Tempat Wisata di Cianjur

15 Tempat Wisata di Cianjur yang Favorit Pada Saat Liburan

Posted on

Saat berkunjung ke Cianjur, pasti kamu ingin merasakan suasana hawa yang sejuk dan udara yang dingin. Kota yang terkenal dengan produksi berasnya ini memang tepat dijadikan tujuan liburan. Selain udaranya menyegarkan, Cianjur juga terkenal dengan kuliner lezatnya. Meskipun begitu, ada kalanya juga saat kamu tiba di Cianjur kamu jadi bingung, sebaiknya mana dulu ya tempat yang harus didatangi?

Tempat Wisata di Cianjur

Nah, supaya kamu tidak bingung mau ke mana saat berlibur ke Cianjur, berikut ini adalah 15 tempat wisata di Cianjur yang pasti jadi favorit saat liburan.

Curug Citambur

Curug Citambur

Kalau kamu suka sekali dengan nuansa air saat liburan tapi enggan pergi ke pantai karena hawanya yang panas, maka salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang bernama Curug Citambur ini pas banget lho jadi tujuan wisata. Hawanya yang sejuk membuat air terjun yang berada di Desa Karang Jaya, Cianjur ini jadi spot wisata favorit banyak wisatawan. Tak hanya turis yang sedang berkunjung ke Cianjur, tapi juga banyak warga lokal yang ingin menikmati kesegaran Curug ini.

Air terjun yang memiliki ketinggian 100 meter ini memang benar-benar menampilkan keindahan yang luar biasa. Coba saja lihat foto di atas. Pasti kamu juga akan tergoda untuk berfoto-foto di sana juga. Asyiknya lagi, saat perjalanan menuju Curug Citambur kamu bisa melewati perkebunan teh Rancabali yang juga menawarkan pemandangan indah.

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Bagi kamu yang menyukai tumbuhan dan tanaman-tanaman cantik, kamu wajib banget mengunjungi Kebun Raya Cibodas. Tempat wisata Cianjur yang berada di Kecamatan Cimacan, Cianjur ini bernar-benar akan memanjakan kamu dengan segudang tanaman yang indah dan menyegarkan. Di sini juga kamu bisa melihat berbagai tema taman yang berbeda, seperti Taman Sakura, Taman Lumut, Taman Paku-pakuan, dan Taman Liana. Ada juga koleksi bunga bangkai yang hanya dapat berbunga sekitar 4 tahun sekali.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Cirebon

Selain koleksi tanamannya, di dalam Kebun Raya Cibodas juga terdapat air terjun Cibogo dan Ciismun. Kamu pasti akan betah deh menghabiskan waktu seharian di sini saking banyaknya tujuan wisata yang bisa kamu kunjungi. Kamu nggak perlu kuatir akan kelaparan atau susah saat akan shalat, karena di Kebun Raya Cibodas sudah lengkap tersedia tempat kuliner, areal bermain anak-anak, mushola, MCK umum, shelter, sampai tempat berkemah seluas 3 hektar. Lengkap sekali bukan?

Pantai Jayanti

Pantai Jayanti

Mungkin kamu sempat merasa heran, kok di Cianjur ada pantai sih? Bukannya Cianjur itu letaknya di pegunungan?

Iya, walaupun berada di daerah pegunungan, tapi di Cianjur memang terdapat pantai yang sangat indah bernama Pantai Jayanti. Ini adalah salah satu tempat wisata di Cianjur yang memiliki pemandangan luar biasa. Hamparan pasirnya yang berwarna kecoklatan muda bisa enambah indahnya pantai tersebut. Kamu juga bisa bermain pasir di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan. Tapi tentu dengan tetap memperhatikan keselamatan diri, ya.

Tuh coba lihat foto di atas, indah sekali bukan? Kamu bisa banget menikmati sunrise dan sunset di Pantai Jayanti sambil mengabadikan dengan foto-foto cantik. Apalagi banyak spot-spot yang instagramable banget. Kamu yang hobi fotografi ataupun hobi difoto, pasti bakalan betah deh berlibur ke pantai Jayanti ini.

Pantai Jayanti terbuka selama 24 jam penuh. Jadi kalau kamu ingin menikmati suasana pantai di malam hari sambil makan seafood, bisa banget. Sudah terbayang deh lezatnya udang atau cumi-cumi bakar yang disantap di pinggir pantai bersama orang-orang tercinta. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau lho, hanya Rp 5.000 – Rp 15.000 saja. Nah, kalau kamu ingin merasakan suasana pantai saat berada di Cianjur, langsung saja kunjungi Pantai Jayanti ya.

Curug Cibeureum

Curug Cibeureum

Objek wisata di Cianjur lainnya yang cocok untuk dijadikan tempat liburan adalah Curug Cibeureum. Ini adalah air terjun yang terdiri dari 3 air terjun yang saling berdekatan, yaitu Curug Cibeureum sebagai curug terbesar, dan Curug Cidendeng serta Curug Cikundul yang berukuran lebih kecil.

Di sekitar Curug Cibeureum, tumbuh lumut merah yang menjadikan dinding tebing terllihat bernuansa kemerahan. Inilah asal muasal nama “Cibeureum”, yang dalam bahasa sunda berarti “Air Merah”. Kalau kamu berkunjung ke sini, jangan lupa siapkan memory handphone yang besar yaa, karena kamu pasti akan tergoda untuk banyak memotret atau memvideokan momen-momen saat kamu berada di sini.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Nah, buat kamu yang suka melihat bunga-bungaan, wajib nih datang ke Taman Bunga Nusantara. Kamu pasti akan kagum melihat ribuan bunga yang ada di sana. Selain karena keindahannya, lokasinya yang mudah dijangkau juga menjadi salah satu alasan kenapa Taman Bunga Nusantara menjadi destinasi favorit saat liburan di Cianjur.

Tuh bagus kan pemandangan di Taman Bunga Nusantara ini? Hamparan bunga-bungaan dan juga tanaman unik bisa kamu temui di sini. Oh iya, sama seperti Kebun Raya Cibodas, di sini juga kamu bisa melihat berbagai wahana dan juga taman yang memiliki tema berbeda, mulai dari Taman Air, Taman Mawar, Taman Perancis, Taman Labirin / Maze Garden (seperti yang ada di Harry Potter itu lho!), Taman Bali, Taman Palem, Taman Jepang, Green House / Rumah Kaca, Menara Pandang, Wahana Alam Imajinasi,Taman Mediterania, Danau Angsa, Taman Amerika, dan masih banyak lagi sudut-sudut menarik yang bisa kamu eksplor di Taman Bunga Nusantara.

Gunung Gede

Gunung Gede

Bagi kamu sang pecinta alam yang hobi banget naik gunung, jangan sampai terlewat dong Gunung Gede yang terkenal itu. Gunung yang terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango ini memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit banyak orang.

Terlihat kan dari gambar di atas, betapa indahnya pemandangan alam di kawasan Gunung Gede? Nah, kalau kamu berminat untuk menjelajahi gunung ini, jangan lupa siapkan baju yang tebal yah, karena dengan ketinggian sekitar 1.000 hingga 3.000 mdpl, pada siang hari saja suhu di Gunung Gede bisa mencapai 18 derajat , apalagi pada malam hari. Kamu harus siap menahan dinginna malam di cuaca 5 derajat celcius.

Salah satu hal asyik yang bakal kamu temukan saat melakukan pendakian adalah, kamu akan bertemu dengan beberapa sumber air, baik yang dingin maupun yang panas. Wah, seperti memiliki kamar mandi pribadi saja yah hahaha. Selain itu, pemandangan saat mendaki gunung Gede pun pasti akan membuat kamu terkagum-kagum. Rasa lelah saat pendakian terbayar sudah setelah melihat pemandangan di sana. Yang pasti, selama mendaki, tetap utamakan keselamatan diri dan berhati-hati ya.

Telaga Biru

Telaga Biru

Ada lagi nih satu tempat wisata di Cianjur yang luar biasa indah. Namanya adalah Telaga biru. Telaga ini lokasinya masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede. Kenapa disebut telaga biru? Karena air di danau ini tertutup oleh ganggang biru, sehingga membuat airnya seolah-olah berwarna biru kehijauan.

Selain danaunya yang indah, suasana di sekitarnya juga menawarkan pemandangan alami yang sangat luar biasa. Ada pepohonan rindang, dan suara kicauan burung-burung. Kalau kamu sudah sampai di tempat ini, jangan lupa berfoto-foto yah. Apalagi kalau kamu memang sedang mencari lokasi foto tempat wisata Cianjur yang alami tetapi memiliki keunikan tersendiri, maka telaga birulah tempat yang paling cocok!

Alun-Alun Suryakencana

Alun-Alun Suryakencana

Kamu tahu bunga edelweiss kan? Bunga ini memang sudah tersohor namanya, bahkan sampai ada lagu khusus yang berjudul edelweiss. Nah, kamu bisa lho melihat hamparan edelweiss di Alun-alun Suryakencana.

Alun-alun Suryakencana masih terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Bila kamu sedang melakukan pendakian di gunung gede, kamu pasti akan melewati alun-alun Suryakencana ini.

Alun-alun Suryakencana memang jadi salah satu tempat wisata di Cianjur yang murah tapi memiliki keindahan luar biasa. Jadi, next time kamu berkunjung ke Cianjur, jangan sampai melewatkan tempat yang memiliki luas area 50 hektar ini ya!

Gunung Padang

Gunung Padang

Saat melihat nama tempatnya, jangan salah, ini bukan gunung yang ada di Padang lho, namanya saja Gunung Padang, tetapi letaknya di Cianjur. Tempat wisata Cianjur yang berada di Desa Karyamukti ini memang asyik untuk berlibur. Apalagi kalau kebetulan kamu menyukai sejarah.

Kenapa bisa begitu? Jadi, Gunung Padang adalah sebuah tempat peninggalan sejarah purbakala yang berupa punden berundak seluas 900 m2. Nah menariknya, di bawah reruntuhan peninggaan zaman megalitikum ini konon masih menyimpan banyak benda-benda purbakala. Hmm…siapa tahu saja kamu berminat untuk mencari tahu kebenarannya kalau mengunjungi Gunung Padang?

Sungai Cikundul

Sungai Cikundul

Kalau kamu sangat menyukai aktivitas yang bisa memacu adrenalin, coba deh berkunjung ke sungai Cikundul, karena di sana ada wahana arung jeram yang seru! Sungai Cikundul memang sudah sangat terkenal dengan wisata arung jeramnya.

Jalur arung jeram yang bisa kamu lewati adalah sepanjang 7 km. Lumayan panjang bukan? Walaupun kamu pemula, tidak usah khawatir karena kamu akan didampingi tim yang profesional dan sudah berpengalaman. Dijamin deh, walaupun kamu akan basah kuyup setelah berarung jeram, tetapi pengalaman ini pasti jadi salah satu pengalaman liburan yang paling tak terlupakan.

Tirta Jangari

Tirta Jangari

Di Cianjur memang ada banyak objek wisata yang bernuansa air, salah satunya adalah Tirta Jangari. Kawasan wisata yang masih termasuk dalam Waduk Cirata ini, sebenarnya masuk ke dalam 3 wilayah lho, yaitu Cianjur, Purwakarta, dan Bandung Barat. Yang jelas, tempat ini memang cocok untuk bersantai dan menikmati suasana, apalagi kalau sambi menikmati kuliner Sunda khas Cianjur. Hmm…terbayang deh makan nasi timbel berikut lalapannya ditambah sambal terasi dan ikan bakar. Duh, jadi lapar ya…

Nah, kalau kamu ingin menikmati wisata air di Tirta Jangari, kamu bisa lho menyewa perahu-perahu yang ada di sana seperti terlihat di gambar di atas. Biaya sewanya pun murah, hanya Rp 30rb saja per orang. Selain berkeliling seputaran danau, kamu juga bisa menikmati makan lezat di rumah makan terapung yang ada di Tirta Jangari. Setelah kenyang menikmati makanan dan suasana air, kamu juga bisa melihat kebun kelinci yang ada di sana. Lucu-lucu deh kelincinya. Pasti kamu akan betah bermain di Tirta Jangari.

Hutan Kota Cianjur

Hutan Kota Cianjur

Kalau kamu hanya punya waktu sebentar saja menjelajahi kota Cianjur dan tak sempat berlibur ke tempat yang jauh, maka ada nih satu tempat wisata yang terletak di tengah kota Cianjur. Meskipun ada di pusat kota, tapi suasananya sangat alami lho. Namanya adalah Hutan Kota Cianjur, atau sering disingkat dengan sebutan Hukoci.

Hukoci ini segarnya luar biasa. Kamu bahkan akan sulit percaya bahwa tempat ini berada di tengah kota, karena suasananya yang begitu asri, alami, dan menyejukkan. Banyak pepohonan rindang sehingga kamu bisa berjalan-jalan santai di sekitar Hutan kota ini. Selain itu, bagi kamu yang doyan bersepeda, kamu juga bisa melakukan hobi tersebut karena ada jalur sepeda gunung di kawasan Hukoci.

Hutan Pinus Wana Wisata Pokland

Hutan Pinus Wana Wisata Pokland

Ada lagi nih satu objek wisata keren di Cianjur yang memadukan suasana alam dengan berbagai wahana menarik, yaitu Hutan Pinus Wana Wisata Pokland. Ini adalah salah satu objek wisata yang ngehits dan kekinian. Banyak anak muda Cianjur yang mengunjungi tempat ini karena banyak spot menarik untuk foto-foto, juga wahana permainan yang seru dan menantang, seperti rumah pohon, museum tani, dan sebagainya.

Pengelolaan Wana wisata Pokland yang memiliki luas 20 hektar ini memang sangat baik, karena fasilitas yang disediakan pun lengkap. Seperti banyak tempat makan, bermain, dan beristirahat. Jadi kamu bisa mengunjungi Wana wisata Pokland seharian tanpa takut kelaparan atau susah beristirahat. Pokoknya ini adalah tempat yang family friendly deh.

Wisata Edukasi Kampung Pandanwangi

Wisata Edukasi Kampung Pandanwangi

Liburan sambil menambah pengetahuan pasti kedengarannya menyenangkan, ya? Nah, kamu bisa lho mendapatkan keduanya kalau mengunjungi Wisata Edukasi Kampung Pandanwangi yang berada di Desa Tegalega Kecamatan Warungkondang Cianjur ini.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Ciamis

Apa saja sih yang bisa didapatkan saat berkunjung ke sini? Banyak. Misalnya saja, kamu bisa belajar tentang budidaya beras unggulan, kemudian melihat tujuh buah leuit atau tempat yang biasa dijadikan penyimpangan gabah. Kemudian ada juga beberapa rumah tradisional dan sebuah pendopo. Selain itu, banyak spot yang menarik untuk dijadikan bahan berfoto-foto. Bahkan, ada wahana skywalk juga lho di sana! Seru kan?

Curug Cikondang

Curug Cikondang

Tahukah kamu kalau ada tempat wisata di Cianjur yang mirip dengan Niagara Falls? Namanya adalah Curug Cikondang. Letaknya tidak jauh dari situs megalitikum Gunung Padang yang tadi sempat kita bahas.

Kamu bisa lihat dari foto di atas, betapa indahnya Curug Cikondang. Curahan air terjun yang deras bisa menjadi latar belakang foto yang bagus. Makanya nggak heran ya kalau banyak yang bilang mirip dengan air terjun Niagara? Selain itu, pemandangan di sekitar curug Cikondang juga tak kalah menariknya. Kamu tak akan bosan-bosannya deh berada di sini sambil menikmati suasana alami yang luar biasa.

Itu tadi 15 tempat wisata di Cianjur yang pasti jadi favorit saat liburan. Pokoknya, pantang deh kamu lewatkan kalau sedang berada di Cianjur. Semoga informasi tadi membantu ya, terutama bagi kamu yang memang senang berpetualang mencari tempat liburan yang unik dan mengesankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *