20 Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur yang Paling Hits

Posted on

Berlibur pastilah jadi salah satu rencana kamu di akhir tahun ini. Nah, sudah punya rencana mau liburan ke mana saja? Kalau kamu masih bingung, yuk jelajahi berbagai Tempat Wisata di Jawa Timur, khususnya yang ada di Blitar. Dijamin deh, kamu pasti nggak akan menyesal liburan ke tempat wisata di Blitar.

Tempat Wisata di Blitar

Langsung saja kita simak 20 tempat wisata di Blitar yang paling hits di tahun ini berikut ini!

Pantai Pudak Blitar

Pantai Pudak Blitar

Kalau kamu termasuk pecinta pantai berpasir putih, maka pantai Pudak di Blitar ini wajib banget buat didatangi. Selain indah, pantai yang ukurannya tidak terlalu luas ini juga masih belum terlalu ramai oleh pengunjung. Jadi, serasa pantai milik pribadi nih hehehe.

Baca Juga: Wisata Pasuruan

Selain itu, kamu juga akan jarang menemukan sampah di obyek Wisata Blitar.

ini. Pokoknya surga banget deh bagi pecinta pantai. Meskipun begitu, fasilitas di pantai ini belum terlalu lengkap. Jadi ada baiknya kamu membawa bekal cemilan ringan dan air mineral saat akan berwisata ke sini supaya tidak kelaparan di sela-sela aktivitas foto-foto yang pasti jadi tujuan utama kamu datang ke pantai Pudak ini deh.

Air Terjun Lawean Gandusari Blitar

Air Terjun Lawean Gandusari Blitar

Selain pantai pasir putihnya yang indah, Blitar juga memiliki air terjun yang tak kalah cantik. Coba lihat deh gambar di atas. Ini adalah Air terjun Lawean Gandusari yang luar biasa indah, yang lokasinya terletak di antara perkebunan kopi dan cengkih. Di sela-sela air terjun juga terdapat tanaman yang menambah keasrian air terjun di Tempat Wisata di Blitar ini.

Biasanya, orang memanfaatkan bebatuan besar yang ada di depan curahan air sebagai pijakan untuk berfoto-foto. Karena bisa mengambil foto dari jarak dekat, maka tak heran ya kalau air terjun Lawean Gandusari ini terlihat begitu besar.

Gunung Kelud

Gunung Kelud

Kalau kamu berkunjung ke daerah Wisata Blitar yaitu gunung kelud, maka kamu akan menemukan beberapa zona. Jadi, wisata Gunung Kelud dibagi menjadi tiga zona, yaitu Zona Sirkuit Kelud, Zona Agrowisata Margomulyo, dan Zona Produksi. Setiap zona menawarkan atraksi yang berbeda.

Nah bagi kamu yang suka dengan pendakian maka kamu bisa mengunjungi zona sirkuit kelud. Di sana kamu juga bisa melihat kawah yang cantik seperti foto di atas. Bagi kamu yang lebih suka dengan tanaman dan tumbuh-tumbuhan, maka zona Agrowisata-lah yang lebih tepat kamu datangi. Sementara, di zona produksi kamu bisa membeli berbagai cinderamata dan oleh-oleh.

Pantai Selatan Tambak Rejo

Pantai Selatan Tambak Rejo

Tempat Wisata Blitar lainnya yang wajib banget jadi tujuan destinasi wisata kamu adalah Pantai Selatan Tambak Rejo. Pantai berpasir putih yang terletak kurang lebih 30 km sebelah selatan Kota Blitar ini terletak di sebuah teluk dengan garis pantai mencapai 10 km. Nggak seperti pantai-pantai lain yang menghadap Samudera Hindia, wisatawan diizinkan untuk mandi dan berenang di pantai ini, terutama pada sore hari saat air laut mulai surut. Jadi pantai ini pas banget deh buat kamu yang ingin melakukan aktivitas permainan air.

Sabo Dam

Sabo Dam

Sebenarnya Sabo Dam awalnya dibangun untuk menahan banjir lahar dingin seperti bendungan di Perkebunan Ngusri, tepatnya di Sungai Jari, Blitar, Jawa Timur. Tetapi lama-kelamaan masyarakat sekitar menggunakannya sebagai salah satu tempat Wisata di Blitar untuk jalan-jalan santai. Nggak heran sih, soalnya udara yang sejuk dan air yang jernih membuat kamu pasti betah berlama-lama menghilangkan stres di tempat ini.

Selain itu, bisa kamu lihat dari foto di atas kan, kalau tempat ini juga cocok banget untuk dijadikan spot foto-foto.

Pantai Serang Blitar

Pantai Serang Blitar

Salah satu pantai favorit wisatawan yang ada di Blitar adalah Pantai Serang, yang merupakan salah satu pantai yang sudah dikelola oleh pemerintah. Pantai ini terletak di Desa Serang, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar. Makanya nggak heran kalau pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, terutama para surfer. Kenapa bisa begitu? Karena Pantai Serang Blitar ini juga terkenal dengan ombaknya yang besar dan cocok banget buat surfing.

Selain itu, pepohonan di sekita pantai juga rindang benget, bikin hawa panas nggak begitu terasa karena kamu bisa duduk di bawah pohon sambil menikmati kesegaran angin pantai di Obyek Wisata Blitar. Pantai serang Blitar juga jadi tempat favorit para fotografer buat mengabadikan momen sunset.

Perut kamu tiba-tiba lapar? Jangan kuatir, ada banyak penjual makanan di sekitar pantai yang bisa kamu cicipi dagangannya. Pokoknya pantai ini pas banget deh buat berlibur.

Air Terjun Sirah Kencong

Air Terjun Sirah Kencong

Salah satu air terjun yang terkenal banget di Blitar adalah Air Terjun Sirah Kencong Jaranya sekitar 700 meter dari perkebunan Teh Sirah Kencong yang juga jadi destinasi favorit para wisatawan.

Wah, kalau di air terjun ini, kamu bisa merasakan dinginnya air yang jatuh dari tebing setinggi 10 meter dan mengalir di antara bebatuan, bagaikan air yang disimpan di dalam lemari es. Asli deh, dinginnya luar biasa, tapi juga sejuk banget. Menariknya, kamu juga bisa melihat banyak ikan-ikan yang berenang di kolam yang terbentuk di bawah air terjun tersebut.

Bendungan Wlingi Raya

Bendungan Wlingi Raya

Blitar memiliki satu Bendungan yang juga berfungsi sebagai tempat wisata juga, yaitu Bendungan Wlingi Raya. Bendungan yang ada sejak tahun 1985 ini awalnya berfungsi untuk keperluan pengairan dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Bendungan Wlingi Raya menjadi salah satu tempat favorit wisata keluarga karena ukurannya yang cukup luas, pemandangannya yang indah, serta fasilitas yang terbilang cukup lengkap.

Di tempat ini juga terdapat taman lengkap dengan berbagai permainan anak, penangkaran burung, monyet, dan rusa. Masyarakat juga sering berjalan-jalan santai saat sore hari sambil berfoto-foto di tempat ini.

Perkebunan Teh Siroh Kencong

Perkebunan Teh Siroh Kencong

Apakah kamu sedang mencari tempat wisata berhawa dingin dengan pemandangan indah dan nuansa alami yang menyegarkan? Kalau gitu, jalan-jalan yuk ke Perkebunan Teh di Blitar yang berada di ketinggian sekitar 1000 mdpl ini. Selain pemandangan yang cantik banget, kamu juga bisa puas-puasin untuk berfoto-foto di tempat ini.

Kalau kamu nggak pengen ketemu banyak orang agar bisa leluasa memilih spot-spot menarik, sebaiknya kamu datang di hari biasa, jangan saat weekend atau libur panjang.

Candi Cungkup Centong Sawentar

Candi Cungkup Centong Sawentar

Blitar punya beberapa tempat wisata budaya, salah satunya adalah Candi Cungkup Centong Sawentar, yang diduga dibangun pada awal berdirinya Kerajaan Majapahit. Candi yang terbuat dari batu andesit ini berukuran panjang 9,53 m, lebar 6,86 m dan tingginya 10,65 m. Di dalam ruangan bilik ditemukan akas arca dengan pahatan burung garuda, yang dikenal sebagai kendaraan Dewa Wisnu. Berdasarkan hal ini dapat diketahui bahwa Candi Sawentar merupakan bangunan suci yang berlatar belakang agama Hindu.

Candi ini dikelilingi halaman rumput yang berukuran luas, sehingga terlihat sangat indah.

Hutan Pinus Loji

Hutan Pinus Loji

Hutan Pinus Loji adalah tempat yang wajib kamu kunjungi saat ke Blitar. Berada tepat di lereng Gunung Kelud, piknik ke Hutan Pinus Loji akan membuat kamu melupakan semua masalah dan kepenatan hidup hehehe. Beneran deh. Apalagi kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam, suara kicauan burung yang ramai, dan udara yang segar.

Selain bisa berfoto-foto di tempat yang instagramable banget ini, kamu yang hobby camping juga bisa menginap dengan mendirikan tenda di hutan pinus loji ini.

Gunung Gamping Jimbe

Gunung Gamping Jimbe

Mau berwisata ke daerah pegunungan yang instagramable banget? Kalau begitu, coba deh datang ke Gunung Gamping Jimbe. Gunung yang terletak di Desa Jimbe, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar ini benar-benar pas banget buat dijadikan spot foto-foto. Selain itu, Gununga Gamping Jimbe juga biasa dijadikan lokasi untuk acara-acara seperti jambore.

Air Terjun Watu Tangis, Krisik

Air Terjun Watu Tangis, Krisik

Air terjun yang satu ini pasti bikin kamu terkesima karena keindahannya. Air terjun Watu Tangis adalah sebuah air terjun dengan tinggi kurang lebih 70 meter! Wah, luar biasa ya. Tapi yang lebih menakjukan lagi adalah pemandangan yang ditawarkan air terjun yang terletak di Gandusari, Blitar ini.

Nggak heran kalau banyak yang bilang air terjun Watu Tangis adalah yang terindah di Blitar. Coba saja lihat bebatuan hitam yang berada di balik air terjun ini. Warnanya sangat kontras dengan tumpahan air membuatnya menjadi background foto yang sempurna bagi kamu.

Meskipun begitu, butuh perjuangan yang cukup menantang saat akan mengunjungi air terjun ini. Kamu harus menyusuri sungai terlebih dahulu selama sekitar 3 jam, tergantung kondisi saat itu. Tapi, semua perjuangan mencapai Air Terjun Watu Tangis bakalan berbuah manis saat kamu sampai ke air terjun ini.

Kesambi Trees Park, Maliran Blitar

Kesambi Trees Park, Maliran Blitar

Kesambi Trees Park ini terletak di wilayah Blitar barat tepatnya di Ds. Jatilengger, Kec. Ponggok, Kab Blitar. Harga tiket masuk ke tempat ini dikenai 10 ribu rupiah per orang, dan parkir motor sebesar 3 ribu rupiah.

Di sini, kamu bisa melihat-lihat penangkaran rusa, bahkan memberi makan mereka yang dinamakan maliran deer feeding seperti bisa kamu lihat di foto di atas.

Selain rusa-rusa, tempat ini juga sering digunakan untuk foto pre-wedding, karena ada banyak spot-spot bertema rustic yang tersedia. Oh ya, di Kesambi Trees Park juga ada tempat outbond-nya lho! Bisa dibilang fasilitas di tempat wisata ini memang cukup lengkap.

Candi Penataran

Candi Penataran

Salah sattu tempat wisata budaya lainnya yang ada di Blitar adalah Candi Penataran. Ini merupakan candi Hindu yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Candi termegah dan terluas di Jawa Timur ini dibangun pada masa Raja Srengga dari Kerajaan Kadiri sekitar tahun 1200 Masehi dan berlanjut digunakan sampai masa pemerintahan Wikramawardhana, Raja Kerajaan Majapahit sekitar tahun 1415. Hebatnya, Candi Penataran telah diusulkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 19 Oktober 1995.

Selain digunakan sebagai tempat wisata, candi bersejarah ini juga biasa digunakan sebagai spot untuk berfoto-foto dengan tema etnik seperti yang bisa kamu lihat di foto di atas.

Air Terjun Curug Bening

Air Terjun Curug Bening

Air Terjun Curug Bening adalah tempat wisata di Blitar yang juga jadi salah satu tujuan favorit para wisatawan, khususnya para fotografer. Pemandangannya memang luar biasa indah. Air terjunnya cukup tinggi dengan pemandangan sekitar yang juga sangat cantik. Selain itu, fasilitas di sini juga lumayan lengkap. Selain tempat parkir yang luas, kamu juga bisa menemukan kamar mandi dan musholla dengan mudah.

Ada juga beberapa tempat makan dan minimarket, sehingga kamu nggak akan merasa kesulitan membeli cemilan yang dibutuhkan, karena saat sampai di Air Terjun Curug Bening ini pasti kamu ingin berlama-lama dan enggan langsung pulang. Yang jelas, tempat wisata yang satu ini recommended banget deh buat dikunjungi sebagai tempat liburan.

Rambut Monte

Rambut Monte

Sedang butuh berwisata ke tempat yang sejuk, rindang, dan bernuansa hijau? Kalau gitu, jalan-jalan yuk ke Telaga Rambut Monte. Ini adalah objek wisata berupa sebuah telaga super bening yang luar biasa indahnya.

Telaga Rambut Monte letaknya berada tepat di lereng gunung, di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Yang bikin telaga ini jadi unik adalah mata air super jernih yang membentuk telaga.

Karena pantulan langit dan pepohonan di sekitarnya, air di telaga ini seakan berwarna hijau kebiruan. Walaupun ukuran telaga Rambut Monte tak begitu luas, tetapi pemandangan yang indah membuat kamu bisa menikmati secara maksimal suasana yang ditawarkan oleh obyek wisata yang satu ini.

Puncak Rikmo Tepas Kesamben

Puncak Rikmo Tepas Kesamben

Puncak Rikmo adalah tempat wisata yang berada di Desa Tepas, Kecamatan Kesamben, Blitar. Pemandangannya memang sangat indah. Inilah yang membuat pengelola Puncak Rimo dan para pemuda desa merintis wisata ini dengan membangun beberapa spot menarik dan instagramable, seperti jembatan kayu, akses jalan, dan rumah-rumah kayu.

Pokoknya, kamu nggak bakalan kecewa deh kalau berkunjung ke sini. Pemandangan alamnya ditambah akses jalan yang mudah membuat Puncak Rikmo dengan mudah menjadi salah satu destinasi liburan terfavorit di Blitar. Asyiknya, para warga desa juga bersemangat untuk menjadikan Puncak Rikmo lebih populer lagi dengan menyediakan berbagai fasilitas yang dapat menarik wisatawan baru.

Jurug Jumeg

Jurug Jumeg

Lokasi salah satu obyek Wisata di Blitar Jawa Timur ini berada di Dusun Ringinanyar Desa Ringinrejo Kecamatan Wates Kabupaten Blitar. Air terjun Jurug Jumeg memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan curahan air yang cukup deras, serta kedalaman sekitar 10 meter.

Banyak juga bebatuan di sekitar air terjun ini yang sering dimanfaatkan untuk tempat berfoto-foto oleh para wisatawan. Karena areanya cukup luas, maka kamu bisa leluasa memilih spot paling cocok untuk dijadikan area foto. Oh ya, biaya masuk ke lokasi ini masih gratis lho. Jadi kamu bisa sering mengunjungi tempat ini sampai puas tanpa perlu kuatir soal biaya.

Pantai Jebring

Pantai Jebring

Pantai Jebring adalah merupakan pantai yang terletak di Desa Ngadipuro, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar. Pantai ini memiliki pasir berwarna gelap yang sangat eksotis dan cantik.

Walaupun belum sepopuler pantai lainnya yang berada di Blitar, tapi Pantai Jebring sudah mulai banyak dilirik wisatawan terutama sejak banyak anak muda yang mem-posting foto-foto keindahan pantai ini di sosial media. Pantai jebring memiliki bentang pantai yang cukup luas, dan sekarang sudah mulai banyak bermunculan penjual-penjual makanan di sekitar pantai.

Baca Juga: Wisata Banyuwangi

Karena belum seramai pantai lainnya, maka kamu bisa banget lho kalau ingin memanfaatkan lokasi ini untuk berlibur bersama teman-teman yang jumlahnya cukup banyak, karena tidak akan terlalu berdesak-desakkan dengan pengunjung lainnya. Selain itu, kamu yang sedang mencari spot untuk foto pre-wedding juga bisa melakukannya di obyek wisata ini.

Nah itu tadi informasi mengenai 20 Tempat wisata di Blitar yang pastinya kamu butuhkan kalau kamu memiliki rencana untuk mengunjungi Blitar dalam waktu dekat. Lengkap sekali bukan? Semua jenis tempat rekreasi di Blitar ada di sana. Jangan lupa, saat berlibur tetap patuhi protokol kesehatan ya, agar liburan kamu tetap aman dan berkesan. Selamat liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *