Tempat Wisata Di Batang

16 Tempat Wisata Di Batang Bernuansa Alam Paling Populer

Posted on

Mungkin sebagian dari kamu masih ada yang belum pernah mendengar daerah Batang, ini karena Batang memang tak sepopuler daerah di Jawa Tengah yang lainnya. Padahal ada beberapa kabupaten yang sudah terkenal mengapit daerah ini yaitu Banjarnegara, Pekalongan dan Kendal. Atau justru sebenarnya kamu pernah berkunjung ke Batang namun tidak menyadarinya?. Namun siapa sangka ternyata ada banyak tempat wisata di Batang bertemakan alam yang akan membuatmu terpesona.

Nah, karena sekarang sudah tau, sebaiknya saat sampai di Batang kamu tidak buru-buru pergi. Sebab ada banyak tempat wisata di Batang yang harus banget nih kamu eksplore, apalagi bila kamu memang hobi travelling.

Tempat Wisata di Batang

Berikut ini adalah rekomendasi 16 tempat wisata Batang bernuansa alam yang paling populer. Simak yuk!

Pantai Sigandu

Pantai Sigandu

Diurutan paling pertama adalah wisata pantai Sigandu, lokasinya ada di Sidomulyo, Klidang Lor, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Hamparan pasir putih akan menyambut saat kamu berada di area pantainya. Yang kangen sama suasana pantai, bisa banget nih menyempatkan untuk datang ke Sigandung yang termasuk dalam salah satu wisata terkenal di Kabupaten Batang.

Soal fasilitas pun kamu tak perlu khawatir, sebab tempat ini sudah dikelola dengan cukup baik. Berbagai macam fasilitas umum seperti area parkir yang luas, toilet yang terawatt, mushola hingga resto akan membuat wisatawan makin nyaman.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Purwokerto

Hal yang perlu kamu ketahui juga, Pantai Sigandung lokasinya sangat dekat dengan Batang Dolphins Centre. Jaraknya hanya 2 km saja, ya mungkin kurang lebih kamu akan menghabiskan waktu selama 10 menit untuk bisa sampai di BDC.

Kalau sudah puas menikmati suasana pantai, kamu bisa banget melanjutkan perjalananmu ke BDC!

Pantai Cemoro Sewu

Pantai Cemoro Sewu

Next ada Pantai Cemoro Sewu, tempat wisata di Pekalongan Batang yang juga popular. Lokasinya ada di Kebonan, Proyonanggan Utara, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Ada banyak pohon cemara yang ditanam di pantai ini, tujuan penanam tersebut adalah untuk mencegah abrasi pantai. Namun sekarang, pohon cemara tersebut ternyata memberikan keuntungan lain yaitu udara yang lebih sejuk yang akan membuat nyaman wisatawan.

Kalau tidak puas menikmati suasana pantai dalam waktu satu hari, kamu bisa banget nih berkemah dan mendirikan tenda di bibir pantai. Wah, ini pastinya akan menjadi pengalaman liburan paling mengesankan apalagi kalau kamu berkemah dengan sahabat terdekatmu.

Nah, kalau kamu suka dengan aktivitas memancing, kamu bisa coba berjalan menuju karang Maheso. Tempat ini memang sangat terkenal sebagai pemancingan umum.

Pantai Ujung Negoro

Pantai Ujung Negoro

Masih belum puas dengan wisata Kabupaten Batang yang bertemakan pantai? Oke, kamu bisa lanjut saja menjelajahi pantai di Ujung Negoro. Lokasinya ada di Rawa Kudo, Ujungnegoro, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Bagi para mancing mania ada spot yang akan memanjakanmu yaitu area batu karang yang berada di sisi tebing pantai. Silahkan nikmati hobimu sepuasnya di situ. Atau kalau suka dengan aktivitas susur goa, kamu juga bisa banget menyusuri goa yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Sementara kalau ingin melihat pemandangan pantai secara keseluruhan dari atas ketinggian, kamu bisa mendaki bukit yang ada di Ujung Negoro.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung? Bila dari pusat kota jaraknya kurang lebih 12.8 km, sementara kalau dari jalur pantura biasanya wisatawan akan menghabiskan waktu 15 menit untuk benar-benar sampai di Kawasan wisata pantainya.

Curug Gombong

Curug Gombong

Lanjutt, masih banyak banget nih wisata Batang yang mempesona dan bisa memanjakan waktu liburanmu. Apalagi kalau kamu butuh suasana alam yang sejuk, kamu bisa berkunjung Curug Gombong yang berlokasi di Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Curug ini mempunyai 2 air terjun yang cukup besar yaitu Curug Lanang dan Curug Wadon. Agar bisa menikmati kesegaran air curug tersebut, kamu harus menuruni kurang lebih 30 anak tangga. Sesampainnya di bawah, kamu bisa melihat pesona air terjun dengan ketinggian 18 meter.

Penasaran ingin menikmati curug Gombong? Yuk langsung saja datang ke Desa Gombong, kalau dari Jalur Pantura sih wisatawan biasanya menempuh waktu kurang lebih 20 menitan (menggunakan jalur via Subah)

Kebun Teh Pagilaran

Kebun Teh Pagilaran

Kebun teh Pagilaran berlokasi di Jalan Botosari, Pagilaran, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Tempat wisata ini sangat terkenal sekali di Batang, bahkan dijadikan sebagai agrowisata unggulan di Kabupaten ini. So, kalau sudah unggulan begini sih sangat rugi kalau tidak kamu kunjungi.

Hamparan kebun teh nya mulai dari 600 mdp sampai dengan 1.600 Mdpl. Sementara untuk luasnya mencapai 1.130 hektar, luas sekali kan? Ada atraksi wisata agro yang bisa dinikmati wisatawan yang berkunjung yaitu tea walk. Dimana kamu bisa menelusuri jalur perkebunan teh sejauh 6 km yang ada di Desa Pagilaran.

Gimana, tertarik untuk melakukan tea walk di Pagilaran? Langsung saja rencanakan kapan waktu liburanmu.

Bukit Sri Gunung

Bukit Sri Gunung

Menikmati pesona alam memang tak akan pernah membosankan, apalagi bagi kamu yang tinggal di Kawasan kota. Alam tentu menjadi terapi khusus dikala penat oleh hiruk pikuk kesibukan. Kalau memang kamu sedang mencari wisata di Batang Jawa Tengah yang bertema alam, kamu bisa datang ke Bukit Sri Gunung yang berlokasi di Jalan Banyuputih, Kedawung, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Hamparan pemandangan alam menjadi daya tarik utama saat kamu datang ke sini. Ada pula pemandangan puluhan jenis bunga yang ditanam di puncak bukit Sri Gunung, kamu bisa banget berfoto diantara bunga-bunganya. Ada pula fasilitas gazebo yang secara khusus dibuat untuk wisatawan agar bisa menikmati suasana alam dengan nyaman.

Yuk lepaskan perasaan penat dengan berkunjung ke Bukit Sri Gunung. Agar bisa sampai di lokasi wisata, kamu bisa menempuh perjalan melalui jalan Raya Pantura, Kabupaten Pantura.

Pantai Pelabuhan Perikanan

Pantai Pelabuhan Perikanan

Punya hobi memancing? Bagaimana kalau kamu menikmati hobi di Pantai Pelabuhan Perikanan? Lokasinya ada di Ketanggan, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Selain suasana pantainya, Pantai Pelabuhan Perikanan memang sangat terkenal akan spot memancingnya. Tak heran kalau para mancing mania sengaja datang hanya untuk menikmati aktivitas tersebut. Yuk nikmati suasana berbeda, kalau biasanya kamu mancing di sungai, sekarang mending coba memancing di pantai.

Jangan lupa membawa perlengkapan memancing kamu sendiri ya. Jangan terlalu berharap kalau di lokasi ada tempat penyewaan, karena tentu akan lebih nyaman kalau kamu membawa dari rumah.

Curug Sijeglong

Curug Sijeglong

Curug Sijeglong merupakan tempat wisata di Pekalongan Batang yang juga tak kalah populer dengan tempat wisata lain yang sudah disebutkan sebelumnya. Untuk lokasinya sendiri berada di Margosono, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Sebuah curug indah akan menemani waktu liburanmu. Udara yang segar dan pemandangan alam yang terjaga pun semakin menyempurnakan keberadaanmu yang sedang liburan di alam. Beberapa spot foto keren pun semakin menarik perhatian wisatawan. Cocok sekali untuk kamu yang senang berburu spot foto unik alam.

Tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di sini? Yuk langsung saja atur waktu liburanmu. Agar semakin seru, jangan datang sendirian ya, ajak teman atau keluargamu. Namun pastikan jangan pernah meninggalkan apapun selain kenangan saat berwisata ke Curug Sijeglong, apalagi meninggalkan sampah, jangan bangettt!

Telaga Dringo

Telaga Dringo

Pesona Telaga Dringo menjadi tempat wisata Jawa Tengah selanjutnya yang menarik perhatian. Berlokasi di Mojotengah, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Lagi-lagi suasana alamnya pun patut diacungi jempol. Cocok sekali nih untuk kamu yang ingin sekedar menikmati suasana alam, atau kalau mau mencari spot foto menarik pun sangat bisa sekali. Telaga yang ada di Mojotengah ini adalah perbatasan dengan Banjarnegara. Jadi, kalau kebetulan kamu sedang berada di Banjarnegara atau Batang, sempatkan untuk berkunjung ke sini yuk!

Desa Wisata Pranten

Desa Wisata Pranten

Sama dengan daerah lain yang ada di Jawa Tengah, Batang juga punya Desa Wisata yang memiliki daya tarik alam. Yaitu Desa Wisata Pranten, lokasinya ada di Praten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Sebuah desa yang terkenal akan penghasil sayur mayur. Namun untuk bisa berkunjung Pranten, kamu tidak bisa datang sendiri ya alias harus rombongan.

Karena lokasinya yang berada pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut membuat Desa Wisata Pranten memiliki udara yang sangat menyejukkan. Bagi kamu yang merindukan udara bersih khas pegunungan, bisa banget nih datang ke sini. Di desa ini juga terdapat sumber mata air hangat yang konon dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Jadi, kalau kebetulan kamu memiliki masalah dengan kondisi kulitmu, nggak ada salahnya kalau coba mengusap air hangat dari sumber mata air tersebut ke tubuhmu.

Batang Dolphin Center

Batang Dolphin Center

Ingin berinteraksi dengan lumba-lumba? Kamu bisa berkunjung ke Batang Dolphin Center yang berlokasi di Jalan Pantai Sigandu, Ujungnegoro, Kidanglor, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Dari nama tempatnya saja kita sudah bisa tau kalau Batang Dolphin center adalah tempat yang bisa mempertemukan kita dengan lumba-lumba. Karena memang ini adalah tempat penangkarannya, bagi anak-anak ini adalah tempat liburan paling menyenangkan.

So, kalau kamu ingin mencari wisata keluarga yang edukatif, tidak ada salahnya kalau datang ke BDC. Ajak anak-anak juga ya agar bisa semakin mengenal makhluk ciptaan Tuhan yang satu ini. Kamu tak perlu khawatir, sebab lumba-lumba termasuk binatang yang jinak, apalagi ada pawang yang akan menjagamu saat ingin berinteraksi secara langsung.

Batu Gamelan Batang

Batu Gamelan Batang

Belum selesai nih, masih ada lagi wisata di Batang yang pasti akan membuatmu tertarik yaitu Batu Gamelan Batang, lokasinya ada di Tosa, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Sebuah tempat wisata sejarah yang edukatif, di sini terdapat gundukan batu besar yang sering mengeluarkan bunyi gamelan.

Bahkan dulu bunyi gamelan tersebut bisa terdengar hingga ke area perkampungan dan hanya terdengar pada hari kramat saja, diantaranya hari Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon. Wah, unik sekaligus mistis ya? Batu gamelan tersebut juga ternyata peninggalan sejak zaman megalitikum. Artinya gamelan menjadi saksi bisu sejarah perkembangan umat manusia.

Jadi gimana, tertarik untuk datang ke Batu Gamelan Batang dan mendengarkan bunyi gamelannya secara langsung?

Cagar Budaya Silurah

Cagar Budaya Silurah

Cagar Budaya Silurah berlokasi di Silurah, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Sama hal nya seperti batu gamelan yang amat sangat bersejarah, di cagar budaya ini juga kamu bisa mengeksplor tempat wisata yang sangat bersejarah. Ini merupakan sebuah tempat peninggalan umat hindu, terdapat sebuah arca siwa yang agung yang sudah ada sejak abad ke 9 masehi. Untuk menemukan cagar budaya ini sebenarnya tidak terlalu sulit, apalagi bila menempuh dari pusat kota. Agar tidak tersesat cobalah minta bantuan pada google maps.

Pemandian Air Panas Sangubanyu

Pemandian Air Panas Sangubanyu

Ingin merilekskan otot-otot tubuh dengan berendam air panas di pemandian khusus? Langsung saja datang ke Pemandian Air Panas Sangubanyu yang berlokasi di Pesanggrahan, Sangubanyu Kecamatan Bawang, Kabupaten Bawang, Jawa Tengah. Kamu yang sedang merasa lelah, otot merasa tegang bisa sempatkan untuk berendam di sini.

Sambil berendam, kamu juga bisa menikmati suasana sejuk di sekitar pemandian tersebut. Lokasi pemandiannya sendiri berada di lereng pegunungan batang. Sehingga tak heran kalau udara sejuknya masih sangat terasa.

Soal fasilitas pun sudah tidak usah dikhawatirkan lagi. Pihak pengelola hingga sekarang masih berusaha untuk membuat fasilitas yang akan membuat nyaman pengunjung yang datang. Seperti fasilitas toilet, mushola, sampai dengan area parkir yang memadai. Kebersihannya pun sangat terjaga. Ya, biarpun sesekali ada saja sampah yang berserakan karena ulah wisatawan yang tak bertanggung jawab.

Tubing Pandansari

Tubing Pandansari

Nah, kalau yang satu ini cocok sekali nih dinikmati oleh penikmat rafting atau yang ingin menguji adrenaline. Nama tempat wisatanya adalah Tubing Pandansari, berlokasi di Jalan Raya Gunung Tugel, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Untuk rafting kamu akan melakukannya di Sungai Rafting. Namun kalau tidak mau menikmati rafting, kamu bisa menikmati suasana alamnya saja. Atau ingin berkemah? Bisa sekali sebab sudah ada area camping ground yang dibuat secara khusus. Tubing Pandansari memang tempat wisata yang sangat cocok untuk siapapun, khususnya yang ingin menikmati wisata alam dengan malam yang dingin.

Curug Genting

Curug Genting

Terakhir ada Curug Genting, sebuah tempat wisata air di Batang yang akan menyuguhkan kesegaran air pegunungan untuk bisa kamu nikmati. Lokasinya berada di Bawang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Sebelumnya pada tahun 2009 saat masih dikelola oleh pemerintah, Curug Genting sangatlah popular. Sekarang juga masih popular sih namun sudah tak dikelola pemerintah.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Grobogan

Konon tempat ini sempat memiliki aura mistis yang aneh dan membuatnya sepi pengunjung. Hem, gimana kalau sudah mistis begini masih berani berkunjung nggak? Sebenarnya sih asal kamu saling menjaga dan tidak melakukan hal aneh, pasti tidak akan terjadi apa-apa. Hehe

Bagaimana, sudah merasa puas dengan 16 tempat wisata di Batang yang popular di atas? Atau masih ingin mencari tahu tempat wisata lainnya? Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kamu eksplore, mungkin saat berkunjung ke Batang kamu bisa mencari tempat lain. Jangan lupa membagikan moment liburanmu di sosial media ya agar orang lain juga semakin tau mengenai Kabupaten Batang ini. Semakin terkenal potensi wisata di daerah Batang, akan semakin maju juga perekonomian lokalnya. Jadi tunggu apalagi? Yuk siapkan ranselmu, atur tanggal liburan, ajak kawan-kawan atau keluargamu, lalu pergi liburan deh. Happy travelling dan selamat bersenang-senang ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *