Tempat Wisata di Bekasi

16 Tempat Wisata di Bekasi yang Keren Jarang Diketahui

Posted on

Tempat wisata di Jawa Barat memang tidak pernah mengecewakan. Bahkan tiap daerahnya selalu saja ada tempat yang direkomendasikan. Seperti Kota Bekasi, salah satu kota yang ada di Jawa Barat ini juga menyimpan beberapa tempat wisata yang masih belum banyak diketahui orang.

Meskipun Bekasi termasuk dalam kota yang padat akan penduduk dengan kemajuan yang pesat namun di sini masih ada kok tempat wisata yang bernuansa alam. Ya meskipun dari segi udara masih unggul Lembang, Bandung. Setidaknya tempat wisata di Bekasi bisa menjadi hiburan di kala jenuh.

Tempat Wisata di Bekasi

Nah, berikut ini adalah 16 tempat wisata di Bekasi yang wajib kamu kunjungi.

Curug Parigi

 

Curug Parigi Bekasi

Curug Parigi merupakan wisata Bekasi yang berlokasi di Cikiwul, Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat. Tak kalah dengan curug pada umumnya, air terjun di curug ini juga indah dan cukup menyegarkan. Fakta menariknya, Parigi ternyata pernah dijadikan sebagai tempat syuting film Sang Penakluk yang diperankan oleh Suzana.

Berkat bantuan media sosial, Parigi yang awalnya tidak terlalu terkenal makin kesini makin popular. Beberapa spot foto dengan pemandangan alam pun harus kamu abadikan agar tidak melewatkan momennya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Cianjur

Untuk bisa mengunjungi objek wisata ini, kamu akan dikenakan biaya tiket seharga 5 ribu rupiah saja. Sementara untuk jam operasionalnya, buka dari pukul 6 pagi sampai 5 sore.

Untuk ketinggian air terjunnya sendiri bisa dibilang tidak terlalu tinggi. Hanya mencapai 2 meter saja. Para pengunjung pun dengan mudah bisa berdiri di atas air terjunnya.

Curug ini dikatakan berbeda, karena air terjun yang mengalir dari puncak yang tidak terlalu tinggi. Ketinggiannya hanya sekitar 2 meter saja. Namun, sangat datar seperti Air Terjun Niagara, sehingga pengunjung dapat berdiri di atasnya. Air curugnya pun terbilang cukup jernih. Namun tidak terlalu dingin karena lokasinya berada di dataran rendah.

Danau Marakas

Danau Marakas Bekasi

Danau Marakas berlokasi di Babelan, Bekasi, Jawa Barat. Tempat wisata ini sudah terdaftar di maps, jadi dengan mudah kamu bisa mencari lokasinya. Marakas cukup digemari oleh masyarakat sekitar, khususnya yang ingin berwisata keluarga di akhir pekan.

Selain pemandangannya yang bisa kamu nikmati. Ada beberapa aktivitas lain yang bisa kamu lakukan, diantaranya mencicipi makanan khas setempat, memancing atau berbelanja. Nah, untuk masuk ke Danau Marakas, kamu tidak akan dikenakan biaya kok. Artinya, free kapan saja kamu ingin melihat danau di Bekasi, maka kamu bisa datang ke Marakas.

Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya Bekasi

Wisata di Bekasi selanjutnya adalah Taman Buaya Indonesia Jaya. Lokasinya ada di Jalan Cikarang – Cibarusah No. 18, Sukaragam, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi. Ini merupakan penangkaran buaya terbesar yang ada di Asia dan sudah dibangun sejak tahun 1990.

Hingga saat ini setidaknya ada sekitar 100 ekor buaya dengan 5 kolam yang cukup besar. Begitu masuk gerbang Taman Buaya Indonesia Jaya, kita akan disambut dengan patung buaya yang berukuran cukup besar, mulutnya menganga, memperlihatkan bahwa ia memang reptil pemangsa.

Selain bisa berjalan-jalan melihat buaya yang ada di dalam penangkaran, wisatawan juga bisa melihat aktifitas para petugasnya. Khususnya saat mengurus buaya, seperti memberi makan dan membersihkan kandangnya. Pengunjung pun tidak perlu merasa takut kalau buaya nya akan kabur, sebab penangkaran ini sudah dilengkapi dengan pagar besi yang mencapai ketinggian hingga 1.5 meter.

Danau Situ Gede

Danau Situ Gede Bekasi

Selain Danau Marakas, ada danau lain yang juga tidak asing di telinga masyarakat Bekasi, yaitu Danau Situ Gede. Di danau ini, para pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan alamnya, ada juga wisata air yang bisa dinikmati.

Asal muasal adanya danau ini terbentuk karena proses alam. Lalu pengelolaan dilanjutkan oleh pemerintah setempat, sehingga Situ Gede bisa layak untuk dikunjungi dan bisa menjadi tempat wisata keluarga yang menyenangkan.

Untuk lokasi tepatnya, ada di Kampung Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Kamu bisa menemukannya di maps, sehingga bila membawa kendaraan pribadi, dengan mudah kamu bisa menemukannya.

Pantai Mekar

Pantai Mekar Bekasi

Biarpun termasuk dalam kota padat penduduk, namun ternyata Bekasi juga memiliki wisata alam yang belum banyak diketahui. Salah satunya adalah Pantai Mekar. Wahhh di Bekasi juga ada Pantai ya ternyata.

Tidak jauh dari tempat wisata di Bekasi Utara, Pantai Mekar berlokasi di Muara Gembong, lebih tepatnya ada di Desa Pantai Mekar. Pantai ini menyuguhkan keindahan hutan mangrove, suasana pantainya juga masih terbilang alami dan terjaga dengan baik. Pepohonan bakau menyambut dari kanan dan kiri, membuat udara semakin terasa sejuk.

Ada juga pemandangan batu karang yang bisa kamu naiki untuk sekedar berfoto. Di sepanjang pantai pun, Pantai Mekar sudah dilengkapi dengan Gazebo yang terbuat dari bamboo. Kamu bisa beristirahat atau memancing di Gazebo. Beberapa fasilitas lain seperti lahan parkir, mushola, toilet hingga mushola pun sudah dikelola dengan baik. Sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir lagi bila ingin berwisata ke Pantai Mekar.

Bumi Perkemahan Kawang Kitri

Bumi Perkemahan Kawang Kitri Bekasi

Tidak hanya Bandung, Bekasi juga mempunyai tempat berkemah khusus yaitu Bumi Perkemahan Kawang Kitri. Selain ada area camp, di sini juga terdapat fasilitas outbound yang bisa kamu nikmati. Bagi yang ingin berkemah juga tidak perlu khawatir, bila tidak memiliki peralatan dan perlengkapannya, kamu bisa menyewanya di sini.

Nah, harga tiket nya sendiri biasanya sebesar 2.500 per orang untuk anggota pramuka dan 3.000 per orang untuk umum, terbilang murah kan? Apalagi sudah ada camping groundnya. Sementara untuk penyewaan tenda akan dikenakan tarif 4.5000 per hari, dengan ukuran tenda 4 meter x 5 meter. Harga sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung kebijakan pengelola wisata setempat.

Karena Bekasi termasuk wilayah perkotaan, jadi untuk menemukan tempat wisata ini kamu bisa mencarinya lewat google maps. Tinggal ikuti arahan jalannya saja, agar kamu tidak tersesat. Atau bila ingin bertanya pada masyarakat setempat, kamu bisa bilang saja arah Bumi Perkemahan Kawang Kitri yang berlokasi di Desa Karang Mulya.

Danau Elysium

Danau Elysium Bekasi

Tempat Wisata di Bekasi Utara yang bisa kamu kunjungi adalah Danau Elysium. Berlokasi di Kawasan Lippo, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Merupakan salah satu danau buatan yang ada di Bekasi. Namun biarpun begitu, suasana alam di danau ini masih dijaga dengan baik. Di tengah hiruk pikuk dan panasnya kota Bekasi, kamu bisa sejenak menikmati kesejukan alam dan melihat pemandangan danau.

Tempat ini dibuka untuk umum selama 24 jam. Jadi, kamu bisa datang kapan aja. Bahkan Danau Elysium memang tidak pernah sepi dari pengunjung. Beberapa objek foto bisa memanjakanmu untuk mengambil gambar yang instagramable.

Alun-Alun Kota Bekasi

Alun-Alun Kota Bekasi

Alun-alun merupakan sebuah taman kota yang bentuknya luas, biasanya menjadi pusat suatu kota. Biasanya juga alun-alun dijadikan sebagai tempat masyarakat berkegiatan, dari mulai berjualan hingga berwisata keluarga.

Nah, di Bekasi pun ada alun-alun yang bisa jadi tempat persinggahanmu saat ada di Bekasi. Adanya alun-alun, memberikan suasana yang berbeda. Udaranya cukup segar pemandangannya pun terbilang asri. Kamu juga bisa nongkrong murah Bersama teman sebaya di sini. Bila merasa lapar, kamu bisa melipir ke angkringan, atau pedagang kaki lima yang berjualan. Tentunya soal harga akan lebih murah bila dibandingkan cafe pada umumnya.

Fakta lainnya, alun-alun Bekasi juga ternyata menyimpan sejarah tersendiri. Khususnya saat bangsa Indonesia berperang melawan penjajah Belanda. Jadi, bukan hanya sekedar alun-alun saja ya, kamu juga ternyata bisa flashback untuk mempelajari sejarah bangsa Indonesia.

Taman Gigi

Taman Gigi Bekasi

Tempat wisata daerah Bekasi selanjutnya adalah Taman Gigi. Berlokasi di Jalan Cendana Galaxy, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat. Anak mudah setempat biasanya menjadikan Taman Gigi sebagai Tempat Hangout.  Setiap bulan suci Ramadhan pun, menjelang maghrib, biasanya Taman Gigi dipenuhi anak mudah yang ingin “ngabuburit”.

Kenapa disebut Taman Gigi juga bukan tanpa alasan. Ini karena taman ini memang dibangun atas gagasan dokter gigi yang dibangun di sekitar lokasi. Tepatnya di Jalan Taman Aster Blok L Nomor 4, Jaka Setia, Bekasi Selatan, Jawa Barat. Di sini juga dibangun sebuah monumen yang menyerupai bentuk gigi.

Nah, karena dibuka untuk umum dan 24 jam, jadi kamu pun bisa berkunjung ke Taman Gigi kapan saja. Kamu juga tidak akan dikenakan biaya alias free.

Taman Jati Asih

Taman Jati Asih Bekasi

Jangan mengharapkan adanya wisata pegunungan di Bekasi, sebab Bekasi ini masuk dalam dataran rendah. Namun biarpun begitu, kamu masih bisa menikmati suasana alam di beberapa taman yang sudah dikelola pemerintah setempat. Selain beberapa taman yang sudah disebutkan di atas, taman lain yang ada di Bekasi adalah Taman Jati Asih. Lokasinya ada di Jalan Raya Jati Asih, Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Di sini terdapat pepohonan rimbun serta bunga yang membuat taman semakin sejuk dan asri. Bagi yang menyukai fotografi atau ingin berpose layaknya selebgram, kamu bisa memanfaatkan beberapa spot foto yang ada di taman. Bila lelah, kamu bisa beristirahat di tempat duduk yang sudah disediakan.

Untuk masuk ke tamannya pun gratis, tidak akan dikenakan biaya, dan buka 24 jam. Kamu bisa berkunjung bersama keluarga atau teman kapan saja. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ya, agar kita sama-sama menjaga tempat wisata Taman Jati Asih.

Rainbow Garden

Rainbow Garden Bekasi

Rainbow Garden berlokasi di Jalan Harapan Indah Boulevard, Pusaka Rakyat, Kecamatan Tarumajaya, Bekasi, Jawa Barat. Sebuah tempat yang dikelilingi oleh pepohonan sehingga membuatnya menjadi terasa sejuk.

Berbagai macam permainan juga menjadi fasilitas utama untuk dinikmati khususnya hiburan untuk anak-anak. Seperti bermain kereta api, bermain kuda-kudaan, bermain mobil-mobilan, jungkat-jungkit dan banyak lagi. Untuk waktu bukanya dari pukul 12 siang hingga 10 malam.

Snow World International Revo Town

Snow World International Revo Town Bekasi

Ingin menikmati salju seperti di luar negeri? Kamu bisa berkunjung ke Snow World International Garden. Destinasi wisata di Bekasi yang sering kali disebut sebagai dunia salju. Kamu bisa merasakan dinginnya salju bersama keluarga atau teman. Lokasinya ada di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kav 1, Pekayon Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Jawa Barat.

Tempat ini dibuka untuk umum, namun tentunya sebelum masuk kamu harus membayar tiket masuk seharga 60 ribu untuk dewasa dan 50 ribu untuk anak-anak. Kamu nanti akan diberikan pinjaman jaket agar tidak kedinginan.

Kolam Renang Green Park

Kolam Renang Green Park Bekasi

Berlokasi di perumahan Green Park, Jati Melati, Pondok Melati, Bekasi, Jawa Barat. Biarpun bukan termasuk wisata alam, namun tempat ini bisa kamu kunjungi bersama keluarga untuk sekedar berlibur dan menikmati kesegaran air kolam renang.

Untuk masuk ke Green Park, kamu akan dikenakan tiket masuk 20 ribu rupiah untuk hari biasa dan 30 ribu rupiah untuk hari libur. Buka dari pukul 6 pagi sampai 9 malam, terdapat beberapa permainan air juga yang bisa kamu nikmati.

Piramida Summarecon

Piramida Summarecon Bekasi

Pemandangan piramida terbalik yang akan terlihat lebih indah saat malam hari juga bisa menjadi tempat wisata Bekasi yang bisa kamu kunjungi. Berlokasi di Kawasan Summarecon Mall, Jalan Boulevard Ahmad Yani Marga Mulya, Bekasi, Jawa Barat. Lampu yang menghiasi piramida membuatnya terlihat lebih indah.

Fun Park Waterboom

Fun Park Waterboom Bekasi

Tempat liburan selanjutnya yang ada di Bekasi adalah Fun Park Waterboom. Berlokasi di Perumahan Bekasi Timur, Regensi 1, Jalan Bekasi Timur Blok C No 1. Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Tempat ini menjadi salah satu rekomendasi tempat berlibur bersama keluarga. Harga tiket masuk nya pun sebanding dengan wahana yang ada, yaitu 15 ribu rupiah per orang saat hari biasa dan 20 ribu per orang saat hari libur. Buka pukul 7 pagi sampai 6 sore.

Columbus Water Park

Columbus Water Park Bekasi

Selain Fun Park Waterboom, ada juga Columbus Waterpark, wahana aiar di Bekasi yang bisa kamu nikmati. Berlokasi di Perumahan Mutiara Gading Timur, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat. Columbus Waterpark mempunyai konsep yang terbilang cukup unik, terdapat kapal besar yang merupakan replikasi dari kapal yang digunakan oleh Christopher Columbus.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Karawang

Di dalam kapal pun terdapat biografinya. Jadi, selain menikmati wahana air, kamu juga bisa menambah pengetahuan.. Untuk jam bukanya sendiri dari pukul 8 pagi sampai pukul 6 sore. Sementara untuk biaya masuknya anak dan dewasa akan berbeda, hari libur dan hari biasa juga akan beda. Saat hari biasa, anak-anak akan dikenakan biaya masuk sebesar 30 ribu, sementara orang dewasa 40 ribu. Sementara saat hari libur, anak-anak 60 ribu dan orang dewasa 65 ribu.

Itulah 16 tempat wisata di Bekasi yang jarang diketahui dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata lain masih terus dalam proses pengembangan pemerintah setempat. Sehingga kita pun perlu mendukung wisata lokal, salah satunya bisa dengan menyebarkan informasi tempat melalui media sosial. Dengan begitu, akan banyak orang yang tahu dan wisata di bekasi pun bisa sangat terkenal, ini juga akan berdampak baik pada pertumbuhan ekonomi Bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *