14 Tempat Wisata Di Bireuen yang Harus Kamu Kunjungi

Posted on

Tempat wisata di Bireuen itu begitu melimpah dimana daerah ini menyimpan sejumlah potensi wisata alam dengan keindahannya. Seminggu berkunjung ke salah satu daerah di Aceh ini pun tidak akan mampu menuntaskannya.

Tempat wisata di Aceh ada banyak ragamnya, terutama wisata Bireuen dimana di daerah ini banyak lokasi yang belum tereksplore dengan sempurna. Mulai dari objek wisata pantai, sungai, air terjun hingga buatan.

Tempat Wisata Di Bireuen

Namun demikian, ada beberapa lokasi unggulan tempat wisata Bireuen yang harus menjadi prioritas. Selebihnya bila masih ada waktu maka bisa mengambil beberapa lokasi non unggulan. Dan berikut setidaknya tempat wisata di Bireuen yang harus dikunjungi:

Pantai Peuneulet Baroh

Pantai Peuneulet Baroh

Satu destinasi dengan ciri khas birunya laut sudah pasti ada Pantai Peuneulet Baroh yang berada di Desa Peuneulet Baroh, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireuen. Jaraknya lumayan jauh dari pusat kota tapi semua itu akan terbayar begitu sampa di lokasi.

Objek wisata dengan asrinya alam, pasir putih dan hijaunya dedauanan pohon sekitar kian melengkapi pemandangan yang ada. Ombak yang relatif baik untuk bermain selancar menjadi alasan lain pegiat surfing untuk memilih pantai ini sebagai tujuan.

Bagi yang tidak suka dengan olahraga memacu adrenalin maka berada di bibir pantai dan merasakan kesegarannya pun sudah lebih dari cukup. Jangan lupa untuk berjalan dan menyusuri pasir putih bersama anggota keluarga, pastinya bikin liburan makin berkesan.

Pantai Kuala Raja

Pantai Kuala Raja

Bila Pantai Peuneulet Baroh lumayan jauh dan ingin satu lokasi wisata di Bireuen yang dekat maka pilihlah Pantai Kuala Raja. Lokasinya tidak lebih dari 5 kilometer dari pusat kota, persisnya ada di Desa Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen.

Lokasi yang sangat strategis membuat pantai ini banyak dikunjungi wisatawan. Dan bila berkunjung pada malam hari maka bila beruntung akan menemukan berbagai penyu yang tengah ke pantai untuk bertelur.

Satu pemandangan yang tak biasa bukan, dan sangat disayangkan bila tengah berlibur ke Bireuen pastinya. Selain itu di tempat ini pengunjung juga bisa melihat pulau-pulau kecil yang ada di mulut sungai.

Pantai Jangka

Pantai Jangka

Pantai yang satu ini langsung mencuri perhatian siapa saja yang berkunjung. Hal ini karena terlihat jelas ada sentuhan modern di dalamnya.

Ada tempat duduk dan payung yang telah ditata dengan apik dan membuat siapa saja yang ingin bersantai di pantai kian mudah. Selain itu fasilitas pendukung juga telah sangat memadai membuat siapa saja merasa lebih nyaman saat berada di sini.

Pantai Jangka dengan pasir coklat ini berada di Jangka Mesjid, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen. Satu destinasi yang paling populer di Bireuen, layaknya Pantai Parangtritis di Jogja.

Pantai Reuleng Manyang

Pantai Reuleng Manyang

Ingin pengalaman berbeda saat ada di pantai maka berkunjunglah ke Pantai Reuleng Manyang ini. Objek wisata yang ada di Kecamatan Pandrah, Kabupaten Bireuen ini tidak menawarkan pasir putih melainkan pantai berkarang yang indah.

Jika Anda mengunjungi Bireuen, jangan lewatkan wisata bahari, termasuk Pantai Reuleng Manyang. Pantai di Kecamatan Pandrah memang sangat indah dan tidak kalah menarik dari pantai lainnya di Bireuen.

Akses untuk menuju lokasi juga sangat baik dan mereka yang ingin berkunjung dengan kendaraan pribadi pun bisa datang kapan saja. Jangan lupa ajak yang lain untuk menikmati keindahannya.

Pantai Calok Samalanga dan Mamplam

Pantai Calok Samalanga dan Mamplam

Pantai yang satu ini berada di unit Radar Angkatan Udara Republik Indonesia. Namun demikan tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang ingin berkunjung dan menikmati keindahannya.

Secara administrasi ada di Desa Calok, Kecamatan Pandarah, Bireuen. Objek wisata di Bireuen ini banyak dicari karena memang pemandangan ditawarkan sangat indah.

Selain memanjakan mata, pengunjung juga bisa melakukan banyak aktivitas semisal berenang, snorkeling, diving atau memancing. Jangan lupa sewa perahu nelayan dan minta mereka antarkan ke spot-spot terbaik di tengah laut untuk hasil kian optimal.

Pantai Laot Lapang

Pantai Laot Lapang

Jumlah pantai yang ada di kabupaten ini sangatlah banyak. Termasuk di dalamnya ada Pantai Laot Lapang yang ada di Desa Lingka, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen.

Akses yang sangat baik menuju lokasi menjadi nilai plus hingga kemudian pantai ini selalu ramai. Tidak harus menunggu akhir pekan, pada hari biasa pun pantai ini dikunjungi wisatawan.

Banyak hal bisa dilakukan di tempat ini. Terutama mereka yang ingin ada aktivitas bersama seluruh anggota keluarga tercinta.

Pemandian Batee Iliek

Pemandian Batee Iliek

Tak hanya pantai, tempat wisata di Bireuen itu ada banyak dan salah satunya yang banyak dituju sudah pasti Pemandian Batee Iliek yang ada di Kecamatan Samalanga.

Di sini pengunjung bisa beraktivitas renang bersama seluruh anggota keluarga. Jangan takut untuk mencoba keseruannya karena tempat alami ini benar-benar aman.

Kesegaran alami yang diberikan menjadi salah satu alasan utama pelancong dari luar kota untuk mencoba kolam yang cukup luas ini. Batu-batu berukuran besar di sisi kolam memberi pengalaman berbeda.

Terlebih pada hari-hari tertentu, sungai ini akan dipenuhi pengunjung untuk merasakan kesegarannya. Tak percaya, silakan datang satu hari jelang Bulan Ramadan maka jumlah pengunjung akan menyemut.

Air Terjun Piramida

Air Terjun Piramida

Tak jauh dari Pemandian Batee Iliek, di kecamatan yang sama terdapat air terjun yang begitu indah. Air terjun Samalanga demikian masyarakat setempat menyebutnya karena memang berada di kecamatan atau Distrik Samalanga atau persisnya ada di Desa Alue.

Lokasinya agak tersembunyi dan bisa jadi tidak mudah menemukannya. Tapi kini dengan adanya GPS atau bertanya pada masyarakat sekitar semua itu bukan kendala lagi.

Surga tersembunyi ini siap mengkompensasi siapa saja yang berkunjung dengan keindahan yang luar biasa. Dimana air terjunnya bukan hanya satu melainkan 4 tingkat.

Masing-masing tingkat memiliki ketinggian antara empat hingga lima meter. Siapapun yang renang di sini bisa jadi akan merasa miliki kolam renang pribadi karena tak banyak yang tahu lokasinya.

Air Terjun Ceuraceu

Air Terjun Ceuraceu

Masih dengan suasana air, saat ada di Bireuen jangan lupa untuk berkunjung ke Desa Samagadeng, Kecamatan Pandrah, Kabupaten Bireuen. Dimana di desa ini terdapat salah satu air terjun yang terkenal bernama Air Terjun Ceuraceu.

Jaraknya sekitar 8 kilometer dari pusat kota. Dengan demikian tidak begitu jauh dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum.

Saat berkunjung jangan lupa untuk merasakan kesegaran guyuran air dengan yang lain. Suara air yang khas bisa menjadi terapi bagi siapa saja yang sedang “ruwet” karena masalah pekerjaan sehari-hari.

Air Terjun le Rhop

Air Terjun le Rhop

Nampaknya potensi alam di Bireuen begitu luar biasa. Selain kaya akan keindahan pantai mereka juga miliki air terjun yang melimpah salah satunya Air Terjun le Rhop yang ada di Desa le Rhe, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireuen.

Menjadi menarik air terjun ini bukan hanya satu tingkat melainkan ada 3 tingkat dan masing-masing memberikan keindahan yang berbeda-beda. Bila ingin menjelajah ke masing-masing air terjun diharap hati-hati karena batu yang ada bisa saja licin terutama di musim penghujan.

Untuk mencapai lokasi wisata yang satu ini membutuhkan perjuangan yang tak mudah. Pengunjung diharuskan menyusuri jalan setapak lebih kurang sekitar 2 jam.

Krueng Simpo

Krueng Simpo

Masih mengandalkan keindahan dan keasrian sungai, Krueng Simpo yang ada di Jalan Negara Bireuen-Takengon ini pun banyak menjadi tujuan wisatawan. Lokasinya ada di sisi selatan kota Bireuen dan dari pusat kota berjarak sekitar 18 kilometer.

Krueng atau dalam bahasa masyarakat setempat sungai menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan masyarakat Aceh dan berbagai kegiatan dilakukan di tempat ini.

Setidaknya sungai juga digunakan sebagai tempat untuk bersantai pada akhir pekan. Terlebih bila tempatnya masih sangat asri pastinya bikin betah siapapun itu juga.

Jangan heran kemudian bila dari aktivitas ini menumbuhkan ekonomi masyarakat sekitar. Hal ini ditandai dengan adanya warung yang buka di sekitar lokasi. Pas bukan usai berenang dan lapar kemudian isi perut.

Ulee Kareung

Ulee Kareung

Satu wilayah yang sangat terkenal di Bireuen sudah pasti adalah Desa Ulee Kareung, Kecamatan Persimpangan Mamplam, Kabupaten Bireuen. Dimana desa ini tidak saja menawarkan sensasi keindahan pantai saja.

Lebih dari itu tentu saja satu tempat terbaik menikmati secangkira Kopi Aceh. Kopi yang begitu khas dan menjadi menu andalan bagi siapa saja yang berkunjung.

Terlebih pada sore hari, hampir semua tempat yang menjajakan kopi akan terisi penuh. Mereka pastinya adalah para penikmat kopi dan pastinya mereka yang penasaran nikmatnya kopi asli.

Rumoh Teungku Chik

Rumoh Teungku Chik

Ke Aceh, khususnya ke Bireuen tak lengkap rasanya tanpa belajar sejarah ada apa ratusan tahun lalu. Dan Rumoh Teungku Chik yang ada di Gampong Awe Geutah, Peusangan Siblah Krueng, Bireuen adalah lokasi terbaik.

Rumah tua ini telah ada sejak abad ke-13 dan hingga kini masih terjaga keasliannya. Bahan yang digunakan dan ornamen yang ada di dalamnya masih sama persis sejak kali pertama dibuat.

Berada di dalam rumah dan sekitar rumah dapat memberi gambaran pada zaman dahulu Aceh seperti apa. Pastinya sangat sayang bukan kalau belajar sejarah dengan cara paling mudah terlewatkan.

Cot Panglima

Cot Panglima

Di Bireuen dan ingin satu destinasi yang anti mainstream maka berkunjunglah ke Cot Panglima. Objek wisata tak biasa ini ada di kilometer 29 dari jalan Bireuen – Takengon atau persisnya ada di Desa Suka Tani, Kecamatan July, Kabupaten Bireuen.

Sepintas tak ada yang istimewa dengan Cot Panglima karena pada awalnya tempat ini digunakan untuk istirahat mereka yang melintas. Namun siapa sangka bila kemudian dari tempat ini ditemukan keindahan yang begitu apik.

Pelan tapi pasti tempat ini kian ramai karena mereka tak hanya bisa istirahat. Lebih dari itu mereka menemukan satu lokasi baru untuk berwisata.

Selain belasan tempat wisata di Bireuen diatas yang terdiri dari pantai, sungai, air terjun, rumah tua dan objek wisata dadakan masih ada objek wisata lain yang tak kalah menarik. Terutama bila ingin disusuri lebih detail untuk masing-masing wilayah.

Di Republik Wisata ini masih bisa ditemukan ribuan objek wisata di tanah air dan sangat sayang bila terlewatkan. Nantikan artikel berikutnya karena kami akan selalu memperbarui artikel yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *