Tempat Wisata Di Brebes

15 Tempat Wisata Di Brebes Terbaru Paling Banyak Dikunjungi

Posted on

Brebes terkenal dengan sebutan Kota Bawang. Termasuk dalam kawasan Provinsi Jawa Tengah yang mana letaknya berbatasan langsung dengan Kota Cirebon. Untuk kehidupan sehari-hari, masyarakat di sana memang sebagian besar menggunakan bahasa Sunda. Kalaupun menggunakan bahasa Jawa maka dialeknya adalah dialek Ngapak. Inilah salah satu bukti bahwa Indonesia ragam bahasa. Tak hanya itu, tempat wisata di Brebes juga menawarkan tempat-tempat wisata Andalan yang bisa kamu kunjungi.

Tempat Wisata di Brebes

Seperti yang kita tahu bahwa setiap wilayah di Indonesia seolah memiliki tempat wisata Andalan. Sama halnya dengan Brebes yang memiliki tempat wisata seperti Kaligua, Pemandian Air Panas Tirta Husada, Waduk Penjalin hingga Waduk Malahayu Banjarharjo. Mau tahu selengkapnya? Yuk simak ulasan berikut ini!

Air Terjun Ranto Canyon

Air Terjun Ranto Canyon

Tempat wisata di Jawa Tengah Brebes yang pertama adalah Air Terjun Ranto Canyon. Pesona alam ini dimiliki Brebes dan menjadi air terjun yang cukup eksotis. Salah satu yang menjadi Andalan dan menyuguhkan hijaunya pemAndangan alam serta menjadi satu dengan tebing-tebing terjal. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 hingga 29 meter.

Air Terjun Ranto Canyon berada di Desa Windusari. Tepatnya ada di Kecamatan Salem Kabupaten Brebes. Agar bisa sampai di lokasi waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 2.5 jam dari kota Brebes.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Blora

Kebanyakan pengunjung yang datang memang hendak menikmati objek wisata di Brebes ini dengan aliran air sungai yang indah dari atas. Aliran air tersebut berasal dari sebuah sungai windusari merupakan nama sebuah daerah di sekitar objek wisata.

Anda akan diajak menyusuri aliran sungai kurang lebih sepanjang 770 meter. Selama menyusuri aliran sungai, sobat bakal disajikan pemandangan keindahan tebing-tebing kokoh yang letaknya menjepit di kedua sisi dari sungai serta keragaman formasi bebatuan ciamik seolah-olah membuat pengunjung berada di dataran Eropa, dimana pemandangan seperti itulah membuat sobat berdecak kagum atas buatan Tuhan.

Candi Pangkuan

Candi Pangkuan

Kota brebes juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satunya contohnya adalah Wisata Candi Pangkuan di Paguyangan Brebes Jawa Tengah ini. Wisata Candi Pangkuan di Paguyangan Brebes Jawa Tengah merupakan candi dengan batu berbentuk lonjong setinggi 50 cm. Candi ini terletak di desa Karang Gandul Cilibur, kec. Paguyangan, Kab. Brebes, prov. Jawa Tengah.

Hal unik yang bisa kamu jumpai disini selain batu lonjong berukuran 50cm yaitu terdapatnya banyak kera wara-wiri di area ini, bahkan sampai ratusan. Namun jangan khawatir, sebab kera-kera disini sudah jinak, tidak menggigit. Berkunjung ke Candi Pangkuan seolah akan membawa kamu ke kawasan wisata Tawangmagu di Solo.

Orang menyebutnya Candi Pangkuan ,dengan luas keseluruhan 4 hektar , ada batu lonjong di tenang lokasi yang tingginya 50 cm, disitu pula ada terdapat beberapa makam, yang semuanya ada 40 buah, tiga diantaranya adalah makam kyai wisnu, Makam kencana wungu, Makam nyi rantam sari.

Disamping itu di tempat ini dihuni ribuan ekor kera jinak, jadi teringat obyek wisata sangeh di Bali.

Karena tempatnya yang rindang, ada banyak orang berkunjung di tempat itu, sementara hanya kalau lebaran dan hari-hari libur saja banyak dikunjungi selebihnya sepi, maklum karena belum banyak orang yang tahu.

Wisata Candi Pangkuan di Paguyangan Brebes Jawa Tengah bisa dibilang sebuah wisata sejarah yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut : – Area Parkir kendaraan – Mushola – Kamar mandi / MCK – Penginapan – dan masih banyak lainya

Desa Wisata Cisereun

Desa Wisata Cisereun

Desa Wisata Ciseureuh terletak di lereng Gunung Kumbang, Kecamatan Ketanggung, Kabupaten Brebes. Objek wisata ini menjadi salah satu desa yang sangat terkenal di Brebes. Desa ini masih sangat kuat menjaga budaya dan tradisi daerah.

Bila mengunjungi desa ini, kamu akan melihat banyak tradisi unik yang kuat di kehidupan masyarakat sekitar. Seluruh rumah di desa ini beratap seng dan berdinding kayu. Menurut kepercayaan setempat, dilarang menggunakan atap dari genteng, bertembok, dan berlantai smemen atau keramik. Uniknya lagi, masyarakat di desa ini pantang menanam bawang merah.

Curug Putri

Curug Putri

Curug Putri merupakan tempat piknik yang dikelilingi oleh tebing-tebing alami yang membentuk ornamen khas alam. Untuk sampai di tempat ini harus berhati-hati karena medan yang dilalui cukup menantang. Kalau memang ingin menggunakan kendaraan, sebaiknya parkir dulu di tempat tertentu kemudian trekking melewati hutan.

Tempat wisata ini berada di Desa MAndala, Kecamatan Sirampong Kabupaten Brebes. Ketinggian dari air terjun adalah kurang lebih 35 meter. Meski belum ada fasilitas yang lengkap tapi para pengunjung juga tidak sedikit yang datang.

Lalu, mengapa air terjun ini bernama Curug Putri?  Menurut hikayat dan cerita turun temurun dari masyarakat sekitar, Putri yang dimaksud bukanlah putri istana atau keraton kerajaan melainkan putri dari kahyangan alias bidadari yang menggunakan air terjun ini untuk tempat mandi. Mereka menggunakan bianglala alias pelangi, sebagai tangga antara kahyangan dan dunia ini.

Kelebihan, atau sekaligus kekurangan air terjun ini adalah suasananya yang benar-benar asli alias natural, alam pedesaan yang tenang dan asri.  Pertama, kita tidak usah membayar tiket ataupun retribusi untuk menikmati keindahannya dan sekaligus tidak ada fasilitas wisata apapun di tempat ini. Tidak ada pedagang, toilet, dan tentunya hal-hal berbau komersial yang biasanya berjubel di tempat wisata.

Pemandian Air Panas Tirta Husada

Pemandian Air Panas Tirta Husada

Tidak hanya objek wisata Waterboom saja tetapi Brebes juga memiliki pemandian air panas Tirta Husada dimana tempat ini dikelilingi oleh hutan pinus yang begitu asri dan berendam air panas disana begitu terasa menenangkan. kamu cukup membayar Rp. 6000 saja per orang dan nikmati fasilitas yang sudah disediakan.

Lokasi pemandiannya berada di Desa Kedungoleng di kecamatan Paguyangan, Brebes. Ada kolam pemandian air panas, kamar mandi VIP bahkan karaoke keluarga. Jaraknya sekitar 75 km dari kota Brebes.

Pantai Randusanga

Pantai Randusanga

Pantai Randusanga adalah tempat favorit untuk melihat pemAndangan sunset di sore hari. Bahkan lokasi ini juga sering dijadikan tempat nongkrong di Brebes. Kawasan pantai juga terkenal dengan budidaya rumput laut dan juga ikan bandengnya. Ada hamparan pasir putih dengan ombak yang tenang serta menambah keeksotisan pantai.

Lokasi pantai berada di daerah Randusanga Kulon. kamu bisa berkunjung dan melakukan balap motor di arena yang sudah disediakan, adanya area perkemahan hingga kios-kios wisata kuliner.

Di lokasi pantainya sendiri akan dijumpai panorama pantai yang masih alami disertai fasilitas mainan anak, mandi laut, panggung gembira, arena balap motor (grass track), camping ground, cafe dan rumah makan khas ikan laut bakar serta kios-kios yang menjual oleh-oleh khas Brebes berupa telur asin dan bawang merah. Menjelang senja hari, para pengunjung dapat menikmati indahnya panorama terbenamnya matahari di cakrawala pantai.

Objek wisata Pantai Randusanga Indah memiliki panjang sekitar 2 Km dengan luas lahan sekitar 30 Ha, namun yang baru dikembangkan sekitar 10 Ha, berbagai atraksi wisata yang ada di objek wisata ini yaitu atraksi wisata anak yang dilengkapi dengan panggung gembira anak-anak, kolam becak air dan waterboom, arena wisata remaja dan dewasa yang dilengkapi dengan bangunan pendopo, panggung hiburan terbuka dan kafe, arena wisata bahari berupa pemandangan laut yang dilengkapi dengan anjungan dan gazebo.

Selain atraksi wisata, objek wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai sarana dan fasilitas wisata untuk mendukung atraksi tersebut di antaranya yaitu mushola, toilet, fasilitas perdagangan, kantor pengelola dan lain sebagainya. Objek wisata ini bisa menjadi trip alternatif untuk wisata sepeda atau jalan-jalan karena mempunyai garis pantai cukup panjang, dengan pasir pantainya yang tanpa batu dan udara laut yang segar sehingga menjadikan wilayah ini ideal untuk jalan-jalan.

Waduk Malahayu

Waduk Malahayu

Waduk yang satu ini merupakan waduk peninggalan kolonial Belanda. Tidak hanya digunakan untuk irigasi saja tetapi juga dibuka untuk masyarakat yang ingin memanfaatkannya sebagai tempat rekreasi. Biaya masuknya juga murah yakni hanya RP. 6000 saja dan kamu bisa bebas menikmati keindahan di sekitar waduk.

Lokasinya berada di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo. Akses menuju tempat wisata ini tidaklah begitu sulit. kamu bisa berkemah dan piknik dengan suasana sejuk di sekitar lokasi.

Tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, area waduk juga menyediakan spot foto yang wajib dikunjungi. Spot foto yang selalu menjadi tujuan pengunjung adalah Gerbang Waduk Malahayu. Di sini terdapat gerbang berwarna biru yang tinggi menjulang, dengan bagian serongnya berpagar kayu. Di bagian atas gerbang, terdapat tulisan “WADUK MALAHAYU” berwarna kuning.

Gerbang berwarna biru ini tampak sangat cerah diantara hijaunya pemandangan sekitar. Warnanya yang senada dengan langit, membuatnya tampak cerah. Pengunjung disarankan untuk mengenakan pakaian yang senada untuk berfoto di depan gerbang ini. Supaya tampil lebih bergaya dan senada.

Berwisata di sini umumnya dipilih sebagai tempat untuk menenangkan diri. Namun, bagi pengunjung yang ingin seru – seruan, jangan khawatir. Ada wahana flying fox yang dapat dipilih untuk menikmati Waduk Malahayu dari sisi lain. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun cukup membuat jantung berdesir.

Untuk dapat menikmati wahana ini, pengunjung akan dikenakan biaya khusus. Tidak termasuk dengan biaya tiket masuk. Namun tentunya, biaya yang ditetapkan masih terjangkau.

Kalibaya Park

Kalibaya Park

Ada banyak tempat wisata yang menyuguhkan pesona alam puncak gunung dan juga pemAndangan langsung ke Waduk Malahayu. Tempat ini juga dikelola langsung oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan dari Pemerintah Desa Pasir Panjang.

Menjadi tempat wisata paling indah di Brebes, banyak fasilitas yang bisa menambah keseruan seperti outbound, gardu pAndang, padang savana hingga ATV Track. Lokasi Kalibaya Park ini ada di puncak Malio.

Hutan Mangrove Kaliwlingi

Hutan Mangrove Kaliwlingi

Menawarkan wisata alam beragam, Brebes juga memiliki hutan mangrove kaliwlingi. Hutan mangrove ini dibuat oleh pemerintah untuk mencegah adanya abrasi yang makin meluas di pesisir Kabupaten Brebes. Para pengunjung juga bisa menikmati area hutan dengan berbagai budidaya biota laut yang memukau.

Lokasi hutan mangrove berada di Desa Wisata Pandansari Kaliwlingi. Di lokasi wisata kamu juga bisa menggunakan perahu kecil yang dimanfaatkan pengunjung untuk berkeliling. Suasana di hutan ini juga cukup sejuk.

Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan

Tempat wisata bukit Panenjoan ini terbilang sangat strategis karena memang tak jauh dari Jalan Raya Windusakti-Capar. Daya tarik dari tempat ini adalah kamubisa menikmati sunset di sore hari. Objek wisata tersebut juga menyediakan fasilitas kursi untuk bersantai. Ada warung dan wisata kuliner yang tak kalah lezat.

Lokasi Bukit Panenjoan berada di Desa Wanojo. Para wisatawan seringkali mengunjungi pada sore hari dan mengabadikan moment di Gardu Pandang Bukit Panenjoan. Bahkan para wisatawan bisa mengantri untuk menikmati wisata ini.

Danau Beko

Danau Beko

Tempat wisata berikutnya tak banyak diketahui orang. Uniknya danau ini berasal dari kerukan jenis beko yang dulunya terbengkalai oleh proyek dari perusahaan. Bahkan galian di sana juga membuat kawasan tersebut terbentuk seperti danau. Keindahan di tempat ini menjadikan para wisatawan sering berkunjung.

Lokasinya di Desa Margasari. Ada udara yang segar dengan hamparan karang putih yang mengelilingi air danau. kamu bisa berkunjung ke tempat ini tanpa dipungut biaya atau gratis.

Waduk Penjalin

Waduk Penjalin

Objek wisata berikutnya adalah Waduk penjalin. Waduk ini dulunya dibangun dan menyuguhkan panorama indah di tahun 1930. Luasnya sekitar 1.5 km dan tak ada biaya masuk yang dikenakan. Tetapi para pengunjung tetap harus menjaga kebersihan. Lokasinya cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga.

Waduk Penjalin berada di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan. kamubisa menikmati beberapa spot foto unik. Juga dengan panorama yang tersaji terutama ketika sore hari.

Ciblon Waterboom

Ciblon Waterboom

Kali ini kita beralih ke wisata waterboom. kamu bisa menggunakan tempat wisata ini sebagai alternatif untuk liburan bersama keluarga. Termasuk yang cukup baru dan ada banyak wahana permainan yang bisa dinikmati oleh orang dewasa atau anak-anak.

Lokasinya berada di Jalan Yos Sudarso Brebes. Tiket masuk Ciblon ini juga terjangkau yakni hanya Rp. 13.000 saja. kamu bisa menikmati semua wahana bersama keluarga dan sangat disukai anak-anak.

Curug Panyusuhan

Curug Panyusuhan

Tidak hanya Curug Putri dan Awu saja, ada lagi air terjun yang menjadi Andalan dari warga Brebes. Curug Panyusuhan memiliki daya tarik yakni adanya 7 curug yang berbeda. Agar bisa menuju lokasi, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 1.5 jam untuk sampai di curug.

Lokasinya berada di Desa Tembongraja dan Windusakti. kamu harus memarkirkan kendaraan di Desa Tambongrejo terlebih dahulu sebelum ke Curug Awu. Semua keindahan alam di sana akan menghapus rasa lelah Anda.

Kebun Teh Kali Gua

Kebun Teh Kali Gua

Mencari udara segar untuk Tahun Baru, ke Perkebunan Teh Kaligua, Brebes saja. Hamparan hijau tanaman teh dengan latar Gunung Slamet, membuat jiwa merasa tenang. Kawasan wisata agro Kebun Teh Kaligua, di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan Brebes, Jawa Tengah, menawarkan panorama alam yang sungguh permai, serta udara yang bersih dan segar. Inilah salah satu perkebunan teh peninggalan penjajahan kolonial Belanda.

Baca Juga: Wisata Boyolali

Kebun Teh Kaligua bukan sekadar kawasan perkebunan. Kawasan ini menyimpan eksotisme alam yang sungguh mempesonakan. Kamu yang ingin liburan Tahun Baru menghirup udara segar, ramai-ramai saja bersama keluarga ke sini.

Itulah 15 tempat wisata di Brebes yang paling banyak dikunjungi. Silahkan pilih tempat wisata yang menurutmu paling menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa membawa kamera ya agar kamu bisa selalu mengabadikan tiap momen liburanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *