Tempat Wisata Di Asmat

6 Tempat Wisata Di Asmat yang Paling Populer

Posted on

Asmat merupakan salah satu kabupaten yang ada di kepulauan Papua, lebih tepatnya berada di Agats. Nama Asmat pun merupakan salah satu nama suku yang ada di kabupaten ini yakni suku Asmat yang merupakan penduduk asli.

Ada banyak sekali tempat wisata di Papua yang sangat populer, beberapa diantaranya terdapat di Asmat. Sebab daerah ini merupakan surganya dataran rendah yang menyimpan beragam keindahan alam hingga kekayaan adat dan budaya masyarakat Asmat.

Tempat Wisata di Asmat

So traveler, kalau kamu berkunjung ke Papua sebaiknya sih jangan lewatkan Asmat kalau tak mau menyesal. Lantas, tempat wisata mana saja sih yang terpopuler dan paling direkomendasikan? Sebagai referensi, berikut adalah beberapa tempat wisata di Asmat. Simak yuk!

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

Apakah kamu mau berpetualang di alam bebas yang dikelilingi oleh hewan langka serta pemandangan gunung yang megah lengkap dengan rimbunnya pepohonan atau padang rumput? Nah, wisata Papua satu ini bisa jadi jawabannya. Taman Wisata Lorentz salah satu tempat wisata yang menawarkan panorama alam paling eksotis.

Baca Juga: Wisata Boven Digoel

Taman nasional ini belum banyak terjamah oleh manusia dan memiliki area yang sangat luas. Tak heran bila dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1999. Lorentz pun masuk dalam taman nasional yang terbesar se-Asia Tenggara dengan luas mencapai 2,3 juta hektar. Wow, keren banget nggak sih!

Salah satu area yang bisa dibilang paling populer di Kawasan wisata Taman Nasiona Lorentz adalah Lembah Baliem, lokasinya masih berada masuk dalam wilayah Wamena. Pemandangan lembah yang menawan dengan latar belakang pegunungan Jayawijaya lengkap dengan udaranya yang sejuk.

Di sini juga terdapat habitat fauna yakni 630 spesies burung dan 123 mamalia (yang baru teridentifikasi), termasuk salah satunya hewan kangguru!

Rawa Baki

Rawa Baki

Masih belum puas menikmati pemandangan di Taman Nasional Lorentz? Oke, traveler bisa lanjutkan perjalanan ke tempat destinasi wisata di Asmat selanjutnya yaitu Rawa Baki. Lokasinya berada di Kawasan hutan lindung tedapat berbagai macam jenis hayati dan diantaranya termasuk dalam spesies langka.

Sebuah rawa yang dikelilingi oleh pepohonan hijau membuat suasana alam semakin terasa. Udara yang segar, pemandangan yang indah, benar-benar beruntung bila kamu bisa menikmati waktu liburan di sini. Topografi Rawa Baki pun sangat menantang dan mampu menghidupkan jiwa petualang. Kamu bisa menikmati suasana rawa sembari trekking, liburan sehat dan menyenangkan.

Pesta Budaya Asmat

Pesta Budaya Asmat

Nah traveler, selain berkunjung ke tempat wisata yang bertemakan alam, kamu juga sebaiknya jangan lewatkan untuk menikmati pesta budaya Asmat yang biasa digelar di Distrik Agats. Festival yang memang diselenggarakan secara rutin tiap tahun. Saat acara digelar, saat itulah ada banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia yang antusias menyaksikan.

Berbagai macam pagelaran seni khas suku Asmat ditampilkan, sangat bermakna dan menghibur seperti tarian budaya Asmat. Ada pula produk-produk kesenian yang merupakan karya masyarakat setempat seperti ukiran dan anyaman. Festival biasanya digelar menjelang akhir tahun, kecuali saat musim pandemic.

Museum Budaya Asmat

Museum Budaya Asmat

Masih berkaitan dengan adat dan kebudayaan suku Asmat. Selain bisa berkunjung ke festival asmat yang digelar tiap tahun, kamu juga bisa datang ke Museum Budaya Asmat untuk mempelajari lebih luas mengenai keunikan budaya dari suku tersebut. Lokasi museumnya ada di Kota Agats, Papua.

Di sini, kamu bisa menikmati berbagai macam karya seni asli dari Suku Asmat. Kurang lebih ada 1.200 karya dipamerkan. Bagi yang senang mengeksplor kebudayaan dan keunikan suatu daerah, berkunjung ke sini tentu akan sangat menyenangkan.

Untuk lokasi museum ini lebih tepatnya ada di Jalan Misi, Bis Agats, Agats, Asmat Regency, Papua.

Pantai Bokap

Pantai Bokap

Papua memang memiliki keindahan alam yang lengkap mulai dari pesisir, perhutanan, air terjun dan lain-lain. Nah, tempat wisata kali ini kamu akan diajak untuk berkunjung ke pesisir Papua yakni Pantai Bokap. Lokasinya berada di distrik Agats kabupaten Asmat.

Sama dengan pantai pada umumnya. Pantai Bokap juga memiliki pemandangan hamparan pasir sejauh mata memandang, saat kita menapakkan kaki, pasir tersebut akan terasa halus. Kamu bisa menyusuri bibir pantai bertelanjang kaki alias tak menggunakan sepatu atau sandal. Tapak jejak kaki dari pasir yang basah akan tersapu oleh ombak di tepi pantai. Sederhana namun mengesankan.

Selain menikmati suasana pantai di bibir pantai, kamu juga bisa berenang merasakan kesegaran air laut di tengah teriknya cahaya matahari. Agar kulit tidak terkena paparan sinar UV sebaiknya gunakan sunblock ya sebelum berenang.

Pantai Bokap sebenarnya belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Maklum popularitasnya masih kalah dengan Raja Ampat. Namun biarpun begitu, kalau ada waktu luang dan masih berada di Papua, kamu bisa menyempatkan untuk datang ke sini. Tiketnya murah meriah kok hanya 20 ribu saja per orang.

Pantai Pek

Pantai Pek

Kalau dibilang populer sih Pantai Pek memang belum populer hingga keluar wilayah Agats. Sebab Pantai Pek masih hanya dikenal oleh penduduk sekitar saja. Bahkan belum banyak wisatawan yang berkunjung dan mereview tempat wisata di Asmat satu ini. So, kalau kamu punya kesempatan datang ke Pantai Pek sangat dianjurkan sekali untuk mengambil gambar sebanyak-banyaknya dan menyebarkan di sosial media.

Pantai Pek masih sangat asri sebab belum banyak terjamah oleh tangan-tangan manusia. Mudah-mudahan kalau semakin ramai, pantai ini masih dalam kondisi bersih seperti sekarang.

Traveler, saat kamu berkunjung ke tempat wisata mana pun khususnya yang ada di Asmat Papua,  akan lebih baik sebelum berangkat kamu sudah mencari tahu dulu hal-hal yang berkaitan dengan tempat wisata tersebut. Mulai harga tiket masuknya, hingga penginapan. Di samping itu, untuk kendaraan pun dianjurkan agar menyewa jangan bergantung pada angkutan umum. Pastikan untuk penginapan sudah dibooking sebelum hari H keberangkatan, meminimalisir resiko kamar yang penuh.

Baca Juga: Wisata Yahukimo

Pelajari juga sedikit Bahasa setempat seperti bagaimana mengucapkan salam, bagaimana meminta tolong, dan lain-lain. Hal ini bisa membuat kita lebih dekat dengan warga lokal. Selain itu, karena suku Asmat memiliki ritual adat yang kerap dilakukan pada waktu tertentu, bila kebetulan kamu melihatnya, jangan terlalu mengganggu ya. Saling menghormati apalagi adat dan kebudayaan yang sudah dipegang teguh sejak zaman nenek moyang.

Jangan kaget juga ya, kalau mungkin kamu melihat suku asmat yang menggunakan pakaian minim yaitu pakaian adat koteka. Namun sebenarnya tak semua orang masih menggunakan koteka, ada masyarakat yang mulai beralih menggunakan pakaian dari kain.

Itulah 6 tempat wisata di Asmat yang paling populer, ada yang unggul dari keindahan alamnya ada pula dari nilai adat dan kebudayaannya. Asmat memang memiliki pesona tersendiri, so kamu tak akan rugi deh bertandang ke sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *