Tempat Wisata Di Aceh Singkil

15 Tempat Wisata Di Aceh Singkil Paling Mencuri Perhatian

Posted on

Objek wisata Aceh itu begitu melimpah tak terkecuali tempat wisata di Aceh Singkil. Ada belasan tujuan yang bisa dipilih untuk melengkapi liburan.

Benar kiranya bila mayoritas objek wisata Aceh ini masih perawan dan bisa jadi belum banyak terekspose masyarakat luas. Artinya belum banyak tersentuh modernisasi. Namun jangan salah, berbicara soal keindahan pastinya mereka miliki tempat terbaik.

Tempat Wisata Di Aceh Singkil

Tempat wisata yang sangat pas buat mereka yang suka tantangan. Terlebih yang beranggapan minimnya fasilitas justru adalah kesempatan untuk mengeksplore lebih jauh. Dan berikut deretan wisata Aceh Singkil yang paling mencuri perhatian wisatawan:

Pulau Tailana

Pulau Tailana

Salah satu pulau terbaik di Aceh dan di tanah air tentu saja ada Pulau Tailana. Pulau tropis ini memang tidak berukuran besar tapi jangan salah pulau ini menawarkan keindahan yang seutuhnya.

Dilihat dari sudut pandang manapun tak ada celah untuk mengatakan pulau tanpa penghuni ini bukan yang terbaik. Terlebih bagi mereka yang suka dengan tantangan maka pulau ini adalah pilihan terbaik.

Baca Juga: Wisata Karang Baru Aceh Tamiang

Selain bisa berjemur di bawah terik matahari, wisatawan pastinya juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan cara snorkeling. Pasir putih dan laut biru yang ada memberi kesan tak terlupakan bagi siapa saja yang berkunjung.

Untuk bisa menjangkau Pulau Tailana maka wisatawan bisa menggunakan feri atau menyewa kapal nelayan. Butuh waktu sekitar 4 jam perjalanan dan selama itu pula pastinya bisa menikmati lautan lepas.

Pulau Palambak

Pulau Palambak

Berbeda dengan Pulau Tailana yang relatif masih minim fasilitas maka bila berkunjung ke Pulau Palambak maka bisa ditemukan beberapa cottage yang bisa disewa. Pulau ini juga relatif istimewa karena pengunjung pun belum membludak.

Memberi kesempatan bagi siapa saja yang berkunjung untuk merasakan seolah miliki pulau pribadi. Pulau Palambak sendiri setidaknya mewakili 3 kata mulai dari indah, cantik dan romantis.

Tak salah memang karena 3 kata tersebut merupakan representasi dari Pulau Palambak. Terlebih pada sore hari dimana matahari akan tenggelam maka pemandangan akan menuju titik maksimal.

Destinasi layaknya Hawai ala Indonesia ini ada di Pulau Baguk, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil.

Pulau Balai

Pulau Balai

Pulau ini adalah pusat pemerintahan dari Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil. Wajar kemudian bila fasilitas di pulau yang satu ini cukup baik.

Berada di pulau nan eksotis ini wisatawan bisa menyewa penginapan yang ada. Harganya cukup murah saja karena degan budget Rp 200 ribu pun sudah mendapatkannya.

Biasanya mereka yang akan menjelajah lebih jauh berbagai keindahan yang ada di Aceh Singkil akan mulai dari tempat ini. Setelah itu pastinya bisa mengeksplore pulau-pulau lain yang tak kalah cantik.

Pulau Bengkaru

Pulau Bengkaru

Pulau yang satu ini kaya akan informasi dan pengetahuan. Wajar kemudian banyak wisatawan berkunjung ke Pulau Bengkaru yang ada di Kecamatan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil.

Mereka, khususnya para peneliti biasanya akan melakukan riset ilmiah. Khususnya terkait dengan konservasi penyu yang keberadaannya harus mendapat perhatian khusus.

Jenis penyu langka yang isa ditemukan antara lain penyu hijau, penyu belimbing, penyu sisik. Selain itu bisa jadi akan menemukan spesies lain yang tak kalah menarik.

Pulau Tuangku

Pulau Tuangku

Pulau yang satu ini adalah salah satu pulau terbesar yang ada di Kepulauan Banyak. Dengan demikian wajar pula fasilitas yang ada relatif lebih baik daripada pulau-pulau kecil yang ada di Kecamatan Banyak.

Penginapan telah ada dan sarana transportasi telah mudah ditemukan. Berbeda dengan pulau-pulau kecil lainnya yang bisa jadi bila tidak ada komunikasi maka perahu itu tidak akan ditemukan.

Paling menarik di pulau ini juga terdapat area perbukitan dan gua. Dengan demikian destinasi yang ada makin lengkap tentunya.

Pantai Amandangan

Di Aceh Singkil ada banyak objek wisata yang menawarkan keindahan laut. Dan berikutnya sudah pasti ada Pantai Amandangan yang ada di Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil yang menjadi destinasi tujuan para atlet surfing.

Ombak bagus senantiasa dihadirkan pantai ini dan bila beruntung maka akan dijumpai ombak dengan ketinggian diatas 5 meter. Butuh keberanian untuk menahklukannya dan bagi pemula ada baiknya untuk didampingi mereka yang telah ahli.

Selain bisa bermain surfing, pengunjung di pantai ini juga bisa melihat keindahan penyu. Ada beberapa jenis penyu yang tinggal dan menempati kawasan ini.

Danau Tana Bara

Danau Tana Bara

Jangan menduga kalau Aceh Singkil hanya kaya akan wisata bahari saja. Di tempat ini juga memiliki danau yang begitu ciamik. Sebut saja Danau Tana Bara yang ada di Desa Tana Bara, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil.

Jaraknya lumayan jauh dari pusat kota karena mencapai 70 kilometer. Namun demikian lelah itu akan terbayar lunas begitu tiba di lokasi.

Selain menikmati keindahan alam yang ada jangan lupa untuk melakukan sejumlah aktivitas menarik lainnya. Semisal bagi mereka yang suka memancing maka bisa jadi danau ini adalah jawaban.

Air Terjun Kedabuhan

Air Terjun Kedabuhan

Aceh Singkil memiliki air terjun yang sangat indah. Sebut saja Air Terjun Kadabuhan yang ada di Lae Ikan, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam. Jaraknya lumayan jauh dari Kota Singkil tapi tempat ini menjadi tujuan bagi anak muda yang butuh tantangan.

Air terjun yang begitu deras, terlebih saat musim hujan yang mana debit air akan meningkat. Menjadi satu tempat yang membuat siapa saja penasaran dan ingin mencoba melihat lebih dekat.

Bila ingin mandi perhatikan betul kondisi, jangan sampai nanti dari atas tiba-tiba terjadi banjir dan membuat panik. Kalau pun ingin mandi jangan sekali-kali persis ada di bawahnya untuk mencegah hal-hal tak terduga.

Pulau Malelo

Pulau Malelo

Pulau yang satu ini banyak digunakan wisatawan untuk mengambil spot foto terbaik. Khususnya mereka yang tengah preweding agar pengalaman sekali seumur hidup ini makin berkesan.

Masih dengan ciri khas laut biru dan pasir putih. Membuat siapa saja yang sudah ada ditempat ini enggan beranjak. Bahkan ada sebagian wisatawan yang mengatakan tempat ini sebagai Little Maldives Island.

Pulau Malelo sendiri merupakan deretan pulau kecil yang berada di Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil. Selain pulau ini pastinya ada pulau-pulau lain yang bisa dipilih.

Pulau Asok

Pulau Asok

Pulau-pulau kecil di Aceh Singkil itu begitu indah dan eksotik. Salah satu yang cukup menarik sudah pasti ada Pulau Asok di Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil.

Berhubung masih satu desa dengan Pulau Malelo tentu sangat sayang bila semua tidak tertuntaskan. Pulau Asok sendiri tidak memiliki garis pantai yang panjang karena memang ukuran pulaunya yang tidak terlalu luas.

Membuat siapa saja yang berada di tempat ini layaknya berada di pulau pribadi. Semua orang yang berada di pulau ini pastinya ingin menghabiskan waktu lebih lama lagi.

Pulau Lambudung

Pulau Lambudung

Gugusan pulau kecil layaknya Hawai itu ada di Aceh dan salah satunya ada di Aceh Singkil. Dan mayoritas pulau-pulau dengan keindahan sempurna itu ada di Kecamatan Pulau Banyak.

Pulau berikutnya yang wajib dikunjungi sudah pasti ada Pulau Lambudung. Dimana lagi-lagi saat matahari kembali ke peraduan akan mencipta pemandangan yang indah tiada tara.

Di tempat ini ada kesan eksklusif bagi siapa saja yang berkunjung. Sangat pas bagi mereka yang ingin nuansa privat, terlebih saat ini di masa pandemi dimana jaga jarak menjadi prioritas utama.

Pulau Lamun

Pulau Lamun

Masih di Pulau Banyak atau tepatnya di Haloban, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil ada pulau yang begitu indah. Pulau Lamun sendiri lebih dikenal masyarakat setempat dan wisatawan karena tempat ini kaya akan biota dan karang bawah lautnya.

Dengan demikian sudah pasti snorkeling adalah agenda wajib yang bisa dipilih. Selain itu sudah pasti bisa menghabiskan waktu untuk membunuh waktu bersama kawan-kawan atau pasangan.

Untuk sampai di Pulau Lamun pengunjung diharuskan untuk menyewa perahu atau boat dari pelabuhan terdekat. Jangan lupa untuk bikin janji dengan nelayan setempat kapan ingin pulang agar di jemput. Jangan sampai keasikkan dan lupa harus kembali.

Air Terjun Lae Gecih

Air Terjun Lae Gecih

Tak jauh dari Aceh Singkil ada air terjun yang begitu indah yang bernama air terjun Lae Gecih. Persisnya ada di Desa Pangkalan Sulampi, Kecamatan Suro, Kabupaten Aceh Singkil.

Di tempat ini pun terdapat satu tempat yang biasa digunakan para wisatawan untuk berenang. Tak hanya itu saja tapi juga bisa menikmati keindahan bawah air yang tak kalah indah dengan bawah laut.

Saat berada di tempat ini harap hati-hati karena bisa jadi licin dan terdapat bebatuan yang cukup besar. Terlebih dimusim hujan bisa jadi akan lebih licin daripada biasanya.

Air Terjun Lae Petal

Air Terjun Lae Petal

Masih di desa yang sama, di Desa Pangkalan Sulampi, Kecamatan Suro, Kabupaten Aceh Singkil terdapat air terjun yang tak kalah ciamik yang bernama air terjun Lae Petal. Untuk bisa sampai di air terjun ini dibutuhkan tenaga ekstra karena lokasinya ada di tengah hutan.

Saat ada di air terjun Lae Petal ini kamu pun bisa berenang di bawahnya. Selain itu bisa merasakan sensasi berada di dalam gua yang ada persis dibawah air terjun.

Danau Cingkam

Danau Cingkam

Masih berbasis dengan perairan di Aceh Singkil pun terdapat danau yang begitu mempesona dan bernama Danau Cingkam. Tempat wisata yang satu ini belum lah populer tapi berbicara tentang keindahan pasti tak perlu diragukan kembali.

Danau yang masih sangat alami ini banyak dipilih oleh mereka yang ingin menepi sendirian. Tak ingin ada suara bising atau lalu lalang manusia yang bikin pikiran pening.

Tempat wisata air tawar ini berada di Desa Cingkam Solok, Kecamatan Kota Baharu, Kabupaten Aceh Singkil. Di tempat ini pun pengunjung bisa memancing untuk kemudian di masak atau minta warga setempat bantu olah.

Baca Juga: Wisata Simeulue

Satu wilayah yang bikin penasaran dan harus dieksplore bukan. Minimnya fasilitas yang ada justru menjadi daya tarik tersendiri pastinya.

Khususnya bagi mereka yang suka tantangan dan olehraga berbasis alam. Dan pastinya tempat terbaik untuk backpackeran karena banyak hal menarik bisa dilakukan di pulau-pulau yang tersebar di Aceh Singkil tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *