Tempat Wisata di Bogor

10 Tempat Wisata di Bogor Paling Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Bogor salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki julukan Kota Hujan. Ini karena curah hujan di kota Bogor memang cukup tinggi. Tidak heran bila cuacanya juga masih terbilang cukup sejuk. Selain itu, letaknya juga berapa di dataran tinggi sehingga wisata Bogor terkenal akan nuansa alamnya.

Destinasi Wisata Bogor Yang Lagi Hits

Bila kamu memang berniat untuk mengunjungi tempat wisata di Jawa Barat, khususnya Bogor. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata Bogor yang bisa kamu kunjungi.

Taman Safari

Taman Safari

Taman safari merupakan tempat wisata di Bogor yang merupakan konservasi flora dan fauna. Termasuk dalam kebun binatang terbesar di Indonesia. Di sini terdapat 280 spesies satwa serta dikelilingi oleh lebih dari dari 5000 pohon. Tidak heran bila taman safari juga memiliki udara yang sejuk. Bahkan satwa-satwa nya pun tidak diberikan kendang, alias dibiarkan bebas layaknya tinggal di habitat asli mereka.

Taman Safari sangat cocok sekali dijadikan tempat wisata keluarga. Selain berlibur, anak-anak juga bisa belajar mengenai berbagai macam satwa. Bisa juga berinteraksi secara langsung, sekedar memberikan makan pada satwa jinak. Selain melihat binatang, ada juga wahana bermain yang bisa dinikmati oleh orang dewasa.

Bagaiamana, ingin berkunjung ke Taman Safari Bogor? Nah, sebelum masuk, kamu akan dibebankan biaya tiket masuk dulu. Untuk harganya sendiri dibedakan menjadi 2 kategori. Pertama, harga tiket untuk wisatawan domestic. Kedua, harga tiket untuk wisatawan mancanegara.

Curug Cibereum

Curug Cibereum

Destinasi wisata Bogor selanjutnya adalah Curug Cibereum. Curug yang berada di kaki Gunung Gede ini akan menyuguhkan pemandangan alam yang masih terjaga. Air curug yang segar juga bisa kamu nikmati. Selain berada di Kaki Gunung Gede, Curug Cibereum juga bersebelahan dengan Cibodas. Sebuah tempat wisata lain yang nanti akan dijelaskan juga.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Bandung

Sebelum bisa menikmati suasana curug, kamu harus berjalan kaki dulu sejauh 2.4 km. Selama perjalanan, kamu akan disambut dengan rimbun pepohonan. Bila beruntung, kamu bisa melihat beberapa satwa liar seperti monyet atau lutung. Selain itu, kamu juga tidak perlu takut tersesat karena sudah ada jalan khusus yang dibuat untuk para pengunjung.

Sedikit tips untuk kamu yang ingin berkunjung ke Cibereum. Gunakanlah sepatu yang nyaman agar perjalanan menuju curug bisa terasa lebih nyaman. Bawa makanan dan minuman secukup nya, bawa jas hujan juga ya. Siapkan juga uang 20 ribu untuk biaya tiket masuknya.

Kebun Raya Cibodas

Cibodas

Nah, dipembahasan wisata kota Bogor sebelumnya sudah dijelaskan mengenai lokasi Curug Cibereum yang tidak jauh dari Cibodas. Sekarang mari kita cari tahu lebih lanjut, ada apa sih di Cibodas ini dan tempat apa sih Cibodas.

Di kenal juga dengan sebutan Kebun Raya Cibodas. Termasuk dalam UPT balai konservasi tumbuhan. Lokasinya ada di antara gunung Gede dan Pangrango. Bila dari Jakarta, jaraknya kurang lebih 100 km sementara kalau dari Kota Bandung kurang lebih 80 km. Kebun Raya Cibodas ini mempunya area alami dan belum tersentuh oleh modernisasi. Tidak heran bila sering kali dijadikan sebagai tempat shooting.

Bila kamu tertarik untuk belajar lebih jauh tentang Pendidikan lingungan, kamu bisa belajar di Cibodas. Di sini memang terdapat tempat khusus untuk wisatawan yang tertarik dengan tema tersebut. Kalau kamu merasa belum puas bermain di Kebun Raya Cibodas, kamu bisa menginap di area Cibodas. Terdapat beberapa Guest House yang melayani para tamu.

Oh iya, untuk kamu yang ingin melakukan gathering family atau acara reuni, kamu bisa menjadikan Cibodas sebagai pilihanmu. Tamannya yang luas memberikan keleluasaan untuk kamu melakukan berbagai macam acara dan kegiatan.

Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango, termasuk dalam gunung berapi yang masih aktif. Mempunyai ketinggian kurang lebih 2.958 Mdpl. Gunung ini terakhir kali meletus pada tahun 1957, lokasinta berada di perbatasan Kabupaten Bogor, Ciancur dan juga Sukabumi. Sehingga para pendaki bisa memilih akan mendaki melalui jalur mana.

Gunung Gende juga memiliki kondisi alama yang masih asri dan terjaga. Ya terkadang sih memang ditemukan sampah, tentu saja itu ulah para pendaki yang tidak bertanggung jawab. Gede masih dikeliling oleh hutan yang kaya akan flora dan fauna. Pada tahun 1977, Gunung Gede juga sudah ditetapkan sebagai Cagar Biosfir oleh UNESCO.

Salah satu tempat menarik yang harus sekali kamu kunjung saat ke Gunung Gede adalah Telaga Biru. Inimerupakan sebuah danau yang mempunyai luas kurang lebih 5 hektar, berada pada ketinggian 1.575 Mdpl. Lokasinya kurang lebih 1.5 km bila dari pintu masuk Cibodas. Warna danau akan terlihat biru dan sangat indah. Ini karena adanya ganging biru yang ada di bawah air. Selain itu, karena lokasinya juga berada di jalur pendakian sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk melepas lelah.

Selain itu, pada ketinggian 2.220 Mdpl atau kurang lebih 7.8 km dari Cibodas, kamu akan menemukan pos akhir sebeluh akhirnya masuk ke jalur puncak gunungnya. Lokasi ini biasanya dijadikan sebagai tempat kemah. Ada banyak warung-warung kecil sehingga wisatawan bisa membeli persediaan yang dibutuhkan. Namun tentunya untuk harga akan lebih mahal dari biasanya ya.

Lalu pada ketinggian 2.750 Mdpl pada pendaki akan disuguhi dengan pemandangan Edelwis. Lokasi ini juga sering disebut sebagai Surya Kencana, beberapa pendaki biasanya menjadikan tempat ini sebagai tempat camp sementara. Di sini kamu bisa berfoto dengan Eidelweis, namun tidak boleh memetiknya ya, karena termasuk dalam larangan yang harus diperhatikan.

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan Objek wisata di Bogor yang juga merupakan ikon wisata kota ini. Sangat layak dikunjung karena memang lingkungannya terbilang masih asri, terdapat ribuan koleksi tanaman serta bunga. Selain itu juga tempat ini dibagi menjadi beberapa area taman.

Di sini juga terdapat sebuat museum yang dinamakan museum zoologi. Terdapat berbagai macam jenis fosil hewan. Dari mulai hewan laut, mammalia, hingga berbagai macam jenis burung.

Beberapa warga sekitar biasanya menjadikan Kebun Raya Bogor sebagai tempat berolahraga. Sekedar jogging atau bersepeda mengeliling trek yang ada. Sehingga bukan hanya mata yang dimanjakan dengan banyak tanaman namun tubuh kita juga akan semakin sehat dengan berolahraga dan menghirup udara segar.

Taman ini juga dibuka setiap hari. Namun ada jam buka yang harus kamu perhatikan, biasanya dari pukul 8 pagi sampai 4 sore. Jadi kamu bisa berkunjung hari apa saja asalkan di waktu yang sudah ditetapkan.

Museum Peta

Museum Peta

Selain wisata alam, di Bogor juga terdapat wisata sejarah yang akan mengingatkan kita pada perjuangan bangsa. Di sini kita bisa melihat dokumentasi serta beberapa benda yang memang sangat historical sekali.

Menurut berbagai macam sumber, Musueum Peta sudah dibangun sejak abad ke 18. Pada tahun 1943 pernah difungsikan sebagai pusat pelatihan pasukan PETA. Sebelum masuk museum, kita bisa melihat patung Shodancho Supriyadi. Tokoh yang memimpin pemberontakan pasukan PETA pada tentara Jepang di Blitar. Sampai hari ini, Supriyadi masih dinyatakan hilang setelah melakukan pemberontakan tersebut.

Ada juga patung Jenderal Sudirman seorang toko militer yang memang sangat bersejarah dan memiliki jasa untuk kemendekaan Republik Indonesia.

Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol

Mengingat ketinggian Gunung Batu tidak mencapai 1 kilometer di atas permukaan laut, maka kamu tidak perlu menginap untuk dapat mencapai puncaknya. Kamu hanya perlu waktu 45 – 90 menit untuk menjelajahi gunung mungil ini dengan berjalan kaki.

Jalur pendakian menuju puncak terbuka melalui jalan selebar sekitar 2 meter. Sempitnya jalur membuat pendaki sering kali harus antre untuk bergantian meniti gunung. Adapun titik awal pendakian terhitung mulai dari tempat parkir kendaraan.

Setelah mendaki selama 10 menit pertama, kamu akan menemukan dataran bertanah. Area ini biasanya berfungsi sebagai kawasan perkemahan. Selepas menemukan kawasan perkemahan tersebut, jalur pendakian kamu akan mulai terasa sulit. Di sini, jalan akan semakin menanjak dan menjadi curam.

Jika musim hujan, jalur yang masih berbentuk tanah ini akan menjadi licin dan semakin menantang. Uniknya, meski bernama Gunung Batu, jalur pendakian gunung ini ternyata lebih banyak tanah dibanding bebatuannya.

Gunung Batu memiliki puncak yang pasti membuat kamu merasa takjub. Pasalnya, puncak gunung ini memberikan pemandangan alam yang indah. Di bagian puncak ini, sudut pandang terbuka seluas-luasnya karena tidak ada satu pun pohon tinggi menghalangi pandangan kamu.

Saat langit sedang cerah, kamu bisa melihat panorama Gunung Pancar dan Gunung Gede Pangrango, ditemani dengan warna-warni atap rumah penduduk di perkampungan sekitar. Di kawasan puncak ini, rerumputan hijau yang bersanding dengan bebatuan juga membuat pemandangan menjadi sangat cocok untuk latar belakang berfoto.

Meski tidak terlalu tinggi dan waktu pendakian gunung ini tidak sampai berjam-jam, jalur penjelajahan Gunung Batu terbilang cukup menantang. Sebagian besar jalurnya terjal. Beberapa titik bahkan ada yang sangat curam dan nyaris vertikal, sehingga pengelola memasang tali sebagai pengaman. Tentunya, pengalaman mendaki gunung kecil sembari berpegang pada seutas tali terasa begitu menantang dan seru!

Area perkemahan tersedia di pertengahan jalur pendakian. Area perkemahan ini cukup lapang dan bisa memuat hingga 10 tenda sekaligus. Sepanjang akhir pekan dan hari libur, kawasan perkemahan ini juga kerap ramai oleh warung-warung makanan dan minuman.

Setelah melewati kurang lebih dua tanjakan pertama yang cukup ekstrem, kamu akan menemukan sebuah jalur terbuka berbatuan cadas yang berujung pada sebuah puncak. Kamu bisa menyusuri jalur setapak tersebut untuk mencapai puncak yang ternyata bukan puncak tertinggi Gunung Batu. Puncak satu ini kerap disebut “Puncak Bayangan” karena mirip puncak tiruan sebelum pendaki mencapai puncak aslinya.

Sebelum mencapai puncak sesungguhnya, kamu bisa beristirahat sejenak di Puncak Bayangan yang panoramanya tak kalah indah. Puaskan foto-foto sembari beristirahat sejenak di sini, sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak sesungguhnya. Setelah ini, jalur pendakian akan semakin ekstrem dengan tanjakan tajam yang kemiringannya

The Junggle

The Junggle

Tempat ini dikenal sebagai salah satu tujuan wisata di Bogor yang favorit. The Jungle Waterpark Bogor, atau tepatnya The Jungle Water Adventure Bogor, merupakan kompleks wahana permainan air yang cocok untuk keluarga. Disini kita bisa bermain air sepuasnya di berbagai fasilitas yang tersedia. Lokasinya gampang dijangkau dari Jakarta, ngga heran kalau tempat ini jadi salah satu destinasi wisata keluarga favorit buat warga jakarta untuk melepas penat di akhir pekan.

Bermain air di udara segar dan pemandangan hijau? Bisa banget di The Jungle. Luasnya sekitar 3 hektar dengan setengahnya berupa ruang terbuka hijau. Selain itu, background gunung Salak di kejauhan menambah indahnya suasana disini.

Parangliding

Parangliding

Olahraga paragliding atau paralayang di kawasan Kota Bogor ini memungkinkan Anda untuk bisa menikmati panorama dari atas. Bila selama ini Anda hanya bisa melihat panorama daerah Bogor dari darat saja, dengan paralayang ini Anda akan mendapatkan pengalaman menakjubkan. Untuk Anda yang sudah tak sabar lagi untuk mengetahui tentang berbagai hal seputar wisata Paralayang Puncak, simak ulasan artikel berikut ini.

Paralayang di Indonesia berinduk pada organisasi Persatuan Layang Gantung Indonesia (PLGI), serta berada di bawah Federasi Aero Sport Indonesia(FASI). Begitu juga dengan kegiatan paralayang di Puncak Bogor ini.

Lokasi Bukit Gantole Paralayang Puncak ini terletak tidak jauh dari Masjid At-Ta’awun, kurang lebih sekitar 300 meter. Alamat tepatnya terletak di Jalan Raya Puncak Km 87, Gunung Mas, Bukit Gantole. Jalan Menuju Paralayang Puncak Bogor juga sangat mudah diakses. Bagi para wisatawan yang datang dari Bandung, dapat mengambil rute melalui Tol Cipularang kemudian keluar di exit gerbang tol Padalarang.

Lalu diteruskan ke arah Cianjur. Setelah sampai di perempatan Cianjur ambil jalan menuju arah Bogor – Jakarta kemudian silahkan teruskan perjalanan ke arah Puncak. Sedangkan Anda yang datang dari arah Jakarta, Anda dapat melalui Tol Jagorawi kemudian keluar di exit pintu tol Ciawi kemudian langsung diteruskan ke arah Puncak.

Sesampainya di kawasan Paralayang Bukit Gantole Puncak, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 13.000 per-orang sudah termasuk asuransi. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda akan dikenai tarif parkir mobil sebesar Rp. 5.000,- sementara untuk motor Rp. 2.000,-.

Untuk registrasi penerbangan dapat dilakukan dengan booking terlebih dahulu ataupun membayar langsung ditempat. Tarif Paralayang Puncak Bogor ini adalah sebesar Rp 350.000,- per-orang bagi wisatawan lokal dan Rp. 400.000,- bagi wisatawan asing. Tarif tersebut sudah termasuk perlengkapan penerbangan juga transportasi dari lokasi landing (pendaratan) menuju ke lokasi penerbangan. Ini berlaku bagi Anda yang memarkirkan kendaraan di lokasi pendaratan

Gunung Pancar

Gunung Pancar

Sudah punya tujuan untuk liburan akhir pekan ini? Kalau belum gunung pancar bisa jadi alternatif liburan bersama keluarga. Berlokasi di kawasan Sentul, wisata gunung pancar memang kian diminati masyarakat. Terbukti dari banyaknya pengunjung yang selalu memadati gunung pancar Sentul. Dikelilingi oleh hutan pinus gunung pancar, udara di sini terbilang sejuk dan asri, cocok banget bagi kamu yang gemar dengan destinasi berhawa sejuk.

Selain dikelilingi oleh hutan pinus gunung pancar punya daya tarik lain yang membuat masyarakat kian berbondong-bondong datang ke sini. Lokasi gunung pancar yang dekat dengan ibukota dan kota Bogor menjadi alasan kenapa wisata gunung pancar selalu ramai dikunjungi wisatawan. Berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Mandang, Kabupaten Bogor, gunung pancar hanya berjarak 45 kilometer dari Jakarta.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Bekasi

Buat kamu yang mau jalan-jalan ke gunung pancar Sentul, tenang saja karena aksesnya cukup gampang, apalagi bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua. Kalau kamu belum pernah berkunjung ke gunung pancar, lokasinya berdekatan dengan The Jungle Land. Jadi, tak perlu takut kesasar, karena lokasi hutan pinus gunung pancar gampang banget kamu temukan.

Nah, itulah 10 tempat wisata di Bogor yang paling wajib kamu kunjungi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *