Tempat Wisata Di Batu Bara Paling Hits

Tempat Wisata Di Batu Bara

Berkunjung ke Batu Bara Sumut, sobat tak akan dibuat bosan dengan tempat wisata di Batu Bara yang itu-itu saja. Daerah ini memiliki sederet destinasi wisata alam yang rasanya tak akan ada habisnya untuk dijelajahi.

Tempat Wisata Di Batu Bara

Ada banyak tempat wisata di Batu Bara yang indah dan menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah wisata pantainya yang paling terkenal nan eksotis. Selain pantai Batu Bara masih ada beberapa wisata alam yang tak kalah dari tempat lainya. Berikut daftar rekomendasinya.

Bacaan Lainnya

Wisata Alam Datuk Batu Bara

Wisata Alam Datuk Batu Bara

Wisata Batu Bara pertama yang bisa sobat kunjungi adalah Wisata Alam Datuk. Wisata Alam Datuk ini merupakan pantai yang disulap dengan konsep wisata kekinian dengan berbagai daya tarik.

Suasana kawasannya masih asri dengan udara yang sejuk dan nuansa alam yang masih kental. Destinasi wisata ini juga memiliki banyak spot foto instagramable dengan dekorasi-dekorasi yang unik.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Asahan

Areal seluas sekitar tiga hektar mempunyai panorama indah dengan pemandangan laut lepas Batubara. Dari sini, sobat dapat melihat panjangnya reklamasi pantai yang terkenal terbesar di Sumatera.

Pulau Salah Namo

Pulau Salah Nama

Pulau Salah Namo adalah sebuah pulau kecil berada di Selat Malaka, lepas pantai Sumatra, kira-kira sekitar 40 km dari Tanjung Balai. Pulau yang memiliki panjang 500 m dan lebar 250 m itu menyimpan jutaan keindahan alam di dalamnya.

Ketika sobat berkunjung ke objek wisata kabupaten Batubara ini, sobat akan melihat hamparan pasir putih bersih dan pepohonan yang rindang mengelilingi pulau. Selain keindahan di dataran, keindahan bawah laut dari pulau salah nama juga tiada duanya. Sobat bisa melihat kejernihan air laut dan juga pesona terumbu karang.

Pulau Pandang

Pulau Pandang

Tidak banyak yang mengenali potensi wisata bahari di Sumatera Utara. Di Selat Malaka, berbatasan dengan Malaysia, terdapat pulau kecil nan istimewa bernama Pulau Pandang. Pulau ini menyimpan pantai elok dengan laut yang bersih. Pemandangan bawah laut serta panorama alam pulaunya pun tidak bisa terlewatkan begitu saja.

Secara geografis, Pulau Pandang terletak di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Lokasinya sekitar 24 kilometer dari Kecamatan Tanjung Tiram di pesisir timur Sumatera. Jika berbicara tentang wisata Batu Bara, pulau Pandang biasanya dijajarkan dengan Pulau Salah Namo yang lokasinya bertetangga. Keduanya merupakan destinasi wisata bahari favorit bagi warga Batubara maupun luar daerah.

Untuk mencapai lokasinya memang tidak semudah menjentikkan jari. Sarana transportasi maupun fasilitas yang tersedia masih terbatas meski cukup memadai. Namun, hal ini akan terbayar begitu menginjakkan kaki di sana.

Singapore Land Waterpark Batu Bara

Singapore Land Waterpark Batu Bara

Singapore Land Waterpark menjadi ikon objek wisata waterpark di Batu Bara, Sumatera Utara. Objek wisata kabupaten batubara air ini buka sejak tahun 2016. Wahana air terbesar di Batu Bara ini letaknya strategis di Jalan Raya Asia Sei Balai.

Singaporeland Waterpark menawarkan area kolam yang luas dengan beraneka ragam pilihan. Berbagai wahana seperti kolam ombak, kolam arus, kolam anak, dan super bowl terdapat di sini. Dengan fasilitas dan suasananya, sangat mendukung menjadi destinasi liburan akhir pekan bersama keluarga.

Pantai Bunga

Pantai Bunga

Kembali ke wisata pantai Batu Bara yang lainya, yaitu Pantai Bunga. Pantai yang terletak di pesisir timur Sumatera Utara ini memiliki pemandangan yang luas dan juga indah, serta hamparan pasir putih bersih yang membentang luas sepanjang pantai.

Maka tak heran, pantai ini menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat sekitar yang ingin merasakan keindahan wisata alam Batu Bara.

Pantai Galuh Indah

Pantai Galuh Indah

Pantai Galuh Indah memiliki air yang terkadang keruh dan terkadang jernih, tergantung cuaca di Selat Malaka. Hamparan pasir putih yang membentang panjang membuat wisatawan senang. Selain itu, pesona utama di Pantai Galuh Indah adalah hutan mangrove yang sangat teduh. Kini pengelola pun membangun beberapa ornamen sebagai spot untuk foto-foto cantik di tepi pantai.

Pantai Jono

Pantai Jono

Tempat wisata di Batu Bara selanjutnya masih bertemakan pantai, yaitu wisata pantai Jono atau atau dikenal dengan nama Pantai Perjuangan yang berlokasi di Desa Lalang, berbatasan dengan Desa Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Sumara Utara.

Keindahan dari Pantai Jono ini akan terlihat begitu memukau ketika menjelang sore hari, sobat bisa melihat sunset yang begitu indah disini. Kendati memiliki keindahan alam yang luar biasa. Namun banyak pengunjung juga yang kecewa dengan harga dari barang-barang dan juga makanan yang dijual di obyek wisata pantai Batu Bara ini.

Pantai Bogak

Pantai Bogak

Rekomedasi tempat wisata Batubara selanjutnya adalah wisata Pantai Bogak yang berlokasi di Desa Bogak Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Salah satu daya tarik pantai ini adalah letaknya yang pas menghadap langsung ke Selat Malaka, tidak heran jika memiliki pemandangan nan menawan sehingga sayang untuk dilewatkan.

Laut biru nan luas memiliki daya tarik tersendiri yang membuat para wisatawan betah dari berbagai kawasan selalu memadati kawasan ini. Belum lagi bibir pantainya memiliki hamparan pasir putih nan mempesona menarik sekali untuk dijadikan tempat melakukan berbagai aktivitas pantai.

Saat senja menjelang biasanya pengunjung akan berjalan santai diatas hamparan pasir menikmati betapa indah tiap sudut Pantai Bogak. Pantai ini juga memiliki sederet spot foto menawan yang menggoda para pecinta fotografi untuk menuntaskan hobi mereka.

Danau Laut Tador

Danau Laut Tador

Seperti namanya, wisata Danau Laut Tador adalah sebuah danau yang terletak di Desa Laut Tador, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Danau Laut Tador memiliki luas kurang lebih 8 hektar dan merupakan wilayah konservasi, sehingga di tepian danau banyak dijumpai tumbuhan langka yang sudah berusia puluhan atau bahkan ratusan tahun.

Di tengah-tengah danau terdapat pulau kecil yang bisa disinggahi oleh para pengunjung dengan menyewa perahu nelayan setempat. Air danau yang cukup bersih dan suasana yang begitu asri menjadi daya tarik tersendiri dari wisata Batu Bara yang satu ini.

Dogi Park Waterboom Indrapura

Dogi Park Waterboom Indrapura

Dogi Park Waterboom merupakan salah satu lokasi wisata yang berada di kabupaten Batu Bara. Termasuk dalam provinsi Sumatera Utara, taman wisata Batu Bara ini menyajikan beragam daya tarik.

Dogi Park Waterboom menyediakan wahana taman rekreasi air serta taman miniatur dunia. Sobat juga dapat menemukan taman terbuka hijau hingga taman selfie dengan berbagai ornamen unik. Selain itu juga terdapat taman superhero, rumah terbalik, dusun sakura, dan dusun salju. Gima tertarik berkunjung kesini?

Masjid Jamik Indrapura

Masjid Jamik Indrapura

Masjid Jamik Indrapura merupakan salah satu masjid tertua yang sangat istimewa dan menjadi tempat wisata religi Batu Bara yang wajib dikunjungi oleh umat muslim.

Bentuk bangunan masjid ini tetap awet meski pembangungannya terjadi lebih dari 100 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1920. Desain sederhana khas masjid suku Melayu pun dipertahankan hingga saat ini.

Area di sekelilingnya diperluas sehingga memiliki halaman yang bisa digunakan untuk kegiatan keagamaan di bulan Ramadhan.

Pemandian Air Panas Sumber Padi

Pemandian Air Panas Sumber Padi

Terletak di Sumber Padi, Lima Puluh, obyek wisata baru di Batubara ini sangat ramai dikunjungi karena letaknya yang cukup strategis. Lokasi ini menjadi salah satu favorit pengunjung saat berada di batu bara.

Maklum saja deretan kolam bersih dengan air panasnya menjadi daya tarik tersendiri. Sensasi relaksasi dapat dirasakan tiap pengunjung. Pemandian ini biasanya mulai ramai dikunjungi sekira pukul 17.00 WIB hingga malam hari. Banyak pengunjung yang datang dari dalam Kota Batubara dan luar kota.

Istana Niat Lima Laras

Istana Niat Lima Laras

Wisata sejarah satu ini berlokasi di Jalan Istana Desa, Lima Laras, Tanjung Tiram, Batubara. Istana Niat Lima Laras ini dulunya adalah salah satu istana kerajaan Melayu Pesisir yang berada di Kabupaten Batubara. Bangunan istana bukan hanya cantik namun juga unik karena merupakan perpaduan bangunan ciri khas dari Suku Melayu, China dan Eropa.

Istana ini memiliki arsitektur yang luar biasa bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka bangsa kita sudah memiliki peradaban yang tinggi, dengan bangunan berjumlah 4 lantai yang memiliki 28 pintu dan 66 pasang jendela.

Danau Tanjung Gading

Danau Tanjung Gading

Mungkin banyak orang pasti kurang mengenal tentang Danau Buatan Tanjung Gading ini, tempat ini adalah salah satu tempat liburan favorit warga Kabupaten Batu Bara khususnya warga kecamatan Sei Suka dan Medang Deras dan sekitarnya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Sumatera Utara

Danau Buatan Tanjung Gading ini berada di dalam komplek perumahan Inalum yang terletak di komplek perumahan PT Inalum, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara.

Pemandangan di danau buatan ini sangat asri, nyaman dan sejuk. Jadi, sangat cocok untuk dijadikan tempat berwisata bersama keluarga, dipinggiran danau buatan ini ditumbuhi pohon-pohon pinus dan jambu mente atau lebih dikenal dengan jambu monyet.

Kampung Songket Batubara

Kampung Songket Batubara

Objek wisata Batu Bara terakhir adalah Kampung Songket yang merupakan pusat pembuatan kain songket dengan cara tradisional. Sobat bisa melihat proses pembuatan kain songket secara langsung dan dapat membelinya sebagai oleh-oleh. Harga kain songket Batu Bara ini bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan Rupiah.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Batu Bara yang paling hits dan pastinya unik cuma bisa sibat temukan di sana. Kira-kira kamu ingin berkunjung ke mana dulu, nih? Semoga artikel ini bermanfaat untuk tambahan referensi sobat wisata, ya!

Pos terkait