11 Tempat Wisata Di Blora, Keindahan Kota Sate Jawa Tengah

Posted on

Menjelajahi tempat wisata di Jawa Tengah memang tak pernah ada habisnya. Pasalnya, di tiap daerah selalu saja ada yang menjadi daya tarik, entah karena suasana alamnya atau sejarahnya. Sama hal nya dengan tempat wisata di Blora si Kota Sate dan yang paling gencar melestarikan seni budaya Barongan.

Tempat Wisata di Blora

Lalu, bagaimana dengan potensi wisata Blora? Tentu saja patut kamu ketahui dan jelajahi. Penasaran dengan tempat mana saja yang paling direkomendasikan apalagi yang bertemakan alam? Yuk simak ulasan berikut ini.

Goa Terawangan

Goa Terawangan

Wisata Kota Blora yang pertama adalah Goa Terawangan, salah satu goa yang mampu memikat puluhan fotografer untuk sekedar hunting foto yang menarik. Sebab Terawang memang memiliki pemandangan unik yang mampu memanjakan kamera.

Hal paling menarik dan ditunggu-tunggu saat sampai di Goa Terawangan adalah turunnya sinar matahari yang masuk melalui celah dinding atap. Goa yang tadinya gelap perlahan akan mulai terang karena sinar matahari. Siluet cahaya indah pun menjadi pesona yang mungkin jarang kamu dapatkan.

Bentuk goa ini memanjang dengan bagian dalam terdiri dari 5 goa yang saling sambung menyambung. Dimana untuk bagian paling depan atau terluar adalah terawang 1, begitu seterusnya hingga benar-benar sampai di Terawang 5 yaitu pada bagian terdalam.

Baca Juga: Wisata Batang

Pada langit-langit goa terdapat sebuah lubang alami yang cukup lebar. Nah, lubang tersebutlah yang nantinya menjadi jalan masuk sinar matahari yang menerangi goa. Selain itu, lubang tersebut juga berfungsi sebagai ventilasi sehingga sirkulasi udara dalam goa tetap terjaga dengan baik dan tidak terasa pengap. Pada bagian dinding goa terdapat stalaktit dan stalagmit yang memang khas.

Pengunjung bisa menyusuri goa sedalam 500 meter dengan berjalan kaki. Untuk bisa masuk, tentunya harus bayar tiket masuk dulu ya 10 ribu rupiah per orang. So, tunggu apa lagi? Yang suka dengan aktivitas susur goa langsung saja kunjungi Goa Terawangan.

Kracakan Watu Gong

Kracakan Watu Gong

Wisata Cepu Kracakan Watung Gong merupakan tempat yang sangat terkenal keindahannya apalagi pada musim kemarau. Kracakan Watu Gong terbentuk karena batuan padas, atau dalam Bahasa lokal disebut Kracak. Ada pula sebuah batu yang menyerupai Gong.

Di sini, kamu juga akan melihat pemandangan air yang mengalir dan jatuh melewati tanah padas. Bak Niagara Water Fall yang ada di Kanada, pemandangan ini benar-benar akan membuatmu terpesona. Biarpun dalam bentuk mini sebab aliran airnya tidak terlalu deras.

Sayangnya wisata alam musiman ini hanya terjadi di sepanjangan daerah yang terlewati aliran air sungai Bengawan Solo saja, khususnya untuk Kecamatan Ceput, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Tidak sedikit masyarakat setempat yang memanfaatkan momen berkunjungnya wisatawan dengan berjualan makanan dan hasil tangkapan ikan.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Kracakan Watu Gong? Yuk langsung saja datang ke Jalan Lapangan Terbang, Ngloram, Kapuan, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Harga tiketnya free alias gratis, jadi kamu nggak usah mikiran lagi soal biaya tiket masuk. Tinggal datang dan menikmati saja. Namun tetap harus menjaga tempat wisatanya ya agar selalu bersih, pokoknya jangan meninggalkan jejak apapun selain kenangan.

Air Terjun Masohan

Air Terjun Masohan

Tempat wisata di Blora air terjun Masohan tidak hanya menyajikan keindahan alam yang eksotis namun juga menyimpan sejarah masa lalu yang harus kamu ketahui. Lokasinya sedikit tersembunyi sehingga untuk bisa sampai di Air Terjun Masohan memerlukan sedikit usaha keras yang akan menguras keringat. Namun tidak perlu khawatir sebab nantinya rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan air terjun yang sangat memukau dan pemandangan alam sekitar yang memanjakan mata, ditambah lagi udara yang segar.

Hal yang menarik perhatian wisatawan kenapa ingin berkunjung ke Masohan tentu saja karena pesona alam yang masih perawan dan terjaga. Kalaupun menemukan sampah, sudah dipastikan itu bukan salah alam, tapi salah wisatawan yang tidak bisa bertanggung jawab.

Ada sebuah sejarah yang sangat melekat dengan keberadaan sungai ini. Dimana di masa lampau, sebelum mendirikan solat  Sunan Janjang membasuh (masoh) muka di sini. Itulah mengapa dinamakan air Terjun Masohan.

Untuk lokasi lebih tepatnya, Masohan berada di Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Namun sebelum datang ke sini sebaiknya kamu kumpulkan keberanian dulu ya, sebab jalur yang harus kamu lalui akan cukup menantang. Sementara untuk tiket masuknya sendiri sih masih gratis, mungkin sewaktu-waktu akan dikenakan tiket masuk bila sudah ada pihak pengelola yang mau bertanggung jawa atas tempat wisata ini.

Bukit Kunci

Bukit Kunci

Masih dengan nuansa alamnya, tempat wisata Blora ini akan menyuguhkan pemandangan Gunung Lawu serta pemandangan matahari terbit yang sangat mempesona di pagi hari. Udaranya yang menyejukkan pun sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan relaksasi di akhir pekan.

Pengelolaan tempat wisatanya sendiri dilakukan oleh pemuda karang taruna setempat. Hingga sekarang, pengelolaannya cukup baik, mudah-mudahan bisa semakin maju dan menarik perhatian banyak wisatawan dari luar Blora ya. Apalagi akses jalan untuk menuju Bukit Kunci pun terbilang muda dijangkau, akan sangat memudahkan wisatawan sekali.

Berbagai macam spot foto dibuat secara khusus untuk para pengunjung. Ya, karena memang sekarang ini wisatawan sangat menyukai spot foto unik, tak heran bila pihak pengelola berusaha membuat yang relevan dengan hal yang disukai wisatawan.

Bila sudah merasa puas menikmati suasana alam di Bukit Kunci, kamu bisa singgah di lapak-lapak para penjual souvenir dan makanan. Ya barangkali kamu ingin membeli oleh-oleh sebelum pulang? Kamu bisa membelinya di sini. Soal harga terbilang standar, kalau sedikit mahal mungkin bisa dimaklumi apalagi saat kamu sedang berada di sebuat tempat wisata.

Sungai Kalinanas

Sungai Kalinanas

Sebuah sungai di Blora menjadi tempat wisata populer yang banyak dikunjungi. Sungai ini diapit oleh 2 dinding batu yang membentuk ukiran unik. Bila dilihat sekilas, bagian dinding batu menyerupai rak terbuka yang berukuran besar, namun tentunya ini terbentuk secara alami karena kikisan air sungai yang sudah terjadi sejak jutaan tahun lalu.

Karena keunikan dari dinding tersebutlah, membuatnya menjadi tempat paling diburu untuk berfoto sebab bisa menghasilkan gambar yang instagramable. Hanya berfoto dengan latar belakang dinding batu di Kalinanas saja kamu sudah akan terpuaskan dengan hasilnya. Adapun hal lain yang akan membuatmu tertarik yaitu jembatan kuno peninggalan kolonial Belanda atau biasa disebut sebagai Jembatan Merah karena pada masa penjajahan jembatan ini dicat warna merah dengan umur yang sudah lebih dari 1 abad. Dulu difungsikan sebagai jalan lori untuk transportasi atau pengangkutan kayu dari hutan yang melewati ketinggian jurang dan tebing yang terjal.

Gimana, tertarik untuk datang ke sini nggak? Tenang saja, tidak ada tiket atau biaya masuknya kok alias free! Jadi kamu tinggal datang saja, ajak juga teman-temanmu agar tempat ini semakin ramai dan banyak dikenali.

Bukit Pencu

Bukit Pencu

Tempat wisata Bukit Pencu dapat ditempuh dari pusat Kota Blora, kamu mungkin akan menghabiskan 1,5 jam waktu perjalanan. Terbilang cukup lama ya? Tapi tenang saja, sesampainya di Bukit Pencu, kamu akan disuguhi dengan pemandangan mempesona dari ketinggian 400 meter di atas permukaan laut.

Biasanya wisatawan akan datang lebih pagi agar bisa menikmati pemandangan matahari terbit dari Bukit Pencu. Apalagi udara di pagi hari memang lebih menyegarkan, so kamu nggak akan rugi sih kalau memang ingin datang lebih pagi.

Konon dulunya Kawasan wisata ini dikenal sebagai tempat orang bertapa atau mengasingkan diri. Lain dulu lain Sekaran, sebab Bukit Pencu sudah sangat ramai dikunjungi wisawan.

Untuk akses jalan agar bisa sampai di Kawasan perbukitannya terbilang cukup menanjak. Bila kamu membawa kendaraan, kamu harus memarkirnya di lahan yang sudah disediakan, lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Rasa lelah akan segera terbayarkan bila kamu sudah sampai di atas bukit.

Informasi penting lainnya, harga tiket masuk ke bukit Pencu sangat murah sekali loh. Masih di bawah 5 ribu rupiah!

KDR Park

KDR Park

Berjarak 25 km dari Pusat Kota Blora, tidak membuat KDR Park sepi dari pengunjung, sebab tempat ini memiliki daya tariknya sendiri. Nah, kamu sudah tau belum apa singkatan dari KDR Park? Yaitu Kunduran Distrik Refresh, tempat wisata ini berlokasi di ujung barat Kabupaten Blora.

Luasnya mencapai 1,2 hektar, dilengkapi dengan taman bermain untuk anak-anak. Kamu juga bisa menikmati berbagai macam wahana permainan mulai dari menyewa ATV, kereta mini, bermain panahan, hingga kolam renang khusus anak-anak. Bahkan anak-anak bisa belajar lebih mandiri dengan bermain di area outbound yang sudah disediakan. Berbagai macam sot foto pun tentu akan sangat memanjakan kamera. Pihak pengelola memang sengaja membuat spot foto yang menari. Seperti rumah pohon, cocok sekali nih buat kamu yang suka berfoto. Suasana sejuk dan teduh bisa kamu rasakan selama berada di KDR Park.

Lokasi KDR Park sendiri berada di Kunduran, Sambiroto, Blora, Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya cukup murah, hanya 5 ribu rupiah per orang.

Gunung Cengklik

Gunung Cengklik

Wah, Blora memang tidak pernah ada habisnya menawarkan pesona alam. Ada lagi nih bukit dengan ketinggian 300 Mdpl yang akan memanjakan kamu dengan pemandangan dan kesejukan udaranya. Nama tempat wisata ini adalah Gunung Cengklik, berlokasi di Bucak, Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Latar belakang pemandangan hutan jati hijau diantara gugusan Pegunungan Kendeng Utara akan membuat matamu semakin dimanjakan karena keindahannya. Tak sedikit anak muda yang datang ke sini karena ingin berfoto layaknya selebgram dan memposting di media sosial. Karena hal tersebut juga sih Gunung Cengklik semakin terkenal. Jadi, kalau kamu datang ke sini jangan lupa berfoto dan membagikannya di akun sosmed mu ya.

Pihak pengelola berinisiatif membuat berbagai macam fasilitas yang akan membuat wisatawan semakin nyaman. Mulai dari spot foto selfie, hingga tempat-tempat untuk menikmati pemandangan. Yang paling disukai sih tempat duduk rumah pohon dengan latar belakang pegunungan.

Sedikit tips saat kamu sedang berwisata ke alam, cari tahu dulu apakah tempat wisata tersebut memiliki fasilitas yang memadai atau tidak. Sebab beberapa tempat wisata alam di Blora yang belum dikelola tentu belum bisa menunjang fasilitas dengan nyaman. Kamu juga harus menjaga diri untuk tidak membuang sampah sembarangan. Jangan sampai kedatangan wisatawan malah membuat alam itu sendiri menjadi rusak. Yuk jadi wisatawan cerdas.

Gunung Manggir

Gunung Manggir

Wisata Blora Jawa tengah memang tak pernah mengecewakan apalagi yang bernuansa alam seperti Gunung Manggir yang memiliki ketinggian 250 meter di atas permukaan laut. Cocok sekali untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata menyejukkan.

Saat sampai di puncak Gunung Manggir, kamu akan melihat sebuah goa yang memiliki 3 trap atau tingkatan. Trap pertama memiliki kedalaman hingga 15 meter, trap kedua memiliki kedalaman hingga 7 meter, pada goa ini terdapat stalagmit yang berbentuk unik dan menarik.  Di puncak Manggir juga terdapat tanah terbuka yang memiliki luas kurang lebih 5 meter pesegi. Di situlah biasanya wisatawan menikmati suasana Gunung Manggir.

Kereta Uap Cepu

Kereta Uap Cepu

Sebuah kereta wisata menjadi tempat wisata cepu terbaru yang sangat populer, baru saja diluncurkan pada tahun 2018 namun mampu menarik perhatian banyak wisatawan karena keunikannya. Tempat ini bisa menjadi alternatif wisata edukasi selain museum kereta api Ambarawa.

Kereta Uang Cepu ini ditarik menggunakan lokomotif tua buatan Berliner Maschinenbau Jerman tahun 1928. Sementara itu untuk jarak tempuhnya sendiri mencapai 60 km per jam dengan kecepatan maksimum dari lokomotif mencapai 20 km per jam. Untuk kapasitasnya, bisa memuat 25 orang penumpang per gerbong.

Nah, khusus untuk loko uapnya sendiri menggunakan bahan bakar yang terbilang lebih mahal karena menggunakan kayu. Atau sistemnya semacam carter. Selain paket wisata kereta uap dan kereta diesel, tempat wisata Blora satu ini juga menyediakan tambahan gerbong rombongan bagi kamu yang memang membutuhkan. Namun akan dikenakan tarif tambahan ya, yaitu 250 ribu per gerbong. Dan gerbong yang disediakan pun adalah gerbong terbuka.

Waduk Greneng

Waduk Greneng

Tempat wisata di Cepu Blora yang terakhir adalah Waduk Greneng yang berlokasi di Kecamatan Tunjungan. Jaraknya terbilang dekat bila ditempuh dari alun-alun Blora. Di sini kamu akan menemukan waduk yang biasa digunakan sebagai tempat pemancingan, bila mau kamu juga bisa menyewa pancingan dan memancing.

Atau kalau hanya ingin menikmati pemandangan alam nya pun sangat bisa sekali. Sebab suguhan pemandangan alam Waduk Greneng memang indah dan bisa memanjakan mata. Waduk Greneng pun dikelilingi oleh hutan jati, sehingga udara di sekitar waduk pun terasa lebih menyegarkan.

Baca Juga: Wisata Purwokerto

Agar bisa menikmati keindahan waduk ini secara menyeluruh, kamu bisa menyewa perahu dan mengelilingi waduk. Biayanya tidak terlalu mahal kok, hanya 5 ribu rupiah saja per orang dan per sekali jalan. Kalau sudah merasa lelah berkeliling waduk Greneng, kamu bisa mengisi perut dengan menikmati kuliner yang dijajakan di tempat makan sekitar Waduk Greneng. Ikan bakar tentu menjadi menu utama yang sangat pas untuk kamu santap.

Bagaimana, 11 tempat wisata di Blora si Kota Sate di atas apakah ada yang menarik perhatianmu? Blora memang bisa diunggulkan kalau soal pesona alamnya, cocok sekali deh kalau kamu sedang mencari tempat untuk rehat dan menikmati udara segar. Nggak usah ragu lagi untuk memilih salah satu tempat di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *