Tempat Wisata di Bandung

14 Tempat Wisata di Bandung Terbaru yang lagi Hits

Posted on

Bandung merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Barat. Kota ini dikelilingi oleh pegunungan, sehingga memiliki udara yang sejuk. Tidak heran juga bila wisata di Bandung kebanyakan adalah yang bertemakan alam. Banyak wisatawan yang menjadikan Bandung sebagai tujuan berlibur dan mengunjungi beberapa tempat wisata bandung untuk sekedar refreshing atau merileksasikan pikiran.

Daftar Rekomendasi 14 Tempat Wisata Di Bandung

Bila kamu berencana untuk liburan ke kota ini, berikut adalah 14 tempat wisata di Bandung paling direkomendasikan!

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban perahu berlokasi di Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Merupakan salah satu objek wisata Bandung yang sudah sangat terkenal. Apalagi dengan adanya cerita rakyat melegenda, yaitu tentang Sangkuriang yang jatuh cinta pada ibu kandungnya sendiri, Dayang Sumbi.

Sekilas tentang cerita tersebut. Sangkuriang sangat ingin menikahi Dayang Sumbi, namun tentunya hal tersebut dilarang. Sehingga Dayang Sumbi mengajukan syarat pada Sangkuriang, untuk membuat perahu dalam waktu 1 malam. Namun, hingga pagi menjelang ternyata Sangkuriang belum berhasil membuatnya. Hingga ia marah lalu menendang perahu yang belum sepenuhnya selesai, perahu pun terbalik. Konon, perahu tersebutlah yang akhirnya membuat Gunung Tangkuban Perahu ada.

Di samping cerita rakyat, Tangkuban perahu juga masuk dalam gunung berapi yang masih aktif. Ketinggiannya mencapai 2.048 Mdpl. Beberapa kali Meletus, membuat kawah di Tangkuban Perahu terbentuk. Mulai dari Kawah Domas, Kawah Ratu, dan Kawah Upas.

Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat

Destinasi wisata Bandung selanjutnya masih berada di kawasan Lembang, yaitu Curug Tilu Leuwi Opat. Bila membaca kata Curug, sudah pasti kita akan bertemu dengan sungai dan air.

Sebelum bermain air, kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu. Terbilang ringan kok, jadi kamu bisa berjalan santai saja. Jalur yang dilalui pun tidak sulit, datar sesekali naik turun. Kamu juga harus menyusuri sungai, lalu menyebrang lewat jembatan yang sudah disediakan. Tidak perlu takut tersesat karena sudah ada petunjuk jalan.

Sementara itu, untuk lokasinya sendiri sebenarnya tidak jauh dari Dusun Bambu. Tempat wisata lainnya yang ada di Bandung. Nah, kalau kamu naik skywalk lutung kasarung, kamu bisa lihat sebuah lembah yang berbatasan langsung dengan Dusun Bambu.

Tips saat berkunjung ke Curug Leuwi Opat. Pertama, bawalah pakaian ganti, antisipasi bila pakaianmu basah. Kedua, gunakan sepatu atau sandal gunung agar perjalanan menuju Curug lebih safety. Ketiga, bawa bekal makanan dan minuman secukupnya. Kalau mau beli di sekitar curug juga bisa kok. Biasanya masyarakat setempat membuka warung kecil. Keempat, bila kamu berkunjung dengan anak kecil, jangan lepaskan pengawasan. Apalagi saat sedang berada di Curug. Kalau ingin camping, jangan lupa membawa tenda, sleeping bag dan jaket ya!

Gunung Putri

Gunung Putri

Dataran tinggi Bandung memang selalu saja memberikan pesona tersendiri. Seperti Gunung Putri, Lembang atau biasa disebut juga Geger Bintang Matahari. Ini adalah Gunung yang berlokasi tidak jauh dari Tangkuban Perahu. Wisata alam Bandung ini awalnya tidak banyak yang tahu. Namun karena sosial media lah, Gunung Putri akhirnya terkenal.

Ketinggian Gunung Putri mencapai 1.587 Mdpl. Terbilang masih rendah sehingga sangat aman untuk para pendaki pemula. Hingga sampai puncak dengan berjalan santai, biasanya akan menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit. Jalur treknya pun terbilang mudah. Tidak heran bila beberapa pendaki sengaja membawa keluarganya.

Bila kamu mau, kamu juga bisa berkemah. Mendirikan tenda dan bermalam, menanti matahari terbit dan menikmati matahari terbenam. Udara sejuk dan pemandangan alam yang asri pun bisa kamu nikmati. Kamu bisa sejenak merilekskan pikiran disini.

Pemandangan malam hari pun akan terasa lebih romantis. Kamu akan melihat gemerlap lampu yang dipancarkan dari bangunan kota.

Ranca Upas, Ciwidey

Ranca Upas, Ciwidey

Ranca Upas merupakan tempat wisata di Bandung yang terkenal akan penangkaran rusanya. Lokasinya ada di Bandung Selatan, Jawa Barat. Lebih tepatnya berada di Jalan Raya Ciwidey Patenggang. Bila dari kota Bandung, jaraknya kurang lebih 50 km. Di sekitar ranca upas, kita bisa menemukan beberapa tempat wisata lainnya, seperti kawah putih dan situ patenggang.

Luas lahan Ranca Upas mencapai 215 hektar dan termasuk dalam Kawasan hutan lindung di Bandung.  Beberapa tanaman langka juga dikonservasi di Ranca Upas, seperti huru, hamiruh, kihujan, jumuju, kitambang.

Di samping itu, suhu udara di sini bisa mencapai 20 derajat celcius. Sehingga akan sangat dingin sekali, apalagi saat malam hari. Jadi, kalau kamu berniat untuk camping di sini, jangan lupa membawa jaket tebal ya.

Namun, kalau tidak mau camping dan hanya sekedar ingin menikmati suasana segar plus melihat rusa di penangkarannya, bisa sekali. Bahkan kamu bisa berinteraksi secara langsung, memberinya makan, hingga berkontak fisik.

Kawah Putih, Ciwidey

Kawah Putih, Ciwidey

Tak jauh dari Ranca Upas, kamu bisa menemukan tempat wisata lain, yaitu Kawah Putih. Merupakan sebuah danau kawah yang terbentuk karena letusan Gunung Patuha. Letaknya berada di Kawasan dataran tinggi, sehingga udaranya pun terbilang dingin. Sangat dianjurkan saat berkunjung, kamu membawa masker untuk menghindari bau gas belerang dan jaket agar tidak kedinginan.

Uniknya, tidak hanya dijadikan sebagai destinasi wisata Bandung saja. Namun Kawah Putih juga kerap menjadi tempat shooting film dan FTV.

Di samping itu, kamu pun tak perlu khawatir soal fasilitas yang ada ya. Karena sudah dikembangkan dengan baik maka kamu sudah bisa menemukan beberapa fasilitas umum seperti area parkir, mushola, restoran, toilet hingga penginapan.

Sedikit tips saat berkunjung ke Kawah Putih. Bila membawa anak kecil, jagalah baik-baik. Jangan luput dari pengawasan, apalagi saat berada di dekat danau kawahnya. Ini karena air kawah tersebut memiliki suhu yang panas dan akan sangat berbahaya bila ada manusia yang tidak sengaja masuk ke dalamnya.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Masih dengan nuansa alam, wisata di Bandung selanjutnya adalah Taman Hutan Raya atau biasa disebut Tahura Ir. H. Djuanda. Merupakan hutan raya lain yang ada Bandung dan menjadi Kawasan konservasi alam. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Bandung, sehingga bisa dibilang Tahura ini menjadi paru-paru kota Bandung.

Pada tahun 1965, luas lahan Tahura ini mencapai 10 ha. Namun sekarang sudah dilakukan perluasan, hingga mencapai 590 ha. Membentang dari Dago Pakar hingga ke Kawasan Maribaya, Lembang.

Di Tahura, ada beberapa spot wisata yang sangat direkomendasikan untuk bisa kamu kunjungi. Spot pertama adalah Goa Jepang dan Goa Belanda, kedua goa ini merupakan goa bersejarah sehingga setiap sudutnya memiliki cerita tersendiri. Kita bisa menelusuri goa, sembari flashback mengenai asal-usul goa tersebut.

Selanjutnya, di Tahura juga ada Curug Omas atau disebut Curug Maribaya. Untuk menuju lokasi curug, kamu harus berjalan kaki sekitar 5-6 km. Cukup menguras keringat namun tentunya akan terbayarkan dengan kesegaran air terjun nantinya. Kalau tidak kuat berjalan kaki, bisa kok menggunakan ojek dengan membayar 70 ribu per orang.

Curug Cimahi

Curug Cimahi

Curug Cimahi berada pada ketinggian 1.050 Mdpl. Tidak heran kalau suhu udaranya masih terbilang sejuk, rata-rata bisa mencapai 18 sampai 22 derajat celcius. Agar bisa melihat pemandangan air terjun dengan sempurna, kamu harus menuruni kurang lebih 587 anak tangga.

Ketinggian air terjunnya mencapai 87 m, kalau di lihat dari bawah tentu akan sangat indah. Namun, kamu tidak bisa berenang di Curug Cimahi ya. Ini karena kedalaman air curugnya bisa mencapai 2 meter. Sangat membahayakan bila kamu terbawa arus.

Di samping itu, alasan mengapa dinamakan Curug Cimahi karena diambil dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi. Mengalir dari hulu danau menuju Kota Cimahi.

Curug Cinulang, Cicalengka

Curug Cinulang, Cicalengka

Pesona curug lain yang ada di Kota Bandung dan bisa kamu nikmati adalah Curug Cinulang, berlokasi di Cicalengka. Nuansa alam yang masih terjaga serta udara yang sejuk sangat cocok untuk kamu yang butuh merilekskan pikiran sejenak. Untuk menuju Curug, kamu perlu berjalan kaki terlebih dahulu. Jalurnya sudah dibuat khusus, sehingga kamu tidak akan tersesat.

Sesampainya di curug, kamu bisa bermain air di bawah jatuhnya air terjun atau sekedar berfoto dengan latar belajar air terjun. Pastikan untuk membawa pakaian ganti ya. Jangan lupa juga untuk selalu berhati-hati.

Tebing Keraton

Tebing Keraton

Tebing Keraton, adalah tempat wisata di Bandung berupa bukit dengan tebing yang terjal. Menghadap langsung ke Tahura atau Taman Hutan Raya. Di sini, kamu juga bisa menikmati pemandangan Gunung Tangkuban Perahu dengan sangat jelas. Untuk menuju bukitnya, tentu kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu. Namun tenang saja, rasa lelah selama perjalanan akan terbayarkan dengan hamparan pemandangan alam sekaligus udara yang segar.

Awalnya Tebing Keraton belum begitu terkenal seperti sekarang. Namun pada tahun 2014 dengan bantuan sosial media, Tebing Keraton menjadi sangat viral. Apalagi beberapa pengunjung yang senang fotografi, mampu mengambil gambar dengan sangat baik. Membuat orang lain tergoda untuk berkunjung ke sini.

Dusun Bambu, Lembang

Dusun Bambu, Lembang

Dusun Bambu merupakan tempat wisata yang berlokasi di Lembang. Mempunyai luas lahan sekitar 15 hektar. Tempat ini dijadikan sebagai ekowisata dengan tujuan sarana edukasi tentang budaya tradisional yang ada pada kehidupan modern.

Selain terdapat sebuah taman rekreasi, Dusun Bambu juga menyediakan fasilitas penginapan yang cukup romantic. Tidak heran bila tempat ini kerap dijadikan tempat berlibur keluarga atau pasangan yang sedang honeymoon. Penginapannya dalam bentuk villa dan tersedia berbagai macam pilihan tipe.

Farm House, Lembang

Farm House, Lembang

Farm House sebenarnya termasuk dalam tempat wisata di Bandung yang terbilang baru yang mulai beroperasi pada tahun 2015. Di mana saat itu penggunaan sosial media mulai semakin meningkat. Tidak heran bila beberapa spot yang ada di farm House memang di setting agar menjadi spot yang instagramable.

Misalnya saja Rumah Hobbit. Sebuah rumah mungil yang diperuntukan untuk para hobbit seperti dalam film-film. Ukurannya yang kecil, sehingga terlihat begitu unik. Tak heran kalau banyak pengunjung yang antri ingin berfoto di rumah hobbit.

Farm House juga menyediakan tempat penyewaan baju eropa. Bagi kamu yang ingin berkeliling dan berfoto dengan tampilan berbeda, kamu bisa menyewanya seharga 75 ribu.

Bila merasa lelah dan lapar, kamu bisa beristirahat sejenak di café Farm House. Fasilitas di sini memang sudah sangat lengkap, sehingga sangat cocok dijadikan tempat liburan Bersama keluarga.

De Ranch, Lembang

De Ranch, Lembang

De Ranch merupakan tempat wisata di Bandung yang juga berlokasi di Lembang. Uniknya tempat ini mengusung tempat western atau cowboy. Para pengunjung bisa menikmati liburan ala cowboy dengan menunggangi kuda lengkap dengan rompi cowboynya. Untuk anak-anak tentu ini akan menjadi hiburan paling menyenangkan. Selain berkuda, ada juga fasilitas outbound lalu wahana permainan air, dan banyak lagi. Bila merasa lapar, kamu bisa menikmati aneka menu makanan yang ada di cafe De Ranch. Dari makanan Sunda hingga western bisa kamu pilih.

Sekilas mengenai sejarah De Ranch, awalnya tempat ini adalah sebuah peternakan kuda. Lalu dikembangkan hingga akhirnya dijadikan wisata keluarga dengan tema cowboy dan tentunya masih kental akan suasana alam. Pada tahun 2007 lah De Ranch resmi dibuka untuk umum.

Taman Begonia, Lembang

Taman Begonia, Lembang

Lembang memang surganya wisata alam ya! Selain De Ranch, Farm House dan beberapa curug yang sudah disebutkan sebelumnya, ada lagi tempat wisata bandung terbaru di Lembang yaitu Taman Begonia.

Di sini kamu bisa menikmati pemandangan aneka ragam bunga Begonia atau bisa juga disebut Balinese. Beberapa jenis bunga yang ada seperti Bunga Celosia, Bunga Cosmos, Bunga Gianthus, Bunga Gloxinia, Bunga Geranium, Bunga Gomphrena, Bunga Ghypsophilia, Bunga Helianthus, dan Bunga Melampodium.

Menariknya, bunga Begonia yang berasal dari Bali ini bisa tumbuh sepanjang tahun. Sehingga wisatawan bisa datang kapanpun. Bahkan pertumbuhannya dinilai sangat baik bila di dataran tinggi. Bila kamu ingin memelihara tanaman Begonia, kamu bisa membeli dengan harga 20 ribu saja.

Selain menikmati pemandangan bunga, di sini kamu juga bisa memetik sayuran dan buah-buahan. Namun tentunya akan dikenakan biaya tambahan ya.

Orchid Forest Cikole, Lembang

Orchid Forest Cikole, Lembang

Orchid Forest Cikole, merupakan tempat wisata di Bandung lainnya. Sudah dibuka sejak bulan Desember 2017. Objek wisata ini mengusung konsep wisata digital, yang mana target terbesarnya tentu saja anak muda yang senang dengan tempat unik untuk mengambil gambarnya dan memamerkan di media sosial.

Salah satu spot yang menjadi andalan adalah jembatan gantung yang terbentang hingga 500 meter. Saat malam hari, jembatan ini akan dihiasi oleh cahaya lampu. Sehingga akan terasa suasana yang lebih romantic.

Ada juga Garden of Lights, di mana cahaya lampu ini nantinya akan memberikan nuansa yang lebih hangat saat malam hari yang dingin dan gelap, apalagi di tengah hutan pinus. Di samping itu bila kamu ingin bermalam di sini, kamu bisa mendirikan tenda atau menyewanya saat di lokasi.

Nah, itulah 14 tempat wisata di Bandung paling direkomendasikan, khususnya yang bernuansa alam. Jadi bagaimana, dari daftar wisata jawa barat di atas, sudah ada yang mau kamu kunjungi belum? Kalau sudah, yuk langsung persiapkan liburan mu dari sekarang. Ajak teman atau keluarga juga ya agar liburan di Bandung bisa semakin seru dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *