Tempat Wisata di Aceh

23 Tempat Wisata di Aceh Terbaik dan Terpopuler

Posted on

Ada ratusan tempat wisata di Aceh yang bisa dieksplore. Namun demikian tidak semua semudah objek wisata yang ada di kota. Ada beberapa yang butuh perjuangan dan itu justru menjadi daya tarik tersendiri.

Buat kamu yang ingin ke Aceh dan bingung mau ke mana saja ada baiknya perhatikan sebentar artikel rekomendasi tempat wisata ini. Minimal dapat referensi terbaik tentang objek wisata di Aceh yang oke banget.

Tempat Wisata di Aceh

Objek wisata di dominasi dengan wisata alam baik itu pantai, pulau, gunung, gua, air terjun, sungai hingga sejarah. Berikut deretan tempat wisata di Aceh yang bisa menjadi tujuan wisata.

Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk

Satu pantai di Aceh yang sangat populer tentu saja ada Pantai Lampuuk dengan ciri khas ombak kecil dan pasir putih. Garis pantai yang cukup panjang karena mencapai 5 kilometer juga menjadi daya tarik tersendiri karena membentuk teluk.

Pantai ini juga sangat siap menyambut wisatawan dengan banyaknya wahana yang ada. Berada di pantai ini pastinya tidak akan mati gaya. Objek wisata ini berada di Jalan Raya Lampuuk, Desa Meunasah Lambaro, Kecamatan Lhok Nga, Kabupaten Aceh Besar.

Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee

Pantai yang sangat populer dengan ciri khas pasir putih ini bernama Pantai Lhok Mee. Berada di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar atau sekitar 35 kilometer dari Banda Aceh.

Tempat ini juga sangat populer bagi mereka yang akan melakukan prewedding karena spot terbaik bisa di dapat. Satu titik foto terbaik berupa pohon tanpa daun dimana bisa jadi tidak akan ditemukan pemandangan serupa.

Banyak hal bisa dilakukan di pantai ini sehingga bisa juga dikatakan sebagai pantai keluarga. Aneka fasilitas pun telah tersedia cukup baik sehingga tidak perlu repot bawa ini itu.

Pantai Lhok Nga

Pantai Lhok Nga

Sangat disesalkan bila ke Aceh tanpa berkunjung ke Pantai Lhok Nga karena wisatawan asing pun begitu menggandrunginya. Terlebih mereka yang hobi berselancar dipastikan ingin tinggal lebih lama di pantai yang satu ini.

Memiliki ombak yang cukup besar dan menantang membuat peselancar dunia pun berkunjung ke pantai yang ada di Kecamatan Lhok Nga, Kabupaten Aceh Besar ini. Berbagai kejuaraan atau kompetisi selancar pun sering digelar di pantai Lhok Nga.

Meski memiliki ombak besar tapi pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa. Apalagi pantai langsung berbatasan dengan Samudra Hindia membuat objek wisata yang satu ini bikin penasaran siapa saja.

Bukit Lhok Nga

Bukit Lhok Nga

Di kecamatan yang sama di Lhok Nga bukan saja ada pantai yang menawan tapi juga ada bukit yang harus dikunjungi. Dari tempat ini pengunjung bisa melihat pemandangan yang beragam mulai daru laut lepas hingga barisan perbukitan.

Sama seperti saat ada di pantai kita bisa melihat matahari terbenam dengan indah maka saat berada di bukit ini pemandangan tak kalah menakjubkan bisa ditemukan saat matahari terbit. Menjadi satu tempat yang sayang untuk dilewatkan pastinya.

Pantai Kuala Merisi

Pantai Kuala Merisi

Dari pantai ini mata akan dibuat takjub dimana Samudra Hindia ada di depan mata. Sejauh mata memandang yang ada hanyalah lautan lepas yang begitu indah.

Pantai yang cukup aman dan ramah bagi para wisatawan hingga mereka pun bebas untuk berenang di tempat ini. Bila pantai pada umumnya hanya suguhkan pemandangan terbaik saat matahari terbenam maka tidak dengan yang satu ini karena sama apiknya kala pagi hari.

Oh ya saat ada di pantai ini harap diperhatikan terkait tata krama dan sopan santun karena tidak diperkenankan berduaan yang bukan muhrim dan menggunakan pakaian terbuka. Pantai Kuala Merisi ada di Desa Keutapang, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya.

Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar

Banyak yang penasaran pastinya kenapa danau ini memiliki nama unik. Lokasinya ada di Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah dan memiliki luas 5.472 hektare.

Saat berkunjung di danau yang sangat luas ini mata akan dimanjakan dengan keindahan alam berupa perbukitan dan sawah. Di danau ini pengunjung juga bisa bermain air atau berada di sekeliling danau saja.

Fasilitas yang ada juga cukup baik dimana telah ada pondok atau gazebo untuk bersantai. Danau yang sangat luas ini juga miliki dermaga layaknya pantai dan biasanya digunakan untuk menikmati sore sembari menikmati kopi Gayo.

Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam

Satu air terjun yang mengundang rasa penasaran wisatawan untuk datang sudah barang tentu Air Terjun Blang Kolam. Lokasinya ada di tengah hutan dan termasuk dalam wilayah Desa Sido Muliyo, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara.

Bila ingin datang ke air terjun setinggi 75v meter ini siapkan bekal yang cukup. Khususnya fisik yang prima untuk memastikan tiba di lokasi dengan selamat.

Meski berada di tengah hutan objek wisata ini juga miliki sarana dan prasarana yang memadai. Sebut saja kantin, musola, toilet hingga parkir.

Air Terjun Tansaran Bidin

Air Terjun Tansaran Bidin

Masih berbicara tentang air terjun saat ada di Aceh jangan lewatkan keindahan Air Terjun Tansaran Bidin yang memiliki ketinggian 70 meter. Wisata menarik ini ada di tengah hutan Pinus yang ada di Desa Tansaran Bidin, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah.

Akses jalan yang kurang baik dan hanya bisa dilalui dengan jalan setapak memberi pengalaman tak terlupakan bagi para wisatawan. Saat tiba di lokasi juga terdapat aliran sungai yang begitu indah dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Air Terjun Suhom

Air Terjun Suhom

Tak kan habis berbicara keindahan saat berada di Aceh. Pun demikian bila kita menilik air terjun yang jumlahnya cukup banyak. Saat ada di Desa Tunong Krueng Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar jangan lupa mampir ke Air Terjun Suhom.

Salah satu kegiatan yang cukup menarik saat ada di tempat ini adalah berenang. Selain airnya jernih suasananya juga sangat mendukung dan bikin enggan naik.

Air terjun ini berada dibalik pegunungan dan ada baiknya bila tidak yakin untuk tanya kepada penduduk sekitar daripada tersesat masuk ke dalam hutan. Atau kalau mau praktis gunakan bantuan pemandu wisata yang siap antar ke berbagai tujuan wisata di Aceh.

Bukit Pantan Terong

Bukit Pantan Terong

Satu spot yang bisa melihat banyak hal saat ada di Aceh sudah pasti ada nama Bukit Pantan Terong. Dari tempat ini akan terlihat pemandangan yang begitu apik mulai dari Danau Laut Tawar, area perbukitan di sekeliling, area pacuan kuda hingga pemukiman warga.

Berada pada ketinggian 1.850 meter di atas permukaan laut membuat tempat ini begitu sejuk dan bila tidak ingin menggigil maka tak ada salahnya mengenakan jaket. Destinasi cantik ini berada di Takengon, Desa Ulu Nuih, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah.

Suasana dingin Aceh akan berubah hangat manakala kita menyeruput kopi khas mereka. Jangan lewatkan untuk duduk manis di kafe yang begitu populer dikalangan wisatawan.

Pulau Keluang

Pulau Keluang

Sesaat berada dalam satu tempat tanpa yang lain bisa jadi itu adalah sebuah kemewahan. Saat ada di Aceh ada begitu banyak pulau yang bisa dipilih dan salah satunya ada Pulau Keluang yang ada di Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya.

Menjadi menarik dimana pulau ini langsung berhadapan dengan Gunung Gurute. Jadi pas juga buat kamu yang suka naik gunung untuk menjadi tujuan berikutnya.

Untuk menuju ke lokasi pengunjung bisa menyewa perahu miliki nelayan. Dan kini di pulau ini telah tersedia rumah kayu yang bisa disewa untuk bermalam.

Pulau Rubiah

Pulau Rubiah

Pulau ini menjadi favorit bagi mereka yang suka backpacker. Bukan hanya wisatawan lokal saja tapi juga mancanegara.

Dimana keindahannya patut diacungi jempol dan banyak kegiatan bisa dilaksanakan ditempat ini. Kini bukan hanya wisatawan lokal yang akan ditemukan di pulau ini tapi wisatawan asing pun begitu mudah ditemukan.

Dengan luas 26 hektare dan kondisi alam yang masih sangat alami membuat siapa saja betah untuk berlama-lama. Pulau Rubiah ada di sisi barat laut Pulau Sumatera atau mudahnya ada di Kota Sabang.

Pulau Weh

Pulau Weh

Saat berkunjung ke Aceh kurang tepat rasanya bila berada di kawasan nol kilometer Indonesia tanpa mengunjungi Pulau Weh. Satu destinasi yang sangat indah dengan panorama alam yang begitu alami.

Banyak kegiatan biasa dilakukan ditempat ini salah satunya adalah melihat lumba-lumba secara langsung. Selain itu melihat keindahan bawah laut dengan cara yang sederhana dan hampir semua orang bisa melakukannya.

Pulau ini terletak di barat daya Pulau Sumatera atau persisnya ada di Laut Andaman, Kota Sabang, Aceh. Dari Kota Sabang wisatawan harus menyewa perahu untuk tiba sampai tujuan.

Museum Tsunami

Museum Tsunami

Saya yakin hingga kapanpun tak akan ada orang yang bisa melupakan peristiwa tsunami yang pernah menerjang pada 2004 silam. Dan saat ke Aceh maka sangat disarankan untuk berkunjung ke museum ini untuk melihat rekaman kedahsyatannya.

Banyak hal bisa dipelajari tenang salah satu bencana terbesar di dunia ini. Dimana suasana kala itu pun dibuat semirip mungkin sehingga saat ada di dalam bisa jadi kita akan merasakan hal serupa.

Museum tak biasa ini ada di Jalan Sultan Iskandar Muda, Desa Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Berada di lokasi yang sangat strategis dan berdempetan dengan beberapa objek wisata di pusat kota.

Museum Aceh

Museum Aceh

Masih berada di kota Banda Aceh dan tak jauh dari Museum Tsunami terdapat Museum Aceh. Di museum ini kita bisa belajar tentang sejarah Aceh dari masa ke masa.

Ditempat ini pula terdapat artefak dan benda-benda purbakala yang dipakai pada zaman dulu hingga berbagai benda di era modern. Bangunan museum ini juga sangat unik karena berupa rumah adat Aceh yang bentuknya begitu khas.

Museum Aceh berdiri megah di Jalan Sultan Mahmudsyah No.10, Desa Peuniti, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman

Kurang afdol rasanya berkunjung ke Aceh tanpa masjid yang usianya ratusan tahun ini. Masjid dengan arsitektur Kesultanan Turki Ustmani ini tidak saja digunakan sebagai tempat ibadah saja tapi juga digunakan untuk berbagai aktivitas, salah satunya sebagai tujuan destinasi wisata religi.

Masjid yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda ini dibangun pada 1606 dan rampung pada 1636. Pada awal berdirinya digunakan sebagai pusat pendidikan agama islam di nusantara.

Masjid dengan warna putih dan kubah hitam ini memiliki 7 menara dan mampu menampung 1900 jamaah. Masjid dengan taman indah ini ada di Jalan Moh. Jam No.1, Desa Kampung Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

Taman Ratu Safiatuddin

Taman Ratu Safiatuddin

Ingin tahu kayanya budaya Aceh maka silakan datang ke Taman Ratu Safiatudin. Di tempat ini banyak pengetahuan bisa di dapat selain itu pastinya spot foto instagramable begitu melimpah.

Bahkan tak jarang ada yang mengatakan taman ini tak ubahnya sebagai taman mininya Aceh dan mengungkap banyak hal menarik. Salah satunya terdapat 23 rumah adat khas Aceh yang berasal dari berbagai suku yang ada.

Taman Ratu Safiatuddin berada di Jalan T. Nyak Arief no. 110, Desa Lampriek, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser

Tempat wisata yang satu ini sangat luas dan bisa jadi siapapun yang berkunjung tidak bisa menuntaskan perjalanan dari ujung ke ujung. Namun bila ingin masuk Taman Nasional Gunung Leuser disarankan masuk melalui Kabupaten Gayo.

Di kabupaten ini terdapat objek wisata yang begitu kompleks dan ingin menemukan apa saja pasti bisa. Terutama mereka yang tengah riset untuk menemukan hal-hal baru terkait kekayaan flora dan fauna.

Bukit Suharto

Bukit Suharto

Dari namanya saja mungkin kamu sudah bisa menembak kalau destinasi ini ada kaitan dengan Presiden Suharto. Bukit yang dulu kurang terawat di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar ini pernah dikunjungi penguasa paling lama di tanah air ini.

Dan setelah itu dilakukan reboisasi untuk mengembalikan keindahan dan kondisi alam yang gersang. Kini lihat saja hasilnya, yang ada kemudian bukit yang begitu indah dan membuat siapa saja betah berlama-lama.

Bukit Lhok Eumpe

Bukit Lhok Eumpe

Bukit padang savana menjadi daya tarik utama dari Bukit Lhok Eumpe yang ada di Desa Nusa, Kecamatan Lhok Nga, Aceh Besar. Di tanah air sendiri tak banyak bukit savana dan tentu objek wisata yang tersembunyi ini harus dikunjungi.

Tempat wisata ini termasuk wilayah perbukitan yang kompleks dimana banyak hal bisa ditemukan di tempat ini. Wajar kemudian bila Bukit Lhok Eumpe kemudian menjadi objek wisata andalan di Aceh Besar.

Bukit unik ini jumlahnya cukup banyak layaknya apa yang ada di film teletubies. Jangan kaget kemudian bila kemudian akan merasa spesial berada di tempat ini.

Bukit Lamreh

Bukit Lamreh

Tidak populer tapi begitu mempesona. Satu ungkapan yang bisa mewakili Bukit Lamreh dimana objek wisata ini bentuknya berupa bukit karst. Bisa jadi tidak ramah untuk semua orang karena butuh tantangan.

Sebaliknya bagi mereka yang suka tantangan pastinya akan tertantang untuk ke tempat ini. Lokasinya ada di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar.

Pucok Krueng

Pucok Krueng

Satu destinasi yang tidak populer tapi begitu mempesona tentu saja ada Pucok Krueng yang terletak di Desa Mon Ikeun, Kecamatan Lhok Nga, Kabupaten Aceh Besar. Letaknya tak begitu jauh dari pantai Lhok Nga dengan demikian bisa satu perjalanan.

Di tempat ini terdapat air abadi yang telah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Dan tak sedikit yang mengatakan sebagai pemandian para raja.

Benteng Indra Patra

Benteng Indra Patra

Aceh itu identik dengan Islam tapi jangan salah ternyata di tempat ini terdapat situs sejarah bercorak Hindu. Persisnya ada di Desa Krueng Raya, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar.

Usut punya usut ternyata Benteng Indra Patra adalah sebuah benteng pertahanan untuk bertahan dari serangan musuh. Pada awalnya benteng ini miliki luas 70 x 70 meter.

Saat dibangun terdapat tiga benteng atau bangunan tapi saat ini tinggal 2 bangunan saja. Selain itu terdapat 2 stupa yang menjadi daya tarik.

Banyak sekali bukan destinasi yang bisa kita tuju ketika berbicara Tempat wisata di Aceh. Semua itu pastinya harus masuk dalam waiting list untuk nanti dituntaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *