Tempat Wisata di Alor

12 Tempat Wisata di Alor Paling Cocok Untuk Liburan

Posted on

Kepulauan Nusa Tenggara memang menjadi salah satu daerah yang banyak diperbincangkan, khususnya dari sektor pariwisata. Mulai dari Nusa Tenggara Barat hingga Nusa Tenggara Timur berhasil mendatangkan banyak turis asing dan ini tentu sangat berdampak pada negara kita, apalagi untuk kemajuan perekonomian lokalnya.

Tempat Wisata di Alor NTT

Pulau Alor merupakan salah satu wilayah di Nusa Tenggara yang dikelilingi oleh pesona alam masih terjaga. Kabupaten di Nusa Tenggara Timur ini memegang peranan penting bagi sektor pariwisata di NTT.  Apalagi seiring dengan dibangunnya Bandara di Alor, sehingga semakin memudahkan wisatawan untuk bisa datang ke Alor menggunakan jalur udara.

Penasaran dengan tempat wisata di NTT Alor yang bisa Anda jelajahi apalagi untuk tujuan liburan? Yuk langsung saja simak ulasan beberapa tempat wisata di Alor berikut ini!

Pantai Mali

Pantai Mali

Apakah Anda sedang butuh vitamin sea alias ingin liburan ke pantai? Namun, tak terlalu menyukai pantai dengan kondisi ombak yang besar? Bila iya, bagaimana kalau Anda liburan ke Pantai mali. Wisata pantai pulau Alor yang teduh, ombaknya pun lebih tenang bila dibandingkan pantai Lakey di Lombok.

Baca Juga: Wisata Timur Tengah Utara

Beberapa pohon rindang tumbuh di tepian pantai yang sedikit menjorok ke laut, ini menjadi hal unik. Hingga banyak wisatawan yang berfoto dengan latar belakang pohon tersebut. Menjelang sore hari, perlahan langit akan berubah warna jadi orange, tandanya lembayung senja muncul dan matahari mulai terbenam. Di waktu tersebut, wisatawan banyak berdatangan, tentu saja untuk menikmati keindahan sunset di Pantai Mali.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk datang ke sini? Atau sudah pernah berkunjung ke Mali dan membutuhkan rekomendasi tempat liburan lain? Tenang saja, masih banyak tempat yang bisa Anda jelajahi kok makanya baca artikel ini sampai akhir ya.

Pantai Batu Putih

Pantai Batu Putih

Selain Pantai Mali, wisata Alor selanjutnya yang juga menawarkan keindahan alam pantai khas adalah Pantai Batu Putih. Berlokasi di Desa Alila Timur, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor.

Dinamakan Batu Putih karena memang di sini terdapat sebuah tebing batu putih. Di sekitar tebingnya terasa lebih teduh, banyak wisatawan yang lebih senang menikmati pemandangan laut lepas dari tebing tersebut.

Pantai Batu Putih mempunyai hamparan pasir putih yang bersih. Desiran ombak berpadu dengan air laut biru yang jernih menjadi daya tarik tersendiri. Tak heran kalau wisata Alor satu ini menjadi kebanggaan para penduduk setempat.

Di bibir pantainya, Anda akan melihat terumbu karang berjajar. Sementara itu, agar bisa menikmati keindahan alam bawah laut lebih dekat, sangat disarankan untuk melakukan snorkeling atau diving. Mata akan dimanjakan dengan habitat ikan-ikan di laut lepas. Bahkan ada pula beberapa ikan hiu kecil yang tak terlalu berbahaya.

Pantai Lingal

Pantai Lingal

Masih tak cukup dengan dua pantai yang sudah disebutkan di atas? Oke, kalau begitu, Anda bisa melanjutkan liburan ke Pantai Lingal yang berlokasi di Desa Halerman, Alor Barat Daya.

Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan hijau, sehingga akan terasa lebih menyejukkan. Kalau mau, Anda juga bisa mendaki salah satu bukitnya dan menikmati pemandangan pantai secara keseluruhan dari atas bukit. Hamparan pasir putih dan lautan biru yang jernih benar-benar pemandangan yang memanjakan mata.

Di Pantai Lingal terdapat banyak spot foto menarik mulai dari padang rumput, perbukitan hijau, dan banyak lagi. So, jangan lupa bawa kamera dan isi penuh daya agar bisa berfoto sepuasnya!

Pantai Welolo

Pantai Welolo

Pulau Alor memang didominasi oleh wisata pesisir yang eksotis dan unik. Seperti Pantai Welolo yang berlokasi di Desa Mausamang, Alor Timur, letaknya agak tersembunyi sehingga wisata yang ingin datang ke sini harus memakan cukup banyak waktu.

Biarpun begitu, Anda tak akan merasa rugi bila sudah sampai di Pantai Welolo. Pasalnya panorama pantai ini sangatlah indah, apalagi dengan hamparan pasir putih yang halus, bisa Anda lihat di sepanjang pantai.

Ada beberapa tanaman bakau yang akarnya menjalar ke atas, terlihat seperti stalagmite di sebuah goa. Di Welolo, tanaman bakau ini disebut Tongke. Di samping itu, saat air laut mulai surut, wisatawan akan dibuat takjub dengan pemandangan Meting atau kerang laut. Biasanya masyarakat setempat mengumpulkan meting dan diolah menjadi makanan sehari-hari.

Taman Laut Pantar

Taman Laut Pantar

Bagi para penikmat alam bawah laut, berkunjung ke Taman Laut Pantar pasti akan terasa dimanjakan. Pariwisata Alor ini memang sangat cocok dijadikan sebagai spot diving. Biarpun tak seterkenal Raja Ampat, namun kalau soal keindahan bisa dibilang sebanding. Bahkan cukup banyak wisatawan asing yang sengaja datang ke sini hanya untuk melakukan scuba diving.

Terdapat kurang lebih 26 titik penyelaman yang menawarkan pesona alam bawah laut. So, wisatawan akan merasa puas menyelam di laut lepas. Di samping itu, karena lokasi tempat wisata tak jauh dari pemukiman warga maka Anda bisa melihat bagaimana keseharian penduduk lokal, khususnya yang bermata pencaharian sebagai nelayan.

Kolam Bidadari

Kolam Bidadari

Sebuah kolam alami berada di tengah hutan, menyuguhkan pesona alam yang masih sangat terjaga, namanya adalah Kolam Bidadari. Berlokasi di Kokar Kabupaten Alor. Bila berangkat dari pusat kota, Anda akan menempuh perjalanan yang cukup Panjang, jaraknya bisa mencapai 60 km.

Biarpun demikian, Anda tak akan merasa rugi, apalagi kalau sudah benar-benar sampai di lokasi. Anda akan melihat sebuah kolam alami berisi air pegunungan yang sangat bersih, pantulan warna biru dari langit pun semakin mempercantik gradasi warna alam. Permukaan air yang tenang pun membuat wisatawan semakin merasa aman dan nyaman untuk berenang di dalam kolam tersebut.

Pulau Kepa

Pulau Kepa

Saat di Alor, Anda mungkin akan dibuat bingung karena tempat wisatanya, sebab ada banyak sekali yang menyuguhkan pesona alam indah seperti Pulau Kelapa. Tempat wisata yang jaraknya sekitar 12 km bila dari pusat kota Kalabahi.

Sebuah pulau yang terbilang masih alami dan terjaga. Tak sedikit turis asing yang menjadikan Kelapa sebagai pulau tujuan untuk holiday alias liburan selama beberapa hari atau bahkan ada juga yang sampai berbulan-bulan.

Bagi Anda yang berencana menginap, sebaiknya pastikan sebelum jauh-jauh hari soal penginapan dan akomodasi ya. Booking penginapan dan kendaraan 2 minggu sebelum hari keberangkatan agar Anda tak merasa kesulitan sesampainnya di Pulau Alor.

Pulau Rusa

Pulau Rusa

Pulau rusa, sesuai dengan penamaan tempatnya, di pulau ini memang terdapat ribuan rusa yang dijaga dengan baik. Sebenarnya untuk pulau rusa ini dikembangkan oleh pihak pengelola sebagai tempat wisata berburu. Namun tak semua wisatawan bisa melakukan hal tersebut. Sebab Anda harus sudah mendapatkan izin dan didampingi langsung oleh pemangku adat Pulau Rusa. Biasanya bagi para pemburu akan diajak untuk melakukan upacara ada yang selalu dilakukan sebelum mulai perburuan.

Air Mancur Tuti Adagae

Air Mancur Tuti Adagae

Pilihan tempat wisata di pulau Lor lainnya yang direkomendasikan untuk tujuan liburan adalah Air Mancur Tuti Adagae. Tidak hanya soal keindahan alamnya saja, Air mancur ini juga tergolong unik. Dimana terdapat sebuah fenomena alam yaitu air panas yang mengalir cukup tinggi ke udara, air tersebut muncul dari bongkahan batuan kristal. Menarik dan unik kan? Apalagi di sekeliling air terjun tumbuh pepohonan rindang yang membuat udara lebih segar.

Air Terjun Mataru

Air Terjun Mataru

Air Terjun Mataru tempat wisata Alor yang lokasinya cukup tersembunyi namun siapapun yang datang ke sini dijamin tak akan rugi. Pemandangan air terjun yang indah dikelilingi oleh pepohonan menjulang, suasana alam yang begitu kental benar-benar terasa.

Bila dalam Bahasa setempat, air Terjun Mataru disebut juga sebagai Beintal. Berdasar cerita yang melekat di masyarakat, konon dulunya lokasi air terjun adalah pusat penyimpanan benda pusaka saat masa perang. Sehingga warga desa di sekitar pun masih melestarikannya dan memegang tradisi yang diwariskan oleh para nenek moyang. Jadi, jangan heran ya kalau masyarakatnya memiliki adat dan kebudayaan yang cukup kental.

Bagi Anda yang ingin datang ke Mataru, harus menempuh perjalanan ke lokasi menggunakan kendaraan bermotor, baik motor atau pun mobil. Bila berangkat dari pusat kota Alor, kemungkinan Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Anda juga harus sedikit trekking untuk benar-benar sampai di titik lokasi.

Desa Adat Takpala

Desa Adat Takpala

Selain keindahan alam, kekayaan adat istiadat masyarakat pulau ALor juga menjadi sorotan. Cara berkehidupan, upacara yang biasa dilakukan, bahasan, dan lain-lainnya juga patut Anda eksplorasi.

Nah, agar bisa mengenal lebih dekat bagaimana tradisi masyarakat ALor, cobalah berkunjung ke Desa Adat Takpala. Di sini, Anda akan melihat berbagai macam tradisi dilestarikan oleh masyarakat. Seperti seni tari lego-logo yang biasa ditampilkan, serta ada beberapa rumah adat khas Alor yaitu rumah Lopo.

Museum 1000 Moko

Museum 1000 Moko

Dan destinasi wisata di pulau alor yang terakhir adalah Museum 1000 Moko. Tempat wisata sejarah yang akan memperkenalkan lebih dekat bagaimana kebudayaan di Pulau Alor. Nama Moko sendiri memiliki arti yaitu alat music tradisional masyarakat setempat yang terbuat dari bahan perunggu. Berdasarkan adat tradisi masyarakat, Moko tidak hanya digunakan sebagai alat music namun juga kerap dijadikan sebagai mas kawin atau alat untuk membayar denda.

Baca Juga: Wisata Manggarai Timur

Namun koleksi di Museum 1000 Moko ini tak terbatas hanya dari alat music tersebut saja. Ada pulau objek peninggalan sejarah lain, misal seperti porselen China, lalu ada sutera yang berasal dari India asli, perunggu peninggalan kerajaan Majapahit sampai berbagai koleksi tenun khas pulau Alor yang disebut Kawate. Dengan kekayaan objek wisata inilah, pulau Alor menjadi salah satu daerah di Nusa Tenggara Timur yang sangat layak masuk dalam list tempat liburan Anda.

Itulah 12 tempat wisata di Alor paling direkomendasikan untuk liburan. Bagi Anda yang menyukai solo travelling dan berencana datang ke Alor sendirian, sebaiknya siapkan segala macam kebutuhan beberapa minggu sebelum keberangkatan ya. Jangan mendadak apalagi soal penginapan, kalau kehabisan tempat kan bahaya. Akan lebih baik sih Anda liburan bersama teman atau keluarga, atau bisa juga dengan ikut bergabung dalam paket perjalanan wisata. Apapun pilihannya, tetap hati-hati di jalan dan selamat liburan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *