Tempat Wisata Di Berastagi Karo Yang Layak Dikunjungi

Tempat wisata di Berastagi Karo menyimpan sejuta keindahan alam yang sayang jika dilewatkan. Beragam destinasi wisata alam bisa dengan mudah sobat datangi.

Mulai dari wisata alam pegunungan, waterpark, hingga wisata air terjun, bahkan ada juga destinasi wisata pemandian air panas dengan keunikan serta pesonanya masing-masing.

Tempat Wisata Di Berastagi Karo

Berastagi merupakan kota di Kabupaten Karo yang beribukota di Kabanjahe dan berbatasan dengan Sibolangit. Kota cantik yang terletak di ketinggian 1.300 Mdpl ini memiliki udara sejuk dan pemandangan indah. Jadi tidak heran jika tempat wisata di Berastagi Karo banyak menarik wisatawan untuk berkunjung.

Untuk sobat yang memiliki rencana ke berlibur ke Berastagi, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Berastagi Karo yang bisa jadi pilihan.

Funland Mikie Holiday

Funland Mikie Holiday

Funland Mikie Holiday Brastagi merupakan salah satu tempat rekreasi keluarga berlokasi di area Berastagi yang masih sejuk dengan keindahan lanskap area pegunungan.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Asahan

Beragam aktivitas dan atraksi menarik bisa sobat mainkan di Funland Mikie Holiday, tidak kurang dari 35 wahana siap menghibur setiap pengunjung yang berwisata ke tempat wisata tanah karo ini.

Dengan total luas areal kurang lebih 13 Ha, Funland Mikie Holida menjadi pioner wisata outdoor di Sumatera Utara.

Kebun Raya Tongkoh

Kebun Raya Tongkoh

Kebun Raya Tongkoh menjadi salah satu objek wisata Berastagi yang sayang dilewatkan, karena menyuguhkan keindahan alam dengan hamparan perkebunan yang luas. Di sini, sobat bisa memetik buah langsung dari pohonnya, seperti buah jeruk, stroberi, dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu, tersedia juga tanaman hias yang bisa sobat jadikan oleh-oleh dari Berastagi dengan harga yang terjangkau.

Gunung Sibayak

Gunung Sibayak

Gunung Sibayak merupakan salah satu destinasi favorit bagi para pendaki gunung selain Gunung Sinabung. Biasanya, gunung ini banyak didatangi oleh pendaki yang masih pemula karena memiliki medan yang tidak terlalu sulit.

Gunung yang terletak di ketinggian 2.094 mdpl ini menyimpan pesona alam yang tidak kalah cantiknya jika dibandingkan dengan gunung-gunung lain.

Daya tarik utama dari gunung ini adalah puncaknya karena memiliki kawah belerang yang unik dengan seluas 40.000 meter.

Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk

Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk

Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk merupakan salah satu tempat wisata di Berastagi Karo yang sangat populer. Letaknya tak begitu jauh dari Gunung Sibayak.

Berada di Desa Sidebuk-debuk, di daerah Berastagi, Kabupaten Karo, air di pemandian alam ini berasal dari aliran Gunung Sibanyak langsung. Tak heran jika airnya hangat namun segar. Airnya pun mengandung belerang yang dipercaya bisa menghilangkan penyakit gatal-gatal atau penyakit kulit lainnya.

Selain terdapat kolam renang dengan waterboom ada taman kelinci, kolam ikan, hiburan serta villa penginapan. Tak hanya saat musim liburan, pemandian alam ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah.

Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap merupakan wisata air terjun yang berada kabupaten Karo, Sumatera Utara. Berlokasi di bawah daerah Penatapan Doulu, air terjun berketinggian 30 meter ini  sangatlah memukau.

Berwisata ke destinasi alami ini, wisatawan akan disajikan harumnya aroma hutan cemara di sekitarnya. Lokasi ini juga menjadi tempat pilihan bagi banyak aktivitas wisata sekaligus olahraga bagi wisatawan.

Selain menikmati air terjun, berbagai aktivitas lain juga bisa dilakukan di tempat wisata Karo ini. Seperti kegiatan outdoor bekemah atau panjat tebing.

Batu Belah

Batu Belah

Selain menikmati hutan belantara tropis, di objek wisata Berastagi ini terdapat sungai dan air terjun yang sangat cocok yang ingin refreshing, menyegarkan pikiran.

Batu Belah berjarak 50 kilometer dari kota Medan. Untuk menuju objek wisata ini, pengunjung harus melalui hutan belantara yang pintu masuknya dari kawasan perkemahan Sibolangit. Jarak tempuh ke Batu Belah sekitar 30 menit atau 1 kilometer.

Keunikan Batu Belah tidak terlepas dari keberadaan dinding batu setinggi sekitar 9 meter dengan ditumbuhi lumut hijau khas hutan tropis.

Batu Belah punya aliran sungai yang cukup tenang dan airnya jernih. Kemudian ada air terjun setinggi 3 meter. Pengunjung yang bernyali bisa melompat dari bebatuan di atas air terjun tersebut ke sungai.

Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna

Tempat wisata di Berastagi Karo yang satu ini cukup unik. Air Terjun Dua Warna memiliki dua warna air yakni kehijauan dan biru yang membuatnya sangat eksotis dan memesona dengan tinggi yang mencapai 75 meter.

Sumber air terjun ini adalah sebuah sungai dari letusan Gunung Sibayak. Untuk sobat yang tertarik ke air terjun dua warna, sobat perlu menyiapkan pakaian khusus hiking dan juga tour guide karena perlu menerobos hutan yang cukup lebat dan berlokasi di area camping Sibolangit.

Sebenarnya, tempat wisata yang satu ini tidak berada persis di Berastagi, Kabupaten Karo, melainkan di kawasan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Namun, karena lokasinya cukup dekat dengan Berastagi, sehingga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi.

Puncak Bukit Gundaling

Puncak Bukit Gundaling

Berada pada ketinggian ± 1500 Meter di atas permukaan laut, Bukit Gundaling merupakan tempat wisata utama yang sedang hits di Berastagi.

Terletak 3 Km dari Kota Berastagi, bukit ini menyajikan Panorama Gunung Sibayak, Gunung Sinabung, Kota Berastagi dan lahan pertanian yang indah dan memiliki udara yang sejuk. Di lokasi ini juga tersedia kuda tunggang dan Sado sebagai penambah daya tarik wisata.

Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar

Tak kalah cantik dari Danau Toba, Danau Lau Kawar adalah danau eksotis di Kawasan Ekosistem Leuser, tepatnya di kaki Gunung Sinabung, dengan ketinggian 2.451 Mdpl.

Danau ini memiliki luas lebih kurang 200 Ha diapit oleh alam pegunungan yang ditumbuhi kayu–kayuan hutan tropis dan dipinggir danau terbentang lahan seluas 3 Ha sebagai lokasi tempat berkemah.

Bagi wisatawan yang berjiwa petualangan, dari obyek wisata Berastagi ini dapat melakukan kegiatan panjat tebing dan sekaligus pendakian ke puncak Gunung Sinabung melewati hutan belantara.

Wisata Kuliner Penatapan

Wisata Kuliner Penatapan

Bagi sobat yang ingin berwisata kuliner di Berastagi, Penatapan merupakan tempat yang pas untuk disambangi.

Ditemani pemandangan bukit hijau dan hawa sejuk yang indah sobat dapat membeli dan menikmati hidangan khas Berastagi. Tempatnya yang ada di dataran tinggi juga memberikan hawa sejuk dan tentunya menambah keseruan sobat saat mengunjungi tempat ini.

Desa Lingga

Desa Lingga

Wisata tak melulu harus berjalan-jalan santai di pesisir pantai atau berpeluh mendaki gunung. Kadang sobat juga perlu merasakan nikmatnya menjelajah lokasi bersejarah dengan warisan budaya penting. Hal itu bisa dilakukan di Desa Lingga.

Desa Lingga berdiri sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Hawanya lumayan sejuk, takkan membuat sobat mudah lelah. Ditambah lagi pemandangan di sekitar desa cukup memanjakan mata.

Beberapa rumah adat di sini dirawat dengan begitu baik lewat kerja sama pemerintah dan pengelola kawasan setempat. Wisatawan pun masih bisa menikmati indahnya arsitektur asli rumah Batak Karo hingga sekarang.

Desa Peceren

Desa Peceren

Desa Sempa Jaya (Peceren) merupakan sebuah desa kecil di pinggiran Kota Berastagi yang didiami kira-kira 700 keluarga berjarak ± 2 Km dari Kota Berastagi.

Desa ini memiliki beberapa Rumah Adat Tradisional Karo dan ada yang masih digunakan sebagai tempat tinggal sampai dengan saat ini dan rumah tertua kira-kira berumur 120 tahun.

Sobat dapat mengunjungi dan melihat bagaimana warga yang hidup di dalamnya. Untuk mencapai Peceren dengan aksesibilitas yang baik dari Kota Berastagi kita dapat menggunakan sarana transportasi lokal tujuan Medan ataupun dengan berjalan kaki.

Taman Seribu Bunga

Taman Seribu Bunga

Taman Seribu Bunga Berastagi merupakan salah satu tempat wisata Sumatera Utara yang viral di Kabupaten Karo.

Taman Seribu Bunga Raya ini ditata dengan dipangkas begitu sangat rapi dan enak di pandang dengan kedua mata. Destinasi wisata Berastagi juga diapit oleh dua gunung berapi yakni gunung Siyabak dan Sinabung.

Adanya hamparan bunga juga menjadi nilai estetika yang sangat menawan, ditambah lagi dengan tanaman bunga yang juga bervariasi. Hal Itu juga yang menjadi salah satu keunggulan yang bisa anda dapatkan, Seperti berada di taman surga yang penuh bunga.

Sapo Juma

Sapo Juma

Hamparan luasnya taman bunga aneka warna menjadi daya tarik Sapo Juma. Ditata dan dikelola dengan baik, bunga-bunga yang ada terlihat indah untuk dipandang. Menyusuri taman bunga, wisatawan dapat berjalan santai di jalan setapak yang tersedia.

Taman wisata tanah Karo ini berada di puncak perbukitan Tongging dengan kontur melandai seperti lembah. Pada bagian puncaknya, dibangun sebuah gazebo berwarna putih sebagai tempat berisitirahat sekaligus menara pandang. Dari gazebo tersebut, pemandangan terlihat jelas dengan pesona Danau Toba terlihat di kejauhan.

Lokasi taman yang diselimuti hamparan bunga ini menjadi incaran wisatawan. Selain indah dipandang mata, berbagai sudutnya menjadi latar indah untuk swafoto. Namun wisatawan harus mematuhi aturan untuk tidak menginjak maupun memetik bunga-bunga yang ada.

Bukit Kubu

Bukit Kubu

Bukit Kubu merupakan kawasan tempat wisata taman rekreasi di Berastagi, Karo, Sumatera Utara. Lahan seluas lima hektar ini memiliki bentang padang rumput menghijau dengan kontur bukit landai. Pepohonan pinus berbaris membingkai kawasan yang asri dengan hawa yang sejuk.

Selain keelokan dan keasrian area taman, beragam aktivitas menarik bisa dilakukan. Mulai dari berpiknik, naik delman, atau menginap bisa dilakukan.

Pasar Buah Berastagi

Pasar Buah Berastagi

Berada di dataran tinggi dengan udara yang sejuk, membuat Berastagi diketahui sebagai kawasan penghasil sayur dan buah berkualitas baik di Indonesia.

Tak heran, hamparan kebun sayur dan buah bisa dengan mudah sobat temukan di Berastagi. Nah, bicara tentang hasil kebunnya jangan sampai kamu melewatkan pasar yang satu ini, yaitu Pasar Buah Berastagi.

Seperti namanya, Pasar Buah Berastagi menjual berbagai hasil kebun di tanah Karo ini. Buah yang dijual antara lain jeruk, strawberry, markisa, alpukat, hingga sayur seperti lobak, wortel, kol, dan lain-lain.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Sidikalang Dairi

Begitu memasuki pasar ini, sobat bisa merasakan warna-warni buah dan sayur yang membuat sobat tak sabar ingin membeli dan mencicipi. Karena kualitasnya yang baik, tak heran rata-rata semua buah di sini rasanya manis banget!.

Dengan bentang alam yang tidak ada duanya, dilihat dari sisi mana pun yang sobat kunjungi dijamin sobat akan betah dan gak bakal kecewa berkunjung ke tempat wisata di Berastagi Karo ini.

Tanggapan

0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Pos terkait