Tempat Wisata di Bantul

10 Tempat Wisata di Bantul Paling Direkomendasikan

Posted on

Bantul adalah salah satu kabupaten yang ada di daerah Yogyakarta. Ada banyak tempat wisata di Bantul, khususnya yang bernuansa alam. Sehingga bila kamu memang merencanakan untuk berlibur ke Jogja, sebaiknya jangan lewatkan wisata Bantul untuk kamu kunjungi.

Daftar Tempat Wisata di Bantul

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata bantul yang direkomendasikan untuk kamu kunjungi.

Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger

Bila kamu menyukai wisata alam yang instagramable banget, Hutan Pinus Pengger menjadi salah satu tempat yang harus kamu kunjungi. Lokasinya ada di Jalan Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul. Tempat ini buka dari pukul 6 pagi sampai 12 malam, cukup lama kan? Bahkan untuk tiket masuknya pun terbilang murah, hanya 3 ribu rupiah saja.

Di sini kamu bisa menikmati suasana alam yang indah sekaligus udaranya yang sejuk ada juga pemandangan landscape bukit serta kota Jogja dari kejauhan. Bila tertarik menikmati matahari terbit kamu bisa datang saat pagi hari. Atau bila ingin melihat pemandangan matahari terbenam, kamu bisa datang sore hari. Nah, saat menuju malam, lampu-lampu di sekitar hutan pinus ini akan membuat suasana makin romantic.

Bila kamu tertarik untuk berkunjung ke sini, dari pusat kota Jogja, kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama 45 menit atau dengan jarak 21 km. Kondisi jalannya pun terbilang sudah cukup baik dan mudah dilalui oleh kendaraan roda dua atau roda empat. Agar semakin memudahkan untuk menemukan tempatnya, kamu bisa coba diarahkan oleh google maps. Karena memang lokasi wisata Hutan Pinus Pengger sudah terdeteksi melalui google maps.

Puncak Becici

Puncak Becici

Tempat wisata di Jogja selanjutnya adalah Puncak Becici. Berlokasi di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Atau bila dari pusat kota jaraknya sekitar 30 km. Untuk menuju ke Puncak Becici, kamu harus lewat jalur Jogja-Wonosari. Kamu bisa menggunakan mobil atau motor, namun harus dipastikan kondisi kendaraanya baik karena jalan yang dilalui terbilang cukup beragam terkadang naik, turun dan berkelok.

Di Puncak Becici, kita bisa melihat pemandangan hutan pinus dengan luas 4,4 hektar. Tidak heran bila udaranya masih terasa sejuk. Saat sore hari, para pengunjung yang datang bisa menikmati pemandangan matahari terbenam dan kecantikan Candi Prambanan bagian Utara dan juga keindahan Pantai Selatan.

Puncak Becici sendiri memfokuskan kegiatannya pada kegiatan alam outbond serta pemandangan alam. Dikelola oleh warga setempat yang dulunya memang hanyalah hutan saja yang dimanfaatkan sebagai tempat untuk mengambil getah.

Untuk bisa menikmati suasana alam di Puncak Becici, sebaiknya kamu datang saat hari Senin-Jumat karena jumlah pengunjung yang tidak terlalu banyak. Tapi kalau mau di hari weekend juga bisa kok, kamu bisa memilih mau datang pada hari Minggu atau Sabtu.

Sebelum masuk Kawasan Puncak Becici, kamu harus membayar tiket masuk 2 ribu rupiah. Lalu, bila membawa kendaraan roda dua akan dikenakan tambahan biaya 2 ribu, sementara untuk roda empat 5 ribu dan untuk bus 20 ribu. Kamu juga bisa menyewa hammock seharga 20 ribu rupiah per dua jam, sementara untuk hammock bertingkat kisaran 15 ribu sampai 60 ribu rupiah.

Fasilitas umumnya juga sudah sangat lengkap, seperti mushola, toilet dan fasilitas outbound. Sehingga bisa menambah kenyamanan para pengunjung.

Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Bantul memang penuh dengan hutan pinus ya. Selain Pengger, ada juga Hutan Pinus Mangunan yang ada di daerah Dlingo, Bantul. Selain suasana alamnya, tempat ini juga sangat instagramable, sangat cocok dijadikan tempat berfoto untuk kamu yang senang dengan fotografi. Ini karena di Mangunan Dlingo terdapat banyak spot foto menarik. Seperti deretan kursi kayu yang memperlihatkan kesan alaminya, ada sarang burung, tangan terbuka dan juga hammock bertingkat yang bisa kamu sewa.

Untuk bisa masuk ke wisata Bantul Jogja Hutan Pinus Mangunan Dlingo, kamu harus membayar tiket masuk sebesar 2.500 per orang. Bila membawa kendaraan maka akan ada tambahan biaya 3 ribu rupiah untuk motor, 5 ribu rupiah untuk mobil dan 10 ribu rupiah untuk bus. Sementara itu untuk jam bukanya dari pukul 6 pagi sampai 6 sore setiap hari. Fasilitasnya pun terbilang cukup lengkap, ada area outbond, mushola dan juga toilet umum.

Berkunjung ke tempat wisata di Bantul ini bisa memberikan pengalaman yang berbeda. Apalagi dengan banyak spot foto menarik, kamu bisa menambah koleksi foto di instagram mu.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

Wisata Bantul Yogyakarta selanjutnya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Tempat wisata yang mirip dengan gurun pasir ini hanya ada 1 di Indonesia, yaitu di Jogja. Para pengunjung yang senang dengan aktivitas menantang biasanya akan bermain sandboarding atau berselancar di atas pasir menggunakan sebuah papan. Tentu akan menyenangkan sekali.

Beberapa spot foto menarik juga sangat cocok untuk kamu yang menyukai fotografi. Ada pohon kaktus, gundukan pasir dan juga ayunan. Biarpun hanya sekedar gurun pasir, namun tempat ini tetap sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Suasananya pun memang terasa sedang di gurun pasir Afrika.

Nah, bila kamu tertarik untuk mengunjungi Gumuk pasir, kamu bisa mengarahkan kendaraan ke Jalan Pantai Parangkusumo, Grogol 10, Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul. Bila dari pusat kota, kamu bisa menemuk jarak perjalanan 30 km dengan lama waktu kurang lebih 50 menit.

Untuk bisa memasuki Kawasan wisata ini, kamu akan dikenakan biaya retribusi sebesar 10 ribu rupiah. Sementara untuk kamu yang ingin mencoba bermain sandboarding kamu bisa menyewa papan dan pengamannya sebesar 70 ribu rupiah. Bila merasa lelah, kamu bisa sejenak mengisi perut di warung yang ada di sekitar tempat wisata.

Tertarik berkunjung ke Gumuk Pasir? Sebaiknya bila memang sedang di Jogja sih kamu sempatkan untuk ke tempat wisata Gumuk Pasir, karena tempat ini hanya ada di Jogja saja.

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung

Wisata di Bantul Yogyakarta memang kebanyakan adalah yang bertemakan alam, khususnya berada di Kecamatan Dlingo yaitu Bukit Panguk Kediwung. Objek wisata ini resmi dibuka sejak bulan Mei tahun 2016. Di bukit Panguk, kamu bisa menikmati keindahan alam bak di atas awan apalagi saat pagi hari. Kamu bisa melihat dengan jelas matahari terbit karena Bukit Panguk memang menghadap ke sebelah Timur.

Sehingga sudah jelas, bahwa waktu terbaik untuk mengunjungi bukit ini adalah saat pagi hari, sekitar pukul 5 pagi. Untuk bisa sampai ke bukitnya pun kamu tidak akan kesulitan. Sebab sudah ada papan petunjuk yang sangat jelas. Jalan menuju bukitnya pun sudah menggunakan aspal.

Nah, sebelum masuk ke Kawasan bukit, kamu akan dikenakan tarif biaya tiket terlebih dahulu yaitu 2.500 per orang. Bila kamu menggunakan kendaraan pribadi maka akan dikenakan tarif tambahan yaitu 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Gunung Kidul

Namun harga tiket masuk tersebut belum termasuk biaya fasilitas spot foto yang ada di Kawasan tersebut ya. Beberapa spot foto biasanya akan dikenakan tarif tambahan lagi sebesar 3 ribu per orang.

Ada beberapa spot foto menarik seperti gardu pandang yang terbuat dari kayu dan bamboo, bentuknya seperti jembatan, menjorok ke bibir tebing. Sehingga para pengunjung bisa lebih leluasa melihat pemandangan di atas gardu pandang. Ada 2 gardu pandang di lokasi bukit yaitu sebelah timur dan sebelah selatan. Bentuknya juga sangatlah unik, ada yang berbentuk perahu ada juga yang berbentuk seperti kereta kencana.

Bagi kamu yang senang dengan spot foto instagramable, sangat rugi sekali bila tidak menyempatkan untuk berkunjung ke Bukit Panguk Kediwung!

Jurang Tembelan Kanigoro

Jurang Tembelan Kanigoro

Jurang Tembelan Kanigoro merupakan wisata alam Bantul yang juga memiliki spot foto instagramable. Berada di Desa Wisata Mangunan, Dlingo, Bantul. Kawasan yang memang mempunyai banyak tempat wisata alam yang indah dan murah.

Di Jurang Tembelan Kanigoro, sudah disiapkan beberapa spot foto agar para pengunjung bisa ber swafoto. Namun, sebelum berfoto, kamu harus membayar tiket masuk dulu seharga 5 ribu rupiah, sudah termasuk biaya parkirnya juga. Sementara itu, bila ingin berfoto pada spot foto di dalam Kawasan wisata, kamu bisa membayar berapapun secara sukarela.

Waktu yang paling direkomendasikan untuk mengunjungi Jurang Tembelan adaa atau pagi hari, tepatnya sebelum matahari terbit. Atau bisa juga sore hari, sebelum matahari terbenam.

Di pagi hari, kita bisa melihat pemandangan awan di bawah jurang yang menutupi Sungai Oya. Kabut tipis pun membuat suasana pagi menjadi sangat segar. Sementara saat sore hari kamu bisa melihat pemandangan matahari terbenam dengan sangat jelas di atas jurang tembelan yang mengarah ke barat daya. Hanya saja untuk pemandangan awan dan matahari terbenam tidak bisa tiap hari kamu nikmati. Ada faktor yang bisa mempengaruhi matahari terbenam, bila cuaca sedang tidak bagus penampakan mataharinya malah tidak akan terlalu terlihat.

Tertarik mengunjungi Jurang Tembelan Kanigoro? Langsung rencanakan saja perjalananmu. Sangat dianjurkan untuk datang saat hari senin-jumat ya agar tempatnya tidak terlalu dipadati oleh pengunjung.

Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit merupakan tempat wisata Bantul lainnya yang menawarkan panorama alam yang indah dan asri. Selain itu, disini juga terdapat beberapa spot foto menarik dan sangat instagramable, diantaranya Rumah Hobbit, Taman Tumpah, Rumah Seribu Kayu Negeri Dongeng dan ada juga arena khusus untuk menguji adrenaline menggunakan flying fox.

Agar bisa mendapatkan pemandangan alamnya yang indah, kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu sampai ke bukit Songgo Langit. Sebelum sampai ke puncak, kamu akan melewati spot foto rumah hobbit. Kamu bisa berhenti sebentar untuk mengabadikan moment. Di bagian rumah hobbit diletakkan beberapa patung Hobbit agar terlihat benar-benar mirip rumah para kurcaci.

Lalu, ada juga rumah seribu kayu. Seperti namanya, rumah ini berbentuk cukup unik dan semuanya terbuat dari kayu serta ranting kering. Kamu bisa masuk ke dalam rumah dan berfoto di dalamnya. Nah, spot foto lain yang juga bisa jadi spot paling instagramable adalah kinciri angin. Berfoto dengan suasana seperti sedang di Belanda, sangat rugi bila terlewat.

Pantai Parangtritis

Parangtritis

Wisata pantai yang ada di Bantul dan sudah sangat terkenal adalah Pantai Parangtritis. Lokasinya ada di sebelah selatan Kota Jogja. Bila dari pusat kota kurang lebih jaraknya 28 km. Warna pasirnya yang hitam menjadi pesona tersendiri dari pantai ini.

Saat berada di pantai ini, kamu bisa melakukan berbagai hal. Salah satunya adalah dengan bermain ATV. Nah, kamu bisa menyewa ATV nya sebesar 50 ribu sampai 100 ribu rupiah. Tergantung berapa lama kamu akan menggunakan. Selain itu, bila kamu ingin naik kuda dan mengelilingi pantai juga bisa sekali. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, yaitu kisaran 20 ribu sampai 50 ribu rupiah.

Bagaimana, tertarik mengunjungi pantai Parangtritis? Bila iya, jangan lupa untuk ekstra berhati-hati ya saat kamu bermain di kawasan pantainya. Ombaknya sesekali bisa saja besar, kalau tidak bisa berenang sebaiknya kamu tidak bermain sampai ke tengah laut.

Kaliurang

Kaliurang

Memilih tempat wisata bernuansa alam untuk berlibur dengan keluarga, Kaliurang bisa menjadi pilihan paling tepat. Pemandangan yang indah, pepohonan yang menjulang tinggi hingga pemandangan puncak Merapi bisa kamu nikmati di Kaliurang.

Udara sekitar pun masih terasa sangat sejuk. Wisatawan yang hadir kebanyakan memang yang membawa keluarganya ke sini. Sekedar berlibur sejenak, bersantai di Kaliurang dengan beralaskan tikar. Disini juga terdapat wahana outbond seperti flying fox dan rumah pohon yang merupakan tempat terfavorit anak-anak.

Untuk fasilitas umum di Kaliurang juga terbilang cukup lengkap. Ada toilet, mushola dan lahan parkir memadai. Sehingga kamu tidak perlu khawatir.

Goa Selarong

Goa Selarong

Wisata Bantul yang terakhir dan sangat direkomendasikan sekali adalah Goa Selarong. Tidak hanya memiliki nilai sejarah, kondisi alam di sekitar goa juga sangat asri sehingga memberikan daya tariknya tersendiri. Hutan yang ada di bukit nya pun masih terlihat rimbun membuat udara di sekitar Goa Selarong masih terbilang cukup sejuk.

Agar wisatawan bisa masuk ke Goa Selarong, wisatawan harus berjalan terlebih dahulu melalui anak tangga kurang lebih sejauh 400 meter. Tidak hanya goa, ada juga tempat wisata lain di dekat goa yang bisa kamu nikmati seperti telaga kecil dan juga air terjun Selarong.

Goa ini memiliki nilai sejarah yang sangat penting. Kita bisa napak tilas mengenai perjalanan Pangeran Diponegoro. Dimana dahulu goa selarong dijadikan sebagai markas oleh pangeran dan pasukannya.

Di dalam goa Selarong sebenarnya terdapat 2 mulut goa. Pertama Goa Kakung yang dipakai oleh Pangeran Diponegoro sebagai Goa Utama dan Goa Putri yang dijadikan sebagai tempat selir Pangeran Diponegoro yaitu Raden Ayu Retnaningsih.

Ratusan anak tangga yang akan dilalui oleh para wisatawan tentunya akan membuat cukup menguras keringat alis lelah. Sehingga sangat disarankan untuk kamu bisa membawa bekal minum secukupnya. Kalau masih memiliki waktu, setelah menelusuri goa, kamu bisa menyempatkan ke air terjun. Namun kamu harus berhati-hati ya, karena akses jalannya masih terbilang cukup sulit dan curam.

Itulah 10 tempat wisata di Bantul yang paling direkomendasikan, khususnya yang bertemakan alam. Kamu bisa berwisata dengan keluarga atau teman. Bila kamu datang dari luar kota, sebelum berwisata sebaiknya persiapkan dulu segalanya ya. Mulai dari biaya liburannya, dimana akan menginap, serta kendaraan apa yang akan digunakan. Kalau tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa menyewanya saat sampai di Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *