Tempat Wisata Calang Aceh Jaya

15 Tempat Wisata Calang Aceh Jaya Paling Rekomended

Posted on

Saat berada di Aceh Jaya maka kamu harus menuntaskan seluruh destinasi atau tempat wisata Calang Aceh Jaya. Wilayah ini menyimpan banyak tempat menarik yang tentu saja sayang untuk terlewatkan.

Calang sendiri adalah ibukota Aceh Jaya. Wajar kemudian bila banyak orang berlomba-lomba untuk mengeksplore tempat ini. Bagi kamu yang akan berlibur maka ada baiknya siapkan list dari sekarang juga.

Tempat Wisata Calang Aceh Jaya

Pulau Tsunami

Pulau Tsunami

Nama yang unik dan menarik bukan. Dimana seperti kita tahu Aceh pada 2004 silam dihantam gelombang tsunami yang begitu dahsyat.

Dan ternyata pasca gelombang besar tersebut menciptakan satu pulau yang hingga kini disebut masyarakat sekitar sebagai Pulau Tsunami. Pulau yang tiba-tiba muncul dan pastinya bikin semua orang penasaran.

Baca Juga: Wisata Tapak Tuan Aceh Selatan

Seperti apa “pulau” yang memakan banyak korban nyawa tersebut. Pastinya seperti pepatah, habis gelap terbitlah terang. Pun demikian pasca gelombang tsunami muncul satu tempat yang begitu indah.

Puncak Lageun

Puncak Lageun

Bagi mereka yang ingin destinasi pegunungan maka Puncak Lageun adalah jawaban terbaik. Letaknya dari Calang pun tidak begitu jauh karena bisa dijangkau dalam 15 menit perjalanan.

Bukan hanya keindahan tempat baik itu kombinasi pantai, pasir, pepohonan dan langit biru. Dari tempat ini pun biasa digunakan warga yang ingin melihat keindahan lumba-lumba.

Puncak Lageun ini ada di Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya. Di pantai ini juga menjadi tempat yang pas untuk menikmati secangkir kopi Aceh asli bersama dengan yang lain.

Pantai Lhok Geulumpang

Pantai Lhok Geulumpang

Objek wisata yang satu ini masih berada di Kecamatan Setia Bakti dan bisa menjadi satu rute perjalanan saat berkunjung ke Puncak Lageun. Pantai yang satu ini sempat mencapai masa kejayaan pada tahun 2002 silam.

Mereka tidak saja hanya suguhkan keindahan alam saja tapi juga ada Kolam Pelangi. Satu tempat yang pastinya sangat disuka oleh anak-anak karena mereka bisa berenang dan bermain dengan lebih aman.

Bagi yang muda pengelola pun telah menyediakan spot foto yang menarik dan instagramable. Wajar kemudian bila tiap akhir pekan pantai ini senantiasa ramai oleh pengunjung.

Puncak Gunung Geurutee

Puncak Gunung Geurutee

Masih dengan destinasi wisata yang menawarkan keindahan dan pengalaman suasana pegunungan. Jangan lewatkan untuk berkunjung ke Gunung Geurutee yang tak kalah indah.

Dari tempat ini pengunjung bisa melihat sejauh mata memandang. Terdapat keindahan alam dan gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Destinasi wajib pastinya bagi mereka yang suka dengan tantangan dan alam bebas. Gunung ini pun terbilang cukup aman bagi pemula sehingga kamu pun bisa ikut ke puncak gunung ini.

Jangan lupa ajak mereka yang berpengalaman atau tahu kondisi alam. Hal ini karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi kemudian. Gunung ini ada di Jalan Meulaboh – Banda Aceh, Babah Ie, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya.

Pulau Sungai Keluang

Pulau Sungai Keluang

Satu pulau yang juga menjadi primadona saat ada di Aceh Jaya tentu saja Pulau Sungai Keluang. Dimana objek wisata ini tawarkan keindahan yang tiada tara.

Letaknya sendiri tak jauh dari Pulau Tsunami, dengan demikian bisa menjadi satu paket dan harus dituntaskan dihari yang sama. Saat ada di sini ada banyak spot selfi yang bisa dipilih, terutama pada bebatuan dan karang raksasa yang ada di pinggir pantai.

Satu kegiatan lain yang bisa dipilih tentu saja melihat lebih dekat keindahan Gua Walet. Lokasi objek wisata ini ada di Gle Jong, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya.

Pulau Reusam

Pulau Reusam

Pulau ini sudah pasti sangat terkenal bagi wisatawan yang akan berkunjung ke wisata Aceh. Pulau yang belum terlalu ramai dengan jumlah wisatawan menjadi daya tarik tersendiri.

Seolah berada di pulau pribadi dan pengunjung bebas beraktivitas khususnya bagi mereka pecinta snorkeling dan diving. Sangat pas untuk melepas penat dan menyendiri pastinya.

Untuk tiba di pulau ini maka pengunjung harus menyewa boat. Dan warga sekitar akan dengan senang hati untuk mengantarkannya. Pulau Reusam sendiri berada di Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya.

Nissan Meureuhom Daya

Nissan Meureuhom Daya

Aceh memiliki banyak pahlawan nasional dan salah satunya akan ditemukan di tempat ini. Dimana terdapat Nisan Meureuhom Daya yang tak lain adalah makam raja di Lamno.

Ditempat ini ada beberapa bukti sejarah bahwa mereka pun tidak mau tunduk kepada penjajah. Beberapa benda yang cukup menarik dan menjadi bukti dahsyatnya perang kala itu tentu saja dengan adanya meriam dan tank yang diketahui milik Belanda.

Objek wisata religi ini ada di Jalan Po Teumeureuhom Km, 3 Kuala Daya, Lamno, Kabupaten Aceh Jaya

Kampung Mata Biru Lamno

Kampung Mata Biru Lamno

Mungkin kita akan menduga hanya mereka orang Eropa yang miliki mata biru. Namun faktanya di negeri kita pun ada, satu kampung yang mana matanya berwarna biru layaknya orang bule.

Dikatakan Kampung Mata Biru Lamno karena di kampung ini ada banyak warga yang memiliki mata biru. Bagi mereka yang tidak mengenal bisa jadi akan menebak kalau mereka bukanlah orang Aceh.

Dan mata berwarna biru itu diduga karena orang tua mereka menikah dengan orang Portugis. Jadi jangan kaget pula kalau bentuk fisiknya cenderung seperti orang barat.

Kampung mata Biru Lamno ini ada di Lamno, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Besar. Selain di Lamno orang bermata biru pun bisa ditemukan di kampung lain yan masih ada di Kecamatan Jaya.

Desa Batee Tutong

Desa Batee Tutong

Berasal dari Bahasa Aceh Batee Tutong sendiri dapat diartikan sebagai Batu Terbakar. Hal ini karena khusus di desa ini pada musim pancaroba akan terjadi fenomena tak biasa.

Dimana seluruh pohon yang ada akan layu, pohon-pohon seolah terbakar padahal tidak ada yang membakarnya. Namun saat ini kejadian ini sudah jarang tapi tetap saja banyak wisatawan yang penasaran bagaimana penampakan Desa Batee Tutong pada pancaroba.

Saat berada di sini jangan lupa manjakan diri untuk mencicipi aneka kuliner yang ada. Dijamin bikin nagih siapa saja yang pernah mencoba.

Taman Bunga Aceh Jaya

Taman Bunga Aceh Jaya

Aceh Jaya pun sama seperti wilayah lain di tanah air dimana mereka juga memiliki taman bunga yang begitu cantik. Dan Taman Bunga Aceh jaya bisa jadi destinasi paling pas untuk berlibur bersama seluruh anggota keluarga.

Terutama bagi mereka yang miliki anak kecil maka tempat ini sangat direkomedasikan. Bagi kaum hawa taman bunga ini pun bisa menjadi pilihan terbaik karena ada aneka bunga warna warni yang harumnya semerbak.

Taman bunga seluas lebih kurang 1 hektare ini juga memiliki beberapa spot foto. Salah satu yang cukup khas sudah pasti ada rumah ala Belanda. Penasaran bukan, silakan saja datang ke Taman Bunga Aceh Jaya yang ada di

Pantai Pasie Saka

Pantai Pasie Saka

Wajar saja bila tanah air kita dua pertiganya berupa lautan dan Aceh sendiri memiliki gugusan pantai yang begitu indah. Berhadapan dengan Samudra Hindia secara langsung membuat siapa saja langsung bisa melihat luasnya lautan.

Pantai Pasie Saka atau bisa juga dikatakan sebagai pantai pasir gula dikarenakan miliki pasir putih layaknya gula. Saat ada di pantai ini sangat disarankan untuk lepas alas kaki dan rasakan terapi alami.

Meski memiliki pasir yang begitu unik tapi di sini pengunjung dilarang berenang. Pantai yang ada di Babah Nipah, Jeumpheuk, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya ini siap menggulung siapa saja yang berani coba-coba.

Pantai Rigaih

Pantai Rigaih

Berbeda dengan Pantai Pasie Saka yang memiliki ombak besar maka Pantai Rigaih ini dikenal cukup ramah bagi mereka yang ingin snorkeling atau diving. Wajar kemudian bila banyak wisatawan selalu ingin lebih lama di area pantai.

Selain itu pantai ini berada di jalur yang cukup strategis bagi mereka yang tengah melakukan perjalanan. Beristirahat sejenak guna membuat tubuh lebih segar setelah menempuh perjalanan berjam-jam.

Pantai yang ada di Lhok Buya, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya ini memiliki laut yang begitu jernih dan pasir putih. Oh ya ditempat ini juga ada beberapa spot untuk memancing lho ya.

Danau Laut Nie Pineung Suasa

Danau Laut Nie Pineung Suasa

Bukan hanya pantai saja yang indah di Aceh Jaya tapi ada juga Danau Laut Nie Pineung Suasa. Tempat yang pas untuk menepi sejenak bersama anggota keluarga pastinya.

Satu kegiatan yang paling direkomendasikan saat berada di danau ini sudah pasti naik perahu. Menghabiskan waktu bersama anggota keluarga sembari bercerita akan banyak hal tentu menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Bagi yang suka memancing bisa jadi danau indah ini adalah surganya. Dimana ada banyak ikan yang bisa dipancing saat ada di Desa Pasi, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya.

Pantai Kuala Dhoi

Pantai Kuala Dhoi

Satu pantai di Aceh yang terkenal hingga manca negara sudah pasti Pantai Khuala Dhoi. Nama pantai ini sesuai dengan nama desa yang ada di Khuala Dhoi, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya.

Tak jarang mereka yang datang ke tempat ini akan mengatakan Pantai Kuala Dhoi sama indahnya dengan Raja Ampat, Papua. Benar kiranya bila melihat keindahan pantai yang ada dan hijaunya pepohonan di sekitarnya.

Pantai dengan pasir putih ini memiliki struktur landai sehingga banyak kegiatan bisa dilakukan di bibir pantai. Sementara itu disekitarnya terdapat banyak pohon kelapa dan tak ada salahnya saat terik menikmati kesegaran buah kelapa langsing dari pohonnya.

Pantai Lhok Kubu

Pantai Lhok Kubu

Pantai berikutnya yang tak kalah menarik tentu saja Pantai Lhok Kubu yang ada di Gampong Bahagia, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya. Pantai ini selalu penuh ramai saat senja karena banyak orang ingin menghabiskan waktu sembari menikmati keindahan alam.

Destinasi ini pun kini mulai dilirik banyak investor karena memiliki lokasi yang strategis. Meski banyak diantara mereka yang ingin membangun industri tapi tetap saja tempat ini adalah destinasi wisata alam yang patut diperhitungkan.

Baca Juga: Wisata Kota Langsa

Selain belasan objek wisata di atas, di Calang, Aceh Jaya masih banyak tempat-tempat menarik untuk disusuri. Jangan takut untuk mengalokasikan waktu lebih banyak karena pastinya akan lebih banyak objek wisata yang bisa diintip.

Kuliner asli khas Aceh pun begitu melimpah. Ada berbagai menu olahan tradisional dengan citarasa istimewa bisa ditemukan disepanjang perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *