Tempat Wisata Di Cimahi

10 Tempat Wisata Di Cimahi Bandung Bertemakan Alam

Posted on

Bila kita mengeksplor tempat wisata di Jawa Barat memang tidak pernah ada habisnya. Tiap daerahnya selalu dipastikan memiliki potensi wisata yang harus dikunjungi. Termasuk daerah tempat wisata di Cimahi yang sebelumnya masuk dalam wilayah Kota Bandung. Lokasinya yang dikelilingi oleh pegunungan membuat Cimahi kaya akan wisata bertema alam.

Tempat Wisata di Cimahi Yang Romantis

Penasaran dengan tempat wisata di Cimahi yang bertemakan alam dan harus banget kamu kunjungi? Berikut ulasannya.

Natural Hill

Natural Hill

Natural Hill merupakan salah satu wisata di Cimahi yang kental akan suasana alamnya. Kita bisa melihat area wisata yang hijau dan luas. Udaranya pun sangat menyegarkan. Tempat ini biasa dijadikan sebagai pilihan tempat untuk melakukan outbound, family gathering, kegiatan training dan banyak lagi. Wisatawan yang datang ke sini, dijamin bisa merasakan suasana yang berbeda dengan perkotaan.

Lokasinya sendiri berada di Jalan Kolonel Matsuri, Sukajaya, Desa Sukajaya. Tidak jauh dari Natural Hill, kita bisa menemukan tempat wisata cimahi lainnya. Seperti Curug Pelangi yang menawarkan kesegaran air terjun.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Tasikmalaya

Di Natural Hill sendiri, wisatawan dapat menikmati cukup banyak spot menarik. Untuk tiket masuknya pun terbilang murah hanya 15 ribu rupiah saja, namun sewaktu-waktu dapat berubah. Bagi anak-anak, datang ke sini tentu akan menjadi hal paling menyenangkan. Pasalnya anak-anak bisa bermain di alam dan melatih kemandirian mereka. Ya, bisa dibilang ini bisa menjadi konsep belajar sambil bermain yang super mengasyikan.

Di samping itu, bila kamu merasa tidak cukup waktu satu hari untuk menikmati suasana Natural Hill, kamu bisa menginap di Kawasan wisata tersebut. Ada beberapa penginapan yang dibangun dengan fasilitas cukup nyaman. Kamu dapat melakukan reservasi terlebih dahulu agar tidak kehabisan. Berbagai konsep penginapan dari mulai konsep villa, tenda, ada juga dengan konsep cottage.

Ciwangun Indah Camp

Ciwangun Indah Camp

Apakah kamu sedang mencari tempat hunting di Cimahi yang bertemakan alam? Kamu bisa coba datang ke Ciwangung Indah Camp atau dikenal juga dengan nama CIC. Sebuah tempat wisata dengan konsep alam serta sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas outbound. Lokasinya berada di Kecamatan Parongpong dan bersebelahan dengan Dusun Bambu. Latar alamnya pun tepat berada di bawah kaki Gunung Burangrang

Aktivitas yang sangat cocok untuk kamu lakukan di sini adalah berkemah. Sebab di sini sudah ada sebuah area khusus kemah yang cukup luas. Sehingga kamu bisa mendirikan tenda dengan nyaman. Suasana alam dan udaranya yang menyegarkan benar-benar bisa kamu nikmati. Namun, bila kamu tidak ingin berkemah, kamu bisa melakukan hiking saja. Berjalan menelusuri alam, disambut oleh deretan pohon pinus serta kebun teh. Selama perjalanan, kamu akan melalui 3 air terjun, sejenak menikmati kesegaran air terjunnya, sangat bisa dilakukan. Namun harus tetap berhati-hati ya, apalagi kalau membawa anak-anak.

Menyewa paket outbound juga sangat cocok untuk kamu yang datang ke CIC dalam rangka family gathering. Mulai dari flying fox, paintball hingga menyewa ATV, semuanya bisa kamu dapatkan selama masih berada di Kawasan CIC.

Curug Cimahi

Curug Cimahi

Tempat wisata Cimahi Bandung yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Curug Cimahi. Lokasinya ada di Jalan Kp Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Merupakan wisata air terjun yang dikenal juga dengan sebuah Curug Pelangi atau Rainbow Waterfalls.

Tempat ini menjadi salah satu potensi wisata yang sangat terkenal. Terbukti dengan cukup banyaknya wisatawan berkunjung khususnya saat musim liburan. Daya tarik alamnya memang menjadi daya tarik sendiri. Apalagi air terjunnya yang menyegarkan dengan ketinggian kurang lebih 74 meter. Tak heran bila Curug Cimahi dinobatkan sebagai curug tertinggi di Bandung.

Kawasan curugnya pun terletak di atas ketinggian 1050 Mdpl membuat suhu udaranya sangat dingin mencapai 18 sampai dengan 22 derajat celcius.

Curug Malela

Curug Malela

Curug Malela merupakan tempat romantis di Cimahi yang bernuansa alam. Mempunyai ketinggian air terjun mencapai 70 meter dan lebar 50 meter. Membuat Curug Malela memiliki daya tariknya sendiri. Suasana menyegarkan sekaligus romantic membuat beberapa orang kerap menjadi Malela sebagai tempat untuk mengambil foto pre wedding.

Bagian hulu sungai curugnya sendiri berasal dari lereng utara Gunung Kendeng. Lalu mengalir dan membentuk jaringan Sungai Cidadap barulah bermuara di Cisokan. Airnya mengalir dengan sangat deras. Ratusan ekor monyet berekor Panjang pun kerap turun dari Gunung dan minum air yang ada di bawah Curug Malela.

Sebenarnya, Curug Malela sendiri adalah air terjun paling atas diantar 7 air terjun lainnya. Urutannya adalah Curug Malela, Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir lalu yang terbawah adalah Curug Pameungpeuk. Semua curugnya berada di Desa Cidadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Tiap air terjunnya tentu memiliki keunikan tersendiri. Mulai dari Malela yang mempunyai air terjun terpisah ketika jatuh, dimana akan ada 5 jalur sekaligus. Lalu, kalau Curug Katumiri saat pukul 8 sampai 9 biasanya akan memperlihatkan pesona Pelangi di bagian badannya. Sementara Curug Ngebul memiliki keunikan yang berkebalikan dari Malela, dimana air yang jatuh justru akan berkumpul menjadi satu setelah itu memberikan efek kabut serta suara menggelegar.

Selanjutnya untuk Curug Manglid memiliki keunikan goa yang ada di belakang air terjun. Curug palisir memiliki daerah bawah air terjun yang lebar. Curug Palisir kurang lebih keunikannya mirip dengan Malela. Terakhir ada Curug Pameungpeuk dimana air terjunnya bermuara di antara sungai Cidadap dan Cisoka.

Wisata Kuda Paku Haji

Wisata Kuda Paku Haji

Wisata Kuda Paku Haji menjadi tempat main di Cimahi selanjutya yang bisa kamu kunjungi. Di sini kamu bisa menunggangi kuda  dan berkeliling Kawasan wisatanya. Ada banyak jenis kuda yang dirawat dengan baik. Mulai dari kuda mancanegara dan juga kuda import serta kuda loka pilihan yang memang berasal dari Indonesia sendiri. Nah, untuk local biasanya akan dinaiki para pemula. Sementara bagi yang sudah berpengalaman, bisa coba menunggangi kuda impor.

Harga sewa untuk bisa menaiki kudanya 10 ribu rupiah saja. Kamu sudah bisa berkuda dengan 2 kali putaran mengelilingi wisata Paku Haji. Cukup murah dan menyenangkan tentunya.

Selain itu, ada juga fasilitas wisata ATV. Kamu bisa menyewa dan menaikinya. Tak perlu khawatir soal keamanan sebab sudah dilengkapi dengan sistem keamanan lengkap. Permainan ini bisa dinaiki siapa saja, baik untuk anak maupun dewasa. Ada pula kegiatan outbound yang tak kalah menarik dengan kegiatan sebelumnya. Bagi anak-anak ini akan menjadi momen untuk belajar menjadi lebih mandiri.

Bagaimana traveller, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke Paku Haji? Kalau iya sebaiknya siapkan biaya untuk tiket wisatanya. Tiket masuk, hanya 2 ribu rupiah saja per orang. Tiket masuk wahana 10 ribu per orang. Lalu kalau membawa kendaraan mobil akan dikenakan tiket 2 ribu per mobil sementara untuk motor 1 ribu rupiah saja. Alamat lengkapnya berada di Jalan Haji Gofur Nomor 4, Paku Haji, Cimahi.

Alam Wisata Cimahi

Alam Wisata Cimahi

Alam wisata Cimahi atau AWC merupakan sebuah tempat wisata yang lagi-lagi menawarkan konsep alam serta udara yang segar. Sangat cocok bila dijadikan sebagai tempat wisata bersama keluarga khususnya anak-anak. Sekilas mengenai sejarahnya, AWC sendiri sudah didirikan sejak 18 Oktober 2009. Mulanya hanya usahanya kuliner saja yang menyajikan berbagai sajian nusantara, China dan masakan western. Namun kemudian dikembangkan menjadi wisata umum dengan konsep pertanian, peternakan serta kuliner yang tidak dihilangkan.

Fasilitas kegiatan alam mulai dikembangkan dan menjadi daya tarik wisatawan kenapa memutuskan datang ke sini.

Salah satunya Fasilitas outbound dengan berbagai kegiatan nya yang menantang dan menyenangkan. Seperti naik ATV Rider, wisatawan bisa berkeliling track yang sudah disediakan menggunakan ATV. Ada pula jembatan gantung yang terbuat dari tali, kamu bisa berjalan diatas jembatan tersebut. Saat dinaiki, jembatannya akan bergoyang-goyang dan memberikan sensasi tersendiri.

Masih belum cukup menguji adrenaline? Kamu bisa coba flying fox! Meluncur dari atas ketinggian sembari melihat pemandangan alam sekitar.

Bagi anak-anak agar lebih aman bisa bermain di Taman Bermain khusus. Ada berbagai fasilitas yang sudah dibuat secara aman dan sangat nyaman dilakukan oleh anak seperti jembatan mini, hi-rope, mini golf, bermain becak mini dan banyak lagi.

Alun-Alun Cimahi

Alun-Alun Cimahi

Alun-Alun Cimahi juga bisa menjadi tempat wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi. Memang sih alun-alunnya tidak seluas Alun-Alun Bandung. Namun biarpun begitu, tempat ini kerap dikunjungi oleh banyak orang. Kalau pagi hari biasanya orang sengaja datang untuk berolahraga. Atau sekedar menikmati suasana kota Cimahi sembari membeli jajanan khas Kota Cimahi dari pedagang kaki lima.

Di sebelah alun-alun terdapat Masjid Agung Cimahi. Masjidnya cukup besar, bagi wisatawan muslim, tentu saja saat datang ke Cimahi bisa coba beribadah di masjid ini. Atau hanya sekedar ingin beristirahat juga bisa sekali, sebab ada area pelataran masjidnya yang luas. Namun pastikan agar kamu selalu menjaga kebersihan ya.

Kabuchi

Kabuchi

Nah, tempat wisata di Cimahi yang tak kalah menarik dengan tempat-tempat sebelumnya adalah Kabuchi atau 372 Kopi Kolmas. Sebenarnya Kabuchi sendiri merupakan sebuah tempat makan namun dikemas dengan konsep alam yang sangat unik. Saat masuk Kawasan Kabuchi, kita sudah bisa melihat keunikan tersebut.

Pepohonan yang mengeliling cafe nya seakan memberikan suasana yang berbeda. Kesan alam yang kental dan udaranya yang sejuk bisa terasa. Semakin malam, suara jangkrik pun semakin terdengar.

Kafe nya pun dibangun dengan sangat unik, yaitu dari kayu yang berbentuk joglo. Furniture nya pun dibuat tanpa menghilangkan kesan alam. Misal untuk tempat duduk outdoor, kamu bisa menemukan meja Panjang yang terlihat seperti pohon yang dibelah. Benar-benar sangat unik. Ada pula saung-saung dibangun untuk para pengunjung yang ingin menikmati sajian makanan Kabuchi dengan duduk lesehan.

Untuk yang membawa anak-anak, kamu bisa mengajak mereka ke area bermain anak. Ada jembatan goyang yang terbuat dari tali, perosotan, jungkat-jungkit dan juga ayunan yang bisa dimainkan.

Untuk bisa masuk ke Kawasan Kabuchi, kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja sebesar 3 ribu rupiah. Namun kalau ingin memesan makanan tentu saja akan ada biaya tambahan sesuai makanan yang kamu pesan.

NuArt Park

NuArt Park

NuArt Park atau Nuart Sculpture Park merupakan sebuah museum galeri seni patung yang berlokasi di Jalan Setra Duta Raya Nomor L 6, Ciwaruga, Parongpong, Bandung Barat, Cimahi, Jawa Barat. Kamu yang menyukai karya seni atau sekedar ingin berfoto yang instagramable banget bisa berkunjung ke Nuart bisa menjadi pilihan paling tepat. Apalagi suasana museumnya sangat menyejukkan. Pepohonan serta tanaman yang ada membuat NuArt memiliki suasana berbeda.

Jam bukanya dari pukul 9 pagi sampai 5 sore. Agar bisa masuk ke dalam museum, kamu harus membayar tiket masuk. 25 ribu rupiah untuk anak-anak dan 50 ribu rupiah untuk dewasa.

Nuar Art sendiri sebenarnya merupakan galeri seni pribadi miliki Bapak Nyoman Nuarta, salah satu pematung Indonesia serta pelopor Gerakan Seni Rupa Bandung pada tahun 1978. Sebuah karya seni Nyoman Nuarta yang cukup terkenal adalah Patung Garuda Wisnu Kencana, diletakkan di Badung Bali. Ada juga Jalesveva Jayamahe di Surabaya dan Monumen Proklamasi di Jakarta.

Bagi para penikmat karya seni, tentu nya 50 ribu rupiah bukan harga yang mahal untuk bisa menikmati dan memahami makna dalam sebuah seni. Sebab tiap karya biasanya memiliki arti tersendiri. Sudut pandang tiap orang akan berbeda dan itulah sebuah keunikan dari seni.

Berbagai sudut di Galeri Seni ini juga sangat instagramable. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki kepercayaan diri tinggi bisa berfoto dan bergaya layaknya selebgram. Kamu bisa memilih spot foto mana yang menjadi favoritmu. Janga lupa bagikan juga ke sosial media ya, agar semakin banyak yang mengetahui tentang galeri seni ini.

Taman Kartini

Taman Kartini

Tempat wisata yang terakhir adalah Taman Kartini yang berlokasi di Jalan Baros Nomor 6, Kemcatana Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat. Merupakan sebuah Taman bersejarah yang banyak diminati khususnya oleh para pecinta fotografi.

Mengapa disebut bersejarah, sebab sudah berdiri sejak masa Kolonial Belanda. Dulu, namanya masih Taman Wilhelmina yang diambil dari nama seorang Raja Belanja. Namun pasca kemerdekaan Indonesia, taman tersebut diganti nama menjadi Taman R.A Kartini.

Saat pagi hari, biasanya tamana akan dipenuhi oleh pengunjung usia anak dan orang tua. Sementara menjelang malam hari biasanya banyak anak muda yang berkumpul di Kawasan taman Kartini. Sebagian besar anak muda biasanya membawa kamera DSLR guna mengabadikan berbagai foto dan keindahan suasana malam. Bagi fotografer pemula atau pun yang sudah handal, Taman Kartini memang bisa menjadi salah satu tempat pilihan untuk sekedar menyalurkan hobi.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Banjar

Sementara itu, agar bisa masuk ke Taman Kartini sendiri kamu tak akan dikenakan biaya alias gratis. Namun biarpun begitu, kamu harus menjaga kebersihannya ya. Sebab merawat tempat bersejarah adalah tugas kita semua bukan hanya tugas para pekerja kebersihan saja.

Oke traveller, itulah 10 tempat wisata di Cimahi bertemakan alam dan wajib sekali kamu kunjungi kalau memang sedang berada di Cimahi. Dijamin, kamu tidak akan merasa rugi untuk berkunjung ke salah satu tempat di atas. Kapan lagi bisa menikmati suasana alam dan udara yang sejuk selain saat kamu berkunjung ke Cimahi? Yuk, langsung saja rencanakan waktu liburanmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *