Tempat Wisata Di Bedugul

9 Tempat Wisata Di Bedugul Paling Banyak Diburu Wisatawan

Posted on

Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang popularitasnya sudah mencapai kancah dunia. Ada banyak alasan mengapa orang ingin berkunjung ke provinsi tersebut salah satunya adalah untuk menjelajahi tempat wisata di Bali.

Tempat Wisata di Bedugul

Terbagi menjadi beberapa daerah membuat karakteristik wisata Bali berbeda-beda serta memiliki keunikan tersendiri. Seperti tempat wisata di Bedugul, beragam tempat bisa kamu jumpai mulai dari pura, danau, air terjun hingga bukit. Nah traveller, bagi yang sedang merencanakan liburan atau sedang berada di Bali, bagaimana bila kamu menjelajahi Bedugul untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata berikut ini.

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Pura Ulun Danu Bratan merupakan sebuah candi air berukuran besar yang ada di Bali. Kompleks utama candinya berada di tepi barat laut Danau Bratan. Pura ini sangat cocok dikunjungi oleh wisatawan yang memang menyukai keunikan gaya arsitektur Bali. Saat memasuki gerbang pura, kamu akan melihat bangunan candi yang berpadu dengan suasana alam yang asri. Udaranya juga bersih dan sejuk, benar-benar menyegarkan sekali.

Baca Juga: Wisata Nusa Ceningan

Uniknya, saat air danau Bratan sedang pasang atau naik maka pura Ulun Danu Beratan Bedugul akan terlihat seperti mengapung. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang tertarik berkunjung ke sini. Air Danau Bratannya sendiri sangatlah jernih, saat siang hari tampak kabut tipis mulai turun sedikit demi sedikit menutupi bagian permukaan danau. Tau nggak sih, ternyata foto pura ulun danu yang sedang mengapung di danau pernah ada di mata uang Indonesia yang bernilai 50.000 rupiah!

Agro Puncak Bedugul

Agro Puncak Bedugul

Ingin menikmati wisata Bedugul yang kental dengan nuansa alam menyegarkan? Kamu bisa berkunjung ke Agro Puncak Bedugul atau dikenal juga dengan sebutan Bukit Catu. Lokasinya ada di Candikuning, Baturiti, Kecamatan Baturiti, Tabanan. Suasana pegunungan dan pemandangan alam yang indah bisa wisatawan nikmati dengan tenang, tak terganggu oleh hiruk pikuk perkotaan.

Wisata agro ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata alam, cocok untuk kamu yang menyukai petualangan. Seperti ATV, kamu bisa menjelajahi Kawasan agrowisata menggunakan ATV. Melewat bukit serta jalan yang ekstrim, sangat menguji adrenaline tapi menyenangkan. Ada pula permainan flying fox, kamu akan diajak meluncur dari sebuah pohon hanya menggunakan seling baja saja.

Di samping itu, bagi anak-anak pun tak perlu khawatir sebab sudah ada kids zone yang dibuat secara khusus. Berbagai aktivitas bisa dilakukan mulai dari bermain labirin, memberi makan hewan kelinci, menunggangi kuda, hingga memancing. Sementara bagi wisatawan yang datang berkelompok, bisa sekali bermain paintball, saling menembak menggunakan pistol peluru cat.

Taman Bunga Ulun Danu Beratan

Taman Bunga Ulun Danu Beratan

Bila melihat dari namanya saja kita sudah bisa tau kalau Bedugul bali wisata ini merupakan sebuah taman bunga yang dipenuhi oleh banyak tanaman bunga cantik. Namun selain menikmati berbagai jenis bunga, di sini juga ada banyak sekali spot fot instagramable. Cocok sekali untuk kamu yang sedang mencari wisata selfi di Bali.

Beberapa spot tersebut seperti kincir angin besar ala eropa atau Belanda, ada pula sebuah bingkai bunga berukuran besar berbentuk Love. Banyak pasangan yang sengaja berfoto dengan background foto tersebut. Lalu, ada patung Dewi Danu yang sedang berdiri, menjulang di tengah Kawasan taman bunga.

Bagaimana, tertarik untuk liburan di sini? Kamu bisa datang saja langsung ke Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan Bali. Jangan lupa siapkan juga uang cash untuk tiket masuk ya. 20 ribu per orang untuk dewasa, 10 ribu per orang untuk anak, sementara bagi yang berusia di bawah 5 tahun tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Danau Buyan Bedugul

Danau Buyan Bedugul

Wisata Bedugul Bali selanjutnya adalah Danau Buyan, sebuah perairan yang terletak di atas ketinggian 1.350 meter di atas permukaan laut. Hal tersebut membuat suhu di sekitar danau menjadi dingin, nuansa alamnya juga masih sangat kental, menyejukan sekali. Danau ini diapit oleh 2 danau lainnya yakni Tamblingan dan Beratan.

Ada banyak aktivitas menari yang dapat kamu lakukan selagi berada di Buaya Bedugul, salah satunya adalah berkemah. Bermalam di tengah suasana alam yang masih terjaga akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda. Ada banyak pengunjung yang mendirikan tenda di tepi danau, area tersebut memang cukup lapang. Kamu bisa membawa tenda sendiri atau menyewanya saat berada di lokasi. Di samping berkemah, kau juga bisa trekking, menjelajahi Kawasan wisata danau buyan, serta hutan rimbun dengan vegetasi alami. Bila beruntung kamu bisa bertemu dengan kera-kera yang tinggal di sana.

Sedikit tips bila ingin memutuskan berkemah. Pertama, konfirmasikan pada pihak pengelola tempat wisata agar kamu terdata dan terawasi dengan baik. Kedua, bawalah perlengkapan dan peralatan berkemah yang dibutuhkan, bila ingin menyewa, sebaiknya pastikan kalau masih tersedia. Ketiga, bawalah makanan dan minuman secukupnya dan keempat sudah pasti wajib sekali membawa pakaian hangat karena di malam hari udaranya akan sangat dingin.

Gitgit Waterfall

Gitgit Waterfall

Wisata di Bedugul selanjutnya masih berkaitan dengan air, namun kali ini bukan danau melainkan air terjun. Namanya adalah Gitgit Waterfall, berlokasi di Jalan Raya Bedugul Singaraja, Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Ketinggian air terjunnya mencapai 35 meter dan termasuk dalam jajaran air terjun tertinggi di Bali. Untuk bisa sampai di lokasi, wisatawan harus sedikit menguras keringat dengan melakukan trekking. Sebelumnya pun harus melewati jalan setapak yang sedikit berkelok serta melewati beberapa kios yang menjual souvenir serta makanan dan minuman.

Kamu mungkin akan merasa lelah, namun segera terlupakan bila sudah sampai di Gitgit Waterfall. Air terjun jatuh dari atas tebing, tampak sangat menawan. Aliran airnya jernih dan alami, saat mencoba berenang kamu akan merasakan betapa segarnya air tersebut. Karena sudah pasti pakaianmu akan basah, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti ya. Tenang saja, di Gitgit Waterfall sudah ada ruang ganti khusus kok. Ada pula fasilitas tempat duduk untuk wisatawan agar bisa menikmati suasana sekitar dengan nyaman.

Sedikit tips tambahan, agar perjalanan menuju lokasi air terjun terasa lebih nyaman sebaiknya gunakan sepatu tertutup serta kaos yang menyerap keringat ya. Selain itu, kamu juga bisa membawa makanan dan minuman secukupnya, berjaga-jaga bila merasa lelah selepas trekking.

Bali Treetop Adventure Park

Bali Treetop Adventure Park

Bali Treetop Adventure Park merupakan obyek wisata Bedugul yang akan memicu jiwa petualang. Lokasinya berada di Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan Bali. Berbagai aktivitas petualangan menyenangkan dan menantang bisa kamu lakukan selama menghabiskan waktu liburan di sini. Suasana alamnya pun sangat kental, asri dan menyegarkan. Banyak wisatawan yang sudah berkeluarga lebih memilih berkunjung ke sini dibandingkan tempat wisata lain.

Berbagai fasilitas permainan outbound pun sudah disediakan dengan tingkat keamanan terjamin. Seperti jaring laba-laba, wisatawan bisa memanjat menggunakan tangan dan kaki melalui sebuah tali berbentuk jaring. Ada pula flying fox, wisatawan akan diajak meluncur di atas ketinggian menggunakan sebuah tali, dijamin seru sekali. Dan masih banyak permainan lain yang cukup aman dilakukan oleh anak-anak.

Bagi yang mencari spot foto selfie pun tak perlu khawatir. Sebab ada banyak spot bertemakan alam yang akan memanjakan lensa kamera kamu. Pepohonan yang menjulang, rerumputan hijau, dan banyak lagi.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke sini? Kalau iya, jangan lupa menyiapkan tiket masuknya ya. Rp 178.500 untuk dewasa sebelum pukul 10.30 WITA, Rp 197.800 untuk dewasa setelah pukul 10.30 WITA, 99.000 untuk anak sebelum pukul 10.30 WITA, 115.000 untuk anak setelah pukul 10.30 WITA, dan untuk paket keluarga 475.000.

Puncak Wanagiri

Puncak Wanagiri

Trend wisata selfie saat ini memang tengah diminati oleh wisatawan lokal maupun asing. Tak heran bila para pengelola tempat wisata mulai memberikan fasilitas spot foto khusus untuk memanjakan para wisatawan yang berkunjung. Mulai dari pantai Bedugul hingga Kawasan perbukitan yang bertemakan alam pun tak luput dari perhatian spot selfit. Seperti Puncak Wanagiri Bali.

Dari atas ketinggian, kamu akan disuguhi oleh pemandangan alam yang mempesona. Utamanya adalah view 2 danau sekaligus yakni Danau Buyan dan Tamblingan. Terlihat pula perbukitan hijau dari kejauhan. Untuk bisa mengabadikan pemandangan secara menyeluruh, kamu bisa naik ke atas spot foto yang sudah disediakan yaitu gardu pandang di atas ketinggian. Ada pula beberapa spot unik dan menarik lain seperti perahu yang menghadap ke arah pemandangan danau, dan ayunan gantung yang bila kita naiki serasa sedang melayang di udara.

Di sudut lain, ada sarang telur berukuran besar. Tentu saja bukan dibuat oleh binatang melainkan oleh pengelola tempat wisata. Sangat unik, tak heran wisatawan mengantri untuk bisa berfoto di sana.

Udara perbukitan yang terasa lebih dingin pun membuat perut akan cepat merasa lapar. Nah, bila perut sudah keroncongan, kamu tak perlu khawatir sebab sudah ada banyak warung yang siap menyajikan menu-menu sederhana yang nikmat. Sembari menyantap makanan kamu akan ditemani dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Bagaimana traveller, apakah tertarik untuk berkunjung ke Puncak Wanagiri? Bila iya, kamu bisa menyiapkan biaya tiket masuk sebesar 10 ribu saja. Tiket tersebut sudah include naik ayunan serta gardu pandang. Bila ingin naik spot foto lain kamu harus membayar biaya tambahan sesuai yang sudah ditentukan.

Secret Garden Village

Secret Garden Village

Suasana menenang, cuaca yang sejuk serta pemandangan alam yang indah adalah daya tarik yang ditawarkan oleh wisata di Bedugul. Di tengah-tengah itu muncul sebuah tempat wisata dengan tema tur edukasi bernama Secret Garden Village. Kamu akan ditawarkan untuk kunjungan ke beberapa tempat seperti restoran yang menyajikan makanan khas bali, tempat pembuatan kopi hingga pembuatan produk kecantikan. Aneka wisata halal memang menjadi titik fokus pengelola tempat wisata.

Di samping itu, tempat wisata yang sudah ada sejak tahun 2016 ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang asri. Nampak view pemandangan sawah hijau serta tatanan taman yang sangat menyegarkan mata.

Bagi para pecinta kopi saat berada di Secret Garden kamu wajib sekali berkunjung ke Black Eye Coffee & Roastery. Bukan Cuma sekedar nongkrong sambil menyeruput kopi saja. Sebab didalamnya ada sebuah mini pabrik yang mengola biji kopi. Nah, kopi-kopi tersebutlah yang nantinya digunakan untuk Black Eye Coffee & Roastery.

Di kedai tersebut juga menawarkan pengunjung untuk mengikuti kegiatan coffee tasting. Saat cupping session pengunjung akan disuguhi 8 kopi andalan milik kedai tersebut yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia sehingga karakternya pun beragam. Setiap sudut tempat wisata ini pun didesain dengan apik tanpa mengurangi nuansa alamnya. Beberapa spot foto instagramable sengaja dibuat, salah satunya adalah sarang burung yang menghadap ke area sawah. So, membawa kamera yang sudah terisi daya penuh sangatlah di sarankan agar kamu bisa mengabadikan moment saat berada di sini.

Bila tertarik berkunjung ke Secret Garden Village, kamu harus menempuh waktu perjalanan kurang lebih selama 1 jam, itupun kalau titik berangkatnya dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Kamu bisa menyewa kendaraan pribadi atau taksi namun pastikan kalau kondisi prima sebab perjalanan cukup jauh. Tiket masuknya yaitu 50 ribu rupiah untuk wisatawan lokal dan 100 ribu rupiah untuk wisatawan luar negeri. Secret Garden buka dari pukul 9 pagi sampai 8 malam, hindari musim liburan karena dipastikan akan sangat ramai sekali.

The SILA’S Agrotourism

The SILA’S Agrotourism

Wisata Bedugul yang terakhir adalah The Sila’s Agrotourism yang berlokasi di Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan Bali. Merupakan sebuah area rekreasi berkonsep outdoor lengkap dengan berbagai fasilitas wahana permainan serta area camping ground. Tempat wisata ini cocok sekali dijadikan sebagai pilihan wisata keluarga. Sebab menghabiskan waktu liburan di sini bukan hanya bisa mendapatkan kepuasan saja, bagi anak-anak mereka bisa menumbuhkan jiwa kemandirian dengan melakukan fasilitas wahana permainan dan aktivitas yang ditawarkan.

Seperti aktivitas memetik buah, wisatawan bisa mengenal lebih dekat buah yang ditanam dan memetiknya sendiri secara langsung. Kamu juga bisa menunggangi kuda, berkeliling Kawasan wisata The Sila’s, sangat menyenangkan sekali pastinya. Bagi yang datang secara berkelompok, jangan lewatkan untuk bermain paintball, dimana kamu akan diajak untuk melakukan tembak-menembak menggunakan peluru cat yang tidak berbahaya. Area camping ground pun tak pernah sepi, apalagi di akhir pekan. Menikmati liburan ditemani suasana alam menyegarkan.

Baca Juga: Wisata Bangli

Sementara untuk wahana permainan yang bisa kamu naiki diantaranya kincir angin raksasa, perahu raksasa, area playground untuk anak-anak dan menyewa ATV.

Bagi para pemburu spot foto selfie tak perlu khawatir, sebab ada banyak spot yang bisa kamu abadikan melalui gambar. Seperti sebuah rumput yang dibuat berbentuk hulk berwarna hijau dengan tubuhnya yang besar. Ada pula tulisan ‘’Love’’ sebuah rumput yang dipotong berbentuk kumpulan huruf dan berukuran besar sehingga sangat unik.

Nah traveller itulah 9 tempat wisata di Bedugul yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Letak Bedugul yang berada di dataran tinggi membuatnya memiliki banyak tempat wisata bertemakan alam. So, bagi yang ingin rehat menikmati kesejukan alam, datang ke daerah ini adalah pilihan paling tepat. Mulai dari air terjun, perbukitan, hingga tempat-tempat yang sudah jauh lebih modern namun tetap natural bisa kamu jumpai.

Yuk, langsung saja rencanakan waktu liburanmu. Jangan lupa ajak keluarga atau sahabat agar semakin menyenangkan. Happy traveling guy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *