Tempat Wisata di Bangkalan

18 Tempat Wisata di Bangkalan, Ujung Barat Pulau Madura

Posted on

Ada banyak pilihan tempat wisata di Bangkalan yang jenisnya bervarian. Bukan hanya wisata alam saja, wisata buatan manusia juga ada sehingga Anda bisa tetap leluasa dalam berlibur. Apa yang membuat Anda menjadikan Kabupaten Bangkalan sebagai destinasi berlibur sekarang ini? Apakah karena ada wisata Bangkalan yang cukup istimewa sehingga harus dikunjungi atau kebetulan saja ada acara di Bangkalan?

Apapun itu, Anda akan diberi pilihan diantaranya Pantai Rongkang, Pantai Siring Kemuning, Pantai Sembilan, Air Terjun Batu Raja Mnaitan, Air Terjun Kokop, Goa Aren, Bukit Geger Bangklaan, Bukit Kapur Jaddih, Bukit Lampion Beramah, Taman Paseban Bangkalan, Masjid Agung Bangkalan, Museum Cakraningrat, hingga Stadion Kerapan Sapi R.P. Moh. Noer.

Tempat Wisata di Bangkalan

Daftar tempat wisata di Bangkalan kali ini akan diawali dengan wisata-wisata pantai, masuk ke air terjun, goa, perbukitan yang tak biasa, pemandian, taman mangrove, taman kota, masjid, museum, dan diakhiri dengan stadion yang bisa membuat Anda melihat langsung pertunjukkan karapan sapi.

Pantai Rongkang

Pantai Rongkang

Pilihan tempat wisata di Madura Bangkalan yang pertama adalah Pantai Rongkang. Apa yang ditawarkan pantai ini pada wisatawan tidak berfokus pada keindahan pasir atau ombak yang tenang, melainkan sebuah area untuk menikmati jembatan populer di Madura, yaitu Jembatan Suramadu.

Jika sebelum-sebelumnya Anda biasa menikmati pemandangan Jembatan Suramadu dari Surabaya, tepatnya di Pantai Kenjeran, kini saatnya untuk mencoba menikmati keindahannya dari Bangkalan, Madura. Inilah mengapa Pantai Rongkang masuk dalam daftar wisata di Bangkalan yang harus dicoba.

Karena biasa digunakan untuk menikmati Jembatan Suramadu, bisa disimpulkan bawa wisata ini tidak jauh dari Surabaya. Akan membantu untuk Anda yang mengunjungi Bangkalan, Madura dari Pulau Jawa atau dari arah barat.

Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning

Jika Pantai Rongkang adalah alternatif wisata di Madura Bangkalan untuk menikmati Jembatan Suramadu, Pantai Siring Kemuning adalah pantai yang pantai yang fokusnya menawarkan keindahan pantai sebagaimana mestinya. Maksudnya adalah, benar-benar pantai lah yang akan dinikmati di wisata ini. Apa yang akan menyambut Anda setelah sampai di lokasinya adalah hamparan pasir pantai yang putih, air yang jernih, dan ombak yang sedang sehingga beri kesempatan untuk bisa bermain air.

Letak dari pantai ini adalah di Desa Macajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan. Desa ini terletak di bagian utara Pulau Madura, jadi Ada bisa menyiapkan perjalanan untuk kesana. Tipsnya adalah, ketika Anda sudah memasuki Pulau Madura maka pilih jalur utara untuk mengunjungi pantai ini, bukan memilih jalur tengah. Jalur ini akan jauh lebih memudahkan daripada harus lewat jalur tengah.

Satu hal lainnya yang harus Anda tahu tentang pantai ini adalah menjadi salah satu alternatif tempat wisata di Bangkalan untuk menikmati sunset. Pemandangan matahari terbenam di pantai ini akan cantik.

Pantai Sembilan Bangkalan

Pantai Sembilan Bangkalan

Opsi pantai terakhir yang ada di Bangkalan adalah Pantai Sembilan Bangkalan, atau Pantai Sembilan saja. Letaknya berada di Desa Sembilangan, Kabupaten Bangkalan. Banyak aktivitas menarik bisa dilakukan di pantai ini karena memang areanya mendukung.

Selain memiliki hamparan pasir pantai yang putih dan luas, garis pantainya juga cukup panjang sehingga tidak akan berdesak-desakkan antara kelompok wisatawan satu dengan lainnya meskipun ramai. Ditambah lagi ombaknya cukup tenang dengan airnya yang jernih, bisa dimanfaatkan untuk renang, atau olahraga air lainnya. Keuntungan memilih pantai ini untuk dikunjungi adalah tidak jauh. Hanya terpisah sejauh 7 kilometer saja dari pusat Kota Bangkalan untuk sampai ke pantai ini.

Air Terjun Batu Raja Manitan

Air Terjun Batu Raja Manitan

Setelah deretan wisata di Madura Bangkalan yang berwujud pantai, kini masuk dalam daftar pilihan berwujud air terjun. Ada dua air terjun yang sempurna untuk dikunjungi selama berada di Bangkalan. Yang pertama bernama Air Terjun Batu Raja Manitan, letaknya berada di Dusun Runngarung, Desa Banyubunih, Kecamatan Galis, Kabupaten Bnagkalan.

Air terjun ini memang tidak tinggi, namun justru menawarkan air terjun yang sangat memungkinkan untuk digunakan beraktivitas. Mungkin saja Anda mencari air terjun untuk bermain air atau menceburkan diri, air terjun ini sangat layak dipilih. kondisi sekitar wisata sangat bersih, ditambah dengan aliran air yang benar-benar jernih. Areal kolam yang ada di bawah air terjun juga tidak dalam, sehingga bisa-bisa saja berendam di dalamnya.

Air Terjun Kokop

Air Terjun Kokop

Satu lagi air terjun sebagai opsi wisata Madura Bangkalan. Air terjun ini letaknya di Dusun Koalla, Desa Durjan, Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan. Belum banyak diketahui wisatawan, terutama yang berasal dari luar Bangkalan, sehingga wajar saja jika fasilitasnya masih minim.

Apa yang ditawarkan Air Terjun Kokop adalah air terjun yang cukup tinggi dengan aliran air yang cukup deras. Areal kolam di bawahnya terkadan dalam terkadang dangkal, harap berhati-hati jika ingin bermain air di wisata ini. Pepohonan di pinggir air terjun sangat rimbun sehingga membuat suasananya sangat sejuk. Saat cuaca panas dan gerah, mampir ke Air Terjun Kokop adalah keputusan yang bagus.

Goa Aren

Goa Aren

Untuk Anda yang lebih suka wisata berupa goa, Bangkalan juga punya solusinya untuk Anda. Satu-satunya goa sebagai alternatif tempat wisata di Madura Bangkalan adalah Wisata Alam Goa Aren atau yang biasa disebut sebagai Goa Aren saja.

Di sini yang akan Anda lihat adaah goa yang dihias dengan bentuk stalagmit dan stalaktit alami. Harus bersiap-siap dengan cara menyiapkan perlengkapan berlibur yang lengkap, sebab wisata yang satu ini masih sangat menyatu dengan alam. Kebutuhan berlibur seperti alas kaki sandal mungkin akan membantu. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Ketetang, Kecamatan Kawanyar, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Bukit Geger Bangkalan

Bukit Geger Bangkalan

Tadinya Anda sudah mengetahui salah satu tempat wisata di Jawa Timur, Bangkalan yang pas untuk menikmati matahari terbenam, yaitu di pantai. Kini Anda akan mengetahui wisata mana yang pas untuk menikmati matahari terbit. Tidak semua orang mau meluangkan waktu untuk menikmati matahari terbenam, sisanya lebih tertarik dengan pemandangan matahari terbit.

Jika Anda adalah salah satunya, maka coba saja mampir ke Bukit Geger Bangkalan. Meskipun digadang-gadang cocok untuk menikmati matahari terbit, bukan berarti wisata ini hanya buka dari dini sampai pagi hari saja. Ke bukit ini di siang atau sore hari pun juga bisa.

Selain pemandangan matahari terbit, Anda akan diberikan pemandangan Kota Bangkalan di sekitarnya. Perjalanan menuju puncaknya dihias dengan pepohonan yang rimbun. Adapun lokasinya adalah berada di Desa Geger, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan.

Bukit Kapur Jaddih

Bukit Kapur Jaddih

Berwisata di kota orang rasanya tidak lengkap jika belum datang langsung ke wisata hits. Salah satu wisata yang sedang hits di Bangkalan dan tidak akan mengecewakan siapa saja yang datang adalah Bukit Kapur Jaddih. Warna mayor yang akan Anda lihat adalah warna putih dan biru muda. ini disebabkan bukit ini ada sebagai bukit kapur dengan warna putih terang. Sedangkan apa yang ada diantara bukit-bukitnya adalah kubangan dengan kedalaman yang cukup tinggi berwarna biru muda.

Perpaduan warna yang sangat memanjakan mata sehingga tidak akan ada yang dikecewakan setelah sampai sana. Untuk lokasinya, ada di Desa Parseh, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. Jangan lupa untuk berfoto di tempat wisata di Bangkalan yang sedang hits ini.

Bukit Kapur Arosbaya

Bukit Kapur Arosbaya

Jika perpaduan warna yang didapat sebagai visual di tempat wisata di Bnagkalan sebelumnya adalah warna putih dan biru muda, apa yang didapat di wisata ini adalah perpaduan warna coklat muda dan hijau. Sebab, apa yang ditawarkan Bukit kapur Arosbayara adalh bukit dari zat kapur yang sudah termakan usia hingga warnanya coklat muda, ditambah dengan tanaman-tanaman liar yang menjadikan pemandangannya semakin cantik saja.

Sudah mengunjungi Bukit Kapur Jaddih namun juga mengunjungi Bukit Kapur Arosbaya bukan suatu kesalahan, sebab pada dasarnya keduanya adalah wisata dengan nuansa yang cukup berbeda. Alamat wisata Bangkalan ini berada di Desa Buduran, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura.

Bukit Lampion Beramah

Bukit Lampion Beramah

Seperti namanya, tempat wisata Bangkalan ini menawarkan area bukit yang digunakan untuk menikmati pemandangan lampion yang cantik. Cocok untuk Anda yang mencari wisata malam selama berada di Kabupaten Bangkalan. Kesana di siang atau sore hari juga tetap oke, sebab sudah disiakan gardu pandang yang peletakannya sempurna. Adapun untuk letaknya berada di Desa Daleman, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan.

Wisata Aer Mata Ibu Arosbaya

Wisata Aer Mata Ibu Arosbaya

Wisata Aer Mata Ibu Arosbaya adalah wisata Bangkalan yang duperuntukkan wisatawan yang ingin berziarah. Di wisata ini ada makam Sarifah Ambani, istri dari Raden Cakraningrat. Adapun Raden Cakraningrat sendiri dulunya adalah seorang raja yang sangat dihormati warga Bangkalan. Jika Anda tertarik dengan wisata ini, lokasinya berada di Desa Buduran, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Tidak cukup jauh dengan wisata sebelumnya, Bukit Kapur Arosbaya.

Pemandian Sumber Pocong

Pemandian Sumber Pocong

Fasilitasnya masih minim, namun yang diberikan wisatawan adalah perairan yang sangat jernih dan bisa menyegarkan mata. Bahkan dari atas saja, Anda sudah bisa melihat dasar airnya karena saking jernihnya. Kalaupun ada ikan di situ, pastilah Anda bisa melihatnya. Bebas untuk berenang atau beraktivitas apa saja di wisata Bangkalan ini. Lokasinya berada di Dusun Karanganyar, Desa Pocong, Kecamatan Tragah.

Labuhan Mangrove Education Park

Labuhan Mangrove Education Park

Ada juga pilihan wisata yang wujudnya adalah hutan mangrove. Pasti menyegarkan baik dari segi suasana maupun dari segi visual. Sebab yang Anda lihat adalah pepohonan mangrove keseluruhan dari atas jembatan yang dibangun di atas wilayah air. Alamat wisata Bangkalan ini berada di Desa Labuhan, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan.

Taman Paseban Bangkalan

Taman Paseban Bangkalan

Tentu saja Anda juga mendapatkan opsi wisata berwujud taman kota, yaitu Taman Paseban Bangkalan. Sebuah taman yang berada di Jalan Ahmad Yani, Demangan Barat, Demangan, Kecamatan Bangkalan, Kaupaten Bnagkalan.

Sekedar beristirahat karena sudah berkeliling di banyak wisata, menikmati sore hari dengan kuliner khas Bangkalan, atau menikmati suasana malam Kota Bangkalan, semua bisa dilakukan di wisata ini.

Mercusuar Sembilangan

Mercusuar Sembilangan

Mercusuar Sembilangan berada di daerah Sembilangan, cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan lautan Bangkalan dengan maksimal. Sebab nantinya Anda boleh naik ke atas mercusuar sehingga bisa menikmati pemandangan dari ketinggian. Berfoto di sini juga boleh, sebab mercusuar ini bukan mercusuar biasa.

Meskipun sudah lama ada, bangunannya tetap terawat dan unik. Malahan, jika menilik cerita sejarah mercusuar ini dulunya dibangun di abad ke-18, yaitu di tahun 1879. Adapun siapa yang mendirikan adalah salah satu kolonial dari Belanda pada saat itu.

Masjid Agung Bangkalan

Masjid Agung Bangkalan

Ada masjid agung di Bangkalan yang memang memiliki bangunan yang megah dan besar. Jika Anda Muslim, bisa menjadikan Masjid Agung Bangkalan sebagai tempat beribadah sekaligus beristirahat setelah berwisata di wisata-wisata sebelumnya. Tidak seperti masjid agung pada umumnya yang menggunakan atap berwujud kubah. Atap pada Masjid Agung Bangkalan ini dibuat dengan arsitektur tradisional Jawa.

Banyak dijumpai bagian-bagian dari masjid ini yang memiliki unsur seni. Seperti misalnya ukiranya, dindingnya, hingga dekorasi-dekorasi yang ada. Lokasinya sendiri ada di Jalan K.H. Moh. Kholil, Demangan Barat, Demangan, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan.

Museum Cakraningrat

Museum Cakraningrat

Pilihan wisata di Madura Bangkalan berikutnya adalah Museum Cakraningrat. Bisa dimanfaatkan menjadi alternatif wisata edukatif selama berada di Bangkalan. Setelah pulang dari museum ini Anda dijamin bisa mengenal Kota Bangkalan lebih dalam.

Sebab apa yang ditawarkan di museum ini adalah benda-benda antik dan unik peninggalan Keraton Bangkalan yang kini sudah tidak aktif. Sejarah Kota Bangkalan juga bisa Anda ketahui dari sini. Untuk Anda yang mantap mengunjungi museum ini, datang saja dulu ke Jalan Soekarno-Hatta Nomor 40, Bangkalan. Setelahnya akan ada petunjuk jelas akan di mana museum ini berada.

Stadion Karapan Sapi R.P. Moh. Noer

Stadion Karapan Sapi R.P. Moh. Noer

Berwisata di sekitar Madura, khususnya di Bangkalan jelas akan terasa kurang bila Anda belum menonton langsung pertunjukan karapan sapi. Jika Anda cukup beruntung, datang ke Bangkalan di waktu yang tepat, maka Anda memiliki kesempatan untuk menontonnya langsung. Selain beruntung tidaknya dalam memilih waktu untuk datang ke Bangkalan, tentu Anda juga harus tahu di mana pertunjukkan karapan sapi ini biasa ada.

Wisata Bangkalan yang dimaksud ini adalah Stadion Kerapan Sapi R.P. Moh. Noer. Letaknya berada di dalam Desa Beji, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Madura. Tempat untuk mengadakan event atau momen kerapan sapi memang sebenarnya berpindah-pindah, namun lokasi yang paling sering dipilih adalah stadion ini.

Sebaiknya Anda tetap mencoba kesana, karena selain ada kesempatan bisa menonton karapan sapi, di sana Anda akan disuguhkan dengan stadion yang tidak gersang karena dipenuhi dengan rerumputan. Bisa dijadikan alternatif untuk beristirahat dari wisata satu ke wisata selanjutnya.

Itu dia beberapa pilihan tempat wisata di Bangkalan yang direkomendasikan. mulai dari wisata pantai hingga wisata museum dan stadion semuanya telah disediakan. Wisata mana saja yang ingin Anda kunjungi selama di Bangkalan nanti?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *