Tempat Wisata di Buru

12 Tempat Wisata di Buru Dipilih Selama Berlibur Ke Maluku

Posted on

Wisata di Pulau Jawa mungkin sudah biasa bagi Anda, bagaimana jika destinasi wisata kali ini adalah ke Maluku sehingga bisa kunjungi banyak tempat wisata di Buru? Buru merupakan salah satu kabupaten di Maluku. Berbeda dengan Buru Selatan, beberapa wisata Buru yang akan dibahas kali ini adalah yang ada di Buru bagian tengah dan utara.

Tempat Wisata di Buru

Banyak pilihan wisata pantai, wajar sebab nama aslinya saja Pulau Buru sehingga dikelilingi pantai-pantai yang eksotis. Selain pantai Anda juga bisa mengunjungi wisata art terjun, perbukitan, hingga wisata alam perkebunan. Pantai Lala, Pantai Ratu, Pantai Telaga, Air Terjun Waeura, Bukit Dusun Watampuli, Bukit Tatanggo hanyalah beberapa diantaranya. Simak pilihan selengkapnya berikut.

Pantai Lala

Pantai Lala

Berada di Kota Namlea, Pantai Lala menyuguhkan pantai yang tak biasa. Dijamin tidak sama seperti pantai pada umumnya, apalagi pantai-pantai di Pulau Jawa. Apa yang membuat pantai ini berbeda adalah, panoramanya berwujud pantai dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan.

Baca Juga: Tempat Wisata Tual

Saat sampai sana nanti mungkin Anda akan sempat mengira bahwa Anda sedang mengunjungi danau karena latar belakangnya. Padahal, itu karena memang ada bukit yang berada dekat dengan pantai ini saja. wujudnya tetaplah pantai dengan ombak tenang dan pasir berwarna putih. Tidak akan sulit untuk menemukan pantai ini karena sudah populer.

Masih ada pantai lain yang ditawarkan di Pulau Buru, namun Pantai Lala harus ada dalam itinerary perjalanan Anda.

Pantai Ratu

Pantai Ratu

Cantik dan anggun, sebab pantai yang satu ini memiliki ombak yang tenang dan pemandangan yang loose tanpa ada apa-apa. Jika di pantai sebelumya pemandangannya adalah bukit dan gunung, di pantai ini pemandangannya adalah laut lepas.

Dengan air berwarna putih jernih sejauh mata memandang. Bukan warna biru muda maupun biru tua. Pasirnya pun berwarna putih dan terasa lembut. Tidak menutup kemungkinan Anda bisa melihat ikan-ikan berenang di sana karena saking jernihnya airnya.

Tidak ada yang dikecewakan dengan salah satu wisata di Pulau Buru ini. sejauh ini sudah banyak warga lokal maupun wisatawan mancanegara yang mampir ke Pulau Ratu. Anda yang juga berasal dari Indonesia pun juga wajib mampir.

Pantai Telaga

Pantai Telaga

Selain Pantai Lala dan Pantai Ratu, pilihan tempat wisata di Maluku yang selanjutnya adalah Pantai Telaga. Juga biasa disebut dengan Pantai Talaga, merupakan pantai yang aktivitasnya lebih ramai daripada dua pantai sebelumnya.

Jika dua pantai di atas hanya memberikan pemandangan pantai saja, di Pantai Telaga Anda bisa menikmati makan siang, sarapan, maupun makan malam di pesisir pantainya. Itulah mengapa aktivitasnya lebih ramai. Dari segi pemandangan, seperti pantai Indonesia Timur pada umumnya, hanya saja warna pasirnya lebih gelap daripada dua pantai di atas.

Disediakan ayunan dan beberapa dekorasi yang membuat wisatawan lebih terhibur daripada hanya berdiam saja di pinggir pantai. Bibir pantai juga cukup luas sehingga Anda bisa bermain di sekitarnya.

Pantai Jikumerasa Namlea

Pantai Jikumerasa Namlea

Masuk ke wisata Pulau Buru yang dinilai paling populer daripada wisata lainnya. Pantai yang satu ini akan dijadikan kawasan wisata bahari, yang mana artinya fasilitas dan pilihan aktivitas yang diberikan wisatawan akan lebih banyak.

Cukup luas pantainya, warna pasirnya sangatlah putih, mungkin lebih putih dari pantai-pantai sebelumnya. Tak hanya bisa menikmati pantai ini tepat di bibirnya saja, Anda juga bisa menikmati pemandangannya dari bukit sehingga tampak ada sungai yang menuju ke pantai atau yang biasa disebut dengan hilir. Ditambah lagi, jika dilihat dari atas pantai ini seperti dikelilingi kawasan hutan dengan banyak pepohonan. Kombinasi antara warna hijau tua, putih, dan biru muda akan sangat cantik dan jangan sampai tidak diabadikan.

Danau Rana

Danau Rana

Keindahan Pulau Buru juga bisa dibuktikan dengan adanya Danau Rana. Danau sebagai pilihan tempat wisata di Buru yang luas dan tenang. Ya, airnya memang tenang namun cukup dalam. Di atasnya dihias dengan cukup banyak teratai sehingga menambah suasana tenang dan damai di sekitarnya.

Sejauh ini tidak ada yang kecewa dengan wisata ini. Siapa saja boleh naik ke perahu yang telah disediakan warga untuk bisa mendapatkan vibe yang berbeda di tengahnya. Bukan hanya suasana saja, soal pemandangan pun tak perlu dibanding-bandingkan.

Apa yang akan Anda lihat adalah pemandangan langit Maluku yang cerah namun tidak panas. Apalagi jika di waktu senja, akan sangat tampak kombinasi beberapa warna yang membuat suasananya semakin berbeda saja.

Air Terjun Waeura

Air Terjun Waeura

Saatnya untuk berwisata di air terjun supaya lebih mengasyikkan. Di air Terjun Waeura Anda bisa beraktivitas atau bermain di perairannya. Tidak terlalu dalam, namun terasa sangat segar sehingga membuat agenda refreshing di tengah liburan menjadi lebih oke.

Sekilas mungkin akan kelihatan sama dengan air terjun pada umumnya. Aliran air yang tidak terlalu tinggi di antara bebatuan yang berukuran besar. Perairannya cukup luas sehingga tidak masalah bila digunakan bersama dengan wisata lain. Juga terasa menyegarkan dan sejuk, bukan hanya dari airnya saja melainkan juga dari hawanya yang jauh dari polusi udara.

Gunung Kapalatmada

Gunung Kapalatmada

Selanjutnya ada Gunung Kapalatmada sebagai salah satu pilihan wisata dataran tinggi selama di Pulau Buru. Ya, sebab mungkin saja Anda sudah merasa cukup dengan wisata-wisata dataran rendah seperti pantai.

Kini Anda mendapatkan wisata yang membuat Anda harus menaiki jalan menaik dan sedikit pendakian. Ketinggian gunung ini sekitar 2.700 an meter dari permukaan laut. Dikeliling dengan lautan sehingga Anda harus menyeberang dengan perahu atau kapal terlebih dahulu.

Jika Anda bawa drone, pasti bisa dapatkan dokumentasi yang sangat indah. Sebab memang jika dilihat dari atas, akan tampak keseluruhan gunung yang sangat hijau warnanya. Juga tak perlu harus naik ke atasnya, Anda juga bisa menikmati Gunung Kapalatmada dengan cara bersantai di pantainya saja.

Bukit Dusun Watampuli

Bukit Dusun Watampuli

Di Dusun Watampuli ada beberapa perbukitan yang jadi daya tarik wisatawan. Bukan sekedar bukit saja, dengan mendaki bukit ini, usaha Anda akan terbayar dengan pemandangan alam yang masih sangat natural dan asri.

Tak jarang bisa Anda rasakan hawa atau awan rendah yang terasa sejuk. Awan yang pada umumnya hanya bisa Anda rasakan langsung di ketinggian ribuan meter, kini bisa Anda rasakan dengan hanya menaiki salah satu bukit di sana.

Di dusunnya pun Anda juga akan melihat langsung bagaimana aktivitas warga asli Pulau Buru. Bagaimana rumah-rumahnya disusun dan tetap terasa hawa yang sejuk, dijamin tidak akan menyesal mengagendakan liburan kesana.

Dusun Warujawa

Dusun Warujawa

Terletak di Maluku Utara, Dusun Warujawa menghadirkan kawasan wisata yang membuat wisatawan bisa merasakan langsung vive menjadi warga di pulau Buru.

Suguhan yang paling populer dari Dusun Warujawa adalah Festival Bupolo. Di festival ini wisatawan bisa mempelajari langsung kebudayaan yang berasal dari sana. Jika Ada cukup beruntung, bisa saja festival ini sedang diadakan saat Anda berada di sana.

Terlepas dari sebuah festival, Anda juga bisa mengeksplorasi kecantikan alam Pulau Buru. Memang luas pulau ini, namun di Dusun Warujawa Anda bisa benar-benar menikmatinya.

Bukit Tatanggo

Bukit Tatanggo

Jika Anda mencari destinasi wisata untuk menikmati pemandangan matahari terbenam, maka yang harus dituju adalah Bukit Tatanggo. Akan terlihat jelas bagaimana pemandangan Kota Namlea dari bukit ini.

Perpaduan warna-warna pink tua, jingga, hingga ungu akan menambah keindahan Pulau Buru. Bukan hanya untuk sore hari saja, Anda juga bisa mengunjungi wisata di siang atau pagi hari. Dengan yang didapat adalah udara yang masih sejuk dan pemandangan dari atas kota yang tak biasa.

Bawa perbekalan yang cukup bila Anda berencana berlama-lama di bukit ini, entah mungkin karena memang butuh space yang tenang atau karena mau menikmati pemandangannya lebih lama.

Kayeli Country

Kayeli Country

Lokasi tempat wisata di Buru ini berada di dalam Desa Kayeli, hanya saja kawasan wisatanya diberi nama Kayeli Country. Masih dalam satu garis pantai dengan Teluk Namlea, tak sulit menemukan desa ini untuk mengetahui apa yang ditawarkan.

Apa yang akan Anda lihat di sana adalah bekas benteng VOC yang cukup megah. Karena merupakan ‘bekas’ dan pernah terkena musibah banjir besar di abad ke-19, apa yang Anda lihat memang tak sepenuhnya benteng. Namun dari bekas-bekasnya saja, sudah bisa Anda bayangkan sendiri betapa megahnya bangunannya pada saat itu.

Bukan hanya sisa benteng saja, bangunan benteng yang Anda lihat nanti berada di kawasan hutan sehingga tampak asri. Kawasan wisata ini sering disebut sebagai ibukota yang hilang, sebab dahulu Kayeli merupakan ibukota untuk Pulau Buru yang seluas belasan ribu kilometer persegi. Anda harus datang kesini untuk jadi saksi langsung.

Agrowisata Buah Naga

Agrowisata Buah Naga

Diakhiri dengan wisata berwujud kawasan agrowisata, salah satu agrowisata yang ada di Kabupaten Buru, Maluku adalah agrowisata untuk buah naga. Tentu di sana Anda bisa mendapatkan banyak buah naga yang sudah matang. Jika tidak tahu mana yang sudah matang, tak perlu khawatir karena sudah ada pemandu di sana.

Bukan hanya untuk cari buah naga saja, kawasan agrowisata ini didesain sangat alami tanpa banyak dekorasi atau hiasan-hiasan yang mungkin sebelumnya sering Anda jumpai.

Baca Juga: Tempat Wisata Kepulauan Aru

Adapun lokasi wisata yang satu ini adalah di Desa Grandeng yang berada di dalam Kecamatan Lolongguba. Tidak akan kecewa setelah mampir dan akan jadi pengalaman berjalan-jalan di tengah perkebunan buah naga yang menyenangkan.

Dijamin tidak akan menyesal berkeliling tempat wisata di Buru dalam rangka liburan. Akan banyak pengalaman yang bisa didapat dan pemandangan-pemandangan segar yang memanjakan mata. Seperti hidden paradise, semua keindahan Pulau Buru di wisata-wisata di atas harus Anda nikmati. Urutkan satu per satu untuk menjadi itinerray liburan yang berkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *