Tempat Wisata di Buru Selatan

12 Tempat Wisata di Buru Selatan yang Harus Anda Ketahui

Posted on

Tempat wisata di Maluku bukan hanya di Buru saja, ada juga deretan tempat wisata di Buru Selatan yang sama indahnya dan tak boleh dilewatkan. Jenis wisata yang ditawarkan hampir serupa, yang didominasi oleh pantai. Namun tentu bukan hanya pemandangan pantai saja yang bisa Anda dapat.

Tempat Wisata di Buru Selatan

Akan diawali dengan Pantai Air Babunyi yang populer di Maluku, Pantai Labraha, Pantai Wali, Pantai Desa Simi, Pantai Merah Putih, Pantai Fatmite, Air Terjun Modanmohe, Air Terjun Waetina, Desa Ulima, hingga Desa Wisata Waenetat, berikut selengkapnya pilihan wisata Buru Selatan.

Pantai Air Babunyi

Pantai Air Babunyi

Berada di sebelah utara Pulau Buru Selatan, menjadi pantai pertama yang direkomendasikan pada Anda karena kecantikannya. Pemandangan pantai yang diberikan sama seperti pada umumnya, pantai yang memiliki pasir warna terang dan ombak yang sedang.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Buru

Tidak jauh dari pantai ini ada keindahan Pulau Buru Selatan lainnya yang bernama Air Babunyi. Keduanya memang punya nama yang sama, hanya saja yang satu berwujud pantai dan yang satunya lagi berwujud air terjun. Mampir ke keduanya merupakan solusi oke karena Anda bisa memaksimalkan itinerary perjalanan di Maluku.

Keduanya sama-sama bisa memberikan air yang jernih dan menyegarkan. Apalagi di air terjunnya, siapa saja bisa bebas bermain di sana karena luas perairannya cukup besar. Jangan lupa bawa baju ganti karena Anda pasti tergoda untuk berasah ria di sana.

Pantai Labraha

Pantai Labraha

Saatnya untuk mencari wisata Buru Selatan yang benar-benar eksotis dan identik dengan Bumi Indonesia Timur. Perpaduan warna biru langit, gradasi warna biru dari laut, dan warna coklat terang dari pasirnya akan Anda lihat di pantai ini. Sangat cantik, dijamin tidak menyesal setelah mampir kesini.

Sebelum masuk ke bibir pantainya, Anda akan disambut dengan pepohonan yang rindang. Membuat susana di pantai ini tidak tampak gersang. Membawa sunblock untuk badan akan membantu Anda melindungi kulit, sebab siapa saja yang mampir ke pantai ini pasti akan betah berlama-lama.

Adapun lokasinya berada di Jalan Kabupaten, Desa Wamkana, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan. Perlu diketahui juga bahwa pantai ini terletak tidak jauh dari pantai sebelumnya, Pantai Air Babunyi.

Pantai Wali

Pantai Wali

Bisa dikatakan paling sering dikunjungi wisatawan asing, pantai ini memang tampak berbeda dengan dua pantai sebelumnya. Dua pantai sebelumnya dibairkan benar-benar alami sehingga ada peminatnya tersendiri. Namun pantai yang satu ini telah diberikan fasilitas yang lengkap serta dekorasi yang membuatnya tampak indah tanpa menghilangkan unsur kealamian pantai itu sendiri.

Mulai diberi konblok sederhana yang memudahkan transportasi, kursi-kursi dengan desain bagus dan pas untuk pantai, hingga gazebo-gazebo yang membuat wisatawan bisa istirahat.

Tetap cantik dan tetap tidak mengecewakan, lengkap dengan pepohonan kelapa yang menghias di sepanjang pesisirnya, pasirnya yang berwarna krem, hingga air laut yang juga masih jernih.

Intinya, tempat wisata di Buru Selatan ini sama cantiknya dengan dua pantai di atas, namun akan pas untuk Anda yang membutuhkan objek wisata dengan fasilitas yang terjamin.

Satu lagi hal yang perlu diketahui ketika berwisata di pantai ini, mampir ke pantai in menjelang sore atau saat matahari terbenam juga akan pas. Sebab tak jauh dari pantai ini ada Ibu Indah Warkop yang bisa memberikan hidangan dan minuman yang masih hangat. Pas untuk menyempurnakan suasana senja.

Pantai Desa Simi

Pantai Desa Simi

Betul berada di Desa Simi, Kabupaten Buru Selatan, Maluku. Juga sama cantiknya dengan pantai-pantai sebelumnya sehingga wajar bila direkomendasikan. Menikmati Pantai Desa Simi rasanya akan cukup sama dengan menikmati pantai-pantai lainnya di Bumi Indonesia Timur.

Apa yang didapat antara lain pasir berwarna putih terang, ombak yang tidak tinggi sehingga aman, bibir pantainya juga tidak sempit sehingga mendukung lebih banyak aktivitas. Mungkin saja Anda dan sahabat yang datang ke Buru Selatan ini olahraga pantai, bisa dilakukan di pesisir pantai ini.

Pantai Desa Simi juga menjadi solusi wisata di Buru Selatan jika beberapa pantai di atas cukup ramai. Ya, mungkin saja yang Anda cari adalah pantai yang benar-benar sepi sehingga suasananya tenang. Boleh jadi pantai inilah yang akan Anda butuhkan.

Pantai Merah Putih

Pantai Merah Putih

Tentu ada bedanya Pantai Merah Putih dengan empat pantai di atas yang juga harus Anda ketahui. Wisata di Pulau Buru Selatan kali ini memiliki lokasi yang dekat dengan pasar, Pasar Lama namanya, di sana Anda bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari. Kebanyakkan yang ditawarkan adalah hasil laut.

Apa yang menjadi ciri khas dari pantai ini adalah adanya Jembatan Merah Putih, yang kemudian dijadikan nama untuk pantai ini. Dari segi pemandangannya, cukup sama seperti pantai pada umumnya. Hanya saja pasirnya tak sebersih atau tak selembut beberapa pantai sebelumnya.

Ombaknya pun sedang, dengan bibir pantai yang tidak terlalu luas. Perahu-perahu akan parkir di pantai ini sehingga Anda bisa menyaksikannya langsung. Cukup jarang dijamah wisatawan, namun tetap menjadi rekomendasi yang oke untuk dicoba. Adapun letaknya di Namlea, Kabupaten Buru Selatan, Provinsi Maluku.

Pantai Fatmite

Pantai Fatmite

Kebanyakkan tempat wisata di Buru Selatan di atas memang terletak di Kecamatan Namlea, namun bukan berarti tidak ada wisata yang letaknya di kecamatan lain. Seperti misalnya pantai yang satu ini, letaknya berada di Kecamatan Namrole. Perlu Anda ketahui bahwa waktu terbaik untuk berwisata di pantai ini adalah di sore hari, sebab Anda akan mendapatkan pemandangan matahari terbenam yang lumayan oke, tidak mengecewakan.

Namun bukan berarti tidak bisa dikunjungi selain sore hari. Tetap bisa-bisa saja mendatangi pantai ini di pagi atau siang hari, malahan Anda bisa bebas melakukan aktivitas pantai karena pesisirnya yang cukup luas.

Sepintas cukup sama dengan pantai pada umumnya, memiliki ombak tenang dengan air yang jernih, serta pasir yang dihias dengan pohon-pohon kelapa. Jangan sampai tidak pakai sandal, sebab pasirnya tidak semulus beberapa pantai di atas.

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Biasa disebut sebagai Pantai Pasir Putih, namun juga biasa disebut dengan Pantai Ngurtafur. Jadi, jika Anda menemukan salah satu namanya, tak perlu lagi bingung. Memang benar-benar putih warna pasirnya. Menariknya, pantai ini memiliki teluk atau kawasan yang menjorok ke laut sehingga wisatawan bisa merasakan langsung bagaimana seakan-akan berada di tengah laut.

Tetap aman, sebab ketinggiannya tetap sama dengan wilayah pesisir utamanya. Apalagi jika Anda berhasil mengabadikan pemandangan pantai ini dari atas, akan terlihat jelas gradasi antara warna putih, biru toska, biru muda, hingga biru tua ke arah laut lepas.

Air Terjun Modanmohe

Masih sangat alami dan jangan sampai tidak mampir. Sumber air di air terjun ini ditutup dengan pepohonan rindang sehingga cahaya matahari terlihat dibiaskan sehingga membuat pantai ini tampak seperti hidden paradise. Letak air terjun ini berada di Desa Elfule, Kecamatan Namrole, Buru Selatan.

Air Terjun Waetina

Air Terjun Waetina

Tak kalah cantik, hanya saja pepohonan di air terjun ini lebih sedikit dari air terjun sebelumnya. Aliran airnya cukup pendek, namun memiliki areal yang cukup luas di bawahnya. Letaknya ada di Desa Bara, Kecamatan Aerbuaya.

Tidak berbasah ria di tempat wisata Buru Selatan ini mungkin akan membuat Anda menyesal. Airnya masih sangat segar dan alami, Anda bisa bebas bermain di sana karena areanya yang cukup luas.

Wisma Apung Kakiair

Wisma Apung Kakiair

Mungkin yang Anda butuhkan adalah sebuah cottage atau akomodasi yang unik dan khas Maluku sehingga bisa berikan pengalaman berlibur lebih maksimal. Ya, Anda memang butuh objek wisata di Buru Selatan, namun Anda juga butuh istirahat di tempat yang nyaman.

Untuk Anda yang mencari kenyamanan ini bisa langsung menuju Wisma Apung Kakiair. Di sana telah disediakan cottage-cottage yang terapung di atas air sehingga rasa-rasa menginapnya lebih seru dan menyenangkan. Pasti aman, memang sudah lama ada dan diperuntukkan wisatawan.

Desa Ulima

Desa Ulima

Ada wisata morea di Desa Ulima yang akan berikan pengalaman berbeda jauh dari sebelumnya. Khususnya untuk Anda yang baru kali ini pergi ke Maluku, wajib mampir ke wisata di Pulau Buru Selatan ini supaya bisa saksikan langsung wisatanya.

Selama ini hanya ada tiga desa di Maluku saja yang menawarkan wisata morea, yang mana salah satunya adalah Desa Ulima yang berada di Pulau Buru Selatan. Tahukah Anda apa itu morea?

Merupakan nama belut berukuran raksasa, yang tadinya Anda hanya melihat belut ukuran standar, di desa ini Anda bisa lihat langsung yang raksasa hingga se kaki orang dewasa. Liar dan ada juga yang dipelihara, Desa Ulima ini terletak di Kecamatan Waai.

Bukan hanya bisa melihat belut raksasa saja, Desa Ulima juga menawarkan keasrian yang masih terjaga sehingga Anda bisa merasakan langsung bagaimana menjadi warga di sana.

Desa Wisata Waenetat

Desa Wisata Waenetat

Sering diadakan festival kebudayaan di desa wisata ini. Dan jika memang Anda beruntung, bisa saja sedang diadakan saat Anda berada di sana. Festival kebudayaan yang memamerkan kebudayaan asli Buru Selatan dan pesta bersama warga lokal, pasti akan seru jadinya.

Wisata di pedesaan lokal suatu daerah tentu menjadi pengalaman berbeda daripada wisata di alam atau objek wisata. Di sini Anda bisa benar-benar mempelajari kegiatan atau rutinitas warga, bagaimana kebudayaan yang dimiliki, kuliner yang ditawarkan, dan vibe-vibe bermasyarakat lainnya. Pasti seru, tetap siapkan kamera Anda untuk memotret pentas kebudayaannya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Maluku Barat Daya

Juga ada agrowisata di desa ini, yang tetap memberikan Anda space untuk bersatu dengan alam. Dengan udara yang masih sejuk, jauh dari polusi, hingga pemandangan alam yang masih asri.

Nantinya akan terbukti bahwa keputusan memilih Kabupaten Buru Selatan untuk berlibur adalah keputusan terbaik untuk berlibur. Sekarang Anda sudah tahu apa saja pilihan tempat wisata di Buru Selatan, saatnya menjelajahi semuanya supaya pengalaman berliburnya bisa maksimal.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *