Tempat Wisata Di Ciamis

13 Tempat Wisata Di Ciamis Terindah yang Harus Kamu Kunjungi

Posted on

Di masa New Normal seperti sekarang ini, agak sulit ya kalau ingin berlibur ke luar negeri. Padahal kamu pasti sudah tidak sabar deh buat jalan-jalan mencari kesegaran dan menikmati pemandangan.

Eits, tapi tenang saja. Liburan kan tidak harus sealu jalan-jalan di luar negeri. Ada banyak lho tempat wisata di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Jadi, kamu nggak perlu pergi jauh-jauh. Tinggal mampir saja di kota-kota terdekat buat bisa menikmati suasana alami khas Indonesia, terutama tempat wisata di Jawa Barat yang tak terhitung banyaknya.

Tempat Wisata Ciamis

Nah, kalau kebetulan kamu mampir di kota Ciamis, jangan lupa buat mengunjungi tempat-tempat wisata alam berikut supaya jiwa, pikiran, dan tubuh kamu bisa terasa segar kembali setelah berbulan-bulan self-quarantine di rumah. Kita simak yuk mana saja 13 tempat wisata di Ciamis terindah yang harus kamu kunjungi.

Pantai Batu Kara

 

Pantai Batu Kara

Pantai pasti menjadi salah satu tempat ideal untuk berlibur. Apalagi kalau kamu berniat mengunjungi pantai batu karas. Pantai ciamis memang terenal indahnya. Pantai yang terletak tidak jauh dari pantai pangandaran ini terkenal dengan ombaknya yang besar dan bergulung-gulung. Pokoknya pas deh buat kamu yang memang senang surfing.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Bandung Barat

Tapi kalau kamu tidak bisa surfing juga tak perlu khawatir. Kamu bisa menikmati suasana pantai yang indah di wisata ciamis ini sambil memancing atau berenang. Jangan lupa juga mencicipi aneka kuliner laut sedap yang banyak tersedia di sana. Suasana alam yang indah dan masih asri pun cocok banget buat kamu jadikan latar belakang saat selfie, dan bisa kamu posting di Instagram atau Facebook. Selain itu, kalau kamu sedang mencari tempat pemotretan untuk pre-wedding atau tempat berbulan madu, pantai batu karas juga cocok banget lho jadi destinasi pilihan kamu.

Curug Tujuh Cibolang

Curug Tujuh Cibolang

Kalau kamu suka sama yang namanya air terjun, berarti kamu wajib mengunjungi salah satu  tempat wisata di ciamis ini yang bernama Curug Tujuh Cibolang. Bukan tanpa alasan lho ada unsur “Tujuh” pada namanya, karena di Curug Cibolang ini memang ada tujuh air terjun yang bertingkat-tingkat. Nama-nama curug itu adalah: Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh.

Terletak di kecamatan Panjalu, Ciamis, curug tujuh Cibolang ini bisa kamu nikmati dengan mengitari bukit yang dikelilingi hutan pinus. Indah sekali lho pemandangannya. Sebelum kamu sampai di Curug Tujuh Cibolang pun, kamu sudah bisa berfoto-foto dengan menggunakan deretan pohon pinus sebagai latar belakang.

Yang menarik, ada legenda di balik terbentuknya curug tujuh Cibolang ini. Konon, di zaman dahulu kala, wilayah ini terkena bencana kekeringan akibat kemarau panjang. Lalu sang Raja bertapa memohon diturunkan hujan. Meskipun begitu, hujan tak kunjung datang, hingga raja itu pun meneteskan air matanya. Tetapi, ajaibnya, air mata yang jatuh lalu berubah menjad genangan air makin lama makin besar dan membentu aliran air yang terpecah dan akhirnya membentuk 7 air terjun. Tak hanya soal mitos sejarahnya saja, tapi konon air terjun ini juga mengalirkan air yang memiliki khasiat menyembuhkan penyakit kulit, rematik, dan lainnya.

Situ Lengkong Panjalu

Situ Lengkong Panjalu

Ada satu tempat yang cocok banget kalau kamu termasuk orang yang senang suasana yang tenang dan damai, yaitu Situ Lengkong Panjau. Ini adalah danau terkenal tempat wisata di Ciamis yang juga merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan domestik dan mancanegara saat berkunjung ke Camis.

Danau ini berukuran sangat luas, yaitu 9,25 hektar dan memiliki sebuah pulau kecil yang bernama Nusa Larang. Kamu bisa datang ke Nusa Larang untuk berziarah ke makan Prabu Hariang Kencana, atau melihat upacara adat Nyangku saat dilakukan pembersihan benda-benda pusaka yang disimpan di Museum Bumi Alit.

Kamu bisa menikmati bukit-bukit hijau di sekitar danau, atau mengelilingi danau dengan menggunakan perahu sewa. Tempat wisata Panjalu ini juga semakin lengkap karena banyak terdapat tempat makan, penjualan cinderamata, dan fasilitas lainnya seperti masjid, toilet, dan lain-lain.

Selain udaranya yang sejuk, pemandangan alami tempat wisata Ciamis ini juga pasti membuat kamu tak tahan untuk mengabadikan lewat foto-foto. Tempat ini juga cocok bagi kamu yang senang membuat travel vlog untuk diposting di youtube.

Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu

Pantai lainnya yang sangat terkenal di Ciamis adalah Pantai Batu Hiu. Kenapa disebut batu hiu? Karena di pantai ini terdapat karang besar yang bentuknya menyerupai ikan hiu. Tidak percaya? Coba saja deh langsung kunjungi pantai ini.

Pantai ini sangat indah dan memiliki pemandangan alam yang memesona. Bahkan, saking indahnya, pantai yang terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi Kabupaten Ciamis ini sering dibilang memiliki banyak kemiripan dengan Tanah Lot di Bali. Karena itu, tak heran kalau Pantai Batu Hiu sering jadi lokasi favorit saat liburan atau weekend. Makanya jangan heran saat masa liburan panjang, jalanan menuju lokasi ini sering terlihat macet.

Kalau kamu ingin menikmati suasana pantai yang agak sepi, sebaiknya datang saat hari kerja atau sepagi mungkin saat weekend. Pantai ini dibuka 24 jam lho! Meskipun begitu, kemungkinan besar petugas tidak akan berada di tempat seama 24 jam full.

Jadi, bila kamu ingin melihat sunrise dan sunset, pastikan datang sebelum waktunya ya agar kamu bisa memiih lokasi yang paling pas untuk mengabadikan momen saat matahari terbit dan terbenam.

Oiya, untuk masuk ke objek wisata ini, kamu harus menyiapkan kocek untuk membayar tiket masuk dengan kisaran harga sebagai berikut:

  • Orang/Pejalan Kaki :       Rp 3.300/org
  • Sepeda motor :       Rp 7.000/motor
  • Mobil Jeep atau Sedan: Rp 19.500/mobil
  • Mobil Carry :       Rp 36.000/mobil
  • L300 :       Rp 51.500/kendaraan
  • Bus kecil :       Rp 68.000/bus
  • Bus ¾ (sedang) :       Rp 106.000/bus
  • Bus Besar :       Rp 172.000/bus

Perlu diingat, bahwa harga bisa berubah sewaktu-waktu ya.

Di Ciamis wisata pasti tak lengkap kalau beum mengunjungi konservasi penyu hijau yang terletak di 15 kilometer sebelah barat Pantai Batu Hiu. Nanti, kamu boleh menyentuh dan memberi makan penyu. Dan kalau sedang beruntung, kamu juga bisa ikut melepaskan bayi-bayi penyu ke pantai menuju lautan lepas.

Puncak Jahim

Puncak Jahim

Bosan liburan ke pantai? Nah, ada satu lokasi nih di Ciamis yang cocok untuk melepas penat dan stres akibat pekerjaan atau tugas kuliah yang menumpuk. Namanya adalah Puncak Jahim.

Di sini, kamu bisa menikmati deretan pohon pinus dan udara sejuk yang menyegarkan. Pusingnya otak dan pikiran karena stres sehari-hari dijamin hilang saat tiba di tempat ini. Tidak hanyak warga sekitar, tapi juga banyak wisatawan domestik yang sengaja mengunjungi Puncak Jahim karena ingin merasakan kesejukan suasananya.

Kalau kamu ingin datang ke tempat ini, kamu tinggal menempuh jarak sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Ciamis. Tidak jauh kan? Dan asyiknya lagi, kamu bebas mengunjungi Puncak Jahim tanpa dipungut biaya alias gratis!

Selain hutan pinus, Puncak Jahim juga memiliki situs bersejarah yang bernama Batu Panjang. Uniknya, ada banyak batu berukuran besar yang berbentuk bulat, panjang, dan persegi. Cocok deh buat jadi spot foto-foto bersama teman dan keluarga.

Wisata Alam Ciung Wanara

Wisata Alam Ciung Wanara

Salah satu objek wisata terkenal di Ciamis adalah Wisata Alam Ciung Wanara yang terletak di Karang Kamulyan. Ini adalah sebuah kawasan hutan lindung yang sarat dengan peninggalan budaya dan mitos.

Dengan harga tiket masuk yag sangat terjangkau yaitu Rp 3.500/orang, kamu sudah bisa berjalan-jalan di objek wisata ini. Kalau mau menggunakan tour guide juga bisa. Dengan begitu, kamu bisa berjalan-jalan sambil mendengarkan penjelasan tentang sejarah dari setiap tempat yang ada di dalam objek wisata Ciung Wanara ini. Lumayan kan, hitung-hitung sambil belajar sejarah?

Oh iya, karena di dalam hutan lindung banyak terdapat monyet, sebaiknya kamu tidak membawa makanan atau minuman, karena bisa-bisa direbut oleh monyet-monyet tadi.

Bendungan Manganti

Bendungan Manganti

Selain pantai, hutan, dan situs bersejarah, Ciamis juga memiliki satu objek wisata unik yaitu Bendungan Manganti. Bendungan yang terletak di perbatasan kabupaten Cilacap dengan Kabupaten Ciamis ini merupakan bendungan sarana irigasi yang berfungsi sebagai pengendali banjir serta memenuhi kebutuhan air di daerah irigasi Lakbok Selatan, Sidareja, dan Cihaur.

Biasanya, warga sekitar memanfaatkan lokasi ini sebagai salah satu tujuan rekreasi. Kamu bisa menikmati pemandangan aliran air di sekitar bendungan tersebut. Biasanya Bendungan Manganti jadi spot favorit untuk selfie atau melakukan pemotretan pre-wedding.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Bekasi

Kamu juga bisa menikmati suasana sore sambil mencicipi jajanan yang banyak terdapat di bendungan ini, sekaligus membeli mainan atau aksesoris dari penjual yang ada. Indahnya danau yang terdapat di bendungan Manganti benar-benar memberi suasana berbeda deh, apalagi kalau kamu juga mencoba menaiki wahana bebek air yang ada di sana.

Wisata Sungai Cadas Ngampar

Wisata Sungai Cadas Ngampar

Kalau kamu punya hobi bermain air, maka wisata sungai cadas Ngampar ini wajib lho kamu datangi. Hal ini karena kamu bisa bermain air sambil menikmati suasana sungai yang memiliki air jernih dan bebatuan ini.

Objek wisata ini menjadi favorit banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa karena siapa pun bisa bermain air di sini. Kamu juga bisa lho kalau sambil berpiknik dengan membawa bekal makanan sendiri. Meskipun begitu, kalau tak ingin repot kamu juga bisa membeli berbagai kuliner yang tersedia di sana.

Sungai Cadas Ngampar memiliki air yang bersumber dari kaki gunung Sawal. Makanya, tak heran kalau airnya terlihat sangat jernih dan segar. Untuk masuk ke lokasi wisata ini pun kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 3.000 saja. Sangat terjangkau kan?

Hutan Pinus Darmacaang

Hutan Pinus Darmacaang

Selain Puncak Jahim, kamu juga bisa menikmati suasana pohon pinus di Hutan Pinus Darmacaang. Tempat ini cocok banget buat kamu yang hobi camping atau sekedar piknik santai bareng keluarga. Asyik deh lokasinya. Sangat segar dan alami!

Karena letak pohon yang cukup rapat, kamu juga bisa memasang hammock dan bergelantungan sambil membaca buku dan menikmati camilan. Hmm…sudah terbayang ya pasti sangat menyenangkan. Kalau kamu tak punya hammock, jangan kuatir, karena di sana tersedia tempat penyewaan hammock dengan harga sangat terjangkau, yaitu Rp 10rb saja. Asyiknya, harga sewa ini berlaku seharian!

Kamu bisa berpiknik dengan bekal sendiri atau membeli nasi liwet yang banyak dijual di sana. Rasanya nikmat sekali. Keindahannya tidak hanya bisa kamu nikmati saat siang hari, melainkan juga pada malam hari. Kamu bisa melihat keindahan tempat wisata Ciamis dan Tasikmalaya dari sini. Belum lagi Kerlap-kerlip bintang menambah keindahan pemandangan malam hari.

Situs Gunung Susuru

Situs Gunung Susuru

Ada satu lagi objek wisata bersejarah di Ciamis yang bisa kamu kunjungi, yaitu situs gunung Susuru. Tempat wisata ini ini terletak di antara dua sungai, yaitu sungai Cieueur dan Sungai Cimuntur.

Gunung Susuru ini salah satu tempat peninggalan kerajaan Galuh Kertabumi. Di situs ini juga banyak terdapat peninggalan bersejarah, seperi batu peluru, batu tapak, dan yang lainnya. Bahkan, situs gunung Susuru ternyata memiliki peradaban yang jauh lebih tua dari situs bersejarah lainnya yang ada di Kabupaten Ciamis.

Di sini juga terdapat sebuah benteng kuno yang letaknya membentang melintasi desa dari sisi Cimuntur ke sisi Cileueur sepanjang kurang lebih 2 Km. Uniknya, benteng kuno tersebut terbuat dari susunan batu setinggi 1 meter. Penasaran ingin tahu seperti apa situs bersejarah ini? Masukkan ke daftar tempat wisata yang harus kamu kunjungi saat ke Ciamis nanti ya!

Wisata Alam Sungai Cireong

Wisata Alam Sungai Cireong

Satu lagi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke Ciamis adalah wisata alam sungai Cireong yang terletak di kecamatan Sindangkasih Ciamis. Kalau kamu hobi fotografi, pasti kamu akan menemukan banyak spot menarik untuk jadi objek foto kamu, mulai dari batu-batu cadasnya, pemandangan sekitar, sampai air sungainya yang jernih.

Objek wisata di Ciamis ini sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga karena kamu bisa sekalian mengajak keluarga makan bersama di tempat ini. Bebatuan yang cukup besar menjadi pusat perhatian para wisatawan karena membuat suasana alami tetap terjaga.

Wisata alam sungai cireong berada di bawah kaki Gunung Sawal. Kamu bisa menikmati pemandangan banyak pepohonan di sana sambil bermain air di sungai. Cocok deh untuk melepas stres. Apalagi kalau kamu sambi membawa gitar dan bersantai dengan teman-teman sambil bernyanyi di pinggir sungai.

Kalau kamu mengunjungi objek wisata ini, selain bisa menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa sekalian membantu perekonian setempat. Hal ini karena banyak warga sekitar yang membuka warung makan atau berjualan di sana.

Situ Wangi Kawali Ciamis

Situ Wangi Kawali Ciamis

Sedang bingung mencari tempat yang bisa membuat adem? Coba deh kunjungi Situ Wangi Kawali di Ciamis. Pemandangan danaunya yang tenang pasti akan berhasil membuat hati dan pikiran kamu jadi tenang juga.

Mau sekedar jalan-jalan sambil berfoto-foto? Bisa juga. Termasuk kalau kamu ingin melakukan sesi foto pre-wedding dengan konsep alami, tempat ini cocok sekali karena bisa memberikan sentuhan natural yang diinginkan.

Kawasan objek wisata Situ Wangi ini memiliki luas sekitar 4 hektar yang meliputi danau dan daratannya. Jadi banyak sudut-sudut yang bisa kamu eksplor untuk berfoto-foto.

Wisata Arung Jeram Citanduy

Wisata Arung Jeram Citanduy

Nah, lokasi ini cocok banget buat kamu yang memiliki hobi arung jeram, yaitu Wisata Arung Jeram Citanduy. Objek wisata Ciamis ini memang sangat terkenal. Sejak tahun 2018, Dinas Pariwisata Ciamis membuka sungai Citanduy sebagai tempat wisata river tubing Citanduy pada musim kemarau.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Bogor

Kalau kamu berminat untuk berarung jeram di sini, ada 3 trek yang bisa kamu pilih, yaitu pengarungan dengan jarak 12,2 Kilometer dari Cirahong dan berakhir di TPA Handapherang, lalu pengarungan dengan jarak 12,2 Kilometer mulai dari Imas Putra Handapherang yang berakhir di Karangkamulyan, dan terakhir pengarungan dengan jarak 6,1 Kilometer mulai dari Imas Putra  sampai dengan Dermaga Bojong Salawe, Cimaragas.

Bagaimana, asyik bukan berbagai tempat wisata di Ciamis Jawa Barat? Semua pilihan tempat wisata alam bisa kamu nikmati, baik sendirian maupun bersama orang-orang tercinta. Selamat menjelajahi tempat wisata di Ciamis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *