Tempat Wisata Di Bangli

15 Tempat Wisata Di Bangli Bali Paling Indah dan Unik

Posted on

Ada banyak sekali tempat wisata di Bali, beberapa diantaranya yang cukup populer berada di Kawasan Bangli. Salah satu kabupaten yang ada di Bali dan satu-satunya daerah yang tidak memiliki laut. Padahal keindahan alam pesisir lah yang banyak dicari oleh para wisatawan.

Eits, tapi tunggu dulu. Biarpun saat berada di Bangli kamu tak dapat menemukan laut. Namun kamu masih tetap bisa menjelajahi wisata Bangli yang memiliki keunikan. Apalagi Bangli sendiri dikeliling oleh beberapa daerah seperti Buleleng, Gianyar, Badung, Klungkung dan Karangasem.

Tempat Wisata di Bangli

Lalu, tempat wisata seperti apa yang bisa dikunjungi di Bali? Nah, agar tidak penasaran, langsung simak saja yuk rekomendasi dari republikwisata mengenai tempat wisata di Bangli berikut ini.

Air Panas Penelokan

Air Panas Penelokan

Wisata yang pertama adalah Air Panas Penelokan. Berlokasi di Penelokan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Kebanyakan orang lebih mengenalnya dengan sebutan Kolam Toya Bungkah. Sebuah wisata pemandian air panas alami yang konon airnya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit, khususnya yang berhubungan dengan kulit.

Sembari berendam, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang sangat khas, nampak indah dan terasa lebih sejuk. Pikiran dan tubuh akan sama-sama rileks. Terapi alam memang cocok sekali untuk mengurangi sedikit beban aktivitas harian. Jadi, republik wisata sangat merekomendasikan untuk bisa datang ke sini, apalagi saat sedang merasa penat.

Air Terjun Dusun Kuning

Air Terjun Dusun Kuning

Masih berkaitan dengan air, namun kali ini adalah air terjun Dusun Kuning. Lokasinya berada di Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Letaknya berada di Kawasan dataran tinggi. Sehingga tak heran bila udara di sekitar air terjun sangat menyegarkan, pemandangannya pun sangat indah.

Baca Juga: Wisata Badung

Namun untuk bisa sampai di Air Terjun Dusun Kuning, kamu tak bisa sampai dengan mudah. Memerlukan trekking dulu dan sudah pasti akan sedikit menguras keringat. Bagi para pecinta alam, aktivitas ini tentunya tak akan menjadi beban, betul tidak? Sebab petualangan sangat bisa memberikan pengalaman liburan yang berbeda dan menyenangkan.

Sesampainya di titik air terjun, wisatawan akan mendengar suara aliran air terjun yang menentramkan. Di sini juga tak terlalu banyak pengunjung yang datang, sehingga kamu bisa menikmati suasana alam serta bermain air sepuasnya.

Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung

Next, tempat wisata di Bangli Bali Air Terjun Tukad Cepung. Atau lebih tepatnya berlokasi di Jalan Tembuku, Penida Kelod, Kecamatan, Tembuku, Kabupaten Bangli. Merupakan tempat wisata yang terbilang masih baru namun biarpun begitu sudah sangat populer di kalangan pecinta alam.

Saat berada di lokasi wisata, kita akan melihat ada banyak bebatu seperti pelindung air terjun tersebut. Bahkan sekilas tak nampak seperti air terjun pada umumnya.

Nah, untuk akses jalannya sendiri terbilang masih sulit. Wisatawan harus sedikit menguras keringat, trekking melewati jalanan tanah hingga melewati tebing sempit yang mirip seperti goa. Jiwa petualang mu akan sangat tertantang dong pastinya.

Jangan kaget ya bila sudah berada di Tukad Cepung mungkin kamu akan melihat beberapa pemuda yang sedang melakukan upacara adat Mesirat. Asal tak mengganggu aktivitas yang dilakukan, kamu masih berwisata dengan aman dan nyaman.

Air Terjun Slau Tembuku

Air Terjun Slau Tembuku

Kita memang tak akan menemukan pantai selama di Bangli, namun kita bisa menemukan cukup banyak air terjun dengan nuansa alam Bangli yang sangat khas. Seperti Air Terjun Slau Tembuku yang berlokasi di Tembuku Kelod, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli.  Masyarakat sekitar lebih mengenalnya sebagai Air Terjun Tangkup. Letaknya cukup tersembunyi seperti air terjun tukad cepung sehingga sudah dipastikan wisatawan harus sedikit menguras keringat untuk sampai di titik lokasi. Keunikan dari air terjun ini adalah di bagian bawahnya terdapat sebuah sungai.

Hingga sekarang masih belum banyak wisatawan yang tau tentang keberadaan Slau Tembuku. Namun bila kamu ingin berkunjung ke sini, sangat disarankan untuk mengajak putra daerah  untuk menjadi tour guide perjalananmu.

Air Terjun Pengibul

Air Terjun Pengibul

Jangan bosan ya kalau republik wisata banyak merekomendasikan air terjun, sebab itulah yang menjadi ciri khas Bangli. Kali ini wisatawan bisa berkunjung ke Air Terjun Pengibul, lokasinya ada di Apuan Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli.

Bila beberapa air terjun yang sebelumnya sudah direkomendasikan belum banyak orang yang mengetahui, maka berbeda dengan Pengibul. Dimana ada banyak wisatawan yang berkunjung ke sini, khususnya para pecinta alam. Mulai dari wisatawan local hingga asing, dengan sengaja menjadikan Pengibu sebagai tujuan wisata Bangli Bali.

Pemandangan air terjun yang bertingkat sangatlah mempesona. Pada tingkatan paling atas akan terlihat air terjun yang mempunyai aliran air yang membentuk mirip kolam, wisatawan biasanya berenang di sini. Dari kolam atas barulah meluap dan mengalir ke tingkatan selanjutnya, membentuk air terjun dan terkesan seperti terdapat 2 air terjun yang bertingkat. Unik banget kan? Yuk datang langsung untuk menyaksikannya.

Museum Geopark Batur

Museum Geopark Batur

Museum Geopark Batur berlokasi di Jalan Raya Penelokan, Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Museum yang bisa dibilang masih masuk dalam obyek wisata di Bangli yang terbaru. Sebab baru saja diresmikan pada tanggal 1 April 2016, oleh Bapak Sudirman Said selaku Menteri ESDM saat itu.

Saat berkunjung ke sini, wisatawan bisa melihat berbagai macam koleksi yang menggambarkan tiga pilar Geopark yakni keanekaragaman hayati, geologi serta budaya. Ada juga penjelasan mengenai sejarah gunung batur yang sangat penting untuk masyarakat Bali.

Keberadaan museum ini diharapkan bisa menjadi pusat informasi geopark. Baik Geopark Batur maupun secara nasional. Berbagai miniatur alam juga bisa kamu jumpai. Museum Geopark Batu sangat cocok dijadikan tempat liburan untuk anak-anak. Dengan begitu mereka bisa menghabiskan waktu liburan yang sangat edukatif dan bermanfaat.

Desa Purbakala Batukaang

Desa Purbakala Batukaang

Objek wisata di Bangli selanjutnya adalah Desa Purbakala Batukaang. Lokasinya berada di Batukaang, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Ada alasan mengapa disebut sebagai desa purbakala. Karena tempat ini memang menyimpan jejak sejarah pada masa purbakala

Dimana bentuk peninggalannya sendiri berupa arca yang kurang lebih terdiri dari 188 arca. Disimpan di beberapa pura yang sering dikunjungi oleh masyarakat Bali. Letak Desa purbakala ini berada di ketinggian 1.150 meter di atas permukaan laut. Sehingga tak heran bila suasana menyegarkan sangat bisa kita rasakan. Pemandangan alamnya pun begitu indah, sejauh mata memandang ada pemandangan gunung, perkebunan kopi hingga tumbuhan hijau.

Desa Penglipuran

Desa Penglipuran

Desa Penglipuran, sebuah desa aktif alias desa yang ditempati oleh masyarakat Bali asli menjadi objek wisata baru di Bangli yang begitu populer. Lokasinya berada di Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Desa ini juga kerap dijadikan sebagai tempat syuting beberapa film sinetron Indonesia. Sehingga sudah sangat jelas bahwa Penglipuran sangat terkenal.

Letaknya berada di ketinggian 600 sampai 700 meter di atas permukaan laut. Membuat suasana desa terasa lebih sejuk. Lingkungannya pun amat terjaga, bersih dan asri. Oleh sebab itulah belum ada transportasi umum yang berhenti di desa Penglipuran. Namun, kamu tetap bisa ke sini kok dengan naik kendaraan pribadi. Cobalah menyewa motor atau mobil agar lebih nyaman.

Kaldera Gunung Batur

Kaldera Gunung Batur

Kaldera Gunung Batur merupakan objek wisata di Bangli Bali yang sangat diminati oleh para pecinta alam khususnya mereka yang senang mendaki. Lokasi tepatnya berada di Gunung Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Dan tau nggak sih ternyata Kaldera ini merupakan yang terbesar dan terindah di dunia. Ada sebuah danau berbentuk bulan sabit, mencapai 16,6 km persegi, dan termasuk dalam danau kaldera terluas kedua yang ada di Indonesia setelah Toba di Sumatera Utara. Kawasan gunung ini mempunyai struktur geologi yang unik dengan bentang alam yang sangat indah. Masyarakat Bali yang tinggal di sekitar Kaldera Gunung Batu pun masih memegang erat adat dan kebudayaan Hindu Bali asli.

So, saat berkunjung ke sini selain bisa menikmati pemandangan alam, kamu juga bisa mengenal lebih dekat bagaimana sih adat dan kebudayaan masyarakat Hindu di sana.

Bukit Demulih

Bukit Demulih

Masih berkaitan dengan dataran tinggi, kali ini wisatawan akan diajak menjelajahi Bukit Demulih yang berlokasi di Demulih Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. Sebuah tempat wisata Bangli Bali yang sudah cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Bukan tanpa alasan, Bukit Demulih banyak dikunjungi karena pemandangan alamnya yang indah dan mempesona. Penduduk sekitarnya pun sangat ramah. Membuat wisatawan semakin nyaman. Mereka yang sudah memiliki keluarga biasanya menjadikan Bukit Demulih sebagai alternatif untuk menghabiskan waktu liburan.

Pura Kehen

Pura Kehen

Kamu tau kan apa julukan provinsi Bali yang sangat terkenal? Yaitu Pulau Seribu Pura. Karena kebanyakan masyarakat di sini memegang kepercayaan Hindu sehingga tak heran bila ada banyak pura dibangun di tiap daerah bahkan di setiap rumah. Bila berada di Bangli, kamu bisa berkunjung ke Pura Kehen, lokasi lebih tepatnya berada di Jalan Sriwijaya Nomor 8, Cempaga, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.

Dalam Bahasa Bali, Kehen sendiri artinya api. Ada hal unik yang bisa dijumpai saat di pintu masuk pura yang menggunakan candi kurung. Pura ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah saja namun juga sebagai tempat penyumpahan para pejabat.

Biarpun termasuk dalam tempat suci yang sangat sakral, wisatawan tetap bisa berkunjung ke sini. Tapi, bila ingin masuk ke dalam puranya, pastikan bahwa kamu tau apa aturan yang harus dilakukan. Seperti mengenakan ikat kepala dan pakaian yang sopan.

Pemakaman Desa Trunyan

Pemakaman Desa Trunyan

Wisata Bangli selanjutnya adalah Pemakaman Desa Trunyan, lokasinya berada di Trunyan, kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Mungkin terdengar seram namun disamping itu, kamu akan menemukan hal unik yang berkaitan dengan adat kebiasaan masyarakat setempat.

Sebagian masyarakat Bangli memiliki tata cara sendiri dalam mengurus orang meninggal. Salah satunya adalah dengan tidak dibakar, melainkan didiamkan di bawah pohon kemenyan. Sehingga saat berada di sini kita bisa melihat tengkorak-tengkorak yang tertata dengan rapi pada sebuah pondasi. Bernuansa mistis, seram sekaligus unik.

Stone Garden And Animal Park

Stone Garden And Animal Park

Stone Garden And Animal Park berlokasi di Jalan Pagesangan-Sidan, Sidan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Sebuah tempat wisata yang menjadikan batuan padas sebagai objek pemandangan utama. Di samping itu, ada pula beberapa spot menarik yang sangat instagramable serta binatang-binatang jinak seperti hamster, kelinci, dan lain-lain.  Stone Garden and Animal sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga.

Pondok Wisata Mahapraja Bangli

Pondok Wisata Mahapraja Bangli

Destinasi wisata di Bangli selanjutnya juga sangat cocok sekali untuk wisata keluarga yaitu Pondok Wisata Mahapraja Bangli. Lokasinya ada di Yangapi, Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli.

Ada berbagai macam aktivitas liburan yang bisa dilakukan. Seperti memancing dan bermain di taman bermain, untuk anak-anak pasti akan menyenangkan. Ada pula camping ground, serta beberapa spot foto yang biasa dijadikan sebagai tempat untuk pre-wedding.

Berbagai fasilitas liburan serta pelayanannya akan membuat wisatawan merasa nyaman. So, tak usah ragu lagi memilih Mahapraja Bangli sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan.

N’jung Bali Camp Songan

N'jung Bali Camp Songan

Dan tempat wisata yang terakhir adalah N’jung Bali Camp Songan. Lokasinya ada di Banjar Dalem Songan B, Songan A, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Bagi wisatawan yang ingin mencari penginapan nyaman dengan berbagai macam fasilitas bisa berkunjung ke sini.

Wisatawan juga bisa merasakan kuliner khas Bangli Bali selama berada di sini. Dijamin rasa puas akan terasa begitu pulang dari N’jung Bali Camp Songan. Terlebih pelayanan di tempat ini sangat memanjakan sekali.

Soal harg pun masih sangat terjangkau. Berbagai macam pilihan kamar dan pilihan harga, wisatawan bisa menyesuaikan dengan budget liburan yang sudah direncanakan.

Nah traveller, bila tertarik berkunjung ke Bangli Bali untuk berlibur, sebaiknya kamu sudah merencanakan secara matang ya. Mulai dari pemilihan tempat wisata yang akan dikunjungi, penginapan serta kendaraan yang akan digunakan.

Di samping itu, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Khususnya yang berkaitan dengan kebiasaan masyarakat Bali. Mayoritas masyarakat di sini memiliki kepercayaan Hindu dan selalu melakukan beberapa ritual atau upacara adat yang bisa dibilang wajib dilakukan.

Oleh sebab itulah, bila kebetulan kamu sedang berkeliling lalu menjumpai ada upacara adat yang digelar, sebaiknya kamu harus menghargai mereka. Jangan berkata-kata kasar, jangan terlalu berisik agar tidak terlalu mengganggu. Bila ingin merekam, pastikan kalau mereka pun merasa tak terganggu dengan kehadiranmu.

Kamu pun mungkin akan menemukan banyak sesajen, entah di suatu rumah atau di bawah pohon. Bila memang melihatnya, biarkan saja alias jangan diacak-acak ya. Itu adalah tradisi serta kepercayaan masyarakat sana.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan adat kebudayaan. Sehingga jangan heran bila setiap wilayahnya ada saja kebiasaan yang selalu dilakukan dan berbeda dengan daerah lainnya. Berkunjung ke Bangli bisa menjadi pintu pertama untuk mengenal lebih dekat bagaimana Indonesia sebenarnya.

Traveler, itulah 15 tempat wisata di Bangli Bali dengan berbagai keindahan dan keunikan yang bisa kamu kunjungi. Bagaimana, dari beberapa tempat di atas adakah yang menarik perhatianmu?

Tak usah ragu lagi untuk berkunjung ke sini, kamu juga tak perlu khawatir soal penginapan atau tempat sewa kendaran sebab sudah bisa menemukannya dengan mudah. Kalau membutuhkan tour guide untuk menjadi petunjuk jalan pun bisa sekali. Yang penting jangan lupa untuk membuat itinerary perjalanan sebelum hari H keberangkatan agar kamu bisa berlibur dengan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *