan didirikannya bangunan ini adalah agar Belanda bisa mengawasi aktivitas yang dilakukan di dalam keraton Kasultanan.

Lain dulu lain sekarang, sebab bangunan ini sudah disulap menjadi sebuah museum. Kamu bisa melihat beberapa benda bersejarah disimpan selama berkeliling di Vredeburg. Bentuk bangunannya sendiri masih sangat kokoh dan sama, meskipun pernah mengalami kerusakan namun pemerintah setempat berhasil memperbaikinya kembali.

Nuansa vintage sangat terasa sekali, apalagi bila kamu mengabadikannya melalui lensa kamera. Dijamin hasil jepretan akan terlihat keren.

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo lokasinya tidak jauh dari Taman Pintar. Sebuah pasar tradisional tertua yang ada di Jogja. Saat berkunjung ke sini kamu akan sangat dimanjakan sekali dengan barang dan makanan yang dijual. Ada oleh-oleh khas Jogja mulai dari kaos, tas buatan tangan, hingga makanan seperti bakpia. Ada pula area yang khusus dijadikan sebagai komplek wisata kuliner. Berbagai makanan dengan cita rasa lokal bisa kamu cicipi dengan harga murah! Nah, buat penggembar barang antic sebaiknya jangan buru-buru pulang ya. Sebab di lantai 2 Pasar Beringharjo, kamu akan menjumpai banyak barang antic seperti mesin ketik jadul, sepatu jadul, dan lain-lain.

Sedikit tips bila ingin berbelanja dengan nyaman di Pasar Beringharjo, sebaiknya datang lebih pagi karena semakin siang tempat wisata belanja ini akan semakin dipadati pengunjung. Jangan lupa untuk membawa uang cash dengan berbagai pecahan agar kamu tidak kesulitan untuk membayar saat membeli barang di Beringharjo.

Titik 0 Km Jogja

Titik 0 Km Jogja

Menikmati keramaian kota Jogja sembari bersantai, kamu bisa melakukannya di Titik 0 Km Jogja. Keriuhan kota gudeg ini akan sangat terasa sekali, beberapa pedagang kaki lima pun siap menemani waktu bersantai dengan menyajikan kuliner Jogja. Menjelang malam hari suasana titik 0 akan terasa lebih hangat karena lampu-lampu jalan mulai dinyalakan, suasananya juga tak seramai di siang hari.

Masjid Gede Kauman

Masjid Gede Kauman

Di sekitar Taman Pintar kamu bisa menemukan bangunan bersejarah yang sangat diminati oleh wisatawan yaitu Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I, lebih tepatnya pada 29 Mei 1773. Masjid ini adalah symbol dari harmonisasi antara kerajaan Jogja dengan nilai religius yang ada di masyarakat.

Selain menjadi sarana beribadah untuk keluarga raja dan masyarakat, keberadaan masjid ini juga dinilai penting karena merupakan bagian dari Kerajaan Islam Ngayogyakarta Hadiningrat. Saat kita memasuki bangunan masjid, secara keseluruhan kita akan melihat ciri khas budaya Jawa Islam. Ya,pak pada atap masjid yang menggunakan pola susun tiga gaya tradisional Jawa yaitu Tajug Lambing Teplok. Bukan hanya sekedar pola, namun memiliki makna pencapaian kesempurnaan pada hidup manusia; hakikat, ma’rifat dan syariat.

Sementara itu, pada bagian ujung teratas lapisan atap terdapat sebuah mustaka yang bentuknya seperti daun kluwih – sejenis buah sukun- yang memiliki makan keistimewaan untuk tiap individu yang berhasil mencapai kesempurnaan hidup. Ada pula gadha bentuknya seperti huruf alif melambangkan Tauhid, hanya Allah yang satu. Nah, perpaduan ketiga symbol tersebut pada akhirnya memuat sebuah makna bahwa orang yang menjalankan hakikat, syariat serta ma’rifat maka hidupnya akan selalu dekat dengan Sangat Maha Pencipta.

Seiring berjalannya waktu, masjid ini terus mengalami pengembangan. Tepatnya di tanggal 20 Syawal 1189 Hijriah, dibangun serambi masjid yang difungsikan untuk ruang serbaguna. Ada juga sisi utara dan selatan halaman masjid yang dibangun 2 ruangan untuk tempat bermain gamelan yang dilakukan setiap bulan Maulid.

Tidak hanya wisatawan lokal yang tertarik untuk berkunjung masjid Gedhe, namun ada banyak wisatawan asing yang sengaja datang untuk melihat kemegahan dan keunikan bangunannya.

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

Wisata selanjutnya yang berada di sekitar Taman Pintar Yogyakarta adalah Jalan Malioboro. Sebuah jalan yang amat sangat ikonik dan sudah sangat terkenal sekali di kalangan wisatawan. Di sini kamu bisa berbelanja sepuasnya dengan harga murah, ada banyak barang yang memang dibuat khusus untuk oleh-oleh khas Jogja. Mulai dari kaos, tas, sandal, dan lain-lain. Bagi yang ingin menikmati kuliner Jogja juga kamu bisa menjumpainya di sekitar Malioboro. Ada banyak pedagang yang siap menyajikan makanan dengan cita rasa local, harganya pun dijamin murah dan ramah di kantong!

Kamu bisa datang kapan saja sebab Malioboro dibuka 24 jam. Pastikan untuk membawa uang cash ya agar saat melakukan transaksi pembayaran lebih mudah.

Tips Berkunjung

Nah traveller, sebelum kamu berkunjung ke Taman Pintar ada beberapa tips yang sebaiknya kamu perhatikan.

Datang Lebih Awal

Karena semakin siang akan semakin ramai maka best time to visit Taman Pintar adalah di pagi hari sampai siang hari. Hindari juga berkunjung saat musim liburan karena dijamin jumlah wisatawan lebih banyak daripada biasanya.

Membawa Kamera

Kamera adalah salah satu alat yang wajib sekali kamu bawa. Ada banyak spot foto menarik yang rugi bila tidak kamu abadikan melalui lensa kamera. So, sebelum datang ke sini kamu harus mengisi penuh daya kameramu ya!

Membawa Buku Catatan

Seberapa penting buku catatan? Tergantung, bila kamu membawa anak-anak sebaiknya sih minta mereka untuk membawa buku catatan. Tujuannya agar mereka bisa mencatat pelajaran apa yang didapat saat berkeliling di Taman Pintar.

Mematuhi Peraturan yang Telah Dibuat

Ada beberapa peraturan baku yang sudah dibuat oleh pihak pengelola wisata beberapa diantaranya adalah merokok, membawa makanan dan minuman ke dalam Gedung serta membuang sampah sembarangan. Tenang saja, kalau merasa lapar atau haus kamu bisa membelinya di kantin yang ada di area wisata Taman Pintar kok.

Oke traveller, itulah ulasan lengkap mengenai wisata Taman Pintar yang berlokasi di Jogja. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk liburan ke wisata edukasi unik satu ini? Bila iya, langsung saja tentukan yuk kapan kamu akan berkunjung. Di samping itu, karena masih dalam kondisi pandemic, jangan lupa untuk selalu mematuhi protocol kesehatan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *