Tempat Wisata di Cilegon

18 Tempat Wisata di Cilegon Destinasi Keren Instagramable

Posted on

Tempat wisata di Cilegon dihadirkan dengan banyak opsi berdasarkan jenis-jenisnya. Mulai dari wisata alam hingga wisata buatan, semuanya pasti ada. Mayoritas terletak dekat dengan pusat kota sehingga wisatawan yang sudah sampai di Cilegon, bisa mengakses dengan lebih mudah.

Daftar Tempat Wisata di Cilegon

Berliburan seperti apa yang Anda inginkan selama di Cilegon? Anda bisa mampir ke Pantai Anyer Cilegon, Pantai Kelapa Tujuh, Gunung Batur, Krakatau Country Club, Water Park, Masjid Agung Nurul Ikhlas, dan masih banyak lagi. Semua pilihannya ada dalam daftar berikut.

Pantai Anyer Cilegon

Pantai Anyer Cilegon

Bisa dikatakan Pantai Anyer Cilegon adalah pantai paling cantik dalam daftar tempat wisata di Cilegon kali ini. pantainya memiliki pasir berwarna putih kecoklatan yang masih sangat alami warnanya.

Jangan kaget juga jika Anda menjumpai banyak orang saat berlibur di sana nanti. Sebab Pantai anyer Cilegon adalah salah satu objek wisata paling populer di Banten dan menjadi tempat nongkrong di Cilegon dengan nuansa tropis.

Aktivitas pantai apa saja bisa dilakukan di sana, mulai dari bermain air, berenang, olahraga di atas pasir pantai, hingga sekedar menikmati pemandangan pantai saja.

Pantai Kelapa Tujuh

Pantai Kelapa Tujuh

Pantai Kelapa Tujuh berada di Kecamatan Pulomerak, tepatnya di Desa Suralaya. Di sana, tentu Anda bisa berlibur sebagai liburan ke pantai pada umumnya. Pemandangan pantai yang dihias dengan pohon kelapa akan menyambut siapa saja yang mengunjunginya. Pantai ini bisa dinikmati oleh mereka yang cari pemandangan pantai dengan nuansa tenang sebab memang Pantai Kelapa Tujuh ini memiliki ombak yang tidak besar.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Serang

Anda akan menjumpai pemandangan banyaknya kapal-kapal besar yang lewat karena pantai ini cukup dekat dengan Pelabuhan Merak. Memilih Pantai Kelapa Tujuh untuk melepaskan rindu pada pantai adalah pilihan yang tepat. Aksesnya mudah dan tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Pantai Pulorida

Pantai Pulorida

Pantai Pulorida berada di Jalan Raya Pelabuhan, Desa Merak, Kecamatan Tamansari, Cilegon. Pantai Pulorida tidak selalu dibuka untuk umum, karena sebenarnya pantai ini sudah menjadi milik sebuah perusahaan. Namun jika Anda sudah sampai sana dna ternyata bukan, maka beruntunglah Anda.

Meskipun tidak selalu buka, atau tidak buka selama 24 jam penuh, tetap ada alasan mengapa Pantai Pulorida ini masuk dalam daftar tempat wisata di Banten ini. di sana fasilitasnya sudah lengkap dan menjadi salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi.

Jika benar Anda mengunjungi pantai ini dan ternyata saat buka, maka pastilah saat itu sedang ramai pengunjung. Namun jika saat sampai sana ternyata tutup, tenang saja karena Anda bisa menjajal dua pantai sebelumnya. Cukup tiga pantai di Cilegon ini saja yang jadi opsinya jika Anda ingin berlibur ke pantai.

Pulau Merak Kecil

Pulau Merak Kecil

Pulau Merak Kecil berada cukup dekat dengan Pulau Merak Besar. Selain berbeda dari segi ukuran, keduanya juga berbeda soal fungsi utama. Pulau Merak Besar ada sebagai destinasi wisata atau tempat wisata di Merak. Sedangkan Pulau Merak Kecil sebenarnya berfungsi untuk menghalau ombak sebelum sampai ke Pelabuhan Merak.

Meskipun sebagai pengahalu atau pelindung, namun tetap saja Pulau Merak Kecil ini bisa disebut sebagai salah satu tempat wisata di Merak. Apa yang membuatnya sebagai tempat wisata adalah pengunjungnya bisa menikmati koral dan seluruh biota laut indah yang ada di sana. Termasuk juga Anda, dari Pelabuhan Merak Anda hanya perlu menyebrang dengan perahu di mana harga jasanya hanya sekitar 10 sampai 15 ribu rupiah saja per orang. nonton sunset di pulau ini juga bisa, malahan disarankan.

Pulau Merak Besar

Pulau Merak Besar

Pulau Merak Besar adalah pulau dengan luas kurang lebih 40 hektar. Tempat wisata di Merak ini biasa dipilih oleh mereka yang ingin staycation atau memaksimalkan agenda liburan dengan bermalam. Sebab di sana memang telah banyak dibangun resort yang cantik-cantik dengan rentang harga yang lebar. Dengan demikian, memilih resort bisa disesuaikan dengan budget yang ada.

Apa yang bisa dinikmati di Pulau Merak Besar adalah pantai dengan hamparan pasir putih. Airnya jelas jernih, mungkin membuat Anda yang tidak berencana berlama-lama di sana menjadi betah berada di sana.

Jika Anda ingin mengunjungi pulau ini maka datangi saja Desa Tamansari yang berada di Kecamatan Pulomerak. Kemudian lakukan penyeberangan dari Pulau Jawa ke Pulau Merak Besar ini dengan biaya sekitar 20 ribu rupiah saja per orang.

Cilegon Park

Cilegon Park

Cilegon Park berada di Jalan Lingkar Selatan KM 4, Kalitimang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Provinsi Banten. Karena berada di Jalan Lingkar Selatan, wisata di Cilegon ini banyak dipilih pengunjung Banten yang tak punya banyak waktu lebih atau oleh mereka yang sedang lewat Cilegon dan ingin singgah sebentar di Cilegon.

Aksesnya akan mudah bagi orang-orang yang melewati Cilegon untuk ke Cilegon atau sekedar lewat saja. Lalu aktivitas apakah yang bisa dilakukan di tempat wisata Banten ini?

Banyak hal, bagi warga lokal Cilegon, Cilegon Park bisa diandalkan untuk lokasi hangout atau sekedar nongkrong, terutama untuk para anak muda. Sekali lagi, karena Cilegon Park biasa dijadikan tempat singgah bagi wisatawan dari luar Cilegon atau karena lewat Cilegon saja, di Cilegon Park bisa dilakukan aktivitas lain seperti beristirahat melepas penat dengan pemandangan metropolis yang ada. Juga bisa akan siang atau makan malam karena ada restoran atau rumah makan. Sebagaimana mall, ada fasilitas untuk beli kebutuhan, kafe, gym, dan masih banyak lagi.

Krakatau Bike Park

Krakatau Bike Park

Ada yang berpendapat bahwa liburan ke Cilegon akan kurang jika belum membawa atau menyewa sepeda untuk dicoba di suatu tempat. Adapun tempat yang dimaksud ini adalah tempat wisata Cilegon yang bernama Krakatau Bike Park.

Seperti namanya, wisata Cilegon yang berada di Jalan Kabel Nomor 20, Kotabumi, Purwakarta, Cilegon ini memang diperuntukkan pesepeda saja.

Di jalanan sepanjang beberapa kilometer dengan tepian rerumputan dan pepohonan ini tak ada alat transportasi lain selain sepeda. Karenanya, jika memang Anda dari luar Cilegon dan menginginkan liburan yang menyehatkan, maka pilih saja Krakatau Bike Park. Lagipula, tempat wisata di Banten ini tidak cukup jauh dari pusat kota.

Jalannya tentu sudah beraspal, Anda bisa membawa sepeda sendiri dari rumah untuk dinaikkan ke mobil atau menyewa sepeda di sekitar sana. Pastikan Anda mengajak orang tersayang bersepeda di sana supaya semakin seru saja.

Batu Gambir

Batu Gambir

Batu Gambir adalah tempat wisata di Cilegon yang berupa kawasan bukit. Karena berupa bukit, visual siapa saja yang datang akan dimanjakan dengan banyaknya kehijauan alami yang ada.

Anda akan diberi kesempatan untuk melakukan perjalanan kaki sekian ratus meter untuk sampai di poin utama objek wisata. Poin utamanya adalah sebuah batu megah yang berdiri kokoh dan juga dikelilingi dengan pepohonan dan tumbuh-tumbuhan di sekitarnya. Batu Gambir ini berada di Desa Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Cilegon, Banten.

Tambahan, Batu Gambir juga menjadi pilihan wisata yang oke untuk Anda yang mencari wisata dengan udara segar tanpa harus mengunjungi pegunungan, dataran tinggi, atau kawasan hutan.

Cagar Alam Gunung Tukung Gede

Cagar Alam Gunung Tukung Gede

Ada wisata Cilegon lainnya yang pas untuk Anda yang mencari udara sejuk sambil bersantai menikmati pemandangan alam. Adapun wisata tersebut adalah Cagar Alam Gunung Tukung Gede. Malahan, dibanding wisata-wisata alam sebelumnya, Cagar Alam Gunung Tukung Gede menjadi yang paling direkomendasikan karena nuansa alamnya yang masih sangat kental.

Pasti tak kecewa datang ke tempat wisata di Cilegon ini. Jika Anda tertarik untuk mencobanya maka datang saja ke Jalan Raya Mancak, Kecamatan Kadu Agung.

Bukit Teletubies

Bukit Teletubies

Cagar Alam Gunung Tukung Gede boleh jadi sebuah opsi, namun ada opsi lainnya untuk dikunjungi ketika Anda mencari wisata dengan udara yang menyegarkan. Adapun wisata yang dimaksud ini adalah Bukit Teletubies, alamatnya berada di Pringori, Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Cilegon.

Di Bukit Teletubies apa yang bisa dinikmati adalah pemandangan perbukitan dengan warna hijau terang. Meskipun ada sebagai wisata alam berupa bukit yang terhampar luas, rerumputan yang ada di sana selalu tertata rapi sehingga membuatnya tampak seperti bukit di kartun Teletubbies yang sebenarnya. Anda bisa pergi kesana dengan para sahabat juga bisa dengan anak-anak.

Kolam Renang Metro

Kolam Renang Metro

Jika yang dicari adalah tempat rekreasi, terutama rekreasi air, maka datang saja ke Kolam Renang Metro. Judul tempat wisata di Cilegon ini memang ‘kolam renang’, namun lebih mirip ke waterpark saat Anda sampai di sana nanti.

Sebagai waterpark, tentu Anda bisa mengajak keluarga atau sahabat untuk datang kesana. Wahana airnya cukup lengkap, mulai dari yang sederhana hingga yang cukup menantang semuanya bisa Anda temukan. Ada cukup banyak lifeguard yang telah disediakan sehingga Anda bisa lebih merasa nyaman dan aman ketika kesan bersama keluarga atau anak kecil. Kolam Renang Metro berada di Jalan Raya Bojonegara, Pangurawi, Masigit, Kecamatan Jombang, Cilegon.

Cafe Oregano

Cafe Oregano

Ada yang membuat Cafe Oregano layak dimasukkan dalam daftar tempat wisata di Cilegon kali ini. Tempat nongkrong di Cilegon ini tak hanya menawarkan menu makanan dan minuman yang rasanya tidak kalah saing saja. Di sana semua pengunjung bisa melihat langsung banyaknya jenis tumbuh-tumbuhan yang ditanam.

Memang sebagai daya tarik, namun tujuannya pasti bagus karena siapa saja bisa mendapatkan udara lebih segar meskipun berada di tengah kota. Adapun amata dari cafe yang satu ini adalah berada di Jalan Bhayangkara Nomor 17, Desa Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Cilegon, Banten.

Alun Alun Cilegon

Alun Alun Cilegon

Untuk Anda yang mencari wisata Cilegon malam, maka coba saja mengunjungi Alun Alun Cilegon. Meskipun berwujud alun-alun kota yang biasa ada di setiap kota hampir di seluruh Indonesia, ada yang membuat alun-alun ini direkomendasikan untuk Anda.

Pemandangan malam di Cilegon akan indah jika Anda menikmatinya dari Alun Alun Cilegon ini. Selain itu, wisata di Cilegon ini juga menyajikan pilihan aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Misalnya saja sebagai tempat nongkrong di Cilegon, tempat kuliner malam, atau sekedar jalan-jalan malam untuk menghabiskan waktu.

Gunung Batur

Gunung Batur

Gunung Batur tidak hanya bisa dinikmati oleh para pendaki saja yang memang sudah mengagendakan pendakian di sana. Anda yang sekedar ingin berlibur menikmati suasana alam atau mendapatkan udara yang lebih besar dari tempat tinggal Anda pun juga disarankan mampir ke gunung ini.

Gunung Batur berada di Desa Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. Jika anda kesana nanti, apa yang bisa dinikmati tak hanya pemandangan gunung saja. dari ketinggian yang sedang saja Anda sudah bisa menikmati pemandangan teh. Anda juga bisa menikmati banyaknya flora dan fauna yang sudah alami langsung dari sana.

Rawa Arum Cilegon

Rawa Arum Cilegon

Jika Gunung Batur terlalu kering di mata Anda sehingga membuatnya kurang oke. Anda juga bisa mengunjungi Rawa Arum Cilegon untuk dinikmati. Di sana tentu yang jadi pemandangan adalah rawa-rawa yang masih asri. Ada jembatan sederhana kecil dari kayu yang akan membuat Anda bisa berada lebih dekat dengan tengah rawa.

Menikmati senja di Rawa Arum Cilegon juga menjadi pilihan yang oke. Di sana akan ada area di mana para wisatawan maupun warga lokal yang datang kesana. Rawa Arum berada di Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Cilegon. Ajak pasangan atau para sahabat untuk menikmati pemandangan ini.

Masjid Agung Nurul Ihklas

Masjid Agung Nurul Ihklas

Masjid Agung Nurul Ikhlas adalah wisata yang mengedepankan arsitektur untuk pengunjungnya. Arsitekturnya cantik dan menawan, sangat unik sehingga rasanya akan kurang bila datang ke Cilegon namun belum mampir ke wisata ini. sifatnya instagramable sehingga Anda dan siapa saja yang datang bisa berfoto-foto. Mungkin saat sampai di sana nanti Anda merasa pernah melihatnya di televisi atau di internet sebab, memang masjid ini sangat ikonik karena bentuknya.

Karena dibangun sebagai tempat beribadah umat Islam, maka wisatawan diharapkan untuk menjaga etika dan kesopanan. Tempat wisata di Cilegon ini juga bisa dikunjungi saat waktu beribadah, terutama untuk umat Muslim.

Krakatau Country Club

Krakatau Country Club

Ada Krakatau Bike Park, juga ada Krakatau Country Club, Anda juga bisa mampir ke Krakatau Country Club kalau mencari waterpark di Cilegon. Wisata Cilegon ini wajib dikunjungi untuk Anda yang datang ke Cilegon dengan anak-anak atau keluarga. Wahananya cukup atraktif dan bisa dicoba semua umur.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Rangkasbitung

Selain kolam renang, di Krakatau Country Club ada juga fasilitas lain seperti sauna, golf, spa, jogging, dan lainnya.

Taman Coca Cola

Taman Coca Cola

Taman Coca Cola berada di Jalan Jendral Sudirman, Desa Ramanuju, Kecamatan Purwakarta, Cilegon. Menjadi salah satu tempat nongkrong di Cilegon, wisata ini ramai dikunjungi anak muda. Memang wajar, karena di sana telah diberikan area untuk bersantai sambil menikmati sajian yang ditawarkan. Ada sajian ringan untuk sekedar menikmati obrolan dan juga ada sajian makan berat untuk waktu makan siang atau makan malam.

Tempatnya sejuk dan cukup luas, juga dipenuhi dengan pepohonan, Anda pasti bisa mendapatkan waku santai sempurna di sana.

Tahu apa saja tempat wisata di Cilegon yang ada bisa memberikan Anda inspirasi berlibur. Liburan jelas akan lebih tertata jika tahu mana saja yang akan dituju. Termasuk untuk agenda liburan ke Cilegon, Banten kali ini, setelah tahu mana saja yang bisa dituju, mau bersama siapa saja kesananya, semuanya lebih teragenda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *