27 Tempat Wisata di Banten Sebagai Opsi Liburan

Posted on

Harus ada daftar tempat wisata di Banten untuk Anda yang sedang membuat itinerary liburan di Banten, baik itu di Serang, Pandeglang, Ayer, atau wilayah mana saja di dalam Provinsi Banten. Anda bersama siapa saja yang berlibur juga di Banten, harus tahu mana saja yang bisa dituju. Baik itu bersama pasangan, sahabat, atau keluarga. Apakah Anda akan datang ke Banten sebagai solo traveller? Kalau begitu, juga tetap wajib tahu apa saja pilihan destinasi wisata yang ada.

Daftar Obyek Wisata Banten

Berikut adalah 27 pilihan objek wisata di Banten mulai dari wisata alam sampai wisata buatan. Ada yang bertema alam sepenuhnya, juga ada yang bertema sejarah. Ada Pantai Karangbolong, Pantai Carita, Pantai Sangiang, Pulau Dua, Masjid Agung Banten, Arumdalu Farm, dan masih banyak lagi, simak apa saja daftarnya.

Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong

Sampai di pantai ini mungkin akan membuat Anda mengira pernah menyaksikan pantai ini. hal ini wajar dan Anda tak sendirian, banyak wisatawan yang merasa demikian dan akhirnya menyadari bahwa pantai ini memang cukup iknik sehingga gambarnya bisa dijumpai di mana-mana. Meskipun ikonik, sebagai wisatawan dari luar Banten maupun dari dalam tidak akan kecewa dengan apa yang ada di sana.

Pantai Karangbolong ada sebagai salah satu tempat wisata di Banten yang dikunjungi banyak fotografer atau pemula yang belajar fotografi. Namun bukan berarti Anda sebagai wisatawan yang ingin berlibur tidak bisa menikmatinya.

Pantai Carita

Pantai Carita

Pantai Carita merupakan salah satu gugus pantai yang ada di Anyer. Untuk bisa menikmati pantai dengan pemandangan sempurna ini Anda hanya perlu bayar tiket masuk belasan ribu rupiah saja. Buka selama 24 jam dalam 7 hari, Anda bisa memilih momen apa saja di jam berapa saja untuk datang ke pantai ini.

Pasirnya putih bersih dan airnya berwarna biru jernih, sangat pas untuk melepas penat rutinitas sehari-hari selama ini. Pantai Carita sangat disarankan untuk wisatawan luar Banten yang ingin memaksimalkan liburan di Banten namun tak memiliki banyak waktu tersisa.

Pantai Bagedur

Pantai Binuangeun

Karena kondisi pasir pantai dan luas pinggiran yang mendukung, Pantai Bagedur dijadikan lokasi wisata Banten untuk offroad. Mungkin Anda sudah penat dengan wisata yang hanya melihat pemandangan saja.

Di Pantai Bagedur dengan asa yang menawarkan sewa Jeep, Anda bisa mencoba sendiri mengelilingi tepi pantai dengan Jeep ini. Pasti akan jadi pengalaman tak terlupakan untuk bersama pasangan atau keluarga.

Pulau Sangiang

Pulau Sangiang

Masih sama seperti pantai-pantai sebelumnya di daftar tempat wisata di Banten. Pantai Sangiang memiliki pasir pantai berwarna putih dan sama cantiknya. Bedanya adalah, Pantai Sangiang mendapat julukan sebagai ‘pantai dengan pesona tersembunyi’ yang pernah ada.

Akses menuju pantai ini sebenarnya mudah-udah saja, hanya saja perjalanannya tidak akan memberikan kesan bahwa nantinya Anda akan mendapatkan pemandangan yang sangat cantik. Inilah mengapa Sangiang disebut sebagai ‘pantai dengan pesona tersembunyi’.

Pantai Sawarna

Pantai Sawarna

Hanya dengan bayar uang parkir saja, Anda dan keluarga, sahabat, atau pasangan sudah bisa menikmati indahnya Pantai Sawarna. Dibandingkan dengan empat pantai sebelumnya, pemandangannya akan sedikit berbeda. Sebab yang akan Anda lihat nanti adalah pantai yang dihias dengan pemandangan tebing. Pasti jauh berbeda dan akan menjadi pilihan untuk menikmati tempat wisata di Banten ini dari mana saja, apalah akan menikmati pemandangan yang ada dari atas tebing atau dari bawah saja.

Tetap tidak akan membosankan jika sebelumnya Anda sudah pernah ke pantai ini. Apalagi jika memang Anda belum pernah ke Pantai Sawarna ini, pasti akan suka. Memilih Pantai Sawarna untuk wisata pertama dalam itinerary juga akan pas karena di sekitar pantai ini juga ada banyak wisata lainnya yang juga akan disebutkan dalam daftar ini.

Pantai Binuangeun Indah juga jadi pilihan wisata alam di Banten selanjutnya yang berupa pantai. Jika dibandingkan pantai-pantai sebelumnya, Binuangeun Indah paling cocok untuk Anda yang menginginkan pantai alami.

Bukan sekedar alami, melainkan ‘benar-benar alami’. Kemungkinan besar wisata ini masih sepi pengunjung jika Anda memutuskan untuk pergi kesana. Bibir pantai dihias dengan banyak pohon kelapa sehingga mendukung suasana musim panas yang tak biasa.

Tanjung Lesung

Tanjung Lesung

Tanjung Lesung atau Pantai Tanjung Lesung banyak dipilih wisatawan dari dalam Banten yang ingin memaksimalkan momen liburan. Sebab di sana akan ada pemandangan menarik namun tak membosankan.

Memang hanya sekedar pemandangan pantai pada umumnya, namun adanya fasilitas yang lengkap dan pemandangan yang dihias dengan pohon kelapa membuat pantai ini menjadi juara dalam memberikan nuansa tropis asli Indonesia.Saking cantiknya, Anda juga bisa menikmati pantai ini lebih lama dengan menginap di salah satu resort atau hotel di sana.

Karena adanya fasilitas ini, siapa saja yang ingin berbulan madu di Indonesia saja bisa menjadikan Tanjung Lesung sebagai opsi. Pasti tak mengecewakan, pasti cantik, dan pasti tidak sulit untuk menjangkaunya.

Pulau Dua

Pulau Dua

Tempat wisata di Banten selanjutnya adalah Pulau Dua. Pulau Dua akan cukup berbeda dengan pulau lainnya yang akan disebutkan pada daftar wisata daerah Banten kali ini. Saat pulau lain memiliki ukuran besar dan daratan untuk bisa dihampiri, Pulau Dua justru berupa pulau kecil yang dipenuhi dengan bebatuan yang besar.

Bebatuan di sana bukan sekedar besar saja, melainkan berbentuk unik sehingga Anda mungkin akan kagum. Pulau ini tentu terletak dekat dengan pantai yang ada, sehingga Anda bisa menikmati dari dekat. Entah itu untuk memandangnya saja, berfoto, atau mungkin beraktivitas di sekitarnya.

Pulau Umang

Pulau Umang

Di Pandeglang ada pulau yang rasanya akan sangat sayang bila tidak dikunjungi. Apalagi jika Anda merupakan wisatawan yang bukan berasal dari Pulau Jawa, jangan lupa mampir ke Pulau Umang jika sampai di Banten, terutama Kabupaten Pandeglang.

Lebihnya Pulau Umang daripada pulau-pulau lainnya yang akan disebutkan dalam daftar pariwisata Banten ini adalah kemudahan akses. Ada dermaga panjang yang dimiliki pantai ini sehingga setelah menggunakan perahu ke pulau ini, Anda akan berjalan di atasnya sambil bisa menikmati pemandangan pulau semi utuh.

Banyak aktivitas bisa dilakukan di Pulau Umang, seperti misalnya berakomodasi di cottage atau villa di sana, makan malam romantis di pinggiran pantai, bersantai dengan jalan-jalan di pinggirannya, atau sekedar menikmati suasana tropis yang ada. Lagi-lagi pasirnya berwarna putih sempurna sehingga tidak akan jelek hasilnya jika berfoto-foto di sana.

Pulau Oar

Pulau Oar

Pulau Oar adalah pulau bernuansa ‘eksklusif’ karena mungkin Anda tak akan menyangka pulau ini berada di barat Pulau Jawa dan bukannya berada di Indonesia bagian timur. Sangat cantik perpaduan air lautnya dengan pasir pantai, sangat natural sehingga mungkin kesan pertama Anda setelah sampai di pulau ini adalah pulau yang masih sangat alami atau baru Anda saja yang datang kesana.

Jika dilihat dari atas, penampilan pulau ini juga cantik karena Anda akan melihat sebuah daratan putih-hijau di tengah lautan yang berwarna biru muda bersih. Pinggiran pulaunya akan berwarna putih karena pasir pantai, di bagian tengah akan sangat hijau karena memang pepohonan di sana cukup lebat.

Pulau Merak Besar

Pulau Merak Besar

Pulau Merak Besar adalah pilihan yang paling pas jika Anda ingin berwisata ke pulau namun tak ingin terlalu jauh dari daratan Banten. Di pulau ini tentu yang akan Anda dapatkan adalah pemandangan lautan pada umumnya yang berada di pulau kecil. Pasir pantai yang ada di sana putih sempurna sehingga tidak akan kecewa jika berfotografi di sana.

Untuk mengakses pulau ini caranya sama dengan cara-vara sebelumnya, yaitu dengan perahu atau boat milik warga atau nelayan sekitar pelabuhan.

Gunung Krakatau

Gunung Krakatau

Jangan lupakan Gunung Krakatau saat membahas daftar tempat wisata Banten. Anda yang memang tertarik untuk beraktivitas sedikit lebih lelah dan mau bertransportasi lebih setelah menggunakan mobil atau kendaraan roda dua, bisa mampir ke beberapa tempat untuk bisa menjangkau Gunung Krakatau.

Ada tiga rute yang bisa dipilih untuk bisa sampai ke Gunung Krakatau, tiga rute tersebut antara lain melalui Pelabuhan Anyer, melalui Pelabuhan Ikan, dan melalui Pelabuhan Canti.

Aktivitas apa yang bisa dilakukan di Gunung Krakatau? Mulai dari camping singkat hingga menikmati suasana alam di sana bisa-bisa saja dilakukan, menikmati pantai di Pulau Sebesi di mana gunung ini berada tentu juga bisa dilakukan.

Gunung Pinang Serang

Gunung Pinang Serang

Gunung Pinang Serang adalah tempat wisata di Banten yang murah untuk dipilih bersama keluarga. Sebab, di sana telah disajikan pemandangan alam yang masih alami namun juga telah dihias dengan atribut atau atraksi buatan untuk spot foto. Tidak akan habisnya jumlah spot foto yang bisa digunakan Karena Anda bisa berfoto dengan atraksi-atraksi yang ada dan juga bisa memilih spot foto alam yang sudah ada lebih lama.

Gunung Pinang Serang buka setiap hari sampai petang hari. Wisata Gunung Pinang Serang juga sering disebut sebagai Puncak Pinang, jadi tak perlu bingung jika menemukan istilah ini. Harga tiket masuknya cukup murah dibanding dengan banyaknya atraksi yang diberikan. Adapun beberapa spot foto yang bisa didapat adalah miniatur bukit cinta, payung berterbangan, hingga sepeda langit.

Danau Tasikardi

Danau Tasikardi

Danau Tasikardi sebenarnya merupakan danau buatan manusia, dan Anda mungkin tak akan mengetahui fakta ini jika tidak ada yang memberitahu. Sebab memang Danau Tasikardi terlihat seperti danau alam pada umumnya yang berukuran besar.

Danau yang merupakan salah satu peninggalan Kesultanan Banten ini dulunya digunakan untuk sumber air keluarga kerajaan dan warga sekitar, pengairan sawah, dan sumber air untuk apa saja bagi masyarakatnya.

Jika Anda penasaran dengan danau buatan ini maka datang saja ke Kecamatan Kramatwatu, Kota Serang. Danau yang memiliki luas sebesar 5 hektar ini memiliki dasar berupa lapisan batu bata, bukan tanah atau pasir karena memang benar menjadi danau buatan manusia. Lokasi spesifik dari wisata di Banten ini adalah berada di Jalan Banten Lama, Pegadingan, Kramatwatu, Serang, Banten.

Rawa Dano

Rawa Dano

Wisata di Banten yang selanjutnya bukan sekedar rawa kecil yang tak bisa dinikmati. Datang saja ke Rawa Dano jika Anda menginginkan agenda berwisata yang santai di atas perahu dan menikmati pemandangan sekitar. Untuk aktivitas spesifik seperti fotografi flora fauna atau untuk mendayung, wisata ini juga oke-oke saja jika dipilih.

Siapa pun yang pernah datang ke Rawa Dano tidak merasa kecewa. Terlebih memang Rawa Dano ini terletak di dalam kawasan Cagar Alam, sehingga keasliannya terjaga dengan baik. Sesaat sampai di sana saja Anda sudah bisa mendapatkan hirupan udara yang segar, berbeda dengan jika Anda sedang berada di kota. Bukan sembarang menggunakan perahu, hubungi penjaga atau warga yang berjaga untuk bisa menikmati rawa-rawa ini menggunakan perahu. Sebab mereka lah yang tahu pasti akan menuju kemana dan letak-letak Rawa Dano yang sebaiknya dikunjungi oleh wisatawan.

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten

Setelah asyik main di wisata Banten yang bertema alam, kini saatnya Anda mampir juga ke wisata yang bertemakan sejarah. Mungkin Anda sendiri juga sudah tahu bahwa Masjid Agung Banten adalah salah satu peninggalan Kesultanan Banten yang berdiri pada abad ke-15. Masjid Agung Banten dahulu dibangun sebagai bukti keagungan Kerajaan Banten yang berkuasa sebagai kerajaan bercorak Islam saat itu.

Anda bisa jadi kagum dengan arsitektur masjid yang sudah tua ini, sebab memang arsitekturnya cukup berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya. Sangat luas, besar, dan memiliki menara yang agung. Masjid Agung Banten sendiri berada di Komplek Masjid Agung Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. Ada yang suka dengan cerita sejarah pasti ingin mengunjungi. Sejauh ini banyak wisatawan dari luar Banten yang sengaja datang ke Serang untuk lihat langsung masjid ini.

Tidak hanya sebagai masjid saja, di dalamnya atau di sekitar kompleksnya juga tersimpan barang-barang peninggalan sejarah yang tak lain dari Kesultanan Banten itu sendiri.

Keraton Surosowan

Keraton Surosowan

Jangan hanya mampir ke Masjid Agung Banten saja jika memang wisata bertema sejarah adalah apa yang paling Anda inginkan. Setelah dari sana dan sudah puas, mampir juga ke Keraton Surosowan yang mana juga merupakan peninggalan Kesultanan Banten.

Keraton ini masih satu komplek dengan Masjid Agung Banten, sehingga rasanya benar-benar akan sayang bila anda tak juga mampir ke wisata Banten murah ini. Apa yang akan dijumpai di Keraton Surosowan?

Di sana Anda akan menyaksikan langsung bekas bangunan Kerajaan Banten. Setelah melihatnya, tak sulit bagi Anda untuk mengira-ngira seberapa besar bangunan kerajaan yang dimiliki Kesultanan Banten dahulu.

Dibangun bersamaan dengan berdirinya Kesultanan Banten, lebih tepatnya dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hasanuddin sebagai raja pertama di Kerajaan Banten.

Tidak hanya bisa melihat sebuah bangunan sisa-sisa sejarah saja, anda yang lebih suka bersantai daripada beraktivitas bisa menjajal warung kopi yang ada di sekitar keraton ini. Bukankah akan menjadi momen sempurna untuk menikmati kopi yang masih hangat dengan pemandangan bangunan sisa kerajaan?

Arung Jeram Sungai Ciberang

Arung Jeram Sungai Ciberang

Seperti namanya, tempat wisata di Banten ini diperuntukkan Anda yang memang suka wisata dengan aktivitas olahraga air. Sungai Ciberang memang memiliki arus yang pas untuk kegiatan olahraga seperti arung jeram. Tak heran jika warga sekitar dan siapa saja yang berada di Banten mengandalkan sungai ini untuk aktivitas arung jeram.

Anda yang berasal dari luar Banten dan memang cari wisata untuk olahraga air bisa mengunjungi objek wisata di Banten ini. Akan menjadi tambahan pengalaman jika selama ini Anda aktif berarung jeram dan pada akhirnya mencoba arung jeram di Sungai Ciberang ketika mengunjungi Banten.

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon

Baik Anda yang berasal dari Banten maupun tidak pasti sudah sering mendengar salah satu objek wisata Banten Taman Nasional Ujung Kulon. Sebuah wilayah atau area yang terletak paling barat Pulau Jawa ini memang sangat populer baik di skala nasional maupun internasional.

Sebenarnya ada wisata-wisata yang terhitung masuk ke wilayah Taman Nasional Ujung Kulon, seperti misalnya Gunung Krakatau, Pulau Panaitan, dan Pulau Peucang. Namun untuk sampai di sana saja akan lebih cukup karena bukan sembarang suasana alam yang akan didapatkan.

Taman Nasional Ujung Kulon tercatat telah dijadikan tempat hidup bagi 700 an jenis flora dan 608 jenis fauna, termasuk salah satunya badak yang memang ikonik untuk wisata ini.

Wisata ini berdiri pada tahun 1992, dan terletak di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Luasnya mencapai 122 an ribu hektar yang sudah mencakup perairan maupun daratan. Adapun fauna lain yang populasinya banyak di taman nasional ini adalah anjing hutan, surili, dan owa Jawa. Mulai dari pantai, air terjun, sungai kecil, hingga rawa, semuanya ada di dalam taman nasional ini tentunya. Yakni sebagai sumber kehidupan makhluk hidup yang ada di dalamnya. Namun tidak semua area bisa diakses oleh wisatawan.

Goa Langir

Goa Langir

Sesaat setelah memarkirkan kendaraan dan berjalan ke wisatanya, pasti Anda akan merasa seakan-akan pernah melihat gua ini. Goa Langir memang menjadi goa yang terletak di pinggiran Pantai Langir. Namun terlalu ikonik untuk tidak dijadikan destinasi wisata terpisah dengan pantainya.

Di Goa Langir Anda bisa mendapatkan hasil fotografi yang keren, malahan seperti berada di luar negeri. Sebab di sana akan ada bagian dari goa yang seakan-akan menjadi terowongan menuju pantai. Jadikan Goa Langir sebagai salah satu spot foto terbaik ketika Anda berjalan-jalan di sekitaran Pantai Langir dan sekitarnya. Untuk diketahui, Goa Langir beserta pantai yang ada di dekatnya berada di Kabupaten Lebak.

Karang Bokor Sawarna

Karang Bokor Sawarna

Bukan sekedar batu besar, Anda juga bisa menemukan spot foto yang bagus ketika mengunjungi Karang Bokor Sawarna. Objek wisata di Banten yang berada di Kecamatan Sawarna ini menyuguhkan pemandangan alam yang tak biasa. Bukan pemandangan tepi pantai yang disuguhkan, bukan juga perairan sederhana, melainkan sebuah pinggiran pantai yang dihias dengan batuan.

Di sana Anda juga akan melihat bekas dermaga sederhana yang tua usianya. Sangat mendukung untuk dijadikan spot foto jika memang berfotolah yang menjadi fokus Anda ketika berlibur. Terlebih memang spot foto yang ada ini sifatnya alami, bukan buatan manusia yang modern yang mungkin akan kurang pas dengan gaya berlibur Anda.

Curug Cihear

Curug Cihear

Perpaduan dua warna yang kontras namun cantik akan Anda jumpai ketika berwisata di Curug Cihear. Adapun dua warna kontras yang dimaksud adalah warna bebatuan dengan warna air yang terjun dari atas ke bawah.

 Batu yang ada memiliki warna coklat gelap dan tidak banyak ditumbuhi tumbuhan, air yang terjun berwarna putih bersih. Curug Cihear sebenarnya adalah salah satu wisata yang masuk kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Namun Anda tetap bisa mengaksesnya karena air terjun ini berada di antara Desa Ciladaeun dan Desa Cigobang, yang mana keduanya berada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Curug Cikotak

Curug Cikotak

Siap untuk melakukan perjalanan sedikit lebih membutuhkan tenaga ekstra? Jika iya, maka gunakan tenaga yang ada untuk mencari indahnya pemandangan air terjun yang ditawarkan Curug Cikotak. Jangan berekspektasi Anda akan menemukan air terjun jumbo sehingga memiliki danau yang dalam di bawahnya. Curug Cikotak adalah air terjun kecil yang tetap terjaga keasliannya,

Karena ukuran dan space wisata daerah Banten yang kecil, justru Anda bisa mendapatkan momen sempurna untuk bersantai di sana. Jangan kaget pula jika Anda dan keluarga atau sahabat nanti menjadi satu-satunya wisatawan yang ada di sana. Sebab Curug Cikotak memang masih cukup sepi dikunjungi sebagai salah satu tempat wisata di Pulau Jawa.

Tempat wisata di Pulau Jawa lainnya yang juga terletak di Banten adalah Curug Putri. Sebelum Anda terkejut, pemandangan yang akan Anda lihat di Curug Putri nanti benar-benar cantik dan malahan terkesan Anda sedang berada di antara bebatuan Grand Canyon yang ada di Amerika. Bedanya, apa yang ada di antara bebatuan nantinya adalah air, bukan pasir.

Intinya, untuk Anda yang sudah bosan dengan wisata alam itu-itu saja, sebaiknya mampir ke Curug Putri. Curug Putri berada di Kabupaten Pandeglang, kabupaten di mana banyak pilihan wisata alam Banten lainnya yang bisa dikunjungi setelahnya.

Kampung Baduy

Kampung Baduy

Tempat wisata Banten selanjutnya adalah Kampung Baduy. Memang menjadi salah satu wisata yang dibuat oleh manusia, namun saat sampai di sana nanti Anda akan merasakan kealamiannya. Akan ada perumahan zaman dahulu yang berupa bangunan sangat sederhana. Karena berupa perkampungan, akan ada beberapa rumah sekaligus yang akan Anda saksikan. Ditambah lagi, suasana alam di sana masih sejuk sehingga akan membuat Anda betah berlama-lama.

Cikujang Gunung Kencana

Cikujang Gunung Kencana

Saat berada di Lebak, jangan lupa untuk mampir ke Cikujang Gunung Kencana. Apa yang akan disaksikan di sana adalah pemandangan hutan yang dihias dengan spot foto. Karena ramai akan spot foto, Anda yang memang berwisata untuk cari spot foto dengan atraksi pasti akan suka dengan tempat wisata di Banten ini.

Arumdalu Farm

Arumdalu Farm

Ingin berfoto-foto di tengah perkebunan bunga matahari? Bunga-bunga matahari yang ada di Arumdalu Farm tumbuh subur dengan baik sehingga sangat memanjakan mata an sayang bila momen Anda berada di ana tidak diabadikan. Pastikan Anda menjadikan Arumdalu Farm sebagai pilihan objek wisata di Banten.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sana tak hanya sekedar menikmati tumbuhnya banyak bunga matahari saja. ada tempat untuk Anda yang ingin menikmati kopi selagi hangat, makan siang, atau sekedar melepas penat di space yang telah diberikan.

 Arumdalu Farm akan sangat memuaskan bagi Anda yang lelah dengan kesibukkan padat di awal pekan. Banyak orang-orang dari dalam Banten yang menjadikan Arumdalu Farm sebagai destinasi wisata akhir pekan karena pasti tak mengecewakan.

Itulah beragam pilihantempat wisata di Banten yang bisa dimasukkan dalam itinerary perjalanan kali ini. Ada yang terletak di kawasan Anyer, kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, hingga yang ada di Lebak. Bisa dipilih apa saja yang ingin dikunjungi nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *