Tempat Wisata di Cileungsi

10 Tempat Wisata di Cileungsi yang Viral di Sosmed

Posted on

Kalau berbicara mengenai tempat wisata Jawa Barat, tidak akan ada habisnya. Di tiap daerah, selalu saja ada tempat yang harus kamu kunjungi. Termasuk, bila kamu sedang berkunjung ke Cileungsi yang masih berada di Kawasan Bogor. Ada cukup banyak tempat wisata di Cileungsi yang bisa menjadi pilihanmu saat berlibur ke Bogor. Bahkan beberapa diantaranya termasuk dalam wisata viral dan terbesar se-Indonesia.

Daftar Tempat Wisata di Cileungsi

Penasaran dengan wisata di Cileungsi yang bisa dikunjungi? Berikut 10 diantaranya. Simak yuk!

Taman Buah Mekar Sari

Taman Buah Mekar Sari

Tahukah kamu kalau wisata Cileungsi yang pertama ini, termasuk dalam taman buah terbesar se-Indonesia? Tidak heran bila wisatawan yang berkunjung nya pun dari berbagai daerah. Bahkan hampir tiap hari, Taman Buah Mekar Sari selalu dipadati pengunjung. Kalau di musim Pandemi seperti ini sih kemungkinan pengunjung akan dibatasi dan protocol kesehatan pun harus dijalankan.

Di Taman Buah Mekarsari, sudah jelas kamu akan menemukan taman buah yang besar. Ada berbagai macam buah yang ditanam. Saat panen, kamu bisa coba memetik hasil panennya dan mencicipi rasanya. Kalau ingin membawa pulang juga bisa sekali!

Baca Juga: Tempat Wisata Di Subang

Taman buah ini cocok sekali dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Apalagi membawa anak-anak ke sini, mereka bisa belajar mengenal berbagai macam buah-buahan. Mereka juga dapat belajar mandiri dengan memetik buah sendiri. Aktivitas belajar yang dikemas dengan menyenangkan tentu tidak akan membuat anak bosan.

Kurang lebih terdapat 1000 jenis buah yang ditanam. Banyak sekali kan? Ada juga laboratorium khusus untuk meneliti buah. Kalau kamu ingin berkunjung ke laboratorium tersebut, tentu bisa.

Nah, karena nantinya kamu akan berkeliling Kawasan taman dengan jalan kaki dan cuaca juga terbilang cukup terik maka sebaiknya kamu menggunakan topi atau kacamata hitam. Gunakan juga sepatu yang nyaman. Kalau dibutuhkan, kamu bisa membawa air minum dan makan secukupnya.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Taman Buah terbesar di Indonesia? Yuk langsung rencanakan saja agenda kunjungan mu! Sebaiknya datang lebih pagi ya agar kamu merasa puas berkeliling.

Curug Parigi

Curug Parigi

Wisata di Cileungsi selanjutnya adalah Curug Parigi. Tempat wisata bertemakan alam yang menyuguhkan pemandangan asri, udara sejuk dan air curug yang menyegarkan. Bagi kamu yang ingin sekedar merilekskan pikiran sejenak, kamu bisa coba mengunjungi Curug Parigi atau kalau orang sekitar biasa menyebutnya sebagai Niagara Versi Mini.

Tempat wisata Curug Parigi semakin terkenal dan viral berkat bantuan sosial media. Karena bentuk air terjunnya yang unik, sehingga membuat wisatawan tertarik untuk mengambil gambar yang instagramable lalu menguploadnya ke sosmed. Semakin banyak yang membagikan gambar maka semakin terkenal pula Curug Parigi.

Di samping itu, untuk segi akses jalan masih cukup sulit. Namun biarpun begitu Parigi tetap saja ramai dikunjungi wisatawan.

Bumi Perkemahan Cibubur

Bumi Perkemahan Cibubur

Bumi Perkemahan Cibubur merupakan tempat wisata sekitar Cileungsi dan termasuk Kawasan kemah yang berlokasi di Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur. Tak jauh juga dari Cileungsi. Perkemahan ini mempunya luas lahan hingga 210 hektar. Beberapa kali kerap dijadikan sebagai tempat pelaksanaan Jambore Nasional, ini sudah dilakukan sejak tahun 1973.

Sebelumnya, Bumi Perkemahan Cibubur ini adalah Kawasan hutan karet. Lalu pihak pengelola tempat wisata bekerja sama dengan TNI AU dan TNI AD untuk mengelolanya dan menjadikan sebagai Bumi Perkemahan untuk umum. Buperta bisa diakses dengan mudah, bila dari Terminal Kampung Rambutan, kamu bia naik angkutan umum jurusan Kranggan atau bisa juga naik angkutan umum jurusan Mekarsari Jonggol.

Apa saja sih aktivitas yang bisa dilakukan di Bumi Perkemahan Cibubur? Selain camping atau mendirikan tenda dan bermalam, kamu bisa menggelar acara outbound. Biasanya tiap weekend juga Kawasan ini bisa dijadikan sebagai tempat berolahraga sepeda atau sekedar lari pagi.

Kamu tertarik untuk berkunjung ke Bumi Perkemahan Cibubur? Sebelum masuk, kamu bisa siapkan biaya sebesar 3.000 ribu rupiah untuk anak pramuka, 4.000 rupiah untuk pelajar, 6.000 rupiah untuk umum. Sementara untuk biaya parkirnya, 8.000 rupiah untuk mobil, 15.000 untuk bus atau truk dan 5.000 untuk motor. Bila kamu tidak membawa perlengkapan berkemah, kamu bisa menyewanya saat berada di Bumi Perkemahan. MUlai dari plastic, kayu bakar, lampu, tenda, semuanya bisa kamu sewa di sini. Untuk sewa tenda, pengunjung harus membayar sekitar 50.000 sampai dengan 300.000 rupiah per malam.

Cibubur Garden Diary

Cibubur Garden Diary

Sedang mencari wisata edukasi yang cocok untuk keluarga? Bila kamu berkunjung ke Cileungsi, kamu bisa coba berkunjung ke Cibubur Garden Diary atau biasa disebut Cibugary. Dimana tempat ini adalah peternakan sapi perah dan kambing. Begitu masuk, kita akan disambut dengan tempat wisata yang bernuansa perkebunan.

Di sini, anak-anak bisa bermain sekaligus belajar dan berinteraksi dengan binatang. Bahkan wisatawan bisa turun langsung untuk ikut memandikan sapi, memerah sapi serta memberi makan sapi atau kambing. Akan sangat menyenangkan sekali tentunya!

Sekilas mengenai sejarah Cibubur Garden Diary. Tempat ini adalah agrowisata miliki perorangan yakni Bapak Rahmat. Sudah berdiri sejak tahun 1980 hingga sekarang.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata di Cileunyi ini, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk kurang lebih 25 ribu sampai dengan 45 ribu. Kamu sangat dianjurkan pergi secara berkelompok sebab minimal jumlah orang yang boleh masuk adalah 20 orang. Cibubur Garden Diary sendiri sudah dibuka dari pukul 9 pagi sampai dengan 6 sore. Namun usahakan agar kamu bisa datang sebelum pukul 12 siang, dimana saat jam tersebut proses pemerahan susu dilakukan.

 Museum Perangko

Museum Perangko

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki sejarah sangat bermakna. Jejak sejarah tersebut terekam melalui sebuah cerita dan barang peninggalan. Agar bisa mengabadikan setiap momen sejarah, dibuatlah museum. Termasuk salah satunya museum prangko.

Sebuah museum yang berdiri karena dasar pemikiran dari Alm Ibu Tien Soeharto. Beliau berpikir bahwa prangko merupakan saksi sebuah sejarah bangsa Indonesia. Kemudian karena ia sempat berkunjung ke pameran perangko yang diadakan oleh PT POS Indonesia, ia mulai membangun Museum Perangko.

Di bangun di atas lahan seluas 9.590 meter persegi dan diresmikan oleh Bapak Presiden Soeharto. Bentuk bangunannya mirip seperti bangunan Bali. Di sini terdapat berbagai macam perangko yang khusus berasal dari Indonesia serta luar negeri. Sekitar kompleks banguan dihiasi oleh ornament dengan gaya Jawa dan Bali.

Sementara itu, saat mulai memasuki pintu museum, wisatawan akan disambut dengan sebuah patung Hanoman atau Dhuta Dharma. Di atas patung Hanoman sendiri terdapat sebuah logo kantor pos dan sebelah kanannya ada bus surat yang sudah sangat kuno namun bersejarah.

Kamu bisa berkunjung ke sini bersama keluarga atau teman. Sembari mengenal perangko-perangko yang sudah pernah digunakan untuk surat menyurat sejak zaman dahulu.

Museum Komodo

Museum Komodo

Tempat wisata sekitar Cileungsi selanjutnya masih berkaitan dengan museum. Tempat ini sudah lama berdiri, sejak tahun 1978. Selain memamerkan Komodo, di sini juga terdapat banyak binatang lainnya. Ada juga sebuah ruangan yang menyerupai bentuk Komodo.

Bila kamu sedang berlibur ke Jakarta atau Cileungsi sebaiknya sih jangan lewatkan untuk berkunjung ke sini. Apalagi lokasinya yang berada di Jalan Taman Mini Indonesia Indah, sangat strategi dan masih ada tempat wisata sekitar lainnya yang bisa kamu kunjungi.

Untuk tarif masuk nya sendiri, kamu akan dikenakan tarif kurang lebih 10 ribu rupiah per orang. Sementara untuk jam bukanya dari pukul 9 pagi sampai dengan 4 sore. Sebaiknya sih kamu bisa datang lebih pagi untuk mengantisipasi jumlah wisatawan yang semakin membludak. Kalau lebih pagi, kamu juga bisa leluasa untuk berkeliling.

Hobbit Hill

 

Hob

Hobbit Hillbit Hill merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Kota Wisata Cileungsi. Tempatnya terbilang unik dan instagramable. Di sini ada banyak fasilitas wahana permainan yang bisa kamu dan keluarga nikmati selama liburan.

Bila ingin mengekspor sebuah telah dan menguji sedikit adrenaline, kamu bisa menyewa perahu karet lalu melakukan rafting. Kamu juga bisa melakukan wall climbing, flying fox dan kegiatan outbound lainnya. Bahkan kalau ingin camping, di Hobbit Hill sudah ada area khusus untuk camping.

Tempat wisata ini memang terbilang luas, ya kurang lebih areanya wisatanya mencapai 4 hektar. Selain fasilitas permainan, ada juga fasilitas umum yang akan membuat liburanmu sangat menyenangkan. Misalnya saja fasilitas restoran, sehingga tak perlu khawatir kalau kamu merasa lapar. Ada juga penginapan bagi kamu yang ingin menginap dengan lebih nyaman.

Di samping itu, Hobbit Hill sangatlah cocok untuk anak-anak. Mereka dapat belajar bagaimana cara mencintai alam, bagaimana bercocok tanam secara langsung, sehingga mengetahui proses-proses adanya sebuah makanan yang kita makan sehari-hari. Bermain sambil belajar, mungkin itu yang bisa dilakukan anak-anak.

Bila kamu tertarik untuk berkunjung ke Hobbit Hill, sebaiknya datang pada saa sore hari. Sebab saat itulah matahari mulai tenggelam dan cuacanya tidak terlalu terik. Nah, untuk lokasi tepatnya, Hobbit Hill ada di Jalan Harvest City Boulevard, No 88, Mekarsari, Cileungsi, Ragemanunggal, Setu, Bogor, Jawa Barat. Siapkan juga uang 10 ribu untuk tiket masuk. Tempat ini buka setiap hari dengan jam operasi mulai dari pukul 10 pagi sampai 10 malam.

Gunung Kapur Klapanunggal

Gunung Kapur Klapanunggal

Wisata Cileungsi Bogor Gunung Kapur Klapanunggal adalah wisata alam yang terbilang unik. Awalnya sih gunung ini belum banyak diketahui, namun sejak banyak yang menggunakan sosial media akhirnya Gunung Kapur ini semakin terekspos dan menjadi wisata viral di Cileungsi.

Gunung Kapur ini ada karena bekas pertambangan batu kapur untuk bahan baku semen sehingga tak heran kalau bentuknya terbilang unik. Wisata ini juga gratis loh, bahkan tidak jauh dari perkotaan. Kalau kamu berangkat dari Jakarta, waktu yang dihabiskan untuk sampai di Klapanunggal kurang lebih 2 Jam.

Meski di sini sudah tidak ada lagi aktivitas pertambangan. Namun gunung pasirnya masih terlihat. Berantakan namun bisa menjadi spot foto unik. Ada juga beberapa cekungan yang membentuk sebuah gua, tentu saja bila menemukannya, kamu harus berfoto dan membagikan di sosial mediamu.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Gunung Kapur Klapanunggal? Kalau iya, sebaiknya saat menjelajahi Kawasan wisata ini, kamu menggunakan sepatu yang nyaman ya. Gunakan juga masker untuk menghindari debu pasir. Pakai kacamata hitam atau topi juga bisa agar kamu bisa melindungi diri dari teriknya sinar matahari. Satu lagi, jangan lupa membawa makanan dan minuman secukupnya ya!

Telaga Arwana

Telaga Arwana

Telaga Arwana lokasi tepatnya ada di Cibubur. Sangat unik sebab suasana pedesaan bisa kita rasakan di tengah kota yang metropolitan. Konsep alam yang terbuka memang diusung untuk tempat wisata Cileungsi satu ini. Cocok sekali untuk dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.  Berbagai macam fasilitas sudah tersedia di tempat wisata ini dan sudah bisa kamu nikmati. Ada kolam renang, ada motor ATV, ada area water park, bungee trampoline, saung sawah hingga kebun obat-obatan.

Ada juga fasilitas outbound yang bisa dinikmati anak-anak. Memang, mengajari anak adalah pilihan paling tepat. Sebab mereka dapat berlibur sekaligus belajar lebih mandiri melalui permainan-permainan outbound yang ada di area wisata Telaga Arwana.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke sini? Kamu bisa datang dihari apa saja. Sementara untuk waktu nya, kamu bisa datang saat waktu buka yaitu pukul 9 pagi sampai dengan 5 sore. Semakin pagi kamu datang tentu akan semakin puas kamu menikmati fasilitas permainan yang ada di Telaga Arwana.

Taman Bunga Wiladatika

Taman Bunga Wiladatika

Taman Bunga Wiladatika merupakan tempat wisata Cileungsi terakhir yang bisa menjadi pilihan wisatamu saat berada di Cileungsi. Di bangun di atas lahan yang cukup luas serta sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Seperti taman, Gedung serbaguna, gazebo, kolam renang dan wahana permainan lainnya. Taman bunga ini sangatlah terawat sehingga masih terbilang nyaman dan asri.

Ciri khas yang dimiliki oleh Taman Bunga ini adalah 2 taman yang kerap menjadi pilihan utama para pengunjung yaitu taman bunga dan taman jamur. Kalau di taman bunga,kamu bisa melihat hamparan bunga dengan berbagai macam varian. Sementara di taman jamur ada bangku dan gua serta rumah kecil yang membentuk jamur unik. Cocok dijadikan sebagai spot foto yang instagramable.

Sementara itu, untuk tiket masuknya sendiri akan berbeda-beda. 10 ribu rupiah untuk wisatawan umum, 5 ribu rupiah untuk anggota pramuka, 25 ribu rupiah untuk masuk area kolam renang saat weekday, 30 ribu rupiah untuk masuk area kolam renang saat weekend. Lalu 4 ribu rupiah untuk tiket parkir motor, 8 ribu rupiah untuk tiket parkir mobil, dan 20 ribu rupiah untuk tiket parkir bus. Nah, kalau kamu ingin berfoto untuk kegiatan pre wedding, biayanya berbeda ya kisaran 330 ribu rupiah. Sementara untuk foto iklan 770 ribu rupiah. Bila kamu ingin berfoto untuk pre-wedding sebaiknya kamu hubungi dulu pihak pengelola tempat ya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Sentul

Bagaimana tertarik untuk berkunjung ke Wiladatika? Kalau iya, jangan lupa untuk siapkan biaya masuknya sesuai kategori ya. Kalau kamu memang anak pramuka sih biasanya biaya masuk tidak akan terlalu tinggi.

Oke traveller itulah 10 Tempat wisata di Cileungsi Yang Viral di Sosmed. Kamu bisa pilih salah satu tempat untuk kamu kunjungi, atau mau berkunjung ke semua tempatnya pun tidak apa-apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *