20 Tempat Wisata di Banjar yang Recommended Untuk Traveling

Posted on

Mungkin sebelumnya Anda mengira akan ada sedikit pilihan tempat wisata di Banjar. Meskipun yang paling terkenal adalah Situ Mustika, akan ada banyak pilihan yang dibicarakan adalah salah satu kota di dalam Jawa Barat ini. Entah itu wisata berupa air terjun, pegunungan, puncak, lembah, alun alun, dan jenis wisata lainnya.

Tempat Wisata di Banjar

Akan dimulai dari Curug Panganten, kemudian ke Curug Cibonte, Air Terjun Tirai Hujan, Situ Leutik, Situ Mustika, Kolam Alami Mandalare, Sungai Citanduy, Bendungan Manganti, Taman Cinta, Taman Kota Lapang Bakti, hingga dua alun alun yang sama-sama direkomendasikan. Ayo, langsung saja catat apa pilihannya dari daftar berikut!

Curug Panganten

Curug Panganten

Sebagai pembuka, Anda akan berkenalan dengan Curug Panganten. Air terjun yang letaknya di dalam Desa Sukamulya dan juga di Desa Sukamukti. Dua desa ini sama-sama berada dalam Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Direkomendasikan karena bisa memberikan visual yang bagus dan alami pada para pengunjungnya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Sukabumi

Air terjunnya memang tak terlalu besar ukurannya, hanya saja di sekitarnya akan ada pepohonan rimbun dengan warna hijau tua. Semakin membuat air terjun yang ada di dua desa ini tampak lebih alami. Sama seperti air terjun pada umumnya, yang memiliki areal kolam di bawahnya. Namun, areal kolam di Curug Panganten ini tak terlalu besar, kebanyakkan wilayah bawahnya adalah tebing dengan warna gelap.

Curug Cibonte

Curug Cibonte

Mungkin pergi ke Banjar untuk mencari wisata alam benar adaya, namun sayangnya tak emmungkinkan untuk melakukan perjalanan jauh. Ada alternatifnya sebab memang ada tempat wisata di Banjar berwujud air terjun yang dekat dengan pusat kota.

Nama wisata Banjar ini adalah Curug Cibonte, menawarkan sebuah wisata dengan air terjun yang berukuran besar. Air terjunnya lebih besar daripada wisata Kota Banjar yang berwujud air terjun sebelumnya. Untuk Anda yang benar mencari alternatif wisata alam yang dekat dengan pusat kota, kunjungi saja Curug Cibonte yang berada di Desa Cijambu, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat.

Air Terjun Tirai Hujan

Air Terjun Tirai Hujan

Satu lagi pilihan tempat wisata di Banjar yang wujudnya air terjun. Nama dari wisata ini adalah Air Terjun Tirai Hujan. Sama-sama air terjun dengan dua wisata Banjar sebelumnya, namun pemandangannya akan sedikit berbeda. air terjun yang sebelumnya melintasi tebing yang lurus-lurus saja, tak seperti air di wisata ini yang mengalir dengan kemiringan.

Di bawahnya juga ada areal kolam untuk siapa saja yang ingin bermain air. Perlu diketahui, air terjun ini hanya setinggi 3 sampai 4 meter saja. cukup pendek, namun memiliki pemandangan alam yang juga menarik sehingga disebutkan dalam daftar ini. Untuk Anda yang penasaran bisa langsung datang ke Desa Mandiangin Timur, Kecamatan Karang Intan, Kota Banjar.

Gunung Mandalare

Gunung Mandalare

Dari deretan wisata di Banjar berupa air terjun, kini masuk ke wisata yang wujudnya pegunungan. Opsinya adalah Gunung Mandalare, apa yang membuatnya menarik adalah hadir sebagai wisatawan yang populer di zaman dahulu, tepatnya di era tahun 90 an.

Ya, dahulu wisatawan yang datang ke Banjar maupun warga lokal menjadikan kawasan Gunung Mandalare sebagai wisata favorit. Apa yang ada di sana memang hanya pemandangan alam, di sana juga ada wilayah perairan yang semakin menghias pemandangannya saja.

Tak ada salahnya untuk mampir kesana, atau mungkin sebelumnya Anda pernah kesana dan ingin nostalgia? Lokasi kawasan wisata Gunung Mandalare berada di Desa Mandalare, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Situ Mustika

Situ Mustika

Akhirnya masuk juga ke pembahasan tempat wisata Banjar yang paling populer untuk saat ini. wisata tersebut namanya adalah Situ Mustika, apa yang diberikan pada wisatawan adalah sebuah kawasan wisata dengan kolam renang sebagai atraksi paling menariknya. Situ Mustika juga populer sebagai salah satu objek wisata yang berada di kaki Gunung Babakan.

Udara di sana sudah pasti sejuk karena berada di kawasan pegunungan. Pasti tak dikecewakan, apalagi jika Anda berasal dari kota sibuk dengan rutinitas yang padat, pasti akan kembali pulang dari Situ Mustika dengan pikiran yang lebih jernih.

Langsung saja jadikan Situ Mustika sebagai destinasi wisata, lokasinya ada di Desa Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.

Situ Leutik

Situ Leutik

Selain Situ Mustika, Anda juga punya opsi wisata dengan wujud yang hampir serupa yaitu Situ Leutik. Areal danau yang ada di kawasan wisata ini lebih besar dari yang di Situ Mustika. Karenanya, akan cocok untuk Anda yang mencari nuansa berlibur dengan cara bersantai dan menikmati pemandangan alam.

Apa yang bisa dilakukan di Situ Leutik adalah bersantai, rekreasi pun bisa jika memang Anda datang bersama keluarga. Abadikan momen ketika berada di sana supaya ada bukti berlibur ke Banjar. Juga mendukung untuk siapa saja yang berlatih fotografi. Situ Leutik ini merupakan opsi wisata di Banjar yang letaknya di Desa Cibeureum, Kota Banjar.

Kolam Alami Mandalare

Kolam Alami Mandalare

Tadinya memang ada opsi wisata di Banjar Gunung Mandalare, kini sekali lagi ada opsi wisata yang masih di satu kawasan. Wisata tersebut adalah Kolam Alami Mandalare. Kolam Alami Mandalare sering dikunjungi oleh wisatawan yang suka explore sana sini. Anda yang memang suka eksplorasi pun juga pasti akan suka dengan wisata ini.

Aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan wisata ini adalah untuk bersantai, bertamasya, atau rekreasi. Manfaatkan udara sejuk di kawasan ini untuk memperbaiki sistem pernapasan. Kolam Alami Mandalare letaknya berada di Desa Mandalare, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Sungai Citanduy

Sungai Citanduy

Bukan sekedar sungai saja, kalau benar sungai saja rasanya akan kurang tepat bila direkomendasikan untuk Anda. Daya tarik Sungai Citanduy yang ada di Kota Banjar ini adalah tank yang akan terlihat bila air di sungai ini menyusut atau ketinggiannya berkurang.

Ya, bila airnya menyusut Anda bisa melihat tank peninggalan zaman kolonial Belanda di dasarnya. Sampai sekarang ini tidak ada yang tahu pasti kapan tepatnya tank ini tenggelam, namun yang pasti jika benar ada saat penyusutan air di dalamnya, maka tepian sungai ini akan ramai dikunjungi.

Bendungan Manganti

Bendungan Manganti

Bendungan Manganti juga menjadi pilihan tempat wisata Banjar selanjutnya. Lokasinya ada di Dusun Manganti, Desa Sidarahayu, Kota Banjar. Memang hanya berupa bendungan, namun di sana pengunjung bisa menyaksikan sistem perairan yang ada di sekitarnya. Sebuah mesin yang mengatur debit dan aliran air telah terpasang.

Apa yang bisa dilakukan adalah bersantai dan berjalan-jalan di sekitarnya. Meskipun kesannya sederhana, tetap saja bendungan yang satu ini jadi alternatif wisata selama di Kota Banjar.

Tembok Hijau Sumanding

Tembok Hijau Sumanding

Mungkin Anda sengaja pergi ke Kota Banjar untuk mencari spot foto yang bagus-bagus. atau mungkin memang tidak sengaja bisa menemukan spot yang bagus untuk berfoto. Apapun latar belakangnya, Anda tetap mendapatkan opsi wisata di Banjar yang seperti ini.

Tembok Hijau Sumanding adalah wisata yang memberikan spot foto cukup unik untuk pengunjungnya. Mungkin sudah ada wisata yang seperti ini di kota asal Anda, atau mungkin belum ada. Datang saja ke Tembok Hijau Sumanding yang berada di Desa Sumanding, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Bajra. Karena terletak di Kecamatan Banjar, Anda yang menuju kesana dari pusat kota tidak akan melakukan perjalanan jauh.

Terowongan Binangun

Terowongan Binangun

Ada juga pilihan wisata yang wujudnya spot foto hits. Setelah berfoto-foto di Tembok Hijau Binangun, Anda bisa juga mampir ke Terowongan Binangun. Terowongan yang satu ini letaknya di Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Bisa dijadikan wisata dalam itinerary jika Anda sebelumnya telah menambahkan wisata lain yang sama-sama berada di Kecamatan Pataruman.

Meskipun pas dijadikan spot foto, jangan bayangkan dulu bahwa terowongan ini akan cantik dihias dengan bunga-bunga atau atraksi buatan manusia, apa yang ada di Terowongan Binangun adalah terowongan buatan kolonial Belanda yang sudah tidak digunakan lagi sejak tahun 1980 an. Sudah lama ditinggalkan, memuat sekitaran terowongan ini ditumbuhi dengan pepohonan dan membuatnya tampak lebih asri.

Situs Kokoplak

Situs Kokoplak

Hadir sebagai wisata religi, cocok untuk Anda yang cari tempat wisata Banjar dengan ketenangan. Pasti tak berisik atau bising, karena memang cukup tenang suasananya. Agak bernuansa mistis, namun tetap jadi rekomendasi dalam daftar wisata Banjar ini.

Adapun lokasi dari tempat wisata ini adalah di Dusun Pananjung, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Lagi-lagi berada di Kecamatan Pataruman, memang harus dimasukkan dalam itinerary karena kita semua jadi tahu bahwa ada banyak wisata yang letaknya di kecamatan ini.

Puncak Pagerbatu

Puncak Pagerbatu

Puncak Pagerbatu memberikan atraksi berupa kesempatan untuk menyaksikan alam di Kota Banjar dari ketinggian. Wisata ini akan cocok dikunjungi baik bersama anak-anak maupun para sahabat. Pasti akan menyenangkan bisa menikmati Kita Banjar dari ketinggian, Anda akan setuju juga dengan pernyataan ini setelah menyaksikannya langsung. Untuk bisa melakukan aktivitas ini atau pengalaman ini, silahkan kunjungi Dusun Pagerbatu, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Lembah Pajamben

Lembah Pajamben

Lembah Pajamben menawarkan hal yang hampir serupa dengan yang ditawarkan oleh Puncak Pagerbatu, berupa spot yang berikan kesempatan pada wisatawan untuk saksikan alam dari ketinggian. Meskipun kesempatan ini biasa didapat di kawasan yang benar-benar alam, Anda tidak akan melakukan perjalanan jauh dari pusat kota.

Sebab Lembah Pajamben ini hanya terpisah sekitar 4 kilometer dari Alun Alun Kota Banjar. Lebih tepatnya lagi, lokasi ini ada di Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Karena Terowongan Binangun juga berada di Desa Binangun, Anda bisa jadikan dua wisata di Banjar ini sebagai urutan destinasi wisata.

Taman PUSDAI Kota Banjar

Taman PUSDAI Kota Banjar

Taman PUSDAI Kota Banjar adalah tempat wisata di Banjar yang direkomendasikan untuk Anda yang ingin bersantai, baik itu bersama keluarga atau bersama para sahabat. Taman yang satu ini dekat dengan bantaran Sungai Citanduy, yang mana telah dibahas di pon sebelumnya. Namun ternyata untuk skala tempat wisata, taman ini masih cukup sepi. Lokasi dari tempat wisata ini adalah berada di Kecamatan Banjar, Kota Banjar.

Taman Cinta

Taman Cinta

Namanya memang Taman Cinta, namun tak melulu soal wisata romantis. Apa yang ditawarkan Taman Cinta adalah pemandangan taman ala kadarnya yang dilengkapi dengan fasilitas berupa kursi-kursi. Karenanya, Anda yang memang ingin berlama-lama bisa mendapatkan kesempatan tersebut. Tidak ada tiket masuk yang dibebankan pada siapa saja yang ingin berada di sana, selama apapun itu. Untuk letaknya, berada di pusat Kota Banjar.

Taman Kota Lapang Bakti

Taman Kota Lapang Bakti

Satu lagi pilihan tempat wisata di Banjar yang wujudnya sebuah taman. Taman Kota Lapang Bakti adalah taman yang telah dijadikan tempat untuk berekreasi maupun untuk beraktivitas warga Banjar. Di sana akan ada banyak pedagang kaki lima, dan Anda sebagai wisatawan dari luar kota bisa mampir untuk beristirahat di sela perjalanan liburan.

Alun Alun Kota Banjar

Alun Alun Kota Banjar

Nantinya akan ada dua tempat wisata di Banjar yang wujudnya alun alun, pilihan yang pertama adalah Alun Alun Kota Banjar. Untuk sebuah alun alun dengan unsur kata ‘kota’ dan unsur kata nama kota itu sendiri, alun alun ini berada di pusat kota. Apa yang akan dilihat pengunjung akan cukup berbeda dengan alun-alun pada umumnya. Sebab di bagian tengah alun-alun akan ada sebuah monumen.

Ditambah lagi, memang Alun Alun Kota Banjar ini adalah halaman dari bangunan Masjid Agung Banjar. Apa yang ada di sekitarnya adalah warung-warung atau penjual makanan khas Kota Banjar. Jadi, Anda bisa sekaligus berkuliner.

Alun Alun Langensari

Alun Alun Langensari

Ada Alun Alun Kota Banjar, masih ada lagi wisata yang wujudnya hampir serupa, yaitu Alun Alun Langensari. Alun alun ini letaknya di Gang Melati, Desa Muktisari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar. Seperti alun alun pada umumnya, banyak hal bisa dilakukan di sana. Mulai dari makan siang hingga makan malam, berjalan-jalan, bersepeda, bersantai, atau sekedar menghabiskan waktu selama di Banjar.

Lebihnya Alun Alun Langensari adalah di sana Anda bisa menemukan kuliner khas Kota Banjar dengan mudah, pasti tak akan kesulitan dan tahu apa yang harus dipesan ketika berada di alun alun ini.

Banjar Waterpark

Banjar Waterpark

Siapa bilang tidak ada wisata berwujud waterpark di Banjar? Tentu ada, dan yang harus dikunjungi adalah Banjar Waterpark. Meskipun hadir sebagai waterpark, tiket masuknya murah saja. anda hanya perlu siapkan dana sekitar 12 sampai 18 ribu rupiah saja untuk beli satu tiket masuk.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Kuningan

Apa yang ada di dalamnya cukup menghibur karena telah dilengkapi dengan wahana-wahana air. Banjar Waterpark bisa dijadikan wisata penutup sebelum Anda pulang ke kota asal. Adapun lokasinya berada di Jalan Didi Kartasasmita, Kecamatan Banjar, Kota Banjar. Karena lokasinya, bisa dikatakan wisata yang satu ini terletak dekat dengan pusat kota.

Mengetahui banyak pilihan tempat wisata di Banjar mempermudah Anda dalam membuat itinerary perjalanan. Kini Anda sudah tahu apa saja pilihannya, segera saja buat agenda berlibur ke Kota Banjar dan mulai kunjungi satu per satu wisatanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *