Tempat Wisata di Bondowoso

17 Tempat Wisata di Bondowoso Terfavorit Jadi Tujuan Liburan

Posted on

Hayoo ngaku deh, pasti kamu udah nggak sabar kan buat liburan akhir tahun nanti? Berhubung sekarang masih dalam suasana pandemi, liburannya sementara ini nggak usah ke luar negeri dulu lah ya. Tempat wisata di Bondowoso juga nggak kalah keren kok.

Tempat Wisata di Bondowoso

Salah satu tempat Wisata Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi adalah Bondowoso, yang punya segudang obyek wisata bagus yang cocok buat jadi tempat berliburnya kamu. Nah, tunggu apa lagi? Langsung aja yuk, kita simak informasi tentang 17 tempat wisata di Bondowoso yang jadi tujuan liburan terfavorit.

Air Terjun Gentongan

Air Terjun Gentongan

Lokasi pertama yang akan kita bahas adalah Wisata Air Terjun Gentongan Bondowoso, yang merupakan tempat wisata alam yang berada di Dusun Watu Capil, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, dan berada di kawasan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Bondowoso.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Bojonegoro

Air Terjun Gentongan memiliki air yang berbuih, karena sumber airnya berasal dari rembesan kawah Ijen yang mengandung belerang. Jadi, kalau kamu nggak kuat dengan bebauan belerang yang terlalu tajam, sebaiknya jangan lupa pake masker yah. Selain itu, hati-hati juga cipratan airnya terkena mata karena bisa bikin mata kamu perih banget.

Meskipun begitu, Air Terjun Gentongan punya pemandangan yang luar biasa bagus banget! Tumpahan air terjunnya membentuk genangan buih yang kalau dari kejauhan terlihat seperti salju. Keren deh!

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Gunung Ijen termasuk salah satu gunung berapi di Pulau Jawa yang hingga saat ini masih aktif. Tapi pastinya, hal ini nggak menghalangi kamu yang memang pecinta gunung untuk mendaki gunung ini, apalagi kalau tujuan utama kamu adalah melihat Blue Fire di Kawah Ijen. Sebabnya adalah untuk sampai ke kawah ini, kamu harus mendaki gunung dengan ketinggian sekitar 2.799 meter. Tapi, perjuangan pendakian itu pasti langsung terbayar dengan pemandangan indah blue fire yang konon hanya terdapat 2 di dunia. Yang pertama terletak di Kawah Ijen Bondowoso sini, dan yang kedua ada di Islandia. Luar biasa kan?

Kalau kamu sudah sampai di tempat wisata di Bondowoso yang satu ini, jangan lupa untuk mengabadikan momen sebanyak-banyaknya ya, soalnya kan sayang kalau setelah menempuh perjalanan panjang kamu nggak sempat foto-foto di sini. Lumayan kan, bisa buat “pamer” di Instagram hehehe.

Mini Niagara Belawan

Mini Niagara Belawan

Sekarang, kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke Niagara Falls yang membelah Kanada dan Amerika Serikat, karena di Bondowoso pun ada air terjun yang mirip dengan niagara, walau bentuknya lebih mini. Itu sebabnya, banyak yang menyebutnya sebagai mini Niagara Falls.

Niagara Mini Bondowoso ini tingginya sekitar 6 meter, dan bentuknya melebar. Jadi, saat air terjunnya jatuh, bentuknya terlihat sangat indah deh. Coba saja kamu lihat gambar di atas. Seperti dalam lukisan saja kan?

Selain air terjunnya yang cantik, Niagara Mini Bondowoso juga memiliki pemandangan alam sekitar yang nggak kalah keren lho. Ada bukit-bukit hijau yang mengelilinginya.

Kalau kamu ingin melihat air terjun ini, kamu harus masuk melalui taman dan jalan melewati jembatan yang berada tepat di seberang air terjun ini. Dan yang jelas, jembatan ini juga jadi spot yang ikutan populer karena posisinya yang tepat untuk mengambil foto keindahan air terjun ini.

Bendungan Sampean Baru

Bendungan Sampean Baru

Bendungan Sampean Baru terletak di Desa Bunotan, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, dan memiliki pesona yang unik sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk datang. Kalau kamu perhatikan, desain bendungan ini terlihat sangat rapi, megah, dan kokoh. Jadi nggak jarang bendungan Sampean Baru ini juga jadi spot favorit buat foto-foto.

Sebenarnya, pengerjaan bendungan ini cukup lama lho, sekitar 4 tahun baru selesai. Tapi hasilnya memang nggak mengecewakan ya. Bendungan yang memiliki tinggi 26 meter, panjang 670 meter dan lebar 4 meter ini ini memiliki air yang jernih dan masih berfungsi untuk mengairi lahan seluas 9.800 hektar.

Jadi, kalau kamu berkunjung ke tempat wisata di Bondowoso ini, jangan lupa buat foto-foto di atas bebatuan dengan latar belakang bendungan yang megah ini yah.

Arak-Arak Bondowoso

Arak-Arak Bondowoso

Lagi cari objek wisata yang indah dan kekinian? Kalau gitu, kamu harus kunjungi Arak-Arak Bondowoso. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan indah sekaligus mendapatkan banyak banget spot-spot yang instagramable.

Arak-Arak Bondowoso memang jadi salah satu tempat yang paling difavoritkan selama tahun 2020 ini. Apalagi, selain nuansanya yang bikin happy, ada berbagai permainan juga yang tersedia di sana, seperti sewa ATV yang murah banget, hanya Rp 10 ribu untuk 3 putaran.

Selain itu, fasilitas Wisata di Bondowoso ini juga lumayan lengkap dan akan bikin kamu bakal merasa nyaman di sana. Mulai dari toilet, mushalla, tempat makan, tempat parkir, semuanya ada.

Kawah Wurung

Kawah Wurung

Kalau biasanya saat kamu mendengar kata “kawah”, yang terbayang pasti adalah ceruk berisi cairan belerang. Tapi beda dengan kawah yang satu ini. Kawah Wurung terkenal dengan keindahannya lokasinya yang berhamparkan rumput. Luas dari obyek wisata ini adalah sebenarnya sebesar 1000 hektar, tapi luas kawasan intinya hanya sekitar 100 hektar saja.

Lokasi Kawah Wurung nggak jauh dari Kawah Ijen, hanya sekitar 10 km saja. Di sini, kamu bisa menikmati suasana yang indah sambil melihat pemandangan padang rumput yang terhampar luas. Bahkan, kamu juga bisa melihat beberapa kijang dan sapi yang ada di sekitar padang rumput ini untuk mencari makan.

Lalu soal tiketnya bagaimana?

Jangan kuatir, murah banget kok, hanya Rp 5 ribu per orang. Kalau kamu bawa kendaraan, akan dikenai tambahan untuk biaya parkir mulai dari Rp 2 ribu – Rp 20 ribu saja, tergantung jenis kendaraannya.

Taman Galuh

Ada destinasi baru yang keren banget, tapi belum banyak dikunjungi orang, namanya Taman Galuh. Tempat ini berada di kaki Gunung Crengih, di Desa Sumberrejo Kecamatan Ijen.

Di Taman Galuh, kamu bisa menikmati keindahan pemandangan bukit-bukit cantik yang mengelilingi seperti bentuk setengah lingkaran. Di tengah taman ada sebuah gubug, dan kamu bisa bersantai di gubug tersebut sambil beristirahat. Suasana yang adem dan angin sepoi-sepoi pasti bikin kamu betah banget deh ada di tempat ini.

Aktivitas apa sih yang bisa dilakukan di sini?

Tentu saja, tujuan utamanya adalah foto-foto. Karena Taman Galuh ini memang luar biasa indah. Apalagi untuk masuk ke area ini kamu nggak akan dikenakan biaya alias gratis. Sayangnya, karena masih belum dikelola dengan baik, sehingga belum terdapat fasilitas umum seperti toilet atau tempat makan.

Bukit Apet Lepet dan Curah Penai

Bukit Apet Lepet dan Curah Penai

Nah, lokasi wisata yang satu ini pasti akan bikin kamu serasa sedang ada di lokasi film “The Sound of Music”. Ini karena Bukit Apet Lepet merupakan wisata alam yang menghadirkan bukit-bukit indah, lengkap dengan padang ilalang dan rumput seperti di film tersebut.

Di belakang perbukitan tersebut ada Kawah Curah Penai yang merupakan hamparan pertanian dan bukit yang mungil.

Walaupun belum terlalu banyak wisatawan yang berkunjung ke sini, tapi bisa dipastikan lokasi ini menjadi surga para fotografer atau kamu yang sekedar ingin mencari tempat-tempat baru untuk selfie atau liburan bersama teman-teman.

Kampung Wisata Tirta Agung

Kampung Wisata Tirta Agung

Kampung Wisata Tirta Agung merupakan kawasan rekreasi di kampung yang diresmikan langsung oleh Bupati Bondowoso. Jadi, awalnya ini adalah sebuah waduk pengairan yang belum diungsikan dengan baik. Oleh karena itu, akhirnya pihak Kepala Desa dan BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa bersama dengan masyarakat sekitar mengembangkan waduk pengairan ini sebagai destinasi wisata.

Di Kampung Wisata Tirta Agung ini, kamu bisa bersantai di gazebo-gazebo yang didirikan di atas air. Ada juga jembatan kayu kecil yang sering digunakan untuk beroto-foto. Nggak heran banyak anak muda yang suka dengan tempat ini, karena memang tempatnya instagramable banget. Apalagi, harga tiket masuknya juga terhitung sangat murah, hanya Rp 2 ribu saja per orang.

Kalau kamu ingin berkunjung ke tempat ini, jangan lupa ya Kampung Wisata Tirta Agung yang terletak di Sokleh Timur Bondowoso ini buka setiap hari Senin – Minggu, dari jam 8 pagi sampai 10 malam.

Air Terjun Tancak Kembar

Air Terjun Tancak Kembar

Air Terjun Tancak Kembar yang terletak di Desa Andung Sari, Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso ini memiliki ketinggian 77 meter, dan lokasinya berada di lereng pegunungan Argopuro, di kawasan hutan lindung. Seperti bisa kamu lihat, pemandangan di air terjun ini sangat indah dan asri.

Di seberang air terjun, terdapat tempat duduk dengan hiasan berbentuk hati yang bisa kamu gunakan sebagai properti untuk foto-foto.

Selain keindahan alamnya, Air Terjun Tancak Kembar memiliki cerita legenda yang terkenal. Jadi, konon sisi kiri air terjun dijaga oleh lelaki dan bagian kanan adalah para wanita. Kemudian, banyak orang meyakini bahwa jika orang mencuci mukanya di air terjun tersebut, maka kulit mereka akan tetap terjaga kemudaannya. Gimana, kamu berminat untuk membuktikan hal itu?

Air Terjun Pulo Agung

Air Terjun Pulo Agung

Air terjun Pulo Agung ini terletak di Desa Sukorejo Kecamatan Sumber Wringin, sekitar 40 km sebelah timur Kota Bondowoso, tepatnya di area perkebunan milik masyarakat.

Air Terjun yang terlihat sangat indah ini memiliki ketinggian 30 meter, dan tebingnya dihiasi tanaman yang membuat air terjun nya terlihat sangat segar dipandang mata.

Walaupun tempat Pariwisata Bondowoso ini nggak terlalu luas, tapi suasananya benar-benar bikin betah deh. Kalau akan berwisata ke tempat ini, siapkan fisik kamu ya, karena untuk mencapai ke area air terjun, para pengunjung harus berjalan kaki.

Bukit Jabal Kirmit

Bukit Jabal Kirmit

Kalau tadi kita sempat membahas tentang kawah ijen blue fire yang cuma ada di Indonesia dan Islandia, ternyata Bondowoso juga punya tempat wisata lainnya yang keindahannya sering dibilang mirip sama yang ada di Zew Zealand sana.

Jadi, bukit Jabal Kirmit terdiri dari bukit-bukit dan hamparan ladang rumput yang luas banget dan indah luar biasa. Kalau berkunjung ke sini pakai pakaian yang agak tebal ya, karena udaranya sejuk cenderung dingin. Tapi pemandangannya juara banget deh, kamu bahkan bisa mengira ini ada di Selandia Baru atau Swiss.

Karena tempat ini cocok banget buat dijadikan spot foto-foto, sebaiknya persiapkan banyak memori HP dan kamera ya.

Batu Soon Solor

Batu So’on Solor

Kawasan Batu So’on Solor adalah tempat wisata di mana kamu bisa melihat tumpukan bebatuan yang menjulang tinggi sampai mencapai 30 meter yang tersusun rapi.

Bebatuan yang tertumpuk itu berjenis andesit dan letaknya di dasar lembah. Jadi, kamu cuma bisa menikmati pemandangannya dari atas bukit. Tapi kalau kamu benar-benar ingin melihat dari jarak dekat, kamu bisa menuruni lembah itu, cuma harus hati-hati karena lembahnya curam. Menurut perkiraan, bebatuan tersebut sudah tersusun sejak ribuan tahun yang lalu.

Buat kamu yang berencana untuk berkunjung ke sana pasti akan happy deh, karena fasilitas di tempat wisata Batu So’on ini sudah lumayan lengkap, mulai dari toilet, tempat sholat, tempat makan, sampai tempat parkir.

Tiketnya sendiri cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 5 ribu saja. Oh ya, usahakan datang ke tempat ini sebelum jam 11 siang ya, agar tidak melawan matahari dan kamu bisa secara maksimal menikmati keindahan alamnya.

Air Terjun Kalipahit

Air Terjun Kalipahit

Entah kenapa Air Terjun ini dinamai Kali Pahit. Apakah karena airnya pahit? Mungkin juga. Tapi yang pasti, air di sini mengandung belerang. Air Terjun Kali Pahit merupakan salah satu wisata air yang terletak di Desa Kalianyar, Kec. Sempol, Kab.Bondowoso, Jawa Timur.

Tempat Bondowoso Wisata ini memang sangat indah dan sering menjadi buruan para selfie hunter maupun fotografer profesional, terutama karena keindahan tebing dan bebatuannya. Coba deh kamu perhatikan pada foto di atas, luar biasa kan? Bahkan orang yang berfoto-foto di sana pun terlihat amat kecil jika dibandingkan dengan ukuran tebing tersebut.

Hutan Pinus Bondowoso

Hutan Pinus Bondowoso

Tempat wisata berupa hutan pinus memang banyak terdapat di Indonesia. Tapi di Hutan Pinus Bondowoso ini, pohon pinusnya berwarna pelangi. Bagus ya? Warna pelangi itu memang warna alami, alias bukan sengaja dicat oleh pengelola tempat wisata ini.

Tapi yang pasti, pohon-pohon pinus ini sering digunakan sebagai spot foto-foto karena warnanya yang unik. Selain untuk foto-foto, kamu juga bisa camping di hutan pinus ini.

Air Terjun Busa

Air Terjun Busa

Satu lagi tempat wisata air terjun di Bondowoso, yaitu Air Terjun Busa. Bedanya dengan air terjun lainnya di Bondowoso, di sini tidak terdapat kolam yang bisa digunakan untuk bermain air atau mandi karena airnya mengandung belerang.

Meskipun begitu, kamu masih bisa menikmati pemandangan yang luar biasa indah di Wisata Bondowoso ini, apalagi tebingnya juga tidak terlalu curam sehingga kamu bisa lebih leluasa berpindah-pindah tempat foto dari satu tebing ke tebing lainnya.

Kawah Ilalang

Kawah Ilalang

Kawah Ilalang yang indah ini berada di Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol. Sama seperti beberapa tempat wisata Bondowoso lainnya, belum banyak yang tahu tentang tempat ini sehingga keindahannya masih sangat terjaga. Di kawah ini, kamu masih bisa menemukan banyak sekali pakis tiang yang mungkin sudah mulai jarang kamu jumpai di kota-kota besar.

Oh ya, kalau kamu ke sini, pastikan kamu minta dipandu oleh warga desa sekitar ya, agar tidak tersesat, karena belum ada petunjuk jalan yang jelas. Selain itu, datanglah saat musim hujan agar kawahnya masih hijau dan terlihat segar.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Pacitan

Wah nggak terasa ya kita sudah selesai membahas 17 tempat wisata di Bondowoso yang jadi tujuan liburan terfavorit. Semoga informasi tadi bisa membantu kamu agar tidak bingung ke mana mau menghabiskan liburan di masa pandemi seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *