Tempat Wisata di Bojonegoro

19 Tempat Wisata di Bojonegoro yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Bojonegoro – Hore, sebentar lagi kita akan memasuki akhir tahun, yang artinya bakal ada banyak hari libur yang bisa kamu manfaatkan untuk melepas penat setelah lelah bekerja dan kuliah selama ini.

Tempat Wisata di Bojonegoro

Bojonegoro adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata yang harus kamu kunjungi. Beneran deh, daerah yang satu ini nggak akan membuat kamu bosan. Nah langsung saja kita lihat yuk daftar 19 tempat wisata di Bojonegoro yang wajib kamu kunjungi berikut ini.

Air Terjun Krondonan Gondang

Air Terjun Krondonan Gondang

Wisata Air Terjun Krondonan Bojonegoro adalah salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang terkenal indahnya, dan berada di Desa Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia. Air terjun ini menjadi salah satu favorit para wisatawan karena bentuknya yang sangat unik. Bisa kamu lihat pada gambar di atas, air terjun Krondonan memiliki tebing seperti pada air terjun pada umumnya, lalu batu bulat besar di bawahnya yang menjadi tempat jatuhnya air. Indah sekali deh.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Pamekasan

Wisata Air Terjun Krondonan Bojonegoro juga sudah memiliki beberapa fasilitas, seperti area parkir kendaraan, tempat istirahat, dan kamar mandi. Jadi kamu tidak akan kesulitan saat berada di sana.

Negeri Atas Angin

Negeri Atas Angin

Negeri Atas Angin adalah sebuah lokasi di Desa Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Bisa dibilang ini adalah lokasi wisata Bojonegoro yang jadi favorit wisatawan, karena banyak banget spot instagramable indah yang bisa dijadikan latar saat foto-foto. Selain itu, sesuai dengan namanya, kamu juga bisa menikmati pemandangan indah Bojonegoro dari ketinggian, jadi bagaikan berada di atas angin deh.

Kamu yang sebentar lagi akan melangsungkan pernikahan juga bisa memanfaatkan lokasi ini sebagai tempat untuk melakukan foto pre-wedding. Lokasinya yang alami pasti bakal jadi tempat sempurna untuk mengambil foto-foto yang indah.

Wisata Waduk Grobogan

Wisata Waduk Grobogan

Waduk Grobogn adalah sebuah destinasi tempat wisata di Bojonegoro yang indah, luas, dan dikelilingi pepohonan rimbun. Kamu bisa lihat deh di foto di atas. Terlihat sangat rapi, tertata, dan rindang bukan? Waduk ini juga menjadi favorit pengunjung karena selain tempatnya menawarkan spot-spot foto yang unik, juga ada wahana permainan seperti seperti perahu air, sehingga cocok untuk menjadi destinasi liburan paasangan dan keluarga. Kamu juga nggak perlu kuatir akan kelaparan di sini, karena ada berbagai jajnan yang dijual di tempat makan berupa pujasera ala Waduk Grobogan.

Wisata Taman Pinggir Nggawan

Wisata Taman Pinggir Nggawan

Wisata Taman Pinggir Nggawan adalah tempat yang bisa kamu jadikan tujuan tempat wisata Bojonegoro. Ada berbagai tanaman bunga warna-warni, keindahan sungai Bengawan Solo yang bisa menjadi latar belakang fotoo yang indah untuk di upload di Instagram fee kamu, dan suasana alami yang membawa ketenangan. Selain bisa menikmati keindahan aneka ragam bunga, pengunjung juga dapat menyusuri Bengawan Solo dengan sewa speedboat. Sewanya hanya Rp20.000, dengan jarak tempuh 1 KM.

Harga tiket masuk ke tempat ini adalah sebesar Rp 5 ribu. Yang unik adalah, dengan membayar tiket masuk tersebut berarti kamu secara tiak langsung sudah membantu menghidupkan UMKM di daerah tersebut, karena pengelola Taman Pinggir Nggawan bekerjasamma dengan pengusaha UMKM yang merupakan penduduk setempat. Jadi, setiap pengunjung membeli tiket masuk, langsung diberikan sebungkus cemilan ringan yang merupakan produksi UMKM sekitar.

Obyek wisata ini sudah dikunjungi banyak orang lho. Bahkan, kalau di hari libur, bisa mencapai ratusan orang dalam sehari.

Grojogan Grenjengan

Grojogan Grenjengan

Ingin mengunjungi tempat indah di Bojonegoro yang belum mainstream? Kalau begitu, langsung saja datangi Grojogan Grenjengan. Tempatnya berada di Dusun Ngasem. Air terjun ini tak begitu tinggi, hanya sekitar 5 meter saja.

Tapi jangan salah, pesonanya luar biasa lho! Bebatuan yang mengelilinginya terlihat begitu kokoh dan indah. Ditambah lagi pancuran airnya yang mengalir ke kolam di bawahnya. Di sekitar tebing air mancur juga terdapat banyak bebatuan berukuran besar yang bisa dijadikan tempat untuk berfoto.

Waduk Pacal

Waduk Pacal

Objek Wisata alam Bojonegoro lainnya adalah Waduk Pacal. Ini merupakan bangunan peninggalan Belanda yang di bangun sejak 1924 dan diresmikan pada tahun 1933, dan termasuk salah satu bangunan bersejarah berukuran raksasa yang masih berfungsi hingga kini. Bangunan yang kokoh dengan arsitektur khas zaman kolonial Belanda menjadi daya tarik utama Waduk Pacal.

Saat musim hujan, air dalam jumlah besar membuat Waduk Pacal bagaikan danau yang sangat indah. Apalagi di sekitar waduk juga terdapat bukit-bukit dan pohon yang rindang. Biasanya, kondisi waduk yang sedang penuh itu dimanfaatkan oleh para pemancing dengan memancing ikan di sana.

Warga sekitar juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menyewakan perahu mereka kepada para pemancing. Tarifnya murah kok, hanya sekitar 20 ribu. Kamu yang hobi kuliner pun bisa mencicipi berbagai makanan, dan juga ikan hasil pancingan yang bisa dibakar di warung-warung tersebut.

Jembatan Sosrodilogo

Di Bojonegoro, Jembatan Sosrodilogo merupakan salah satu tempat favorit masyarakat untuk berjalan-jalan santai, terutama saat sore hari atau akhir pekan. Jembatan yang melintasi Sungai Bengawan Solo ini menjadi salah satu tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan Bojonegoro yang indah.

Jembatan penghubung Kota Bojonegoro-Trucuk yang memiliki panjang 145 meter dan lebar 9,75 meter dengan model lengkung “grider” ini memang bisa menjadi tempat di mana kamu melihat pemandangan aliran sepanjang bengawan dan panorama matahari terbenam, yang menghasilkan cahaya yang cukup indah untuk dinikmati.

Nggak hanya saat pagi hingga sore hari, saat malam pun kamu bisa mendatangi jempatan Sosrodilogo untuk berfoto-foto di sini. Lampu-lampu yang menghiasi jembatan akan menambah keindahan suasana.

Kayangan Api Bojonegoro

Kayangan Api Bojonegoro

Kalau kamu berencana untuk liburan ke Bojonegoro, jangan sampai kamu melewatkan kunjungan ke Kayangan Api ya, sebab ini adalah salah satu tempat terunik yang pernah ada.

Jadi, Kayangan Api adalah sumber api yang tak kunjung padam yang terletak di kawasan hutan lindung Desa Sendangharo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Walaupun terdengar aneh, tapi sebenarnya ada penjelasan ilmiah lho dibalik fenomena ini. Kayangan Api menyuguhkan fenomena geologi alam berupa keluarnya gas alam dari dalam tanah. Jadi, Gas alam yang tersulut api ini menciptakan api yang tak pernah padam walau di terpa hujan. Dan hebatnya lagi, api yang keluar dari Kayangan Api merupakan sumber api terbesar di Asia Tenggara. Luar biasa kan?

Makanya, buruan kunjungi tempat wisata yang nggak bakal kamu temukan di tempat lain ini.

Sumberan Grogolan Ngunut

Sumberan Grogolan Ngunut

Salah satu wisata air yang indah banget di Bojonegoro adalah Sumberan Grogolan Ngunut yang berada di Kecamatan Dander, Bojonegoro. Tempat ini sering jadi tujuan masyarakat untuk bermain air atau berenang. Saking jernihnya, banyak masyarakat sekitar yang memanfaatkan untuk konsumsi air minum dan mandi.

Untuk masuk ke tempat ini, kamu cukup membayar parkir sebesar Rp 2 ribu saja. Setelah itu, kamu bebas deh untuk bermain air sambil menikmati pemandangan yang ada. Tapi dijamin deh, pasti kamu ingin berenang sepuasnya di sini. Apalagi air jernih di sumber mata air ini pasti akan mengundang kamu untuk segera menceburkan diri ke sana.

Pemandangan sekitar sumber air juga tak kalah indahnya. Kamu bisa melihat banyak sekali pohon rimbun yang bikin suasana tambah adem. Wah betah deh pokoknya kalau berwisata ke sini.

Gunung Lawang

Gunung Lawang

Gunung yang ada di Bojonegoro ini, letak tepatnya berada di Gondang dan di antara Desa Jari dan Desa Pragelan. Yang bikin suasana di kawasan gunung ini istimewa adalah hamparan sawahnya yang bagaikan permadani. Meskipun begitu, sebaiknya kamu menikmati pemandangannya dari kaki gunung saja, dan jangan coba-coba mendaki kalau belum berpengalaman dan tak memiliki perlengkapan yang memadai ya, karena lokasinya yang memang sangat menantang.

Tenang saja, di bawah pun kamu bisa mengabadikan keindahan gunung dari kejauhan kok. Pokoknya pasti bisa memenuhi feed dan story Instagram kamu dengan foto-foto yang bagus deh!

Taman Rajekwesi

Taman Rajekwesi

Lagi cari tempat liburan yang pas buat ngajak keluarga, tapi juga banyak tempat buat selfie? Hmm…kalau gitu, langsung aja datang ke Taman Rajekwesi yang terletak di Klangon, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro. Taman ini memang cocok banget dijadikan spot liburan keluarga, soalnya ada area bermain buat anak-anak. Ditambah lagi tamannya pun indah dan area parkirnya luas. Jadi, kamu yang bawa kendaraan nggak akan susah-susah cari tempat parkir.

Ada banyak spot menarik dan unik yang bisa dijadikan tempat buat selfie dan wefie. Pokoknya kamu nggak akan kesulitan deh mencari lokasi yang asyik buat foto.

Alun-alun Bojonegoro

Alun-alun Bojonegoro

Biasanya yang namanya alun-alun itu identik dengan tempat yang kaku dan membosankan. Tapi, tidak dengan alun-alun Bojonegoro. Coba saja deh kamu lihat dari gambar di atas, unik sekali kan? Kawasan alun-alun Bojonegoro memang asri banget dan cocok buat dijadikan tempat refreshing. Ditambah lagi, penataan tanaman-tanamannya pun sangat rapi dan indah.

Alun-alun ini punya tempat parkiran yang luas dan berbagai fasilitas. Selain itu, karena dekat dengan Masjid Agung Bojonegoro, memudahkan masyarakat yang sedang berekreasi untuk menunaikan ibadah.

Ada banyak lho aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, di antaranya adalah piknik, olahraga, wisata kuliner, sampai selfie di berbagai spot menarik yang pastinya instagramable banget.

Negeri Atas Air

Negeri Atas Air

Negeri Atas Air adalah tempat wisata Bojonegoro terbaru yang dimiliki perorangan, yang memanfaatkan rumah berikut sebuah tambah ikan yang cukup luas untuk membangun spot-spot menarik yang bisa dijadikan spot wisata yang instagramable.

Ide unik ini ternyata banyak diminati oleh orang-orang. Coba deh, kamu lihat di instagram, banyak masyarakat sekitar yang berkunjung meng-upload foto-foto mereka di tempat ini.

Bukit Cinta Bojonegoro

Bukit Cinta Bojonegoro

Ada satu tempat istimewa yang masih berada di kawasan Negeri Atas Angin, yaitu Bukit Cinta Bojonegoro. Di sini, kamu akan bisa melihat pemandangan deretan bukit kapur serta hutan jati yang terhampar luas dengan indahnya.

Nama Bukit Cinta ternyata punya cerita sejarah tersendiri. Jadi, konon Ratu Sekar Sari asal Madiun dengan Raden Atas Aji bertemu dan saling jatuh cinta di bukit tersebut. Dari pertemuan itu akhirnya bukit ini dinamakan Bukit Cinta karena memang keduanya saling jatuh cinta di bukit itu.

Wana Tirto Dander

Wana Tirto Dander

Satu lagi nih tempat yang menawarkan berbagai keindahan alamnya, yaitu Wana Wisata Dander atau (Tirta Wana Dander) yang berada 15 km selatan Kota Bojonegoro. Lokasi Bojonegoro wisata ini termasuk banyak peminatnya, dan sangat ramai dikunjungi pada hari libur.

Taman Wisata Tirta Wana Dander menawarkan tempat wisata yang cocok untuk keluarga. Fasilitasnya pun cukup lengkap. Ada tempat yang sangat luas dan dilengkapi dengan padang golf, berbagai macam permainan anak-anak, seperti taman bermain, kolam untuk mandi bola, kolam renang dan sungai yang sangat jernih dengan keadaan sekelilingnya yang sejuk dan tentu saja bebas dari polusi.

TPK Perhutani Bojonegoro

TPK Perhutani Bojonegoro

TPK Perhutani Bojonegoro adalah Tempat Penimbunan Kayu milik Perhutani yang sering dijadikan tempat wisata dan spot foto-foto. Tumpukan kayu yang terdapat di sana memang pas dijadikan latar belakang pemotretan. Ditambah lagi ada kawasan teduh yang dipayungi pohon trembesi, menjadikannya sebagai salah satu tempat favorit banyak anak muda karena sangat instagramable.

Kedung Peti

Kedung Peti

Air Terjun Kedung Pati ini memiliki 3 tingkat dengan ketinggian sekitar 20 meter. Setiap tingkatannya terbentuk dari batuan berukuran besar. Coba lihat deh, keren sekali kan, bentuknya berundak-undak.

Meskipun begitu, tidak disarankan untuk naik ke tingkat 2, karena bebatuannya bisa sangat licin dan berbahaya. Tenang saja, foto-foto dari bawah air terjun pun sudah terlihat bagus kok. Apalagi kalau kamu memanfaatkan pohon-pohon tumbang dan bebatuan yang ada di sekitarnya sebagai properti alami. Pokoknya ini adalah salah satu tujuan wajib kamu kalau ke Bojonegoro.

Air Terjun Kedung Maor

Air Terjun Kedung Maor

Air Terjun Kedung Maor merupakan air terjun yang berasal dari aliran Kali Soko dan air limpahan dari Waduk Pacal. Di musim penghujan, suara gemuruh dari air terjun bahkan bisa terdengar sampai pemukiman di sekitar. Lokasi Air Terjun Kedung Maor ini adanya di pertengahan kawasan hutan RPH (Resort Pemangkuaan Hutan) Tretes, KPH (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Bojonegoro.

Air terjun Kedung Maor ini dikelilingi oleh tebing yang sangat indah. Ada area yang cukup luas di mana kamu bisa memanfaatkannya sebagai tempat untuk berfoto, seperti yang bisa kamu lihat pada foto di atas.

Air Terjun Kedung Gupit

Air Terjun Kedung Gupit

Air Terjun Kedung Gupit berada di wilayah perbatasan antara Desa Krondonan, Kecamatan Gondang, dan Desa Gayam, Kecamatan Sekar.Lokasinya cukup terjal, dan perjalann menuju ke air terjun ini cukup menantang. Tapi, pemandangan yang disuguhkan di destinasi wisata Bojonegoro ini benar-benar luar biasa! Kamu akan terpesona dengan keindahan air terjun yang jatuh memukul bebatuan di bawahnya.

Baca Juga: Wisata Blitar

Oh ya, kalau kamu ingin berjalan di atas bebatuannya, hati-hati ya, karena banyak lumut yang menempel sehingga pijakan menjadi agak licin. Kalau berkunjung ke sini, pastikan menggunakan pakaian dan sepatu yang sesuai agar tidak mengganggu perjalanan kamu nantinya.

Nah, itu tadi 19 tempat wisata di Bojonegoro yang wajib kamu kunjungi saat berlibur di Bojonegoro. Walaupun mungkin karena keterbatasan waktu tak semuanya sempat kamu datangi, tapi setidaknya informasi di atas bisa menjadi referensi destinasi liburan kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *