Tempat Wisata di Banyumas

15 Tempat Wisata di Banyumas Yang Istimewa dan Populer

Posted on

Traveller, spot wisata di Jogja memang sangat aduhai. Begitu pun dengan Semarang dan Solo, tapi bagaimana dengan Banyumas? Tentu saja tidak kalah kerennya. Daerah yang terkenal dengan logat ngapak ini memiliki tempat wisata di Banyumas yang istimewa dan cukup populer. Bahkan beberapa spot wisata terbaru yang anti mainstream pun dibuat dengan lebih kekinian.

Tempat Wisata di Banyumas

Kalau kamu masih belum familiar dengan tempat wisata di Banyumas, langsung saja simak informasi seputar wisata Banyumas berikut ini.

Kebun Bunga Matahari Rempoah

Kebun Bunga Matahari Rempoah

Tempat wisata yang paling bagus di Banyumas karena keindahan bunganya adalah Kebun Bunga Matahari Rempoah. Bayangkan saja, saat masuk ke lokasi wisata ini kamu akan disambut dengan ribuan bunga warna-warni cerah. Bagi kamu yang gila foto alias suka dengan spot-spot unik plus instagramable, tentu saja kebun Bunga Matahari Rempoah akan sangat memanjakanmu. Tak sedikit juga wisatawan yang sengaja datang kesini hanya untuk berburu foto.

Agar bisa masuk dan menikmati setiap spot yang ada di Kebun Bunga Matahari Rempoah, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk 5 ribu rupiah saja. Sementara untuk lokasinya sendiri berada di Dusun II, Rempoah, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Banjarnegara

Sedikit tips bagi kamu yang ingin berburu foto-foto cantik saat berada di sini. Pertama, gunakanlah costum yang sesuai, lebih baik sih yang colorfull agar sesuai dengan suasana tempat wisata. Kedua, gunakan juga aksesoris seperti kacamata atau topi. Terakhir, jangan lupa isi baterai kameramu sampai penuh agar kamu puas mengambil gambar!

Bukit Pandang Munggang

Bukit Pandang Munggang

Tempat wisata di Banyumas Jawa Tengah selanjutnya akan menyuguhkan pesona alam yang indah dan udara yang menyejukkan. Nama tempat wisatanya adalah Bukit Pandang Munggang, mereka yang ingin berburu suasana alam menjadikan tempat ini sebagai alternatif pilihan.

Baca Juga: Wisata Wonosobo

Bagi para pemburu foto, tenang saja. Di sini ada banyak spot foto kece yang bisa jadi pilihan. Seperti spot pintu langit, seolah kamu sedang membuka pintu yang langsung mengarah ke langit. Bila ingin berfoto di sini kamu harus mengantri ya, karena ada banyak pengunjung yang ingin difoto juga.

Apalagi di malam hari, pemandangan city light akan membuat suasana makin romantic. Bagi yang ingin bermalam di Bukit Pandang, tentu bisa sekali. Ajak teman atau keluargamu untuk menikmati suasana Bukit di malam hari sembari menggelar tenda.

Menjelang pagi hari, pemandangan matahari terbit pun akan menyambutmu. Suguhan pagi yang menghangatkan. Biasanya beberapa pesepeda, sengaja memuaskan hobinya dengan bersepeda ke atas bukit. Rasa lelah tentu akan terbayarkan dengan pemandangan yang disajikan oleh Tuhan.

Lokasinya sendiri berada di Desa Ketenger, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Kalau membawa kendaraan sendiri agar tidak tersesat, kamu bisa dibantu oleh google maps. Skuyy langsung aja rencanakan untuk rehat sejenak dan menikmati suasana alam.

Sendang Bidadari

Sendang Bidadari

Obyek wisata Banyumas satu ini juga akan menawarkan pesona alam yang indah plus air curug yang menyegarkan. Yaitu Sendang Bidadari yang berlokasi di Dusun II, Karangsalam, Baturraden, Banyumas. Sebuah kolam dengan air terjun yang menawan ini merupakan salah satu wisata terpopuler dari sekian banyak tempat wisata di Banyumas.

Warga yang tinggal di sekitar Sendang Bidadari memang tak bisa terlepas dengan kepercayaan animisme dan dinamisme. Sehingga tak heran bila Sendang Bidadari kerap dijadikan sebagai sebuah tempat ritual meditasi dan petilasan. Namun biarpun begitu, kamu tetap bisa menikmati suasana alam sekitar Sendang Bidadari dan air terjunnya. Dijamin, saat kamu menyentuh air yang berada di dalam kolam alami, kamu akan merasakan kesegarannya. Apalagi karena air tersebut langsung bersumber dari sumber mata air kaki gunung slamet.

Nah traveller, sebelum kamu datang ke sini sebaiknya kamu harus tau juga bagaimana sih kondisi medan jalan yang nantinya akan dilalui. Sebab, jalannya berbeda dengan Curug Telu yang sudah dibuatkan jalan setapak (salah satu Curug yang tak jauh dari Sendang Bidadari). Akses jalan di Sendang Bidadari terhampar secara alami alias masih berbentuk tanah merah. Saat musim hujan kamu harus berhati-hati sebab akan cenderung licin.

Sebenarnya kamu bisa menggunakan motor, namun tidak bisa sampai titik lokasi. Sebab, motor mu harus diparkirkan di lahan yang sudah disediakan. Lalu untuk menuju titik lokasi kamu harus trekking kurang lebih 30 menit.

It’s oke, rasa lelah kamu akan terbayarkan dengan pemandangan indah dan kesegaran air curugnya.

Bukit Watu Meja

Bukit Watu Meja

Perbukitan memang menjadi salah satu tempat yang difavoritkan oleh wisatawan pecinta alam alias yang ingin menikmati suasana alam sejenak. Bila sedang berada di Banyumas, kamu bisa datang ke Bukit Watu Meja. Pesona alam ciptaan Tuhan menjadi pemandangan yang akan sangat memanjakan mata dan membuat kita semakin bersyukur. Udara yang sejuk dengan view istimewa benar-benar sangat sempurna untuk merileksasikan pikiran. Pemandangan lembah serayu pun dengan jelas bisa kita lihat.

Lokasi bukit ini berada di Jalan Raya Patikraja-Kebasen, Tumiyang Kidul, Tumiyang Kebasen, Kabupaten Banyumas. Sangat mudah sekali kamu temukan apalagi dengan bantuan google maps.

Agar bisa sampai di puncak bukit, kamu harus berjalan terlebih dahulu dengan melintasi 2 jalur yang sudah disediakan. Jalur pertama melalui tepi jalan kecamatan Patikraja-Kebasen dan jalur  keluarga melalui Desa Gambarsari, Kecamatan Kebasen.

Bukit Agaran

Bukit Agaran

Obyek Wisata Banyumas selanjutnya masih bertemakan alam perbukitan. Selain Watu Meja, ada juga Bukit Agaran yang merupakan tempat favorit untuk melihat pemandangan alam. Lokasinya ada di Dusun Depok, Desa, Dusun III, Melung, Kedung, Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Bagi pecinta foto unik, di sini terdapat spot foto tangan raksasa. Kamu bisa berfoto di atas tangan tersebut dengan latar belakang alam. Pastinya akan kece banget! Kalau sudah berfoto jangan lupa upload ke sosial media ya supaya orang-orang tau kalau di Banyumas ada tempat unik juga.

Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan Pinus Limpakuwus

Deretan hutan pinus yang menjulang, udara yang segar, hingga suara alam yang khas bisa kamu temukan di Hutan Pinus Limpakuwus. Sebuah tempat wisata alam dengan tema hutan pinus yang berlokasi di Area Sawah, Limpakuwus, Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah.

Tempat wisata di Banyumas yang paling bagus untuk kamu berkemah. Sebab sudah disediakan area camping ground cukup luas. Kamu bisa mendirikan tenda sembari dikelilingi oleh hutan pinus. Semakin malam udara akan semakin dingin, jadi sangat disarankan agar kamu bisa menyiapkan segala perlengkapan dan peralatan berkemah yang dibutuhkan. Sebab kalau sudah malam akan sulit menemukan tempat penyewaan barang-barang tersebut.

Bila kamu ingin berkemah, sebaiknya informasikan kepada petugas Hutan Pinus Limpakuwus ya. Ini sebenarnya wajib dilakukan agar bila sewaktu-waktu terjadi hal yang tak diinginkan, petugas bisa dengan mudah membantumu. Yuk langsung aja siapkan ranselmu dan tentukan kapan kamu mau berkemah di sini!

Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasih

Lagi-lagi masih bertema alam perbukitan. Kali ini lokasinya ada di Windujaya, Kedungbanteng, Dusun III, Windujaya, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tranggulasih bisa menjadi alternatif pilihan bukit selanjutnya untuk kamu yang ingin menikmati suasana alam dengan tenang.

Tempat wisata Banyuwangi ini buka setiap hari, alias senin sampai minggu. Bahkan jam bukanya pun 24 jam, jadi kalau kamu mau berkemah juga bisa sekali. Nah, sebelum masuk, kamu harus bayar tiket masuk dulu ya 5 ribu rupiah saja.

Saat hari biasa, pengunjung yang datang sebenarnya tidak terlalu banyak. Berkisaran ratusan jumlahnya. Sementara bila Sudah memasuki waktu liburan, jumlah pengunjung akan meningkat drastis sehingga puncak bukitnya akan sangat ramai. So, kalau ingin lebih nyaman sih memang berkunjung saat hari biasa.

Agar bisa sampai di area lokasi perbukitan, pengunjung harus berjalan kaki dulu lewat undakan anak tangga yang sudah disediakan. Berjalan sembari menikmati udara segar dan angin sepoi. Rasa lelah akan langsung terbayar saat kamu sampai di atas ketinggian.

Tak ketinggalan, beberapa spot foto unik pun sudah dibuat dengan lebih kekinian dengan tidak menghilangkan tema alam yang sebenarnya.

Puncak Dinar

Puncak Dinar

Masih dengan tema alam yang berada di atas ketinggian. Kali ini ada Puncak Dinar, berlokasi di Desa Kalisalak, Gerumbul Windusari Rt 01 Rw 02, Kecamatan Kedung Banteng, Banyumas, Jawa Tengah.

Puncak ini sangatlah populer di kalangan wisatawan muda. Biarpun saat awal masa pandemi sempat ditutup, namun memasuki masa new normal Puncak Dinar kembali ramai dikunjungi. Ya mungkin karena factor bosan dirumah berbulan-bulan sehingga banyak yang memutuskan ingin rehat dan menikmati alam sejenak, sekaligus menghilangkan rasa jenuh dalam rumah.

Seperti biasa, sebelum kamu bisa sampai tepat di atas puncaknya, tentu kamu harus trekking lebih dulu. Oleh sebab itulah, agar rasa lelah bisa diminimalisir sebaiknya kamu membawa makanan dan minuman secukupnya. Kalau sudah sampai di puncak, kamu bisa menikmati makanan dan minuman yang dibawa sembari melihat pemandangan alam yang indah plus menghirup udara segar, ini benar-benar akan menjadi waktu istirahat paling nyaman sekali.

Bukit Gadog

Bukit Gadog

Hayoo, siapa yang kalau mencari tempat wisata alam yang dicari adalah spot selfienya? Ya sudah biasa sih, karena memang spot foto unik sedang happening dan difavoritkan oleh banyak wisatawan. Nah, tanpa menghilangkan kesan alamnya, Banyumas juga memiliki spot foto keren yaitu Bukit Gadog. Berlokasi di Dusun III, Sunyalangu, Karanglewas, Banyumas, Jawa Tengah.

Untuk bisa masuk dan sampai di atas puncaknya, kamu harus membayar tiket masuk 5 ribu rupiah saja. Sementara itu, kalau membawa kendaraan akan dikenakan tiket parkir 2 ribu per kendaraan.

Sembari berjalan dari tempat parkir ke atas puncak, kamu bisa menikmati semilir angin sekaligus pemandangan alam yang indah. Sesampainya di puncak tentu pemandangan akan semakin sempurna.

Curug Jenggala Kalipagu

Curug Jenggala Kalipagu

Setelah wisata bukit, kita beralih ke wisata air yang masih bertemakan alam. Namanya adalah Curug Jenggala Kalipagu, tempat wisata Banyumas yang berlokasi di Jalan Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Nuansa alam dengan atmosfer romantic serta udara yang sejuk bisa kamu nikmati di Jenggala Kalipagu. Tak lupa air curugnya pun sangat menyegarkan. Kamu bisa turun ke area kolam curug dan bermain air di dalamnya. Kapan lagi menikmati air pegunungan? Jadi biarpun basah, ya nikmati saja.

Curug Lima

Curug Lima

Next, masih dengan konsep alam dan wisata air yang ada di Banyumas. Selanjutnya, kamu bisa berkunjung ke Curug Lima, di sini kamu akan mendapati pemandangan air terjun dengan debit air yang cukup deras. Nuansa alaminya pun sangat kental, alam yang hijau sekaligus menyegarkan.

Lokasinya ada di Dusun II, Baseh, Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah. Tiket masuknya tidak lebih dari 10 ribu rupiah. Kamu bisa membawa kendaraan, namun tentunya harus diparkir di area yang telah tersedia. Setelah parkir kamu harus trekking terlebih dahulu. Itung-itung melemaskan otot kaki yang sudah lama tak digerakkan. Rasa lelahmu akan segera terbayarkan saat kamu benar-benar sampai di Curug Lima.

Curug Kedung Lesung

Curug Kedung Lesung

Bagi para pecinta alam, berkunjung ke Banyumas pasti akan sangat dimanjakan sekali. Selain perbukitan yang menjadi tempat paling asik menikmati pemandangan alam di atas ketinggian, ada pula curug yang cocok juga untuk menikmati alam plus kesegaran air pegunungan.

Kedung Lesung namanya, memiliki debit air yang terbilang cukup besar apalagi saat musim hujan. Jadi, kamu harus berhati-hati ya. Kalau tidak terlalu bisa berenang sebaiknya jangan terlalu berlebihan saat bermain air di kolam Curug Kedung Lesung. Lokasinya sendiri berada di Hutan, Tumiyang, Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Telu

Curug Telu

Dari Kedung Lesung mari kita jelajahi curug di Banyumas selanjutnya yaitu Curug Telu. Berlokasi di Karangsalam, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Pesona curug ini ada pada pancuran air terjun serta kesegaran airnya. Pesona alam sekeliling curug pun menjadi daya tarik dan nilai plus.

Curug Nangga

Curug Nangga

Kesegaran air pegunungan juga bisa kamu rasakan di Curug Nangga yang berlokasi di Petahunan, Hutan, Petahunan, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pemandangan curug yang berundak-undak terlihat sangat menarik. Pengunjung bisa memilih mau bermain di undakan yang keberapa, apakah paling atas atau paling bawah. Di sekeliling curug ada pepohonan hijau yang membuat suasana semakin menyegarkan.

Curug Cipendok

Curug Cipendok

Dan terakhir, kamu bisa berkunjung ke Curug Cipendok yang ada di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Tempat wisata Jawa Tengah ini terbilang hits apalagi dikalangan anak muda. Suasananya masih sangat alami, bila beruntung mungkin kamu akan menemukan monyet ekor Panjang berkeliaran. Ketinggian air terjun mencapai 92 meter, jangan coba-coba untuk melompat dari atasnya ya karena akan sangat membahayakan.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Wonosobo

Kalau mau membawa anak-anak, sebaiknya awasi saat mereka bermain air agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Kalau perlu sih gunakan pelampung sebagai salah satu bentuk keamanan.

Itulah 15 tempat wisata di Banyumas bertemakan alam menyejukkan. Bagaimana, tempat-tempat di atas tidak kalah keren kan dengan tempat wisata yang ada di daerah lain? So, kamu nggak usah ragu lagi untuk datang ke sini. Bahkan selain 15 yang sudah disebutkan di atas masih banyak lagi wisata Banyumas yang bisa kamu eksplore. Tapi sebagai permulaan kamu bisa pilih saja salah satu tempat di atas.

Sedikit tips juga saat kamu berwisata ke alam, gunakan sepatu yang nyaman ya karena biasanya kamu diharuskan berjalan kaki sebelum benar-benar sampai ke titik lokasi wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *