Tempat Wisata di Ambon

15 Tempat Wisata di Ambon yang Cocok Untuk Family Time

Posted on

Traveler, apakah Anda sedang mencari tempat yang cocok untuk family time? Bagaimana bila berkunjung ke Ambon? Salah satu kota di Indonesia yang memiliki predikat kota wisata. Tak heran bila cukup banyak orang dari luar kota yang sengaja datang hanya untuk menghabiskan waktu liburannya di sini.

Daftar Tempat Wisata di Ambon

Berbicara tentang tempat wisata di Ambon tentu tidak bisa terlepas dari tempat wisata di Maluku. Kenapa? Tentu saja karena Ambon merupakan ibu kota provinsi Maluku. Jadi belum lengkap rasanya bila berkunjung ke Maluku namun tak singgah di kota Ambon.

Ada banyak wisata di Ambon yang terkenal akan keindahan alamnya, hingga keunikan tempatnya. Bahkan spot-spot foto di sana sangat instagramable sekali! Yang suka foto-foto estetik, pas banget nih datang ke Ambon. Tanpa perlu berlama-lama, yuk langsung simak apa saja daftar tempat wisata di Ambon yang wajib dikunjungi berikut ini:

Pulau Bair

Pulau Bair

Wisata Kota Ambon yang pertama sangatlah populer, pemandangan pesisirnya mampu membuat siapapun takjub. Nama tempat wisatanya adalah Pulau Bair, pulau yang menarik perhatian para pengunjung karena keindahan alam yang hampir mirip seperti Raja Ampat, Papua.

Air laut yang jernih mengelilingi pulau Bair, membuat wisatawan bisa melihat dengan jelas bagaimana view alam bawah laut. Kalau mau, Anda bisa loh snorkeling atau diving. Di samping itu, wisatawan juga akan menjumpai hutan bakau yang tumbuh di sekitar pantai.

Eksotisme Baik benar-benar akan memanjakan orang-orang yang berkunjung ke sini. Berbagai aktivitas pantai bisa dilakukan dengan sangat menyenangkan.

Pulau Molana 

Pulau Molana

Pulau Molana merupakan tempat wisata di Ambon yang sangat menarik selanjutnya dan wajib dikunjungi untuk family time. Lokasi tepatnya berada di daerah Desa Haria, Kecamatan Saparua. Dalam pulau kecil yang dipenuhi dengan hutan bakau ini, wisatawan bisa menjumpai laut biru jernih yang membentang luas. Hamparan pasir putih pun menjadi pemandangan sejauh mata memandang.

Baca Juga: Wisata Buru

Saat snorkeling atau diving, wisatawan bisa dengan jelas melihat bagaimana keindahan alam bawah laut. Terumbu karang yang indah dan ikan-ikan kecil yang berada di sekitarnya menandakan bahwa manusia benar-benar hidup berdampingan dengan hewan laut.

Sedikit tips saat hendak liburan ke Pulau Molana, sebaiknya Anda harus memperhatikan kebersihan ya! Jangan membuang sampah sembarangan sebab hal tersebut akan mengganggu ekosistem alam bawa laut.

Pantai Santai 

Pantai Santai

Senada dengan namanya yakni Pantai Santai, tempat wisata di Kota Ambon satu ini cocok sekali untuk wisatawan yang ingin bersantai. Jaraknya 16 km dari kota Ambon, cukup jauh, sehingga cocok sekali untuk wisatawan yang ingin menemukan kedamaian, jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Disini pun tersedia peralatan snorkeling yang bisa disewa. Jadi, selain menikmati suasana pantai di daratan, wisatawan pun bisa menambah keseruan dengan menyewa snorkeling tersebut.

Nusa Pombo

Nusa Pombo

Untuk mencapai destinasi Ambon wisata Nusa Pombo, wisatawan harus menempuh perjalanan selama satu jam dari pelabuhan Ambon menggunakan perahu boat. Di pulau yang tidak berpenghuni ini, wisatawan bisa menjumpai berbagai keunikan sekaligus yakni keindahan alam yang menawan.

Nah, ternyata Nusa Pombo merupakan pulau tak berpenghuni loh guys. Sehingga ketenangan di pulau ini benar-benar terasa.

Pemandian Air Panas Tulehu 

Pemandian Air Panas Tulehu

Berada pada daerah perbukitan kota Ambon, destinasi Ambon wisata ini tepat sekali untuk yang menginginkan nuansa penuh kesejukan. Yang menarik, wisatawan bisa menemukan dua pemandian air panas dengan suhu berbeda-beda.

Terdapat pula saung sebagai tempat untuk berbincang bersama keluarga, warung, serta tempat ibadah. Karenanya, para pengunjung bisa menghabiskan waktu seharian dengan suasana yang menyejukkan pada objek wisata ini.

Masjid Wapauwe

Masjid Wapauwe

Bukan hanya bangunan masjid sebagai tempat ibadah umat muslim, namun ada hal yang unik dalam destinasi wisata Kota Ambon Masjid Wapauwe. Pasalnya, material bangunannya berupa pelepah sagu yang sama sekali tidak memanfaatkan paku.

Konon katanya, masjid ini berpindah tempat ketika subuh tiba. Menurut masyarakat setempat, telah terjadi dua kali perpindahan pada lokasi masjid ini. Anda akan mengetahuinya secara lengkap saat mengunjungi objek wisata satu ini secara langsung.

Pantai Pintu Kota

Pantai Pintu Kota

Destinasi selanjutnya tak kalah unik dengan beberapa tempat yang sudah dipaparkan di atas. Sebuah pantai unik dengan sebuah tebing berbentuk lubang. Lubang tersebut merupakan batu karang dengan ukuran besar. Nah, karena keunikannya banyak wisatawan yang ingin berfoto dengan latar belakang lubang tebing karang tersebut.

Di samping berfoto, wisatawan pun bisa berenang dengan bebas, bersama airnya yang jernih. Bisa juga snorkeling atau diving agar bisa menyelam dan melihat bagaimana pemandangan alam bawah lautnya. Kalau membawa kamera jangan lupa mengabadikan momen saat berada di dalam air juga ya!

Pantai Natsepa

Pantai Natsepa

Jaraknya yang cukup jauh dari kota Ambon, tidak menjadikan tempat wisata di Ambon satu ini sepi peminat. Melainkan, banyak sekali orang yang ingin mengunjunginya. Apalagi dengan akses jalan yang tergolong mudah, menjadikan orang-orang ingin melepas penat pada destinasi wisata ini.

Dengan airnya yang jernih, siapapun bisa bersenang-senang secara bebas. Bahkan bisa berenang tanpa terbatas waktu namun jangan sampai 24 jam di dalam air juga ya karena bisa bahaya.

Yang tidak kalah menariknya, saat berada di sini wisatawan bisa menikmati kuliner khas pesisir yakni rujak dan seafood Pantai Natsepa yang siap membuat orang yang menyantapnya ketagihan.

Batu Lobang Liliboi

Batu Lobang Liliboi

Tempat wisata di Kota Ambon Batu Lobang Liliboi letaknya tersembunyi. Namun, dibalik lokasinya yang tersembunyi tersebut, terdapat keindahan alam yang siap membuat wisatawan kagum.

Terdapat kolam air tawar yang lokasinya berdekatan dengan laut. Yang menjadi pemisah antara kedua jenis air laut tersebut adalah batu karang yang menawan. Akan tetapi, ada sebuah lubang yang membuat Anda bisa memasuki kedua jenis air yang terpisahkan oleh karang tersebut.

Anda bisa berenang dalam kolam unik yang ada disini. Baik air tawar maupun asin, Anda bisa berenang dalam kedua tempat sesuka hati.

Tebing Hatu Pia

Tebing Hatu Pia

Ketika merasa bosan dengan suasana perkotaan, tempat wisata di Ambon satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan pemandangan yang memukau, Anda bisa menjumpai keindahan alam di dalamnya.

Ada pula saung yang dibangun untuk melengkapi keseruan liburan. Selain itu, Anda pun bisa menemukan berbagai spot foto menarik yang menjadikan foto semakin aesthetic.

Benteng Ferangi

Benteng Ferangi

Benteng Ferangi merupakan salah satu destinasi Ambon wisata sebagai peninggalan Portugis. Mulanya, pendirian benteng ini ditujukan sebagai tempat penyimpanan rempah-rempah. Akan tetapi, kemudian benteng ini mampu menjelma menjadi objek wisata khas Maluku yang menarik banyak wisatawan.

Saat pertama kali masuk ke dalamnya, Anda bisa menjumpai sebuah meriam kuno dengan ukuran yang besar. Bukan hanya itu, masih terdapat pula benda-benda bersejarah lainnya yang bisa dijumpai disini.

Benteng Belgica

Benteng Belgica

Berada dalam wilayah Kecamatan Banda, Benteng Belgica menjadi wisata Kota Ambon yang megah. Selain keberadaan yang strategis, Anda pun bisa menemukan berbagai panorama indah melalui benteng ini. Areanya yang luas menjadikan Anda bisa leluasa saat berwisata.

Yang juga menarik, Anda akan menjumpai keunikan dari bangunan benteng ini. Apa itu? Tidak lain karena bentuk Benteng Belgica yang berupa persegi lima. Bukan tanpa sebab, tentunya pendirian bentuk yang sedemikian rupa memiliki maksud tertentu. Hal tersebut bisa Anda ketahui saat mengunjunginya secara langsung.

Benteng Amsterdam Hila

Benteng Amsterdam Hila

Selain terkenal sebagai destinasi wisata Ambon, Benteng Amsterdam Hila juga sering dijuluki sebagai tempat wisata Maluku yang penuh sejarah. Pasalnya, ada sejarah yang melatarbelakangi pendirian banteng ini.

Mulanya, benteng ini digunakan sebagai tempat untuk menyimpan rempah-rempah oleh warga sekitar. Akan tetapi, kemudian beralih fungsi menjadi banteng militer saat penjajahan Belanda. Saat tiba di kota Ambon, Anda bisa mengunjungi benteng satu ini, yang pastinya hanya Anda di Ambon.

Lokasinya cukup dekat dengan pusat kota, sehingga tidak perlu menempuh perjalanan jauh lagi. Selain berwisata, Anda juga bisa mengajak anak untuk wisata edukasi pada objek wisata satu ini.

Air Terjun Telaga Pange

Air Terjun Telaga Pange

Tempat wisata di Ambon Air Terjun Telaga Pange letaknya tersembunyi dari pusat kota, sehingga identik dengan kesan syahdu. Apalagi dengan ritme air terjun yang khas, menjadikan Anda bisa beristirahat sejenak dari padatnya aktivitas.

Meskipun medannya cukup berat, tetapi hal tersebut akan terbayar lunas sesampainya di destinasi wisata satu ini. Rasanya penat hilang seketika dengan udara segar yang menyambut Anda. Yang juga menarik, terdapat banyak sekali spot foto indah untuk menghasilkan foto Anda yang instagramable.

Pantai Ora

Pantai Ora

Terletak cukup jauh dari kota Ambon, Pantai Ora yang merupakan salah satu pantai di Ambon mengharuskan wisatawan untuk menempuh jarak berkilo-kilo agar bisa sampai. Hal ini membuat wisatawan harus mengeluarkan biaya yang tergolong besar. Selain itu, fisik juga harus disiapkan untuk menghadapi medan berat perjalanan.

Baca Juga: Wisata Pulau Seram

Akan tetapi, rasa lelah tersebut akan lunas terbayar saat sampai di pantai ini. Tidak perlu diragukan, keindahan pada destinasi wisata satu ini akan membuat wisatawan berdecak kagum. Dengan pemandangan laut yang jernih dan penuh estetika,kita bisa memanjakan diri seharian.

Banyak sekali bukan tempat wisata di Ambon? Ketika berkunjung di kota Ambon, sayang sekali jika melewatkan setiap destinasi wisata yang ada. Sembari berwisata, Anda juga bisa mengabadikan momen dengan kamera untuk mendapatkan jepretan dengan latar belakang indah sekaligus suasana yang menarik. Selain merefresh pikiran, suasana hati pun dapat menjadi semakin tenang.

Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi wisata Ambon sebagaimana yang telah dipaparkan ya. Mengunjungi destinasi-destinasi tersebut akan menghadirkan pengalaman baru yang tentunya seru. Selain para wisatawan, jika Anda merupakan orang yang bertempat tinggal di kota Ambon, sudahkan mengunjungi destinasi wisata kota ini? Jika belum, yuk segera siapkan peralatan untuk travelling. Sebab, sayang sekali untuk dilewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *