Tempat Wisata Di Bima

10 Tempat Wisata Di Bima Bertema Pantai Paling Keren

Posted on

Berlokasi di Pulau Sumbawa Timur, Bima menjadi salah satu destinasi wisata NTB yang banyak dilirik oleh wisatawan baik lokal maupun asing. Bila melihat dari sejarahnya, dulu Kota Bima adalah pusat kesultanan. Sehingga tak heran bila terdapat warisan kekayaan budaya dengan unsur kebudayaan islam yang cukup kental. Di samping itu, karena kondisi geografis Bima yang berada di pinggir teluk membuat tempat wisata di Bima kebanyakan bertema pantai.

Tempat Wisata di Bima

Penasaran dengan tempat wisata di Bima yang bertema pantai paling keren? Berikut beberapa diantaranya.

Pantai So Dau

Pantai So Dau

Wisata Bima Pantai So Dau merupakan permata tersembunyi di Bima yang harus banget kamu jelajahi. Memang sih bila dibandingkan dengan pantai lainnya, So Dau belum begitu terkenal. Namun dijamin, kamu tak akan rugi saat berkunjung ke sini.

Baca Juga: Wisata Mataram

Pantai So Da U bisa dibilang masih perawan, sebab jaraknya cukup jauh dari pemukiman warga dan masih jarang wisatawan berkunjung ke sini. Bukan karena tak indah, namun karena belum banyak yang tau letak So Da U. Biar pun begitu, seiring perkembangan teknologi dan berkat bantuan sosial media, So Dau mulai terpublikasi.

Saat memasuki Kawasan pantainya, wisatawan akan dibuat takjub dengan garis pantai yang begitu Panjang. Hamparan pasir putih sangat bersih, air lautnya pun jernih. Bila menjelajahi lebih dalam lagi, tepat di sisi dekat tebing, wisatawan bisa melihat terumbu karang yang asri dan masih terjaga.

Salah satu hal yang membuat pantai ini unik yaitu area terumbu karang yang terpisah dengan pasir. Jadi, saat kamu masuk ke area pasir, kamu tidak akan menemukan karang atau sejenisnya. Bila mau berkunjung ke So Da U sebaiknya bawa peralatan snorkeling ya agar kamu bisa melihat keindahan alam bawah laut dengan jelas.

Pulau Sangeang

Pulau Sangeang

Pulau Sangeang atau Sangiang merupakan tempat wisata di Bima yang anti mainstream. Dimana pulau ini adalah pulau vulkanik yang berlokasi di Laut Flores, jaraknya kurang lebih 62 km bila dari pusat Kota Bima. Untuk bisa sampai di Sangeang wisatawan harus melakukan perjalananan terlebih dahulu ke Desa Sangjan, barulah dari sana bisa menyewa perahu dengan kapasitas 10 sampai 15 orang agar bisa menyebrangi pantai.

Wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam bawah laut bisa melakukan diving atau snorkeling. Nah, untuk spot snorkeling dan diving terfavorit di Sangeang adalah Oi Peto, Gusu Wala, dan Oi Kalo. Di Oi Peto banyak hidup spesies ikan kerapu, di Gusu Wala banyak ditemukan ikan kakap berekor merah dan ikan sunu, sementara di Oi Kalo wisatawan bisa menemukan spesies ikan barongan.

Kalau kamu sedang liburan ala backpacker, kamu bisa mendirikan tenda di bibir pantai Sangeang. Tenang saja, kamu tak usah merasa sepi, sebab ada banyak backpacker yang juga sengaja mendirikan tenda untuk menginap minimal selama 1 malam. Kapan lagi bisa menikmati kemah di pinggir pantai? Selagi di Pulau Sangeang mending manfaatkan momen tersebut yuk.

Pantai Lariti

Pantai Lariti

Pernah membayangkan ada laut terbelah dua bak kisah Nabi Musa a.s? Ini bukan mitos loh, karena kamu bisa menemukannya di Bima Nusa Tenggara Barat. Nama pantai tersebut adalah Pantai Lariti yang berlokasi di ujung timur NTB, lebih tepatnya di Desa Soro Bima. Lariti juga tak jauh dari Pelabuhan Sape atau gerbang laut yang menghubungkan ujung Pulau Sumbawa dengan Nusa Tenggara Timur.

Wisatawan mengenal Lariti sebagai pantai yang memiliki hamparan pasir putih membelah laut serta menjadi penghubung dengan sebuah pulau kecil yang berada di sebelah timur. Sayangnya laut terbelah ini tidak akan setiap hari bisa ditemui dan dilalui oleh wisatawan.

Fenomena ini akan tergantung pada gravitasi bulan dan arah terbitnya bulan. Ini juga yang akan menentukan pasang dan surut air Lariti, biasanya berpatokan pada penanggalan hijriah. Rata-rata laut akan terbelah pada pukul 10 pagi sampai dengan 4 sore waktu Indonesia Tengah (WITA). Sehingga tak heran kalau banyak wisatawan yang mengharapkan momen terbelahnya laut saat berkunjung ke Lariti. Mudah-mudahan saat kamu datang ke sini, kamu sedang beruntung ya.

Pantai Lakey

Pantai Lakey

Siapa sangka ternyata Indonesia memiliki pantai yang sangat disukai oleh peselancar dunia. Ya, wisata di BIma satu ini memang sangat terkenal dikalangan peselancar local maupun asing. Kondisi ombak yang mendukung dan suasana pantai yang nyaman membuat Pantai Lakey tak pernah sepi dari pengunjung.

Lantas apa bedanya dengan spot surfing atau berselancar lain dengan Pantai Lakey?

Lakey sendiri terkenal akan ombak kidal, istilah yang dinamakan pada ombak sapuan di Lakey yang mengarah ke kiri bukan ke kanan. Angin lautnya pun terbilang kencang sehingga benar-benar mendukung kegiatan surfing, wind surfing atau pun kite surfing.

Bila ingin mengabadikan gambar secara keseluruhan, kamu bisa mengambil gambar di atas Menara yang terletak di ujung pantai. Saat musim lomba surfing biasanya Menara ini dipakai oleh juri untuk menilai para peserta. Nah, bagi pecinta fotografi yang ingin mengabadikan keindahan moment sunset dan sunrise, sebaiknya sih menginap selama satu malam agar benar-benar bisa mendapatkan momen langka tersebut dengan sempurna.

Bukit Matompo

Bukit Matompo

Mau melihat pemandangan Dompu secara menyeluruh di atas ketinggian? Kamu bisa mendatangi objek wisata Kota Bima Bukit Matompo yang memiliki luas hingga 8 hektar. Pemandangan di atas bukit sangatlah indah, tak ada pepohonan yang menghalangi sehingga kamu bisa menikmati hamparan Dompu langsung dengan mata kepalamu.

Kamu pun tak akan dikenakan biaya tiket masuk atau pun tiket parkir alias free. Oleh sebab itulah kalau membawa kendaraan, wisatawan harus mengawasinya sendiri.

Untuk bisa mencapai puncak ada 2 cara, pertama menggunakan tangga yang sudah reyot karena tidak dikelola dengan baik. Kedua mendaki melewati jalur tanah yang memang akan sedikit menguras keringat, biasanya kamu harus menghabiskan waktu 30 sampai 45 menit saja.

Pantai Kalaki

Pantai Kalaki

Pantai Kalaki adalah pantai pasir coklat yang memiliki dasar laut cukup landai. Secara administratif lokasi pantai ini berada di Desa Pantai, Palibelo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Karena berada di ujung teluk Bima, sehingga membuat ombak yang ada di Kalaki tak terlalu besar. Oleh sebab itulah banyak nelayan sekitar yang sengaja memanfaatkan kondisi pantai untuk budidaya ikan di dalam keramba.

Selain hamparan pasir dan bentang laut, di sini wisatawan juga bisa melihat pemandangan gunung yang berada di sisi timur pantai atau disebut juga pegunungan Donggo.

Pantai Labangka

Pantai Labangka

Bima memang cocok sekali untuk wisatawan yang butuh vitamin sea. Ada banyak pantai yang bisa memanjakan mata dan menjadi tempat liburan menyenangkan, seperti Pantai Labangka. Hamparan pasir putih, air laut yang jernih, langit biru, menjadi perpaduan warna-warna alami yang sangat menyejukkan mata. Bila dari segi lokasi, Labangka terbilang cukup jauh dari kota, akses nya pun cukup sulit. Sebab aspal yang dilalui sudah rusak, disambung dengan jalan bebatuan. Biarpun begitu, Labangka masih sangat direkomendasikan untuk para pantai lovers!

Pulau Kelapa

Pulau Kelapa

Bak Raja Ampat, keindahan Pulau Kelapa Nusa Tenggara Barat Bima pun mampu membuat takjub. Apalagi alam bawah lautnya, air yang jernih membuat kita bisa melihat dengan jelas kondisi di dalamnya. Topografi Pulau Kepala sendiri memang dipenuhi bukit hijau dengan garis pantai yang berkelok dan hamparan pasir putih yang bersih. Laut biru kehijauan pun terlihat sepanjang mata memandang. Sementara itu di perairan di dekat pulau Kelapa, ada beberapa pulau karang kecil yang indah.

Bila ingin menikmati pemandangan Pulau Kelapa secara menyeluruh kamu bisa naik ke atas bukit pulau kelapa yang juga merupakan spot terfavorit wisatawan saat datang ke sini. Tertarik berkunjung ke duplikat Raja Ampat ini? Bila iya, kamu harus siap-siap menikmati perjalanan menyeberang laut menggunakan speedboat ya!

Cagar Budaya Uma Lengge

Cagar Budaya Uma Lengge

Uma Lengge merupakan rumah adat yang berasal dari Suku Bima di Nusa Tenggara Barat. Dulunya rumah ini difungsikan sebagai tempat tinggal. Bagian atap rumah berbentuk segitiga yang cukup tinggi lalu ditutupi dengan jerami. Sayangnya, seiring berjalan waktu dari zaman berganti zaman, Uma Lengge hampir sulit ditemukan.

Tapi tak perlu khawatir sebab di Bima ada sebuah Kawasan lumbung padi yang masih memiliki Uma Lengge dan sengaja dilestarikan oleh pemuda Bima. Kawasan ini disebut Jompa dan sudah dibuka untuk wisatawan umum. Ada beberapa rumah adat Bima yang sekarang sudah beralih fungsi, asalnya tempat tinggal dan sekarang menjadi lumbung padi. Kurang lebih 200 Uma Lengge masih berdiri dan dirawat dengan baik oleh masyarakat setempat.

Pantai Wane

Pantai Wane

Bosan dengan pemandangan pantai yang biasa? Nah, kamu bisa coba datang ke Pantai Wane yang berlokasi di Bima. Destinasi pantai ini juga menjadi salah satu yang terfavorit untuk wisatawan local dan mancanegara. Selain pemandangan hamparan pasir dan laut biru kehijauan, kamu bisa melihat kawanan lumba-lumba berenang dan bermain di tengah laut. Kalau ingin berinteraksi langsung pun bisa banget, namun harus berada dalam pengawasan pawangnya. Gimana? Tertarik untuk berkunjung? Agar bisa mencapai tengah laut kamu bisa menyewa perahu nelayan atau mengikuti paket wisata tertentu ya.

Itulah 10 tempat wisata di Bima bertema pantai paling keren! Lokasi geografis NTB memang membuat tempat wisatanya didominasi oleh kepulauan dan pantai. So, buat pantai lovers yang lagi nyari vitamin sea, liburan ke NTB dijamin akan sangat menyenangkan dan memuaskan.

Baca Juga: Wisata Sumbawa Barat

Sedikit tips selama berwisata di Bima, jangan lupa menggunakan sunblock ya agar sinar ultraviolet tidak menyengat langsung pada kulit. Bawa kacamata juga untuk melindungi matamu, gunakan pakaian yang nyaman dan cocok digunakan saat liburan di pantai. Terakhir, jangan lupa cari informasi mengenai paket wisata di Bima yang akan sangat membantu kamu baik dari segi transportasi, akomodasi penginapan, hingga makanan. Kalau diperlukan, kamu juga dapat menyewa tour guide sehingga perjalanan wisatamu semakin nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *