Tempat Wisata di Biak Numfor

6 Tempat Wisata Di Biak Numfor Paling Hits dan Populer

Posted on

Traveler, mungkin banyak diantara kamu yang belum tahu dimana Biak Numfor berada? Kalau belum tau artinya kamu harus nyimak artikel ini sampai beres ya! Jadi, Biak Numfor merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Papua, kepulauan yang ada di ujung timur Indonesia. Luas daerahnya mencapai 21.000 km persegi. Nah, buat kamu yang senang berlibur ke alam, datang ke Biak merupakan pilihan paling tepat!

Tempat Wisata di Biak Numfor

Ada banyak tempat wisata di Papua, dan beberapa diantaranya tersebar di Biak. Yang paling menjadi sorotan tentu saja wisata alamnya. Nah, bagi yang penasaran dengan tempat wisata di Biak Numfor langsung saja simak ulasan berikut ini yuk!

Air Terjun Karmon

Air Terjun Karmon

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Air Terjun Karmon, lokasinya ada di Karmon, Yawosi, Kabupaten Biak Numfor, Papua 98157. Wisata ini cukup populer di kalangan wisatawan lokal. Bagi yang menyukai adventure di alam, datang ke Karmon tentu bisa jadi kebahagiaan tersendiri.

Tinggi air terjunnya kurang lebih mencapai 20 meter, cukup tinggi kan? Jadi, jangan iseng untuk loncat dari atas ke bawah ya! Ditambah lagi letaknya yang dikelilingi oleh bebatuan, bisa bahaya kalau nekat. Saat hujan, air terjun Karmon akan terlihat semakin indah. Sebab beberapa kolam alami berukuran kecil yang berada di kaki air terjun tersebut akan penuh. Bila beruntung, kamu mungkin bisa melihat Pelangi di antara turunnya air terjun tersebut.

Baca Juga: Wisata Asmat

Kalau soal fasilitas, sebaiknya sih jangan terlalu mengharapkan akan lengkap. Sebab tempat wisata di Biak ini masih dikelola secara sederhana oleh masyarakat setempat. Sehingga untuk urusan makanan dan minuman sangat disarankan untuk membawa sendiri. Namun, yang perlu diingat adalah jangan membuang sampah sembarangan ya agar kebersihan alam sekitar Air Terjun Karmon tetap terjaga.

Pantai Anggopi

Pantai Anggopi

Tempat wisata selanjutnya sangat cocok untuk kamu yang lagi merindukan suasana pantai nih! Yaitu Pantai Anggopi, wisata Biak yang jaraknya hanya 1 km dari pusat kota. Atau lebih tepatnya lagi berada di Distrik Oridek, Kabupaten Biak Numfor.

Hamparan pasir putih yang bersih dan lembut menjadi view sejauh mata memandang. Ada pula lautan luas yang airnya berwarna biru jernih. Kamu bisa menyusuri pantai sembari bertelanjang kaki, merasakan kelembutan pasir Pantai Anggopi. Atau bisa juga bermain air di bibir pantainya.

Salah satu hal unik lain yang bisa kamu lihat adalah kolam air tawar yang disebut salobar oleh masyarakat setempat. Alasan mengapa rasa airnya tawar karena ada sebuah mata air yang alirannya langsung tertampung di kolam tersebut.

Di samping itu, kamu bisa melihat beberapa pondok kecil yang sengaja dibuat dan disewakan untuk para pengunjung. So, yang lagi butuh vitamin sea yuk langsung aja rencanakan liburanmu ke Pantai Anggopi!

Pantai Segara Indah Bosnik

Pantai Segara Indah Bosnik

Masih belum puas dengan satu pantai? Tenang saja, masih banyak pantai di Biak yang bisa kamu jelajahi! Pantai berikutnya adalah Segara Indah Bosnik. Pantai indah yang memiliki hamparan pasir putih bersih sehingga memberikan warna tersendiri. Pemandangan pulau Owi pun bisa kamu lihat dari kejauhan yakni dari pantai Segara Indah Bosnik.

Lokasi pantainya merupakan yang terdekat dari kota Biak. Saat cuaca sedang cerah, kamu akan semakin dimanjakan dengan pemandangan lautan yang terbentang luas. Berwarna gradasi biru dan tosca, sungguh semakin memberikan sentuhan alami saja.

Bagi yang ingin melakukan susur bibir pantai, sangat disarankan untuk menggunakan alas kaki seperti sandal ya. Sebab ada beberapa kerikil yang tersembunyi di pasir, kalau terinjak tentu akan sakit.

Pantai Segara Indah Bosnik biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal saat akhir pekan atau tanggal merah lainnya. So, kalau ingin mendapatkan suasana pantai yang lebih sepi, dianjurkan datang saat hari kerja saja.

Pantai Mokmer

Pantai Mokmer

Dari Bosnik kamu bisa melanjutkan menjelajahi objek wisata di Biak selanjutnya yaitu Pantai Mokmer. Berlokasi di Mokmer, Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua 98118. Lokasinya tak terlalu jauh dari jalan utama, bahkan kamu bisa memarkirkan kendaraan tepat di depan pantai Mokmer.

Selain menikmati pemandangan pantai, kamu juga akan melihat beberapa perahu nelayan yang terparkir di bibir pantai. Kalau kamu mau, kamu bisa menyewa perahu tersebut untuk menjelajahi laut di sekitar pantai. Lokasi pantai yang tak jauh dari pemukiman pun membuat kamu mudah berinteraksi dengan masyarakat setempat. Jadi jangan heran kalau di sekitar pantai ada anak kecil yang sedang bermain-main.

Kalau soal keindahan memang yang masih bisa diunggulkan adalah Bosnik atau Anggopi. Namun paling tidak dengan datang ke Mokmer kamu bisa mengenal lebih dekat bagaimana suasana Biak Numfor.

Pulau Owi

Pulau Owi

Masih berkaitan dengan pantai, kali ini kamu akan diajak untuk menikmati pemandangan alam bawah laut di Pulau Owi. Ya, pulau ini memang memiliki daya tarik bawah lautnya. Ini karena lokasi pulau berada di titik yang sangat strategis. Bahkan keasrian Pulau Owi pun bisa diacungi jempol! Dikelilingi oleh 3 taman laut sekaligus yakni Padaido, Rani Mapia dan juga Pulau Meos Indo.

Berbagai macam ikan bisa kamu lihat saat snorkeling atau diving seperti Ikan Barakuda, Sekawanan Anthias yang memiliki warna unik yaitu merah dan orange. Ada juga ikan-ikan cantik berwarna kunik yakni schooling. Beberapa batu karang dan coral pun semakin memberikan pesona tersendiri untuk alam bawah laut Pulau Owi.

Fakta lain dari pulau ini yaitu dihuni oleh 1.000 nelayan yang memang menggantungkan kehidupannya pada lautan. Dan yang utama lokasi ini pernah menjadi saksi bisu kekejaman perang dunia ke-II. Historikal banget !

Pulau Padaido

Pulau Padaido

Sebuah pulau indah yang terhampar di bibir Pasifik yakni Pulau Padaido. Lokasinya ada di antara gugusan pulau-pulau kecil di kepulauan Biak. Konon nama Padaido sendiri diambil dari Bahasa setempat artinya keindahan yang tak bisa diungkapkan.

Ya, arti kata tersebut memang menggambarkan Padaido yang kemurnian alamnya terpampang nyata.

Baca Juga: Wisata Jayapura

Untuk bisa menjelajahi Padaido, kamu harus menempuh perjalanan menggunakan kapal speed terlebih dahulu dari Bosnik. Waktu yang ditempuh maksimalnya 3 jam. Lamanya perjalanan tentu akan segera terbayarkan sesampainya kamu di Padaido.

Oke traveler, itulah 6 tempat wisata di Biak Numfor paling hits dan populer! Bagaimana, Biak sangat indah sekali kan? Nggak akan rugi deh kalau kamu mau memutuskan untuk menjelajahi kabupaten di Papua ini. Di samping bisa berlibur dan menikmati keindahan alamnya, kamu bisa mengenal lebih dekat masyarakat Papua.

Jadi, kapan dong liburan ke sini? Yuk langsung saja rencanakan sekarang juga dan jangan lupa ajak teman-temanmu agar liburan semakin menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *