Tempat Wisata di Banyuwangi

18 Tempat Wisata di Banyuwangi Terkeren, The Sunrise of Java

Posted on

Mengetahui apa saja pilihan tempat wisata di Banyuwangi selengkap mungkin akan memberikan Anda kesempatan untuk bisa mendapatkan pengalaman berlibur yang maksimal. Sebab, wisatawan dari luar Banyuwangi sejauh ini hanya tahu pilihan wisata yang itu-itu saja. Yang mana di sisi lain, sebenarnya masih ada banyak tempat cantik di Banyuwangi dan sangat disarankan untuk dikunjungi.

Tentu saja ada banyak pilihan objek wisata Banyuwangi yang ditawarkan, diantaranya ada Pantai Sukamade, Pantai Plengkung yang sudah populer skala internasional, Waduk Bajulmati,Air Terjun Kembar Arum, Jawatan Benculuk yang ikonik, Puncak Asmoro, Bukit Mondoleko dengan banyak spot foto, Candi Agung Gumuk Kancil, Mangrove Bedul Ecotourism, dan masih banyak lagi.

Tempat Wisata di Banyuwangi

Langsung saja, berikut adalah beberapa pilihan tempat wisata Banyuwangi yang bisa Anda kunjungi. Pilihan destinasi wisata Banyuwangi yang diberikan akan dimulai dari eretan pantai, dilanjutkan dengan wisata waduk, pegunungan, dan seterusnya.

Pantai Sukamade

Pantai Sukamade

Membicarakan opsi-opsi pariwisata di Banyuwangi jelas tak bisa dilepaskan dari wisata pantai. Ada banyak pantai indah di Banyuwangi yang bisa mengalahkan pantai-pantai lain di Pulau Jawa. Malahan tidak sedikit pantai di Banyuwangi yang keindahannya mengalahkan pantai-pantai di Bali. Maka dari itu, jangan sampai Anda tidak sempat mampir ke salah satu saja pantai di Banyuwangi.

Pilihan pertama objek wisata Banyuwangi yang berwujud pantai adalah pantai Sukamade. Pantai Sukamade memang indah karena pemandangannya, namun bukan hanya itu saja daya tariknya sehingga bisa membuat wisatawan  asing juga tertarik dengan pantai ini. Pantai Sukamade juga menjadi habitat bagi banyak penyu raksasa.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Bangkalan

Karenanya, di pantai ini juga ada Unit Pengelola Konservasi Penyu atau UPKP. Karena sudah ada unit konservasi resmi, Anda berkesempatan untuk bisa mengantarkan bayi-bayi penyu yang sudah menetas ke bibir pantai. Akan jadi pengalaman yang tak terlupakan dan hanya bisa didapatkan ketika mengunjungi pantai ini saja.

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Lain halnya dengan Pantai Plengkung, pantai ini tidak menyajikan wisata untuk bisa melihat langsung habitat penyu, namun untuk berselancar atau surfing. Pantai ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Menjadi salah satu pantai dengan ombak terbaik di dunia, bukan untuk skala nasional lagi.

Memiliki nama lain sebagai G-Land, pantai ini sering dijadikan lokasi kompetisi selancar kelas dunia. Untuk Anda yang tidak bisa berselancar pun juga boleh-boleh saja pergi ke pantai ini. Sebab di dekat pantai ini ada rumah instruktur selancar yang bisa mengajari Anda.

Ditambah lagi, di pantai yang cantik ini tidak hanya selancar saja yang bisa dilakukan. Anda juga bisa bermain voli pantai, memancing, dan sekedar bersantai.

Pantai Tabuhan

Pantai Tabuhan

Terakhir ada Pantai Tabuhan yang juga cukup terkenal untuk wisatawan luar Banyuwangi. Lebih banyak aktivitas bisa dilakukan di objek wisata Banyuwangi ini. mulai dari berselancar dengan ombaknya yang sedang, snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah air yang cantik dan masih alami, hingga sekedar menikmati pemandangan pantai saja.

Pantai yang berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi ini memiliki pasir pantai yang sangat putih. Semakin sempurna saja apa yang ditawarkan pada wisatawan karena memiliki air yang sangat jernih sehingga warnanya biru muda. Pasti tidak kecewa bila mampir ke wisata ini, dan jangan terkejut bila di pantai ini nanti Anda menjumpai lebih banyak wisatawan asing daripada wisatawan lokal.

Waduk Sidodadi Glenmore

Waduk Sidodadi Glenmore

Waduk Sidodadi Glenmore sangat direkomendasikan sebagai pilihan tempat wisata di Banyuwangi untuk Anda yang datang bersama keluarga. Alasannya adalah meskipun dihadirkan sebagai satu wisata, namun wujudnya adalah kawasan wisata yang luas dan menawarkan banyak atraksi.

Mulai dari kolam untuk bermain kapal bebek, sungai untuk arung jeram, rumah makan untuk makan siang, hingga taman bunga yang cantik untuk dijadikan spot foto. Aktivitas lain seperti memetik kakao, flying fox, dan ATV juga bisa dilakukan karena sudah ada fasilitasnya.

Lokasi dari wisata Banyuwangi ini berada di Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi.

Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati sering dijadikan alternatif untuk siapa saja yang ingin berlibur ke Raja Ampat namun terbatas biaya. Di Pulau Jawa saja, tak perlu terbang meninggalkan Pulau Jawa sudah bisa didapatkan pemandangan yang hampir sama cantiknya dengan di Raja Ampat.

Apa yang membuatnya hampir mirip dengan salah satu wisata yang ada di Papua adalah adanya gundukan-gundukan pulau kecil. Letak dari wisata ini berada di perbatasan antara Banyuwangi dengan Situbondo, lebih tepatnya berada di Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini tak hanya sekedar fotografi dan bersantai saja. Anda juga bisa mencoba bermain ATV dan speedboat. Salah satu obyek wisata Banyuwangi ini juga sering dijadikan lokasi outbound.

Air Terjun Kembar Arum

Air Terjun Kembar Arum

Anda diberikan pilihan pariwisata di Banyuwangi yang berwujud air terjun, namanya adalah Air Terjun Kembar Arum. Air terjun ini sangat unik sehingga sangat layak bila direkomendasikan untuk wisatawan siapapun itu.

Bagian atas air terjun ini memiliki bentuk seperti sistem irigasi pada persawahan. Karenanya, jika dilihat dari jauh wisata ini terlihat seperti kawasan sawah yang biasanya diakhiri dengan air terjun. Memiliki ketinggian yang cukup tinggi, airnya sangat menyegarkan karena berasal dari Gunung Raung langsung.

Berada di sekitar air terjun ini akan menyenangkan, sebab selain bisa merasakan suasana sejuk, siapa saja juga bisa bermain air. Areal kolam yang ada di bawah air terjun lebih banyak dangkalnya daripada dalam. Namun sebaiknya tetap pastikan dulu kedalamannya sebelum bermain. Lokasinya berada di Dusun Sumberasih, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk adalah salah satu wisata Banyuwangi yang paling populer dan ikonik. Bisa dikatakan wisata ini menempati posisi kedua setelah Kawah ijen pada daftar wisata-wisata Banyuwangi terpopuler. Anda mungkin sebelumnya pernah melihat wisata ini secara tidak langsung. Apakah itu di film, sinetron, atau jenis hiburan lainnya.

Sebab memang lokasi di wisata ini cukup indah dan sangat natural, pas dijadikan lokasi syuting. Apa yang ada di sini adalah sebuah jalan beralas pasir dengan pepohonan rindang di tepiannya. Pokoknya sangat unik, sulit untuk dideskripsikan.

Sebaiknya Anda juga mampir kesini saat berada di Banyuwangi. Adapun lokasinya ada di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi.

Saking indahnya, lokasi ini juga sering dijadikan lokasi foto prewedding. Satu lagi, di Jawatan Benculuk ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Mulai dari sekedar berfoto-foto, tamasya dan menggelar karpet di bawah pepohonannya, memancing, dan arung jeram pun bisa. Sebab di dekat Jawatan Benculuk ini ada sungai kecil dengan aliran air yang mendukung untuk arung jeram.

Puncak Asmoro

Puncak Asmoro

Jika obyek wisata Banyuwangi yang dicari adalah perpaduan antara alam dengan spot foto buatan manusia, maka pilihannya adalah Puncak Asmoro. Sebagaimana wujud dari wisata Banyuwangi ini, wisata ini berada di ketinggian 600 an meter dari permukaan laut. Jadi saat perjalanan nanti, jangan kaget bila jalannya terus menanjak.

Setelah sampai di atas, Anda akan merasakan suasana yang sejuk dan menyegarkan. Bukan hanya karena pepohonannya saja, melainkan udaranya yang masih bersih ditambah lagi berada di ketinggian. Juga tersedia banyak pilihan spot foto buatan, sehingga Anda bisa dengan bebas memilih yang mana untuk dijadikan kenangan atau memenuhi kebutuhan update liburan.

Ada area yang difavoritkan di Puncak Asmoro dan mungkin Anda suka. Area tersebut adalah taman bunga yang telah diberi kursi-kursi. Beristirahat di sana dan menikmati pemandangan taman bunga akan menyenangkan. Jika wisata ini mulai membuat Anda tertarik, kunjungi saja Dusun Kacangan Asri, Desa Gombeng, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Di wisata ini Anda juga bisa menikmati indahnya selat Bali. Untuk jaraknya, hanya sekitar 13 kilometer saja dari pusat Kota Banyuwangi.

Bukit Mondoleko

Bukit Mondoleko

Bukit Mondoleko adalah pilihan objek wisata Banyuwangi yang menyuguhkan pemandangan alam totalitas. Sebab, setelah naik di puncak bukit dan memang kondisi cuacanya cerah, Anda bisa melihat dengan jelas kemegahan Gunung Raung dan Gunung Merapi.

Wisata ini akan cocok dikunjungi bersama keluarga maupun bersama para sahabat. Di bagian bawah bukit, Anda akan menjumpai taman bunga matahari yang sangat bagus dijadikan spot foto. Adapun lokasi wisata ini berada di Desa Sragi, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Tentu saja wisata semenarik Kawah Ijen juga masuk di daftar ini, atau mungkin karena saking populernya Anda sudah pernah kesana? Sebagaimana namanya, apa yang ditawarkan wisata ini adalah pemandangan kawah di Gunung Ijen. Ketinggian gunung ini sekitar 2.443 meter dari permukaan laut, karenanya untuk bisa menikmati pemandangan kawahnya Anda harus mau berjalan dulu, lebih tepatnya mendaki.

Kabut dan asap bukan hal yang jarang, Anda akan terbiasa ketika sudah lama mendaki. Pemandangan kawah akan semakin menarik di malam hari. Kawah akan terlihat seperti bersinar, mengeluarkan warna biru cerah yang cantik.

Gunung Raung

Gunung Raung

Satu lagi gunung yang bisa didaki selama di Banyuwangi, gunung tersebut adalah Gunung Raung. Lokasinya berada terpisah sekitar 45 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi. Lebih tepatnya berada di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, dari desa inilah Anda bisa memulai pendakian.

Mangrove Bedul Ecotourism

Mangrove Bedul Ecotourism

Dari namanya, pasti Ada sudah bisa menebak dengan apa yang ditawarkan destinasi Banyuwangi ini. Perlu Anda ketahui bahwa Mangrove Bedul Ecotourism adalah kawasan mangrove terbesar di Pulau Jawa. Karena ukurannya yang besar, saat berada di tengah, sejauh mata memandang Anda hanya akan melihat suburnya pohon mangrove di atas perairan. Pasti akan menarik, buktikan saja dengan datang ke Dusun Blok Solo, Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi.

Candi Agung Gumuk Kancil

Candi Agung Gumuk Kancil

Candi Agung Gumuk Kancil diketahui menjadi salah satu peninggalan kerajaan bercorak Hindu di abad ke-7. Memiliki wujud yang cantik dan khas, bisa dijadikan alternatif objek wisata Banyuwangi jika Anda sudah cukup puas dengan wisata alam. Adapun lokasinya berada di Desa Bumiharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi.

Lori Wisata Kalibaru

Lori Wisata Kalibaru

Satu lagi pilihan wisata alam Banyuwangi yang siap memanjakan Anda sebagai wisatawan. Sebenarnya yang ditawarkan Lori Wisata Kalibaru bukan hanya wisata alam saja, mungkin juga lebih bisa disebut dengan wisata buatan yang memberikan pengalaman berbeda dari wisata lainnya. Bahkan kemungkinan besar hanya bisa Anda temukan di Banyuwangi saja.

Di wisata ini, Anda bisa merasakan naik kereta khusus untuk bisa menikmati kawasan hutan yang masih alami. Update terakhir terkait biaya yang dibebankan untuk menaiki kereta ini adalah 1,2 jutaan untuk kapasitas sampai 16 orang di dalamnya. Jika Anda tertarik bisa datang langsung ke Jalan Raya Kalibaru, Banyuanyar, Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi.

Umbul Bening Waterpark

Umbul Bening Waterpark

Meskipun Banyuwangi memiliki banyak pantai yang cantik, tetap saja ada destinasi Banyuwangi yang wujudnya waterpark. Nama pariwisata di Banyuwangi ini adalah Umbul Bening Waterpark. Memberikan pengalaman bermain air di tengah udara yang menyejukkan ketika berada di Banyuwangi.

Wahana atau atraksi yang diberikan sebagaimana waterpark pada umumnya, yaitu kolam dengan bervarian jenis dan kedalaman serta beberapa atraksi waterpark yang cukup menghibur. Waterpark ini berada di Dusun Salamrejo, Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi.

Pondok Indah Banyuwangi

Pondok Indah Banyuwangi

Apa yang ada di Pondok Indah Banyuwangi adalah kawasan wisata dengan rumah-rumah kayu. Rumah-rumah kayu ini berada di tengah kawasan hutan sehingga Anda bisa mendapatkan wisata yang tenang di wisata ini.

Jaraknya hanya sekitar 10 kilometer saja dari pusat Kota Banyuwangi, menyajikan makanan khas Banyuwangi dan pemandangan sawah yang memanjakan mata. Lokasinya berada di Jalan Lijen KM 8,7, Desa Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

Rumah Kurcaci Glenmore

Rumah Kurcaci Glenmore

Karena kini saatnya membahas wisata Banyuwangi yang wujudnya buatan manusia, maka Rumah Kurcaci Glenmore jadi salah satu yang direkomendasikan. Mungkin Anda sudah bisa menebak bahwa wisata ini akan memberikan banyak spot untuk foto. Memang benar adanya, lebih tepatnya berupa spot foto yang wujudnya rumah-rumah kecil dengan penuh warna.

Bukan hanya taman dengan tanaman-tanaman hias dan rumah-rumah berukuran mini saja. Wisata yang berada di Jalan Untung Suropati Nomor 44, Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi ini juga memiliki kolam dan cafe. Harga tiketnya akan gratis bila Anda memesan makan atau minuman di cafe tersebut.

Kampung Warna Warni Kalilo

Kampung Warna Warni Kalilo

Pilihan wisata di Banyuwangi yang terakhir adalah Kampung Warna Warni Kalilo. Sebuah perkampungan yang memilih cat atap dan cat dinding yang berbeda-beda antara satu rumah dengan lainnya.

Banyak spot bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto. Wujudnya memang perkampungan, namun bisa sangat bersih karena warganya yang juga aktif selalu memastikan kebersihannya. Jika Anda penasaran dengan wisata ini bisa langsung saja menuju Jalan Kalilo, Dusun Singonegaran, Kelurahan Pengantigan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Bisa dipastikan letaknya tidak jauh dari pusat Kota Banyuwangi karena masih berada di dalam Kecamatan Banyuwangi.

Apakah Anda sudah menemukan tempat wisata di Banyuwangi yang membuat Anda tertarik? Masing-masing wisata di atas sudah disajikan dengan alamat atau lokasinya, kapan saja Anda sampai di Banyuwangi bisa segera mampir untuk memenuhi kebutuhan berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *