Tempat Wisata Di Cibinong

9 Tempat Wisata Di Cibinong Bogor yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Cibinong merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bila kamu sedang berkunjung ke Cibinong dan mencari tempat wisata di Cibinong, kamu mungkin tidak akan menemukan tempat wisata seperti di Kawasan puncak. Karena suasananya sudah lebih modern. Namun, tidak perlu khawatir karena beberapa tempat wisata masih sangat recomended sekali untuk kamu kunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Cibinong Bogor

Penasaran dengan tempat wisata di Cibinong? Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

Danau Ecopark LIPI Cibinong

Danau Ecopark LIPI Cibinong

Danau Ecopark LIPI Cibinong merupakan tempat wisata di Jawa Barat yang ada di wilayah LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Danau Ecopark atau biasa disebut danau dora merupakan area alami yang terbilang sangat tenang, terdapat sebuah danau besar juga restoran. Namun sayangnya sejak tahun 2018, danau ini tutup untuk umum.

Biarpun begitu, saat danau Ecopark masih dibuka tempat ini kerap ramai dikunjungi. Ada banyak pedagang juga yang berjualan sehingga kalau kamu ingin berwisata kuliner, bisa dilakukan sembari menikmati suasana alam. Angin sepoi memberikan kesejukan tersendiri saat kamu duduk di pinggiran danau.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Ujung Berung

Kapan danau ini akan dibuka kembali untuk umum? Mudah-mudahan secepatnya ya agar wisatawan yang berkunjung ke Bogor bisa datang dan menikmati suasana danaunya.

Kebun Wisata Pasirmukti

Kebun Wisata Pasirmukti

Tempat wisata yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Kebun Wisata Pasir Mukti. Merupakan wisata Cibinong yang menawarkan konsep edu park, sehingga selain bisa bermain bagi anak-anak ini adalah tempat untuk belajar. Terlihat dari wahana yang ada di Wisata Pasirmukti.

Berbagai aktivitas yang ditawarkan selama berada di Kebun Wisata ini semakin memberikan keseruan saat berlibur. Seperti permainan di kolam lumpur. Kamu bisa bermain perang bantal di atas sebuah bamboo yang sangat licin. Sangat seru sekali untuk dicoba.

Ada juga tempat pemancingan ikan yang nantinya hasil tangkapan ikan tersebut boleh dibawa pulang. Metode penangkapan ikannya pun beragam dari mulai menggunakan alat pancing atau bisa juga dengan menggunakan jaring. Tidak hanya sampai disitu saja, untuk anak-anak aktivitas melukis caping pun akan sangat menyenangkan. Ini biasa dilakukan sebelum wisatawan belajar menanam padi.

Setelah melukis, wisatawan akan diajak untuk belajar menanam padi di sawah yang sebenarnya. Sehingga wisatawan pun akan tau bagaimana sih proses makanan pokok yang kita makan sehari-hari. Menyenangkan sekali kan? Apalagi untuk anak-anak, sehingga cocok sekali bila kamu menjadikan kebun wisata pasir mukti sebagai tempat untuk berwisata keluarga.

Cibinong City Mall

Cibinong City Mall

Tempat wisata di Cibinong Bogor selanjutya masuk dalam wisata yang lebih modern dan dibutuhkan siapa saja, yaitu Cibinong City Mall. Kalau membaca kata mall tentunya kamu sudah tidak asing lagi dan kenal dengan pusat perbelanjaan ini.

Memang sih di setiap kota pasti ada saja mall, namun tidak ada salahnya bila kamu sedikit refreshing atau berwisata belanja di Cibinong City Mall. Sama dengan mall pada umumnya, di sini terdapat beberapa fasilitas yang bisa memanjakanmu. Seperti bioskop, pusat perbelanjaan, hingga restoran.

Bila kamu datang ke Cibinong dalam rangka urusan bisnis, kamu bisa menjadikan CCM sebagai tempat untuk meeting. Jadi, setelah meeting kamu bisa refreshing sejenak. Entah makan atau belanja mungkin.

Kampung Mentari Sentul

Kampung Mentari Sentul

Kampung Mentari Sentul adalah tempat wisata di Citeureup Cibinong yang menawarkan paket wisata keluarga murah. Tak heran bila tempat ini dijadikan andalan tempat wisata oleh masyarakat sekitar saat hari libur sekolah. Lokasinya cukup luas, menarik dan tentunya sangat edukatif apalagi bagi anak-anak.

Ada cukup banyak fasilitas permainan dan aktivitas yang bisa dilakukan saat kamu berada di Kampung Mentari Sentul salah satunya adalah kegiatan bercocok tanam. Ya, ini adalah program agro yang dikemas dengan semenarik mungkin, dengan atraktif dan interaktif. Sehingga wisatawan dapat memahami bagaimana sih sistem konsep pertanian sebenarnya.

Berbagai macam aktivitas di program agro yang bisa dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung diantaranya belajar menanam, melukis celengan, memanen sayuran, belajar bagaimana membuat alternatif biogas, berinteraksi dengan hewan, menangkap ikan di sungai dan banyak lagi.

Bila melihat dari aktivitas yang ditawarkan, tentunya benar-benar akan sangat menyenangkan bila kamu dan keluarga berlibur kesini. Suasana alamnya pun bisa kamu nikmati. Kampung Mentari Sentul hingga saat ini sudah dikelola dengan sangat baik, sehingga tidak usah ragu lagi untuk berkunjung ke sini.

Bagi kamu yang membawa kendaraan sendiri pun tidak perlu khawatir untuk takut tersesat. Sebab dengan bantuan teknologi google maps, kamu sudah dapat menemukan Kampung Mentari Sentul dengan cepat. Kamu tidak perlu takut tersesat sebab sudah diarahkan langsung oleh google maps.

Eco Art Sentul City

Eco Art Sentul City

Eco Art Park merupakan taman rekreasi yang dibuka untuk umum dan gratis. Bahkan dibuka setiap hari, sehingga kamu bisa datang kapan saja. Luas tanah taman ini kurang lebih 500 meter persegi, tidak terlalu besar namun dengan adanya Eco Art ini ternyata bisa memberikan suasana berbeda untuk Kawasan Cibinong dan Sentul. Apalagi lokasi tamannya berada tepat di pinggir aliran sungai Cikeas.

Alam sekitar taman pun terbilang masih cukup sejuk, ditambah dengan adanya spot-spot foto yang sangat unik. Bisa membuat siapapun tidak sabar untuk sekedar berswa foto.

Saat memasuki Kawasan Eco Art Park, pengunjung juga akan disambut dengan pemandangan berbagai macam patung. Ada patung yang menyerupai robot transformer dimana bahan untuk pembuatannya merupakan daur ulang dari mobil bekas. Namun biarpun demikian pihak pengelola eco art mampu menyulap sampah mobil menjadi serupa dengan robot yang ada di film.

Patungnya berwarna hitam dengan tinggi yang menjulang kurang lebih 6 meter. Patung ini menjadi salah satu spot foto yang difavoritkan para pengunjung untuk berswafoto. Selain transformer, kamu juga dapat melihat patung lain yang berbentuk manusia gemuk dan kepalanya botak. Ada yang berdiri tegak seperti pesumo yang sedang bersiap untuk bertanding dengan lawan

Ada pula patung manusia gemuk yang terlihat seperti sedang memberikan makanan pada seekor kuda. Ini merupakan salah satu penggambaran dimana manusia harus saling menyayangi dengan binatang.

Disisi lain kamu akan menemukan jembatan yang mempunyai atap sehingga terbilang cukup teduh. Lantainya juga terbuat dari kayu, kesan artistiknya benar-benar terpancar. Sementara pada bagian kanan dan kiri jembatannya adalah besi pelindung untuk para pengunjung. Berjaga-jaga agar tidak terjatuh.

Pemandangan yang ada di bawah jembatan pun sangat indah sehingga cocok dilihat dari atas jembatan. Ada pemandangan hamparan pohon hijau yang seolah menarik karena tiupan angin.

Nah, setelah berkunjung ke Eco Art, kamu bisa menyempatkan diri untuk berwisata kuliner ke Pasar Ah Poong. Lokasinya tidak jauh dengan tempat wisata ini, tepatnya ada di Desa Cipambuan. Kamu dapat bertanya pada orang sekitar atau secara mandiri menggunakan google maps.

Situ Cilodong

Situ Cilodong

Situ Cilodong merupakan tempat wisata di Cibinong selanjutnya yang bisa kamu kunjungi dan masuknya pun gratis. Awalnya tempat ini tidak dijadikan Kawasan wisata, hanya sekedar situ saja. Namun masyarakat sekitar terkadang menjadikan situ Cilodong sebagai tempat wisata keluarga. Biarpun sederhana namun tetap menyenangkan.

Pengelolaan tempatnya pun terbilang cukup sederhana. Sehingga sangat besar harapannya kalau pemerintah dapat memfokuskan pengelolaan pada Kawasan wisata tersebut.

Di Situ Cilodong, selain dapat melihat pemandangan air dan alam sekitarnya, kamu dapat menyewa perahu goes. Salah satu wahana air yang bisa dinaiki siapa saja, maksimal 2 penumpang per perahunya. Harga sewanya pun cukup murah. Bagi orang tua yang membawa anaknya, tentu wahana sederhana ini bisa menjadi hiburan tersendiri untuk anak.

Saat berkunjung ke Situ Cilodong dan membawa anak, sebaiknya kamu berhati-hati ya. Karena untuk anak kecil kedalaman situnya cukup tinggi. Sangat dianjurkan untuk terus selalu diawasi. Apalagi bila ingin naik wahana air perahu goes. Jangan membiarkannya bermain sendiri, kamu harus selalu mendampingi.

Kamu juga harus menjaga kebersihan lingkungan akan semakin terjaga ya. Jangan pernah membuang sampah sembarangan di tempat umum.

Gumati Water Park

Gumati Water Park

Mumpung sedang berada di Cibinong, mending kamu rehat sejenak di Gumati Water Park. Sangat disarankan bila kamu datang ke tempat wisata di Cibinong ini bersama keluarga. Sebab beberapa wahana permainannya memang sangat cocok untuk hiburan anak. Seperti kolam arus, kolam voli, dan banyak lagi. Udaranya pun cukup sejuk sebab masih berada di Kawasan Bogor.

Letak Gumati Water Park sendiri tidak jauh dari Gerbang Tol Sentul. Sehingga sudah pasti kalau area tempat wisata ini cukup mudah untuk dijangkau, apalagi dengan kendaraan roda empat.

Selain bermain wahana permainan di Gumati Water Park, kamu dan keluarga bisa menikmati pemandangan alam pedesaan di Kota Bogor. Bila merasa lapar, beberapa restoran bisa kamu temukan di sekitar tempat wisata. Bahkan kalau menginap pun, kamu bisa menemukan banyak penginapan yang dekat dengan Gumati Water Park.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke sini? Yuk langsung saja rencanakan waktu liburanmu bersama keluarga ke Gumati Water Park! Sebaiknya kamu menghubungi dulu pihak pengelola tempat wisata ya, apakah Gumati Water Park sudah dibuka kembali atau belum. Sebab saat masa pandemi seperti ini beberapa tempat wisata di Bogor harus ditutup, ini tentunya mengecewakan namun harus dilakukan agar menghindari penyebaran virus corona/.

Curug Cibaliung

Curug Cibaliung

Tempat wisata yang bernuansa alam di Kawasan Cibinong Bogor memang tidak pernah mengecewakan. Dari sekian banyak tempat, salah satu yang bisa kamu kunjungi adalah Curug Cibaliung. Merupakan curug terdalam yang ada di Kota Bogor. Airnya jernih, udaranya pun sejuk. Sangat cocok sekali bagi kamu yang ingin merilekskan pikiran.

Untuk bisa masuk ke Curug Cibaliung, kamu akan dikenakan biaya 20 ribu rupiah. 15 ribu untuk biaya masuk dan 5 ribu untuk parkir kendaraan, bila kamu memang membawa kendaraan pribadi. Bila kamu ingin menggunakan fasilitas toilet, kamu akan dikenakan biaya juga yaitu 2.500 rupiah per orang. Di sekitar curug juga terdapat beberapa warung makan, sehingga kalau kamu merasa lapar bisa melipir sejenak untuk sekedar mengisi perut.

Beberapa spot foto bernuansa alam pun bisa sangat memanjakan kamu. Apalagi bila kamu ingin mendapatkan spot yang instagramable.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari

Mekarsari merupakan taman buah yang memiliki luas sampai dengan 264 hektar. Menjadi salah satu destinasi yang pas untuk mengisi akhir pekan atau waktu libur bersama keluarga. Luasnya mencapai 264 hektar.

Ada berbagai macam aktifitas yang bisa kamu lakukan di Taman Buah Mekarsari. Khususnya yang berkaitan dengan buah. Berbagai macam buah ditanam di Mekarsari sehingga waktu panennya pun berbeda-beda. Ada buah melon, jambu bol, jeruk pamelo, belimbing, salak dan banyak lagi. Lebih baik kamu ikut akun Instagram Mekar Sari untuk tahu kapan jadwal masa panen dari masing-masing buahnya.

Bila kamu ingin puas berkeliling di Kawasan Mekar Sari maka sangat dianjurkan agar kamu datang sepagi mungkin. Buka pada pukul 8 pagi dan tutup pada pukul 4 sore. Semakin awal kamu datang tentu semakin puas kamu berkeliling.

Kamu akan mengelilingi Mekar Sari dengan berjalan kaki. Cuacanya mungkin terbilang cukup terik, dianjurkan untuk menggunakan topi, payung atau kacamata hitam agar terlindung dari cahaya matahari.

Sebenarnya saat masa pandemi, Mekarsari tidak dibuka untuk sementara waktu. Walaupun sudah dibuka kembali tentu wisatawan yang akan berkunjung harus mematuhi protocol kesehatan yang ada. Jangan lupa menggunakan masker dan membawa hand sanitizer. Hindari kerumunan untuk menjaga jarak aman ya!

Tips Berwisata di Cibinong Bogor

Sudah merencanakan untuk berwisata ke Bogor? Sebaiknya simak beberapa tips wisata ke Cibinong Bogor berikut ini:

Memilih Tempat Wisata yang Akan Dikunjungi

Agar tidak bingung saat akan berwisata, sebaiknya kamu memilih tempat wisata yang akan dikunjungi lebih dulu. Beberapa tempat yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi pilihanmu. Rata-rata memang bernuansa alam dan memiliki udara yang cukup segar. Cocok untuk merilekskan pikiran dan berlibur Bersama keluarga.

Membuat Perencanaan Biaya

Sudah menentukan tempat wisata mana yang akan kamu kunjungi? Nah, selanjutnya adalah melakukan perencanaan biaya. Ini sangat penting loh agar kamu bisa membawa biaya yang cukup dan tidak kekurangan. Apalagi bila kamu berencana untuk berwisata selama berhari-hari. Kamu harus siapkan biaya untuk bensin, biaya masuk tempat wisata, biaya penginapan, biaya makan, dan banyak lagi.

Usahakan kamu sudah memiliki perhitungan biaya secara kasar ya. Mencatat sesuai kebutuhan.

Membawa Perlengkapan dan Peralatan yang Dibutuhkan

Tips terakhir adalah membawa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan selama kamu berlibur. Ini sangat penting loh, apalagi bila kamu berlibur ke alam dan ingin camping. Artinya kamu pun harus menyiapkan barang yang akan kamu gunakan nantinya. Seperti tenda, sepatu, jas hujan, payung, pakaian ganti, matras, sleeping bag, dan perlengkapan lain.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Puncak

Atau kalau kamu mau menyewa saat tiba di tempat wisata pun bisa. Namun kamu harus memastikannya dulu, apakah pengelola tempat menyewakan barang yang kamu butuhkan atau tidak.

Oke traveller, itulah 9 tempat wisata d Cibinong yang wajib kamu kunjungi Bersama keluarga atau teman. Sudah disampaikan juga beberapa tips wisata saat kamu berkunjung ke Cibinong Bogor. Intinya sih kamu harus selalu merencanakan perjalanan wisatamu, baik ke Kota Bogor atau kota lainnya. Dengan begitu, kamu bisa berwisata dengan tenang dan senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *