Tempat Wisata di Boven Digoel

6 Tempat Wisata Di Boven Digoel Paling Direkomendasikan

Posted on

Ada yang ingin berkunjung ke Kota Tanah Merah yang ada di Boven Digoel? Kalau begitu, kamu harus pastikan dulu sudah menemukan tempat yang terbaik untuk dikunjungi atau belum. Sebenarnya ada banyak tempat wisata di Boven Digoel yang bisa kamu jelajahi, namun artikel ini akan merekomendasikan 6 tempat wisata yang cukup populer dan memiliki keunikan tersendiri.

Tempat Wisata di Boven Digoel

So traveler langsung saja yuk simak ulasan mengenai tempat wisata di Boven Digoel berikut ini!

Rumah Pohon

Rumah Pohon

Tempat wisata di Papua memang kebanyakan bertemakan alam. Cocok sekali untuk kamu yang memiliki jiwa adventure tinggi. Tempat pertama di Boven Digoel yang bisa kamu kunjungi adalah Rumah Pohon.

Sebuah tempat wisata yang memiliki julukan sebagai tempat wisata dengan budaya tingkat tingginya. Sebab saat berkunjung ke sini, bukan hanya suasana alam yang bisa kamu nikmati, namun kamu juga akan diperlihatkan bagaimana adat dan kebudayaan dari Suku Korowai. Salah satu suku yang dulunya memiliki adat kanibalisme, namun hanya dilakukan pada orang tertentu saja.

Baca Juga: Wisata Biak

Bila memiliki waktu yang cukup banyak, kamu bisa menjelajahi Kawasan wisata dan berkunjung ke perkampungan tempat Suku Korowai tinggal. Deretan rumah tradisional yang khas menjadi pemandangan yang sangat memperlihatkan unsur kebudayaan.

Namun untuk bisa ke perkampungan tersebut kamu harus menggunakan jalur udara dan tidak setiap saat tiket dijual. So, kalau mau ke perkampungan tersebut kamu harus mencari informasi terlebih dahulu ya.

Penjara Boven Digoel

Penjara Boven Digoel

Rekomendasi wisata Boven Digoel selanjutnya adalah sebuah Penjara. Salah satu tempat yang menjadi saksi bisu bagaimana perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Dimana penjara tersebut dulunya memang digunakan saat masa penjajahan Belanda.

Menurut sejarah, penjara ini dulunya digunakan untuk mengurung atau mengasingkan orang-orang yang dianggap mengancam pemerintahan kolonial Belanda. Boven Digul sendiri sebenarnya tak dirancang untuk kamp konsentrasi sebab tak pembunuhan atau penyiksaan pada tawanan. Melainkan pemerintahan kolonial hanya membiarkan tawanannya hingga mati atau gila. Hem, masih sama-sama kejam juga ya.

Ya, dibalik sejarah kelam tersebut, kamu bisa datang ke sini guna memperkuat rasa nasionalisme. Kamu juga mengabadikan momen saat berada di penjara Boven Digul.

Tanah Tinggi

Tanah Tinggi

Masih berkaitan dengan sejarah Indonesia. Tempat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Tanah Tinggi, bagi yang sangat menyukai sejarah, cocok sekali datang ke tempat ini.

Kamu pasti tahu dong Bung Hatta? Wakil Presiden RI yang pertama dan dikenal juga sebagai bapak koperasi Indonesia. Nah, Tanah Tinggi adalah tempat pengasingan dari mantan Bapak wakil presiden kita. Namun proses pengasingan dilakukan sebelum RI merdeka.

Kamu bisa menelusuri bagaimana jejak sejarah Republik Indonesia terdahulu. Bila yang memiliki rasa sensitivitas yang tinggi tentu kamu akan bisa merasakan bagaimana sih perjuangan para pahlawan melawan penjajah.

Gunung Koreom

Gunung Koreom

Oke setelah berkunjung ke tempat bersejarah yang ada di Boven Digul, selanjutnya kamu akan dimanjakan dengan tempat wisata alam yang berada di atas ketinggian yakni Gunung Koreom. Berkunjung ke Tanah Merah tak akan seru kalau kamu tak berkunjung ke sini!

Gunung Koreom bukanlah sembarangan gunung seperti pegunungan pada umumnya. Sebab di Tanah Merah, Koreom merupakan dataran tinggi yang dianggap terbaik. Apalagi untuk kamu yang ngaku penikmat ketinggian, menaklukan puncak Koreom dijamin akan memberikan kepuasan tersendiri.

Rasa lelah selama pendakian tentu akan segera terbayar saat kamu sampai di atas puncak. Udara yang bersih bisa memanjakan paru-paru sementara view alamnya bisa memanjakan mata, lengkap sekali deh!

Sedikit tips saat kamu berkunjung ke tempat wisata yang bertemakan pegunungan. Persiapkan barang-barang yang kamu butuhkan apalagi bila berniat untuk menginap. Jangan lupa membawa tenda, sleeping bag, matras, obat-obatan pribadi, makanan dan minuman secukupnya, pakaian hangat, senter untuk penerangan, kaos kaki. Gunakan juga pakaian dan sepatu yang nyaman untuk melakukan aktivitas outdoor.  Sangat disarankan juga untuk tak mendaki sendirian ya!

Air Terjun Atakat

Air Terjun Atakat

Bila kamu sangat ingin berkunjung ke Tanah Merah Kabupaten Boven Digoel Papua, kamu harus pastikan bahwa kamu tak melewatkan berkunjung ke tempat wisata terbaik dan paling direkomendasikan.

Tempat selanjutnya yang bisa kamu jelajahi adalah Air Terjun Atakat, tempat yang menarik perhatian banyak orang. Karena apa? Tentu saja karena keindahan alamnya dong! Pesona air terjun yang terjatuh dari atas ke bawah dan tertampung di kolam alami bisa kamu nikmati. Kesegaran alam Boven Digoel benar-benar sangat terasa.

Ada banyak sekali spot foto yang instagramable. Tentu untuk para milenial mengambil gambar yang keren adalah suatu kebutuhan apalagi bagi yang aktif di sosial media. Kamu bisa mengambil gambar dengan background alam yang masih terjaga. So, pastikan untuk membawa kamera yang sudah terisi daya penuh ya!

Air terjun ini sebenarnya belum terlalu terekspos sehingga wisatawan dari luar Papua masih banyak yang belum tahu. Namun kalau kamu didampingi oleh tour guide kamu mungkin bisa diantarkan untuk berkunjung ke sini.

Air Terjun Bitin Bondut

Air Terjun Bitin Bondut

Bitin Bondut adalah tempat wisata di Tanah Merah Boven Digoel terakhir yang direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Untuk jenis wisatanya sendiri, sama dengan wisata yang sudah dibahas sebelumnya yakni bertemakan air terjun.

Bagi pecinta alam, tempat ini sangat cocok entah untuk memuaskan keinginan menjelajah alam atau menikmati suasana alam. Bahkan ada banyak spot foto yang bertemakan alam dan bisa kamu ambil gambar.

Udara sekitar pun terasa lebih bersih, suasananya lebih sejuk, apalagi kalau kamu bermain air di kolam alami tempat terjatuhnya air terjun pasti sangat menyegarkan sekali. Tempat wisata ini benar-benar sangat cozy untuk wisatawan yang memiliki jiwa petualang.

Sama hal nya dengan air terjun atakat, Bitin Bondut juga belum terlalu terekspos oleh wisatawan luar pulau. Sehingga tak banyak review yang beredar di internet. Nah, mungkin kamu bisa menjadi salah satu orang yang mereview tempat ini dan menyebarkannya di sosial media atau blog pribadi? Dengan begitu Bitin Bondut akan semakin terkenal.

Biasanya, kalau semakin terkenal tempat wisata di suatu daerah maka akan berdampak baik pula pada perekonomian lokal.

Nah traveler itulah 6 tempat wisata di Boven Digoel yang paling direkomendasikan untuk kamu kunjungi!

Sedikit tips saat kamu berkunjung ke Papua, sebaiknya kamu membawa uang cash yang banyak ya. Jangan berharap kalau ada banyak mesin ATM. Jangan kaget juga dengan harga makanan atau minuman yang ada di daerah ini, sebab harganya akan lebih mahal. Beberapa masyarakat setempat pun masih banyak yang memegang teguh adat serta kebudayaan nenek moyang misal penggunaan pakaian adat koteka. Jadi sebaiknya kamu jangan menatap dengan tatapan aneh untuk saling menghormati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *