15 Tempat Wisata Di Banjarnegara yang Bertemakan Alam

Posted on

Salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Banjarnegara. Hal ini tak lepas dari tempat wisata di Banjarnegara yang cukup terkenal akan cerita bersejarahnya seperti Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka hingga Candi Arjuna.

Tempat Wisata di Banjarnegara

Nah traveler kalau memang kamu sedang punya rencana liburan ke Banjarnegara dan mencari tempat wisata paling cocok untuk dikunjungi, khususnya yang bertemakan alam, berikut adalah rekomendasinya.

Curug Pundung Sewu

Curug Pundung Sewu

Urutan pertama ada Curug Pundung, wisata Banjarnegara yang berlokasi di Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Sebuah wisata air bertema alam, menyajikan sumber mata air alami langsung dari pegunungan. Bagi pengunjung tentu inilah hal yang paling diinginkan, menikmati suasana sekitar serta kesegaran air curugnya.

Curug Pundung Sewu berada di tempat yang sedikit tersembunyi, sehingga siapapun yang ingin datang ke sini harus sedikit menguras keringat. Selama perjalanan kamu akan disambut oleh pepohonan yang tumbuh dengan rimbun. Bila sudah dekat dengan curug maka akan terdengar gemericik air yang jatuh.

Baca Juga: Wisata Wonosobo

Jiwa berpetualang mu akan terpacu saat samar-samar mendengar suara tersebut. Tak sabar ingin segera sampai dan membasuh wajah dengan air yang ada di kolam curug.

Curug Mrawu

Curug Mrawu

Next, Objek wisata Banjarnegara selanjutnya berada di Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Masih berbentuk curug dan pesona alam sebagai daya tariknya, nama tempat wisata ini adalah Curug Mrawu.

Air terjun muncul dari atas ketinggian 50 meter dan terjatuh di dalam kolam curug alami. Di bagian kanan dan kiri antara turunnya air terjun terlihat pemandangan tebing yang dipenuhi tumbuhan hijau. Sungguh pemandangan yang sangat eksotis.

Air yang jatuh ke dalam kolam pun sangat bersih dan menyegarkan. Selagi berada di sini, tak lengkap rasanya kalau kamu tak turun ke dalam kolam untuk bermain air.

Bukit Asmara Situk

Bukit Asmara Situk

Ingin menikmati pemandangan Banjarnegara dari atas ketinggian? Nah, kamu bisa datang ke Bukit Asmara Situk yang berlokasi di Jalan Raya Karangkobar, Dusun I, Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Wisata alam ini sudah dikelola dengan baik. Bahkan untuk menuju puncak, para pengunjung sudah bisa mencapainya dengan nyaman dan aman. Pihak pengelola membuatkan tangga khusus yang bisa dilalui. Sesampainya di puncak, kamu akan menemukan banyak spot foto yang menarik dan kekinian tanpa menghilangkan kesan alam yang ada.

Bila ingin melihat pemandangan dengan jelas, kamu bisa naik ke atas gardu pandang. Di samping itu, fasilitas umum yang ada pun bisa semakin membuat nyaman seperti toilet, warung, area parkir, hingga mushola.

Tampomas

Tampomas

Di Desa Gentasari, kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara ada sebuah tempat wisata yang cukup unik dan memiliki sejarahnya tersendiri. Dimana barisan bukit batu menyiksakan cerita ledakan dinamit serta penambangan konvensional. Bukit terbelah menjadi tebing curam. Sementara itu di tengah tebing, sebuah ceruk terbentuk dan digenangi air sedalam 3 meter, luasnya 1.5 hektar.

Gunung Tampomas, biasa masyarakat menyebutnya. Ditambang secara besar-besaran pada tahun 1980-an, jutaan kubik bebatuan pun diangkut oleh alat berat. Saat itu, gunung Tampomas sendiri diperuntukkan untuk pembangunan bendungan PLTA Panglima Besar Sudirman atau Waduk Mrica.

Sejarah Panjang Tampomas membuatnya menjadi wisata di Banjarnegara yang unik dan banyak dikunjungi. Sekarang ini pihak pengelola masih berusaha untuk melengkapi berbagai macam fasilitas umum untuk para pengunjung agar bisa berwisata dengan nyaman.

Bukit Watu Sodong

Bukit Watu Sodong

Bukit Watu Sodong merupakan wisata alam Banjarnegara yang berlokasi di Karang Tunon, Glempang, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Sebuah tempat wisata yang lagi-lagi menawarkan hamparan pemandangan alam yang indah. Landscape perbukitan hijau menjadi view yang sangat eksotis dan bisa memanjakan mata.

Tempat wisata ini banyak dijadikan alternatif pilihan untuk menikmati liburan akhir pekan. Bahkan jalur bukitnya juga kerap digunakan sebagai jalur offroad, motor trail. Di samping itu, bagi kamu yang ingin berfoto dengan spot foto unik, kamu tak perlu khawatir sebab beberapa spot foto sengaja dibuat oleh pihak pengelola khusus untuk para pengunjung, salah satunya seperti deck yang berbentuk hati.

Lembah Semurup Bukit Pangonan

Lembah Semurup Bukit Pangonan

Sebuah tempat wisata tersembunyi yang ada di Banjarnegara ini cukup menarik perhatian. Biarpun untuk menemukan lokasinya para pengunjung harus sedikit menguras keringat, namun hal tersebut tidak menurunkan jumlah pengunjung yang datang tiap harinya. Lembah Semurup Bukit Pangonan, berlokasi di Karangsari, Kecamatan Batu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kurang lebih selama 30 menit, kamu harus berjalan kaki mulai dari pos pendakian Gunung Dieng hingga ke titik lokasi. Untuk jalur pendakiannya sih tidak terlalu sulit. Bahkan sepanjang jalan kamu akan disambut dengan pemandangan alam yang memanjakan mata.

So, buat kamu yang sedang ingin merelaksasikan pikiran dan membangunan otot tubuh yang sudah lama tertidur, yuk berpetualang ke Lembah Semurup Bukit Pangonan.

Anglir Mendung

Anglir Mendung

Sedang mencari tempat wisata keluarga yang bertemakan alam? Kamu bisa datang ke Anglir Mendung yang berlokasi di Jalan Raya Karangkobar, Kasimpar, Pawedan, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Bila dari pusat kota Banjarnegara jaraknya kurang lebih hanya 18 km saja.

Perjalanan yang panjan tidak akan mengecewakan. Sebab sesampainya di Anglir Mendung kamu akan disambut dengan udara yang segar dan pemandangan alam yang indah sebab tempatnya berada di lereng bukit. Berbagai macam fasilitas wisata pun sudah lengkap dibuat dan akan memanjakan siapapun yang datang ke Anglir Mendung.

Mulai dari koma renang anak dan dewasa, taman bermain anak hingga camping ground. Kalau merasa kurang berlibur hanya dalam waktu 1 hari saja, kamu bisa bermalam di area camping groundnya.

Taman Margasatwa Seruling Mas

Objek wisata Banjarnegara satu ini menjadi tempat perlindungan untuk beberapa hewan langka. So, kalau kamu datang ke sini sudah dipastikan kamu akan bisa melihat beberapa jenis binatang. Nama tempat wisatanya adalah Taman Margasatwa Seruling Mas, berlokasi di Kuta Banjarnegara, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Sebuah kebun binatang yang ada di Banjarnegara dan biasa dijadikan sebagai alternatif tempat untuk liburan bersama keluarga. Aneka satwa yang sudah dijaga dengan aman menjadi sorotan utama, ya namanya saja sudah Taman Margasatwa. Bagi anak-anak datang ke sini bisa menjadi hal paling menyenangkan sekaligus menambah pengetahuan. Mereka bisa berlibur sambil belajar mengenal hewan-hewan.

Ada pula sebuah kolam renang, fasilitas bagi pengunjung yang menikmati wisata air sederhana. Sementara untuk pengunjung yang ingin menguji adrenaline bisa coba menaiki flying fox, meluncur di atas ketinggian akan sangat menegangkan namun bikin nagih.

Fasilitas umum lainnya pun sudah sangat lengkap dan dikelola dengan baik. So, tunggu apa lagi? Sudah waktunya anak-anak liburan!

Surya Yudha Park

Surya Yudha Park

Tempat wisata berkonsep One Step Pleasure berlokasi di Jalan Raya Rejasa Rw 01, Rejasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Menapa one step pleasure? Sebab di sini kamu akan disuguhi berbagai macam wahana permainan yang menyenangkan dan lengkap. Mulai dari waterpark, hingga area 3D trick Art yang biasa dijadikan sebagai spot foto paling favorit oleh pengungjung.

Nah, untuk pengunjung yang sangat ingin menguji adrenaline dan melatih kepemimpinan, Surya Yudha Park menyediakan area outbound menegangkan. Dimana ada zona darat dan ada pula zona basah yang dapat dijadikan sebagai arena petualangan para peserta. Wahana satu ini juga ditunjang dengan perlengkapan outbound bagi para pesertanya.

Selain itu, Surya Yudha juga ternyata menyediakan fasilitas edukasi khusus muslim yakni melakukan manasik haji. Dimana area ini sudah dilengkapi dengan replika ka’bah, terowongan mina, tempat sa’I dan juga lempar jumrah. Tidak heran bila banyak Lembaga Pendidikan yang menjadikan Surya Yudha sebagai pembelajaran haji. Kegiatan manasiknya sendiri dibagi menjadi dua yaitu untuk anak dan dewasa.

Gimana, super lengkap banget kan tempat wisatanya? Jadi nggak perlu ragu lagi dong buat datang ke sini.

Bukit Rumpit Bike Park

Bukit Rumpit Bike Park

Masih bertemakan alam dan berada di atas ketinggian, wisata bukit di Banjarnegara yang bisa kamu jelajahi selanjutnya adalah Bukit Rumpit Bike Park. Berlokasi di Krajan, Salamerta, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Berbagai macam spot selfie yang instagramable kerap menjadi daya tarik yang banyak diburu oleh para pengunjung.

Tapi bukan hanya itu saja, Bukit Rumpit juga ternyata memang sangat cocok dijadikan sebagai tempat berwisata olahraga khususnya bagi mereka yang memang sangat hobi berpetualang menjelajahi alam. Pasalnya, untuk menuju puncak bukit kamu harus berjalan terlebih dahulu.

Kalau tak puas menikmati pemandangan alam di atas ketinggian selama 1 hari saja, kamu bisa mendirikan tenda dan berkemah. Namun jangan lupa untuk mempersiapkan semuanya ya mulai dari tenda, penerangan, hingga makanan dan minuman secukupnya.

Watu Desel

Suasana hutan yang masih terjaga keasliannya menjadi salah satu tempat wisata populer di Banjarnegara. Namanya adalah Watu Desel, hampir setiap hari didatangi oleh pengunjung. Apalagi saat akhir pekan, tempat ini dijamin akan sangat padat pengunjung.

Lokasinya berada di Semagung, Pesangkalan, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Selama perjalanan menuju lokasi, kamu akan disuguhi oleh pemandangan hutan yang benar-benar asri, suasananya pun terasa sangat sejuk.

Bagi para pemburu foto instagramable, kamu bisa naik ke atas puncak batunya yang terbilang cukup tinggi. Usaha untuk naik ke atas batu tersebut akan segera terbayarkan saat kamu melihat hamparan pemandangan alam di depan mata kepalamu sendiri. Bak lukisan alam namun dalam bentuk nyata.

Curug Sikopel

Curug Sikopel

Buat kamu yang mengaku punya hobi menjelajahi alam, datang ke Banjarnegara memang tidak akan merugikanmu. Pasalnya di sini memang terdapat cukup banyak wisata alam yang harus kamu jelajahi. Setelah sekian banyak disebutkan beberapa tempat wisata, ternyata masih belum berakhir juga.

Wisata di Banjarnegara alam selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Curug Sikopel. Berlokasi di Babadan Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Sebuah tempat wisata yang akan memberikan pengalaman yang berbeda. Untuk bisa sampai di depan curug ini kamu harus berjalan melewati akses jalan yang terbilang menantang.

Biarpun begitu, sesampainya di lokasi, rasa lelah akan segera terbayarkan dengan pemandangan ketinggian air terjun yang mencapai 70 meter. Air turun langsung ke dalam kolam alami. Sekelilingnya pun masih dipenuhi oleh tumbuhan, sesekali mungkin kamu akan melihat monyet ekor Panjang.

Curug Sikopel bisa menjadi tempat pilihan untuk menikmati hobi sekaligus menenangkan pikiran di tengah hiruk pikuk kesibukanmu.

Curug Pitu

Curug Pitu

Curug Pitu, berlokasi di Kemiri, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Tempat wisata yang masih menyuguhkan pesona alam Banjarnegara ini sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Tempatnya lagi-lagi sangat menyejukkan, suasana alamnya pun asri. Dijamin, kamu akan merasa betah berlama-lama di Curug Pitu.

Uniknya lagi bukan Cuma soal alam dan eksotisme air terjun. Ada pula acara festival yang biasa digelar dan tak boleh kamu lewatkan yaitu festival durian. Acara yang memang dibuat khusus untuk para pecinta durian karena pasalnya saat acara berlangsung kamu bisa mencicipi durian dengan harga yang murah meriah.

Penasaran dan ingin datang saat acara tersebut digelar? Kamu bisa datang di tanggal 25-26 Januari tiap tahunnya. Kalau ada pergantian tanggal mungkin nanti akan ada informasi lebih lanjut dari pihak penyelenggara acara.

Bukit Icika

Bukit Icika

Selanjutnya ada Bukit Icika, rekomendasika wisata Banjarnegara yang bertemakan alam. Lokasinya ada di Kalitengah, Gunung Tugel, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Bukit Icika sendiri dulunya adalah sebuah area yang dijadikan penambangan pasir putih. Dimana lokasinya berada tepat di perbatasan 3 desa yaitu Desa Kaliajir, Desa Petir dan juga Desa Kalitengah. Akses jalan untuk menuju Bukit Icika terbilang masih cukup sulit dilewati, kamu membutuhkan perjuangan yang ekstra. Namun biarpun begitu rasa lelah yang menguras keringat akan segera terbayarkan saat berada tepat di Bukit Icika.

Bagi yang menyukai pemandangan sunset atau sunrise, kamu bisa datang di waktu yang tepat. Kalau sunset tentu saja datang saat sore hari, sementara sunset datang saat pagi hari.

Wadas Tumpang

Wadas Tumpang

Dan tempat wisata di Banjarnegara terakhir yang paling direkomendasikan plus masih bertemakan alam adalah Wadas Tumpang. Wisata alam yang lagi-lagi akan menyuguhkan eksotisme pesona alam dengan hawa yang khas dari pegunungan. Perjalanan menuju lokasi memang akan sedikit melelahkan, namun dijamin kamu tak akan menyesal sebab view dari atas perbukitannya sangatlah indah.

Bila kamu tertarik untuk datang ke Wadas Tumpang, kamu bisa cari alamatnya di google maps yaitu Desa Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Karena lokasinya terbilang cukup jauh, sebaiknya sebelum kamu benar-benar pergi ke Wadas Tumpang, kamu sudah memastikan kalau kondisi tubuh dalam kondisi yang fit dan prima.

Baca Juga: Wisata Cilacap

Gunakan juga sepatu yang memang mendukung untuk beraktivitas di alam. Bawa pula jas hujan untuk berjaga-jaga bila nanti hujan. Kalau memang dibutuhkan, kamu bisa bawa makanan dan minuman secukupnya.

Itulah rekomendasi 15 tempat wisata di Banjarnegara yang bertemakan alam. Semoga tempat-tempat di atas bisa semakin membulatkan tekadmu untuk menjelajahi Kabupaten Banjarnegara. Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kamu kunjungi, namun sebagai permulaan mungkin kamu bisa memilih salah satu yang sudah disebutkan? Selamat berpetualang dan menikmati suasana alam ya! Jangan lupa bawa kamera agar semua momen liburan bisa diabadikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *