Tempat Wisata Di Asahan Yang Eksotis

Tempat Wisata Di Asahan

Pesona alam wisata Asahan cocok banget dijadikan sebagai spot foto selfie ala anak hits kekinian. Dijamin nggak bakalan nyesel ketika sobat mencoba mengeksplorasi tempat wisata di Asahan.

Tempat Wisata Di Asahan

Salah satu kabupaten di Sumatera Utara ini juga punya banyak destinasi wisata yang begitu indah dan patut sobat kunjungi. Mau tahu apa saja? Berikut daftar referensi tempat wisata di Asahan yang eksotis dan memukau.

Air Terjun Ponot

Air Terjun Ponot

Tempat wisata di Asahan yang paling hits adalah Air Terjun Ponot yang terletak di desa Tangga, Asahan. Air Terjun Ponot merupakan salah satu air terjun tertinggi yang ada di Indonesia yang memiliki ketinggian mencapai 250 meter yang terbagi menjadi tiga undakan.

Untuk mencapai air terjun ini sobat harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 500 meter dari tempat parkir. Jalannya menanjak namun tangga sehingga tidak akan sulit mencapai Air Terjun ini.

Danau Kelapa Gading

Danau Kelapa Gading

Berjarak 15 km dari pusat Kota Kisaran, Danau Kelapa Gading dapat dicapai dengan mengambil rute ke arah desa Kelurahan Kisaran Naga. Letak obyek wisata Asahan ini tidak terlalu jauh dari Perumahan Griya Asri dan komplek kantor DPRD Kabupaten Asahan.

Danau Kelapa Gading adalah tipe danau buatan yang sengaja dibuka untuk dijadikan tujuan wisata air. Bagi masyarakat Kisaran, spot yang menyajikan pemandangan hijau, permainan air dengan tiket masuk yang terjangkau ini, sudah lebih dari cukup untuk sarana refreshing.

Selain menyajikan panorama danau buatan di Asahan, taman ini turut menawarkan tiga buah atraksi menarik. Baik bagi kawula muda, anak-anak maupun yang hobi memancing ikan.

Taman Hutan Kota Kisaran

Taman Hutan Kota Kisaran

Taman Hutan Kota Kisaran juga merupakan Tempat Wisata di Asahan yang lagi Hits dan Kekinian, Taman ini lokasinya tepat di samping Masjid Agung Ahmad Bakrie.

Taman Hutan Kota Kisaran ini memiliki Pemandangan yang sangat indah dan bersih dengan berbagai spot yang cantik untuk berfoto, salah satunya adalah foto di jembatan kecil dengan desain dan arsitektur yang cantik.

Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran

Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran

Masyarakat Sumatera Utara, khususnya Kabupaten Asahan sudah tidak asing lagi dengan nama Masjid Agung Haji Achmad Bakrie. Masjid ini terletak sangat strategis yakni berada di komplek perkantoran dan alun alun kota. Sesuai dengan namanya, masjid yang diresmikan pada tahun 2019 oleh Aburizal Bakrie dan keluarga dibangun sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada Haji Achmad Bakrie.

Achmad Bakrie merupakan tokoh masyarakat dan pengusaha yang berjasa dalam pembangunan perkebunan di daerah ini Masjid pertama kali diprakarsai oleh Almarhum Buya Taufan Gama Sumatupang, Bupati Asahan saat itu.

Puncak Galau

Puncak Galau Asahan

Puncak Bukit Galau berada di Desa Mekar Marjanji, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Bagi sobat yang datang dari ibu kota kabupaten Asahan, Kota Kisaran, sobat harus menempuh perjalanan darat sejauh 72 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 50 menit.

Meskipun harus melalui perjalanan yang cukup melelahkan dan menyita waktu, namun dipastikan tidak akan kecewa begitu sampai di Puncak Bukit Galau. Karena di wisata di Asahan ini disuguhi pemandangan alam yang sangat menawan, hamparan pepohonan hijau berpadu dengan tebing yang indah. Udara segar dan hembusan angin yang dingin seakan menjadi pelengkap yang bisa membuat betah untuk berlama-lama di sini.

Pemandangan dari Puncak Bukit Galau akan semakin indah di kala matahari terbit dan juga tenggelam. Oleh sebab itu tempat wisata di Asahan ini biasanya akan semakin ramai dikunjungi oleh para remaja di kala sore hari demi melihat pemandangan sunset yang menawan.

Dermaga Pelabuhan Bagan Asahan

Dermaga Pelabuhan Bagan Asahan

Pelabuhan Bagan Asahan terletak di Desa Bagan Asahan Kecamatan Tanjung Balai, Kabupaten Asahan.

Pelabuhan Bagan Asahan adalah pelabuhan kapal yang ada di Kabupaten Asahan, namun sejauh ini masih dipergunakan oleh kapal-kapal nelayan, sedangkan kapal penumpang masih melalui Pelabuhan Teluk Nibung di Kota Tanjung Balai.

Penduduk sekitar banyak yang memanfaatkan dermaga sebagai tempat rekreasi, sebagai lokasi jalan-jalan sore, melihat sun set atau sun rise.

Pantai Simallo

Pantai Simallo

Pantai Simallo yang bisa jadi alternatif destinasi untuk akhir pekan sobat.  Pantai Simallo terletak di aliran Sungai Aek Piasa Desa Aek Nagali Kecamatan Bandar Pulau.

Tempat wisata Asahan ini memiliki air yang deras bersifat flat sangat cocok untuk kegiatan rafting  dan pemandian, ditambah lagi di kelilingi tebing yang bisa dijadikan untuk menguji nyali panjat tebing, serta di sekitarnya juga ditemukan beberapa gua yang dikenal dengan Liang Natolpus serta dataran terhampar luas sangat cocok untuk melakukan perkemahan, out bond dan lain sebagainya.

Yang lebih menakjubkan, Pantai Simallo di Aek Nagali terletak di antara tebing yang menjulang tinggi dengan banyak pepohonan rindang di sekitarnya. Inilah yang membuat pantai air tawar ini tampak begitu indah. Air sungainya juga cukup jernih dengan warna yang agak kehijauan.

Waduk Sigura-Gura

Waduk Sigura-Gura

Bendungan Sigura-Gura adalah bendungan terbesar di Indonesia setelah Bendungan Sutami terletak 23,3 km dari hulu Sungai Asahan (Danau Toba), atau 1 km di hilir Air Terjun Sigura-Gura.

Bendungan yang dibangun oleh Jepang ini digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik untuk Pabrik Aluminium (INALUM). Di belakang bendungan ini terbentuk Danau Bendungan Sigura-Gura yang airnya berwarna hijau toska. Permukaan airnya pun sangat tenang.

Sementara itu disekelilingnya terdapat tebing-tebing bukit barisan yang mengapit danau bendungan ini. Di kejauhan juga terlihat beberapa air terjun yang aliran airnya langsung masuk ke dalam Danau Bendungan Sigura-Gura.

Danau Bendungan Sigura-Gura biasanya menjadi objek wisata Asahan dadakan pada saat hari-hari besar. Selain terkenal bendungan terbesar wisata ini juga memiliki pesona alam yang sangat cantik dan eksotis. Lokasi bendungan sigura-gura ini tepat berada di hulu sungai Asahan.

Air Terjun Alam Tani

Air Terjun Alam Tani

Salah satu tempat wisata air terjun yang cukup terkenal di Asahan adalah Air Terjun Alam Tani atau biasa dikenal dengan Air Terjun Simanik-manik.

Air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter dengan kolam tampung berdiameter sekitar 30 meter dengan kedalam 10 meter. Keindahan air terjun ini tak diragukan lagi.

Terletak di tengah hutan dengan panormana keindahan alam yang disajikan begitu alami menjadikan air terjun ini begitu elok.

Di sepanjang perjalanan ke Air Terjun ini maka sobat akan menemukan beberapa kolam dangkal dengan air yang jernih dan mendapati beberap Gua yang melengkapi keseruan perjalanan.

Jika sobat berencana mengunjungi Air Terjun Alam Tani maka bisa datang ke Desa laburrapa, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Sumut.

Berjarak tempuh 2-3 jam dari kota kisaran ibukota Asahan. Untuk mencapai lokasi tempat wisata di Sumatera Utara ini maka pengunjung harus berjalan lagi sekitar 200 meter menuju tujuan wisata.

Museum Asahan

Museum Asahan

Liburan ke Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, ada sejumlah destinasi yang bisa didatangi. Salah satunya Museum Asahan yang menyimpan barang bersejarah dan budaya.

Museum Asahan ini menempati Gedung Juang 45 Asahan sebagai gedung museumnya. Gedung Juang 45 sendiri adalah satu gedung yang bersejarah di Asahan karena dulunya menjadi gedung perjuangan rakyat Asahan dalam melawan Kolonial Belanda. Sekarang Gedung Juang 45 Asahan ini telah dijadikan sebagai bangunan cagar budaya yang dilindungi.

Di museum Asahan ini ada beberapa ruangan yang menyimpan berbagai koleksi mulai dari pakaian adat dari suku-suku yang tinggal di Asahan dan miniatur rumah adatnya. Lalu juga ada berbagai senjata bersejarah yang dulu digunakan untuk melawan Belanda, serta terdapat juga berbagai peralatan hidup seperti alat pertanian, alat perdagangan hingga beberapa peralatan rumah tangga yang cukup antik.

Wisata Bedeng 7

Wisata Bedeng 7

Satu lagi tempat wisata di Asahan yang hits, tepatnya di Kec. Aek Songsongan, namanya Wisata Alam Bedeng. Destinasi wisata alam ini menawarkan kesegaran sungai dan alam yang bikin rileks. Wisata Asahan Ini sebenarnya hanya tempat santai dipinggiran sungai Asahan. Bahkan untuk dipakai mandi-mandi harus cukup waspada, agar tidak terbawa arus sungai Asahan.

Sekalipun air sungainya sangat deras, namun sobat tetap bisa mandi di pinggiran. Air sungainya sekilas terlihat ke warna hijauan. Pepohonan yang rindang, di tebing-tebing pinggiran sungai dijadikan warga setempat untuk duduk santai. Warung-warung pun berdiri di tepi sungai.

Yang menarik adanya Jembatan Gantung yang cukup panjang. Biasanya pengunjung menyebrang dari jembatan ini sekaligus berfoto. Tapi tetap harus hati-hati dan waspada saat melintasi jembatan.

Arung Jeram di Sungai Asahan

Arung Jeram di Sungai Asahan

Bagi sobat yang menyukai wisata ekstrem dan menantang, arung jeram Sungai Asahan menjadi spot terbaik ketiga di dunia. Sungai Asahan memiliki aliran sungai tercuram dan terbesar. Air sungainya begitu dingin hingga menusuk tulang.

Sungai Asahan terkenal besar di Sumatera Utara. Aliran airnya mengalir dari Danau Toba, Danau Kawah Terbesar di dunia. Kemudian, melewati Bendungan Sigura-gura. Aliran air ini juga melewati lembah pegunungan Bukit Barisan, sebelum mengalir ke Selat Malaka di Teluk Nibung. Sungai Asahan berada di Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara.

Sungai ini memiliki aliran curam sepanjang 22 kilometer dan tak berujung. Sungai ini memiliki kecepatan 120 meter kubik per detik. Kedalamannya mencapai lima meter, karakteristik sungai ini canggih dan derasnya arus, telah membentuk perjalanan yang memiliki tingkat kesulitan kelas empat hingga lima.

Hal inilah yang membuat Sungai Asahan menjadi arung jeram kelas dunia. Bahkan, Sungai Asahan dijadikan tempat bagi para profesional dan ahli melakukan tantangan ekstrem arung jeram.

Pansur Napitu

Pansur Napitu

Pansur Napitu atau dalam bahasa Indonesia disebut Pancuran Tujuh memiliki kondisi air yang sangat jernih. Bahkan bebatuan di dasar kolam dapat terlihat dengan mata. Selain itu, Pansur Napitu juga punya warna biru mirip air laut.

Pansur Napitu yang berada di Gunung Berkat, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara bisa menjadi alternatif sobat untuk melepaskan penat kerja selama sepekan. Karena objek wisata di Asahan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat weekend tiba

Air Terjun Turbo

Air Terjun Turbo

Bagi sobat yang suka berpetualang dan sudah terbiasa ngetrip atau menjelajahi alam, tempat wisata Kisaran ini merupakan destinasi wisata yang sangat cocok untuk sobat. Karena jalan menuju wisata Air Terjun Turbo ini sangatlah ekstrim. Namun ketika sampai tujuan rasa capek akan hilang karena melihat keindahan Air Terjun Turbo ini.

Air Terjun ini memiliki debit yang sangat besar membuat percikan air membuat suasana menjadi sejuk. Air yang dingin dan bebatuan yang banyak membuat betah berlama-lama disini. Lokasi Air Terjun Turunan Bolon : Tomuan Holbung, Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara

Ragil Waterboom Kisaran

Ragil Waterboom Kisaran

Wisata di Kisaran selanjutnya adalah Waterboom Ragil. Terletak di seputaran Desa Sei Dadap, taman rekreasi air ini terpaut sekitar 4 kilometer dari ibukota Asahan. Untuk wahana, di waterboom tersebut kita akan menjumpai taman bermain, variasi spot-spot berfoto, sederet kolam anak sedalam dewasa, ember tumpah, jacuzzy dan serangkaian permainan air.

Waterboom Ragil pun menawarkan sensasi berendam di alam terbuka yang sangat sejuk lho. Pasalnya, baik sisi kiri maupun kanan waterboom ditumbuhi oleh pepohonan sehingga tetap nyaman meski berendamnya di siang hari yang terik.

Tiket masuk Waterboom Ragil pun termasuk murah, tapi harga tersebut disesuaikan dengan hari kunjungan tamu. Jika datangnya bertepatan libur nasional seperti Imlek, Natal, Idul Fitri dan tahun baru, kemungkinan besar tarifnya dinaikkan.

Air Terjun Jambuara Indah

Air Terjun Jambuara Indah

Wisata Asahan selanjutnya adalah Air Terjun Jambuara Indah bisa jadi pilihan sobat untuk menghabiskan akhir pekan dengan petualangan yang menantang. Terletak di Desa Aek Komangin, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, jarak destinasi ini hanya 183 km dari pusat kota Medan.

Berada di tempat wisata Asahan ini, sobat bisa menemukan air terjun yang menjulang setinggi 30 meter di tengah tebing yang gagah. Hijaunya pemandangan juga akan semakin membuat sobat rileks dan lupa akan rutinitas harian.

Air Terjun Sampuran Harimau

Air Terjun Sampuran Harimau

Air terjun Asahan bernama Sampuran Harimau merupakan percikan pesona alam yang berada di Desa Halado. Air terjun ini bisa dibilang cukup tinggi dan memiliki palung curahan yang luas.

Meski debitnya sendiri tidak terlalu besar, tetapi panorama indah yang terpancar menjadikan sampuran tersebut bisa ditargetkan sebagai tujuan berlibur saat akhir pekan panjang.

Tempat wisata di Asahan ini sempat dimanfaatkan oleh rock climber sebagai tujuan panjat tebing. Dengan tingkat elevasi mencapai 90 derajat, tebing-tebing yang tersebar di sekitar air terjun memang menciptakan spot epik nan menantang.

Air Terjun Unong Sisapa

Air Terjun Unong Sisapa

Air Terjun Unong Sisapa merupakan air terjun yang terletak di Desa Aek Silabat, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Propinsi Sumatera Utara.

Air Terjun Unong Sissapa juga merupakan tempat wisata Kisaran baru yang memiliki pemandangan yang sangat indah dan eksotis, karena dikelilingi pepohonan dan bukit yang tinggi.

Air Terjun Simonang Monang

Air Terjun Simonang Monang

Air Terjun Simonang Monang merupakan tempat wisata Kisaran baru yang tidak terlalu terkenal, tempat wisata air terjun Asahan ini masih alami belum ada campur tangan manusia.

Membahas suatu objek wisata kurang lengkap rasanya jika tidak menyertakan pesona yang dipunya. Begitu halnya dengan air terjun Asahan ini, selain memiliki ketinggian 12 meter. Keindahan air terjun terdapat pada bentuknya yang sekilas seperti kembar.

Bagi sobat wisata sekalian yang menyukai wisata alam khususnya air tawar. Air terjun Simonang-monang merupakan pilihan alternatif wisata di Bandar Pulau. Berbagai aktivitas menyenangkan dapat dilakukan di kawasan air terjun tersebut.

Pohon tropis dan bebatuan akan menjadi pemandangan paling mencolok. Dimulai dari ketika menuruni tanah, traveler akan disambut bunyi riuh gemuruh yang berasal dari lembah, Ibarat sedang hiking, pengalaman ini akan sangat berkesan.

Air Terjun Simonang Monang bisa menjadi wisata yang lebih banyak pengunjungnya kalau diurus oleh Pemerintah setempat.

Air Terjun Boru Silalahi

Air Terjun Boru Silalahi

Air Terjun Boru Silalahi ini merupakan tempat wisata air terjun kisaran baru yang wajib sobat masukkan ke dalam daftar tujuan wisata di Asahan. Surga tersembunyi ini selain memiliki Air terjun, juga terdapat gua yang berada tepat disamping Air Terjun Boru Silalahi ini.

Dimana panorama alam yang sangat indah di afdeling 10 ini ini belum begitu banyak diketahui oleh para wisatawan. Padahal air terjun Silalahi ini sangat menawan dan bila dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan akan menjadi destinasi wisata yang dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Itulah tepat wisata di Asahan yang wajib sobat kunjungi. Tidak hanya populer, rekomendasi destinasi di atas juga dijamin hits dan instagramable.

Tanggapan

5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Pos terkait